Saturday 20 February 2016

Cari Gawe: Panggilan Psikotes dan Interview Kerja (Part 7: NET. Presenter Academy)

Nah di sini gue bakal cerita gimana sih tes Buat NET. Presenter Academy. Jadi awalnya sih dari postingan video di FP NET. di FB. Trus lagi ada beberapa yang ngepost poster ginian nih di grup line:
Poster Rekrutmen NET. Presenter Academy yang Gue Dapet dari Grup di Line
Itu yang bikin gue akhirnya berniat ngirim lamaran ke email yang disitu. Yaa persyaratannya sesuai ama yang diminta. Soalnya ada seleksi administrasi juga selain psikotes sama interview. Jadi persyaratan itu penting yaa gaes! Jangan sampe dikesampingin, sayang kalo baru seleksi administrasi tapi lu udah kaga lolos. Seenggaknya biar lu bisa ngrasain gimana sih psikotes itu, hehe. Biar gretets!

Trus abis itu baru deh ada undangan psikotes via email. Awalnya agak nyesek sih pas nerima email undangannya. Soalnya gue baru nyampe Bandung banget tuh malemnya. Bingung lagi minta ongkosnya ke orang tua, haha. Maklum udah mulai malu minta duit mulu. Apalagi ongkos Jakarta-Bandung ga murah. Tapi akhirnya nyokap gue bilang, “yaudah gapapa berangkat aja, nanti Ibu kirim lagi buat berangkat ke Jakarta”, yaa Allah, luar biasa emang nyokap gue ini. Padahal mah ya gitu lah. Gue bukan dari keluarga orang kaya yang uangnya banyak. Tapi kalo bersyukur katanya Allah bakal selalu ngasih kecukupan. Kayaknya nyokap gue ga pernah ngeluh apapun keadaannya. Itu kenapa gue juga ga pernah nyerah buat nyari gawe sampe gue dapet. Soalnya gue selalu inget gimana perjuangan nyokap gue buat biayain gue sampe S1 ini. Tau kok gue, ga gampang, makanya gue gapernah mau nyerah. Apapun yang gue lakuin tujuannya biar bisa buat orang tua gue, terutama nyokap gue bangga. Dan gue gamau nyia-nyiain apa yang udah diperjuangin nyokap gue buat gue. Yah jadi baper kan nih. Mewek kan jadinya, haha. Wes lah lanjut.
Gue ambil travel pagi, yang jam 6 apa setengah 7 gitu pokonya dari Buah Batu. Nyampe Jakarta baru setengah 9. Setdah, pagi bener. Gue berenti di halte transjakarta. Sebelomnya gue udah nanya-nanya Bella yang emang kantornya ga jauh dari Gedung Mitra, lokasi gue psikotes. Ternyata malah kosannya di daerah belakang Gedung Mitra, haha. Yaudah gue nanya aja transport paling deket apa. Ternyata ada halte transjakarta ke situ. Turun di halte LIPI. Yaudah, akhirnya gue dari travelnya turun di halte BNN, dari BNN naik busway ke LIPI. Lumayan masih banyak waktu sih. Ga terlalu macet juga. Jam 9 kurang udah nyampe. Akhirnya ketemuan ama Bella, Abdillah juga di daerah Gedung Mitra, sekalian pada mau berangkat gawe. Jadi mereka nyamperin gue dulu gitu ceritanya. Uh, ajang temu kangen dah tuh haha. Long time no see ceritanya. Terakhir ketemu pas November, eh malah Oktober, pas tes bareng di CNN Indonesia.
Ngobrol sampe jam 9 lewat gitu deh, apa malah setengah 10. Takut pada telat jadi yaudah gue suruh berangkat aja tuh orang berdua, haha. Gue yang sendirian ini akhirnya nunggu di mushola yang ada di deket stage A. Disitu mulai banyak yang dateng juga, sama kayak gue. Akhirnya gue kenalan lagi sama orang. Namanya Mbak Azra, dia udah kerja di RTV jadi creative, karna pengen di news makanya dia daftar NET. Presenter Academy juga. Baik bener dah orangnya, sampe mau nawarin nitipin CV gitu buat gue apply ke RTV. Makasih loh mbak Azra! Akhirnya sepanjang proses tes dari nunggu sampe beres tes ya temennya si Mbak Azra itu. Sebenernya sih enak dia, pas kuliah jadi freelancer di RTV, pas lulus langsung ditarik jadi karyawan. Beuh, beruntungnya!
Eh ini nomer tes gue pas kemaren:
No.Tes a/n Dena Novita Rosiana di NET. Presenter Academy
Jadi psikotesnya ngaret nih ceritanya. Yang harusnya jam 11 jadi abis dzuhur. Jadi kita disuruh makan sama solat dulu. Baru deh jam 12 lewat disuruh masuk ke stage A. FYI yaa, psikotes NET. ini satu-satunya psikotes yang bikin gue merinding. Aslina iyeu mah!
Pas masuk ke stage A, gue liatnya kayak bioskop. Soalnya ada tribune ada layar di depan, haha. Tapi ternyata kita duduknya udah disiapin kursi gitu, ya kayak bangku-bangku kuliah gitu. Yang pake meja biar enak buat nulis-nulisnya gausah pake alas lagi. Karna gue rada telat, jadi gue duduknya di belakang deh. Cewa gueh, huft.
Abis masuk, dan duduk di kursi masing-masing, kita ga langsung ngerjain soal kok, tenang. Masih ada sesi ‘bincang-bincang’ dulu sama beberapa orang. Kebeneran nih MCnya Bang Bowo, dia PRnya NET. dari MDP 1, dan dia kakak angkatan gue di Telkom. Kalo gue sih tau Bang Bowo, Bang Bowo yang ga tau gue, haha. Lagian anak IKOM Telkom siapa yang gatau Bang Bowo coba? Haha. Oiya, gue mau ceritain openingnya, sebelom masuk ke semi seminar gitu. Buat lu semua yang sering nonton NET. pas lagi ada acara gede semisal konser, ulang tahun, opening/closing Jenderal Sudirman Cup dan acara-acara gede lainnya pasti ngeh bagian awalnya kan? Ada aba-aba dari PD (alias Program Director), mulai dari all crew stand by, sampe terakhir biasanya graphics stand by. Ngeh kan kalo ada itunya? Suka merinding ga kalo nonton kayak gitu? Kalo gue sih iya haha. Karna emang cita-cita gue banget kerja di TV. Jadi bagian yang kayak gitu rasanya kayak mimpi gue gitu, haha. Nah di opening sebelom psikotes ini kita juga di tunjukkin opening yang kalo kata gue sih bisa bikin merinding. Mulai dari All crew stand by sampe graphics stand by. Beuh. Bener-bener disiapin banget. Niat banget lah NET. ini. KEREN! Kalo masalah lighting dan lain-lain sih udah ga kaget, toh itu stage gitu, yang emang biasanya pake lighting yang udah disetting di langit-langitnya, pasti pake audio juga, dan yakin gabakal pake audio abal, pasti udah bawaan dari si stage A. Tinggal pake. Tapi kalo buat ukuran psikotes, itu keren, soalnya bisa bikin gue merinding haha. Dibikin merinding (red:kagum) dulu sebelom tes, biar motivasinya makin tinggi kali yaa. Leh uga nih! OK BINGITS!
Nah beres opening, kita ada ‘bincang-bincang’ (red:seminar singkat). Dari awal kita udah disuguhin obrolan tentang media sama yang “Bapaknya Karyawan NET.” kalo Bang Bowo bilang sih. Beliau bicara soal perkembangan konten media yang makin ke sini makin ga mendidik. Makanya NET. punya program yang beda dari yang lain. Beliau bisa bicara kayak gitu karna emang udah lama kerja di pertelevisian, jadi udah khatam mereun nya, haha. Pokonya sih ga bikin ngantuk lah walaupun agak lama tuh acara ‘bincang-bincang’. Abis itu  ada Mas Tommy Fadjar. Pada tau ga? Itu loh salah satu presenter NET. yang di program news NET.. Beuh, aslinya mah lebih keren, lebih ganteng, haha. Mana pas ngomong sama ngejelasin di depan ituuuuu, aduh, rasanya pengen duduk paling depan, biar puas liatnya, haha. Ternyata dulu Mas Tommy emang awalnya dari anak lapangan (red: reporter). Jadi dia mulai dunia jurnalistik dari lapangan dulu. Itu tuh yang gue pengenin sebenernya. Ngerasain jadi jurnalis di lapangan juga. Tapi apa daya. Rezeki gue di awali jadi jurnalis di depan komputer. Tapi tetep jurnalis kok. TETEP! Jadi kudu tetep bersyukur, Alhamdulillah.
Di situ Mas Tommy ngasih ‘wejangan’ lumayan lama. Tapi ga bosen kok gue dengerinnya, haha. Banyak yang dibahas. Terutama tentang pengalamannya di dunia jurnalistik. Seneng gue dengerinnya, haha. Lebay ya? Bodo amat, hahahaha.
Beres Mas Tommy  jadi pembicara, jeng..jeng.. saatnya menghadapi kenyataan. Karna kita dateng ke situ bukan buat seminar, tapi buat psikotes, haha. Akhirnya orang HRnya mulai ngegantiin posisi Bang Bowo. Jadi acara diambil alih oleh orang HR. Mbak-mbaknya masih muda. Kenapa sih bagian rekrutmen orangnya masih pada muda-muda? Kenapa gue bisa nanya gitu? Karna di beberapa tes dan jobfair, pasti yang ada HRnya masih pada muda-muda banget. Termasuk di kantor gue sekarang.
Beberapa orang lain muncul dengan bawaan soal-soal sama lembar jawab psikotes. Lupa urutannya. Yang jelas ada beberapa tes. Ada tes yang di buku itu yang banyak gambarnya, lupa namanya, biasa, nyocokin gambar gitu lah yang ada 4 part. Yang gaboleh balik lagi ke belakang atau liat ke soal berikutnya kalo ada aba-aba udah beres. Bagian soal-soal gituan gapernah beres dah gue. Heran. Pasti aja ada yang kosong beberapa nomer tiap partnya. Tapi ga semua sih. Ada yang beres juga. Ada tes kepribadian juga deh seinget gue yang soalnya ada 24 itu. Di psikotes itu dianggep seolah kita udah pada bisa ngerjain soalnya, makanya penjelasannya agak kurang rinci dibanding beberapa psikotes lain yang sejenis diperusahaan lain. Jadi yaudah weh ngandelin ingetan yang udah-udah gue mah, trus ada apa lagi ya? Kayaknya itu doang deh, trus abis itu pauli, haha. Sore-sore cuy, ngepauli, nikmat banget ga tuh haha. Tapi ada peningkatan sih dari pauli-pauli yang sebelomnya. Bisa hampir beres bolak-balik. cuman kesisa berapa baris doang. Gileeeee! Haha. Ada yang lain lagi ga ya kemarin tuh? Kayaknya sih itu doang deh. Iya itu.
Dan pas lagi ngerjain ada tim pengawas yang keliling. Ga cuman ngawasin lu tes, tapi ngeliatin gimana perilaku kita pas tes. Kira-kira dari sisi presenter patut ga, pantes ga prilakunya kalo jadi presenter atau reporter. Jadi, ditengah tekanan ujian eh psikotes kita dipaksa buat bisa senyum, haha. Lucu sih. Tapi ya emang gitu. Mayan ketat seleksinya. Ga mayan lagi sih. Buat lolos ke psikotes aja diambil 1200an peserta dari 3000an yang daftar. Abis dari psikotes ada interview sama tes kamera juga. Dan dari 1200an peserta psikotes, yang lolos ke tahap interview sama tes kamera cuman 78 orang, haha. Ngeri ya. Kebayang sikut-sikutannya tuh. Dan gue, Mbak Azra dan temen gue dari Telkom yang ikut, kaga ada yang lolos. Yowes lah. Bukan rezekimu, nak! Mungkin rezekimu di tempat lain!

See yaa!

6 comments:

  1. halo mba, mba saya mau tanya, kalo test kamera itu kaya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Dewi Sartika. Maaf baru respon, test cam itu biasanya untuk (calon) reporter atau (calon) presenter. Biasanya tesnya dalam konsep laporan langsung dari lapangan (live report).

      Delete
  2. sukses meraih impian di NET.. tv swasta paling keren saat ini

    ReplyDelete
  3. Hi mbak, mau tanya jd interview di net ada brp tahap ya? Seleksi administrasi itu gmn ya?

    ReplyDelete
  4. Hi mbak, mau tanya jd interview di net ada brp tahap ya? Seleksi administrasi itu gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Anastasia Clareyssa! Maaf yaa, pertanyaannya gabisa aku jawab, soalnya seleksi aku di NET. cuman sampai tahap psikotes, untuk tahap lanjutannya kurang tau. Kalo seleksi administrasi kayaknya sama dimana², ngeliat kelengkapan persyaratan yang dicantumin, jangan sampe kelewat satupun. Maaf yaa ga bisa jawab lebih lanjut. Terima kasih 😁

      Delete