Wednesday 17 February 2016

Cari Gawe: Tetot! Sebulan Lebih Sepi Panggilan Kerja! What Should I Do?

Masuk Bulan November. Bulan paling sepi dari panggilan kerja. Terakhir ya itu pas Mandiri Tunas Finance sama Heinz ABC di awal bulan. Aseli! Sepi kaya hati lu pada yang baca! Anyep! Cuman di kosan doang bengong sambil meratapi nasib (yaelah lebay amat!) dan iseng ngirim-ngirim kesana-sini, sapatau nyantol kan. Who knows? Nih yaa gue liatin daftar lamaran yang pernah gue kirim lewat email, biar ga pada nanya lagi, “daftar kemana aja, Den, mbak, kak, teh?” haha.

 
Sebagian alamat email yang pernah gue kirim lamaran

Ada lagi nih folder sent mails gue kalo blom puas liat list alamat emailnya doang, haha:
Folder Sent Mails denarosiana@gmail.com

Ini yang gue kirim via email yaa. yang daftar di web resminya beda lagi, haha. Dari mulai swasta sampe BUMN ada. Semua situs karir media TV yang ada bikin akun gitu kayaknya gue juga pasti bikin dah. Banyak cara lah pokonya buat daftar. Secara legal ya, bukan ilegal. Yang penting mah halal, biar ga deg-degan takut salah duluan. Tar idup lu malah jadi ga tenang kalo lakuin yang ga seharusnya lu lakuin di awal (apaan deh, haha).
Orang lain biasanya sih suka gamau tau gimana kencengnya usaha lu. Pokonya mereka taunya jadi aja. Ibaratnya sekerispih, eh sekeripsih. Mereka gatau gimana jatuh bangun lu beresin skripsi lu. Mereka taunya yaa lancar-lancar aja, trus skripsi lu beres. Udah itu aja. Padahal mah, hujan badai diterjang demi skripsi. Nangis darah sampe nangis bombay lu jalanin. Orang taunya ya beres, udah, gamau tau gimana perjuangan lu. Makanya kan kadang pertanyaan sepele kayak, “gimana skripsinya?” suka bikin nyeri hate, haha. Padahal mah sebenernya pertanyaan gitu doang, tapi bikin mak nyer! Iya ga sih? Brasa pengen jawab “apan sih? Kalo gada niatan mau bantu gausah sok nanya deh!”, tapi gabakal sampe hati jawab kayak gitu. Makanya kadang cuman kita jawab pake senyuman kecut aja, paling ditambah “ya gitu deh”. Itu cukup! Haha. Skripsi cepet beres, mereka bisa mikir kalo jalan kita mulus buat dapetin itu, tapi kan kita yang tau gimana perjuangannya. Ga gampang! Kalo mau cepet yaa usaha lu malah justru kudu bisa lebih kenceng! Tapi kalo yang emang udah dilancarin dari awal ya, Alhamdulillah, berarti lu salah satu yang beruntung gengs! Dan yang kesel adalah ketika lu lama ngerjain skripsi. Kan ada dua kemungkinan kalo lama ngerjainnya. Pertama emang orangnya yang (agak) males, dan yang kedua, yang emang dosbingnya susah ditemuin. Masalah topik yang dibahas mah tergantung orang sama dosbingnya juga. Tapi kadang kan orang stereotip kalo yang lama yaa gara-gara anaknya yang males. Padahal belom tentu loh. Jangan main ngejudge! Anak orang bisa sakit hati.
Yang kayak di atas ya sama kayak pas proses lu nyari kerja. Ketika lu dapet kerja lebih cepet dari yang lain dibilang, “ih enak ya, langsung dapet kerja”, padahal mah yaa sama. Belom tentu di proses yang dibilang orang langsung itu perjuangannya gampang. Makanya lagi-lagi cuman bisa bales pake senyum ditambah, “Alhamdulillah” sebagai rasa syukur karna lu ya emang udah dapet kerja. Dan lagi, kalo dari awal emang udah digampangin jalannya, ya emang itu rezeki lu, jangan lupa bersyukur, jangan malah takabur, haha. Buat yang lama dapetin kerja, lu bakal banyak dapet pertanyaan seputar “daftar di mana aja?” (sampe bosen denger pertanyaan itu, kayak pertanyaan “kapan lulus?” waktu lu masih ngerjain skripsi, dan pertanyaan gituan berantai sampai kapan tau, cuman dengan step-step lanjutan, tergantung jenjang hidup lu, haha). Buat yang sensitif kayak gue, pertanyaan itu seolah kayak gue gapernah lamar sana-sini dan itu pertanyaan brasa jadi kayak pernyataan, “daftar dong lu, masa kaga dapet kerja-kerja sih”, itu sih buat yang orangnya rada sensi kayak gue, haha. Buat yang belom ngerasain, tar ngrasain sendiri kok, tenang ada masanya pertanyaan–pertanyaan kayak gitu mah. Kita yang lagi pontang-panting kesana-kesini nyari kerja, kita yang tau perjuangannya. Ya yang kayak gue bilang tadi, orang cuman liat luarnya doang. Orang-orang tertentu doang lah yang tau gimana perjuangannya. Bahkan ketika orang tau kemampuan lu atau lu punya prestasi tapi susah dapet kerja, beberapa orang (entah itu di depan lu atau di belakang lu) nyinyir pedes, “pinter/berprestasi kok susah dapet kerja”, jleb ga tuh kalo ada kata-kata kayak gitu? Ga jleb doang, jlebjlebjlebjleb berkali-kali! Tapi ya gausah diambil hati lah kalo kayak gitu. Kalo baper mulu stres lama-lama. Let it flow aja! Omongan kayak gitu anggep aja “anjing menggonggong, kafillah berlalu”, jadiin motivasi buat lu dapet kerja yang sesuai sama mau lu. Nyinyiran-nyiyiran kayak gitu yang kadang butuh pembuktian dari lu. Jangan malah kemakan sama nyiyiran orang. Sakit sih emang, tapi yaa, telen aja tar, abis itu buang, kayak makanan, kalo ga, paling simpen jadi motivasi. Udah gitu aja.
Emang kalo gini usaha lu juga kudu kenceng gengs, jangan kalah sama yang lain. Kalo ga lu bakalan ketinggalan jauh sama yang lain. Kudu gercep juga biar ga telat info. Kalo tau-tau ada lowongan pas udah mau deadline atau malah pas udah lewat waktunya kan nyesek juga. Lu lewatin satu kesempatan! Sering-sering aja lu buka-buka grup-grup yang alumni atau apapun yang biasanya ngeshare job vacancy.
Oiya, saran gue, kalo mau cari kerja, jangan dari situs abal-abal atau bahkan dari calo dah yaa. Mending ke web karir resmi dari perusahaan, atau kalo lu niat dan rajin, dateng langsung ke kantornya ngasih lamaran, kalo ga, pas ada jobfair, dateng aja dah mending. Tapi jobfairnya juga pilih-pilih yaa, jangan semua jobfair lu datengin. Buang-buang duit! Pilih yang emang kira-kira ada perusahaan yang lu mau. Jangan semua dimauin, haha. Dan satu lagi, jangan sampe dah kena calo. Kan suka ada tuh yang nawarin “gue bisa bantu nih, lu lagi butuh kerja kan? Biar gue bantuin deh, tapi butuh biaya”. Halah! Jangan percaya sama tipu daya mereka yaa, haha.  Blon tentu juga bisa langsung lolos lu kalo lewat calo. Toh si calo juga bakal sampe HRD doang, parahnya malah cuman nitip lamaran lu ke resepsionis/satpam di pos depan perusahaanya, sisanya ya lu tetep berjuang sendiri. Bukan pengalaman sih, saran aja biar aman sama lu gaperlu ngeluarin budget lebih buat bayar calo. Udahlah lagi nyari kerja malah disuruh ngeluarin duit, kalo gue sih ogah! Yang gratisan aja banyak! Lagian kalo perusahaan emang lagi mau rekrut, biasanya tuh gada pungutan biaya. Yakali mau daftar kerja pake bayar, emang daftar kuliah. Tiati gengs! Banyak modus di luar sana! Waspadalah, waspadalah!
By the way, gue gada panggilan kerja tuh sampe sebulan lebih loh. Beneran! Sampe pertengahan Desember baru ada panggilan kerja dari Superindo yang gue daftar sehari sebelom undangan psikotes dikirim ke gue (cepet ya prosesnya). Gue daftar Online di web karirnya Superindo yang waktu itu lagi buka lowongan buat MTnya. Dari panggilan itu gue coba searching tentang rekrutmen Superindo di google. Dan muncullah beberapa blog orang yang ceritain pengalamannya. Salah satunya sih blog senior gue di Telkom. Nah! Kalo ada panggilan-panggilan kayak gitu lu juga bisa cari tau dulu tentang gimana proses rekrutmen dari perusahaan yang manggil lu. Biasanya suka ada orang yang ngebagi pengalamannya lewat blog pribadi atau forum kaskus gitu. Jadi seenggaknya lu punya persiapan buat seleksinya, entah itu psikotesnya atau interviewnya. Jangan lupa cari tau tentang profil perusahaannya. Jangan sampe lu gatau sama sekali tantang perusahaannya. Tar dikira asal daftar aja. Amannya sih emang browsing dulu sebelom datengin panggilannya. Buat persiapan lu ngadepin psikotes atau interviewnya. Cerita psikotes Superindonya di part berikutnya aja yaa, hehe.
Selaginya kosong kaga ada panggilan, mending lu nglakuin yang bisa lu lakuin, jangan cuman sekedar meratapi nasib, duduk mojok di kamar sambil nangis, duh galau bener. Mending daftar-daftar via Online aja, cari peruntungan. Kan lagi-lagi, who knows rezeki lu ternyata udah di depan mata. Di depan mata sih, tapi kalo lo gabisa liat peluangnya yaa ga keambil-ambil. Jangan cuman nunggu dioper/dijemput, tapi lu yang jemput/datengin bola (red: kesempatan). Banyak kok di web-web resmi kalo lo mau browsing satu-satu. Dari mulai BUMN, daftar webnya bisa lu cari di web Kementerian BUMN. Kalo swasta biasanya ya dari web masing-masing perusahaan. Mereka nyediain halaman buat karir, lu bisa regis Online. Gampang kok. Apa lagi anak muda sekarang mah jarang yang gaptek, kalo regis doang mah bisa lah lu pada mah. Abis daftar-daftar jangan lupa doa. Dibilang usaha ga pake doa ya kayak mobil kaga pake roda. Gimana mau bisa jalan? Kencengin ibadah lu.
Selain Online, biasanya tiap bulan (kalo lo tinggal di kota besar) ada jobfair. Datengin aja kalo pas ada duit mah. Namanya juga usaha. Tapi inget, datengin yang lu rasa worth it, liat dulu daftar perusahaan yang ada sebelom lu datengin tuh jobfair. Sama kalo lu punya temen yang udah kerja, minta info aja ada lowongan ga di perusahaannya, siapa tau lu bisa kerja sekantor lagi ama temen kuliah lu, kan lumayan tuh. Kalo lu punya channel juga bisa tuh istilahnya “nitip CV” (buat dikasih ke HRD). Channel yaa, bukan calo! INGET!
Bukan bermaksud menggurui. Sekedar sharing aja. Kalo ada yang ga setuju sama gue ya wajar, namanya orang, kan punya pemikiran masing-masing. Gabisa dong maksain pendapat orang buat sama kayak pendapat dan pemikiran gue. Emang gue siapa? Haha. Indonesia aja demokrasi, ngebebasin orang buat berpendapat, masa gue ngelarang-larang J Perbedaan itu indah gengs!

Oiya, FYI, itu yang soal calo, gue dapet cerita dari temen gue, dia tiba-tiba di hubungin temen SMP (sorry kali ini ga gue kasih tau namanya) via FB, udah lama ga kontak emang, tapi ya emang temen lumayan deket. Tiba-tiba dia ngechat bilang mau minjem duit. Pas ditanya buat apa, dia bilang buat nyari kerja. Katanya dia ditawarin buat kerja di sebuah perusahaan, gatau dah perusahaan apa. Tapi syaratnya dia kudu bayar. Dia ngaku kalo itu buat bayar calo. Dan pas ditanya mau minjem berapa, dia bilang 5jt. Kaget gue pas dikasih tau gitu. Langsung aja gue bilang ama temen gue yang dapet chat buat gausah ngasih pinjeman, kasian yang dipinjemin juga tar, blom tentu dengan dia bayar 5jt dia bisa langsung kerja. Tapi yang ngechat tetep kekeuh, katanya calonya baik kok, bisa dipercaya. (Gue pikir) mana ada orang baik mau jadi calo gituan! Ada-ada aja tuh orang, saking polosnya apa gimana dah. Se-desperate-desperatenya gue nyari gawe kaga gitu-gitu amat sampe niat bayar calo. 5jt mah bisa buat keperluan lain,

No comments:

Post a Comment