Saturday 13 February 2016

Cari Gawe: My First Time, Job Fair GBK 12-13 Agustus 2015

Eh sorry yaa, nostalgianya di loncatin dulu. Sekarang gue pengen berbagi soal gimana jatoh bangun gue pas nyari gawe abis lulus kuliah. Yang belom pernah ngrasain, semoga kalian punya jalan yang lebih gampang dan mulus pas nyari gawe nanti yaa. Aamiin Yaa Allah. Intinya kalo mau bersyukur sama ga ngeluh pas ngejalanin proses, Allah ga akan pernah mengkhianati proses. Yakin deh!
Dari mulai lulus dulu nih ya. Gue sidang sekerispih, eh sekeripsih itu bulan Agustus awal, yang daftarnya dari sebelom lebaran. Untung masih sempet mudik kan tuh H-7 lebaran, Alhamdulillah. Jadwalnya lama banget asli keluarnya, yaa pokonya singkatnya gue dapet jadwal sidang tanggal 6 Agustus dah (dari pada kepanjangan tar jadi kemana-mana, haha). Sidang, beres, revisi deadline sebelom tanggal 28. Yaa lumayan lama lah yaa, bisa lah itu mah. Nah di tengah masa revisi gue denger ada Job Fair tuh, tapi di GBK. Widih, ongkos tjoy! Haha. Job fair tanggal 12-13 Agustus. Akhirnya ngumpulin temen dulu buat berangkat kesana. Alhamdulillah anak-anak Rumpi* udah pada tinggal sidang waktu itu, lagi nunggu jadwal aja. Akhirnya kita berangkat berempat dah tuh, gue, Azzah, Inang ama Bamssamson, haha ga lah, ama Bamput. Kita berempat pesen travel Baraya yang paling deket, ambil paket murah bolak-balik 120k, mayan lah mangkas ongkos.
Berangkat jam 7 pagi dari pool Baraya Buah Batu ke Sarinah. Nyampenya sekitar setengah 10an kalo ga salah dah. Dari sarinah naik transjakarta ke senayan, untung aja si Azzah bawa kartu flazz punya temennya, jadi bisa naik transjakarta, fyuh, mangkas ongkos lagi, haha. Nah pas nyampe di GBK, gue udeh diceritain sih sama temen gue yang ke situ duluan pas tanggal 12nya. Katanya kayak apaan tau penuh banget. Gilak! Kebayang kan lu semua banyaknya para jobseeker sampe pada rela penuh-penuhan dan antre di jobfair kayak gitu. Daaaaan, hari itu giliran gue and the gank! Haha. FYI aja nih ya, jobfair GBK adalah jobfair pertama yang gue ikutin, asal kalian tau aja, PERTAMA, PERDANA, PREMIER, MASIH AMATIR. Duh, bener-bener kaga tau apa-apa dah gue tentang yang namanya jobfair, syaratnya gue bawa juga karna ada di webnya, suruh bawa CV, application letter, foto, fotokopi KTP, ijazah, transkrip sama softcopy CV. Ya itu lah kurang lebih yang gue bawa, tapi minus ijazah, soalnya kan posisi gue waktu itu belon lulus, jadi blom ada ijazah, haha. Oh iya, sama satu lagi modalnya, NEKAT! Itu sih kalo ga ya lu kaga bakalan berangkat dah, berangkatpun mungkin lu bisa nyerah liat lautan orang bejubel buat nyari kerja. Hih kalo lu pada liat dan ngrasain sendiri bakal ada sedikit rasa kapok buat pergi ke jobfair apa lagi yang baru pertama ke jobfair kayak gue.
Nyampe GBK kita jalan dulu ngiterin si GBK, ternyata pintu yang dibuka cuman 1 doang. Lu bayangin aja orang sebanyak-banyak apaan tau gate yang dibuka cuman satu. Pelit amaaaat. Gue lupa gate berapa yang dibuka, antara 10 kalo ga 1 gitu dah, poho aing, hampura nya! Haha. Nah dari depan gate itu udah ada antrean orang yang udah pada dempet-dempetan mau masuk, itu udeh brasa mau nonton konser dah, padahal mah niatnya mau cari gawe. Tapi perjuangan buat masuk stadionnya aja subhanallah pisaaaaan. Saatnya gue and the gank masuk ke kerumunan orang-orang itu. Beuuuuuh gileeeee, ga cowo, ga cewe ga bapak-bapak gada yang mau ngalah pokoknya kayak perjuangan pribadi gitu, dorong-dorongan lah, sempit-sempitan lah, bejubel banget parah dah pokonya mah itu ih. Sampe ada yang pingsan segala, nangis sampe teriak-triak gara-gara kejepit sama kurang oksigen di antara kumpulan orang-orang sebanyak itu. Temennya temen gue aja nyerah, akhirnya mundur. Tapi kita ga pantang nyerah kok, ya keleuuuuus kita udeh jauh-jauh ke Jakarta dari Bandung malah kaga jadi masuk, sayang bener ongkosnya. Mending kaga usah berangkat kalo kaga jadi masuk mah.
Dengan penuh perjuangan dan berbagi oksigen di antara sekumpulan orang-orang cari gawe yang bajunya udah pada basah karna keringat dan udah pada lemes karna berbagi oksigen sama orang-orang di sekitarnya, akhirnya dapet giliran masuk gate yang pertama, fyuh akhirnya terbebas dari desakan orang yang antreannya mirip kayak penerima zakat kalo lagi mau lebaran. Injek-injekan, mepet-mepet udah lah pokonya mah keringat udeh dimane-mane, hahahaha, lu bayangin sendiri aja dah ya, gue kaga punya fotonya, kaga sempet dan kaga kepikiran buat buka hape pas lagi kayak gitu, haha.
Asal lu semua tau ya, ternyata masuk gate yang pertama itu bukan akhir dari antrean cuy. Pas udeh di dalem stadion masih ada antrean buat beli tiket lah, isi data diri lah, dan sampe akhirnya masuk ke stan-stand perusahaan. Beuh antreannya udeh kayak kita maen uler-uleran tapi panjang ga beres-beres. Di setiap stand juga gitu, orang yang mau drop CV kudu keluar barisan dulu biar ga kebawa arus antrean. Baru taro CV dan kalo udah masuk lagi ke barisan antrean. Jadi, kayak langkah kita ada yang ngatur mau jalannya kemana. Makanya kudu keluar dari arus kalo pas mau brenti di stand tujuan. Kalo liat antrean di dalem juga rasanya udah pengen nyerah aja, mau udahan, tapi lagi-lagi inget sayang ongkos haha, jadi jangan sia-siain. Sayang juga ama tiket masuk yang mehong, patpulurebu, huaaaaah, mehooooong!
Waktu job fair itu gue bawa cuman 6 CV, padahal yang lain mah bawa 10-15an. Brasa kaga niat gue kalo inget, tapi emang setiap kali ke jobfair gue ga pernah bawa banyak CV, liat perusahaan yang ada aja, yang diminatin berapa, jadi ga lebar kalo kata orang sunda mah haha. Kalo emang perusahaannya ga diminatin yaa ngapain atuh naro-naro CV tar setengah hati kalo pas ada panggilan (pengalaman) haha. Di jobfair GBK 12-13 Agustus 2015 itu gue cuman minat ke media-media doang, sisanya palingan yang ada MT (Management Trainee), itu juga milih, ga semuanya gue masukin, yang kira-kira gue pengen aja. Alesannya sih biar ga sayang-sayang banget kuliah gue 4 tahun pas itu. Seinget gue, di jobfair itu gue apply ke MNC grup (hampir semua TVnya buka stand disitu, eh apa malah semua yaa, RCTI, Global, MNC ama iNewsTV aja pokonya tuh gue datengin), eh ternyata mereka terima lamaran via Online, kaga kepake dah CV gue. Tapi akhirnya gue drop CV ke Ochannel sama TV One. Ya adanya itu, mau apa lagi. Katanya SCTV mau buka aja kaga ada, yowes lah, apa mau dikata, akhirnya media-media itu doang dah yang gue apply di GBK. Yang lain seinget gue, gue apply ke Bank Mandiri, posisi MTnya, buat fresh graduate all major, yaa coba-coba aja sih gue.
Pokonya beres apply-apply di dalem buru-buru gue keluar, hih udah ga betah di dalem, orang semua isinya, mau jalan aja susah. Rasanyaaaaa, sumpek! Haha. Namanya juga pengalaman pertama gue ke jobfair, yaa mana tau kalo bakal sampe segitunya. Gilak yaa pemburu kerjaan sebanyak itu. Gue jadi mikir, gile ini baru di sini aja nih saingan gue buat nyari kerja, di luar sana masih banyak lagi. Dan mungkin dengan kemampuan yang lebih dari gue. Da aku mah apa atuh? :’)

Ya itu dah pokonya pengalaman pertama gue ke job fair, bisa kalian rasain sendiri ga lewat tulisan gue ini? Haha. See yaa tar gue bagi lagi yaa pengalaman gue cari gawe lainnya sampe sekarang gue udeh gawe, Hehe. Alhamdulillah. J

3 comments:

  1. Sama nih min kalau cari kerja aku juga lebih baik kayaknya ke job fair deh bisa ketemu langsung sama hrd hrdnya jadi bisa nanya langsung kebenaran info lwoongannya kaya yang besok ada di smesco 15-16 april 2016 katanya sih ada 100perusahaan yang dateng lumayan kan bisa ngidarin cv sebanyak banyaknya di #MCEjakarta besok hihi siapa tau ada yang nyangkut ;A;

    ReplyDelete
  2. hehe iya, mending gitu, jangan mau ketipu calo yaa se-urgent apapun butuh kerjaan kalo bisa sih cari jalur aman aja. Good luck yaa!

    ReplyDelete
  3. pernah sekali Job Fair di jogja.. ampun, berasa nonton final timnas distadion saking sesaknya..

    pengalaman dan perjuangan

    ReplyDelete