Sunday 14 February 2016

Cari Gawe: Panggilan Psikotes dan Interview Kerja (Part 2: Walk In Intervew MNC Group)

Yak lanjut ke part selanjutnya. Setelah panggilan psikotes terakhir adalah Trans7, bulan depannya ada pengumuman kalo ada Walk In Interview (WII) MNC Group. Poster ini gue download dari jobsmnc.co.id, pas kebetulan gue mau buka akun gue di situs ini. Eh taunya ada Pop Up ini muncul. Menggiurkan yaa, gimana gue ga tergoda. Padahal ditanggal yang sama, ada rekrutmen CNN di Bandung. Malah gue lebih milih ini coba, sebelom akhirnya sedikit nyesel karna milih dateng ke WII ini daripada ikutan rekrutmen CNN di Bandung, haha.
Poster Walk In Interview MNC Group Oktober 2015
(jobsmnc.co.id)
Gue ceritain dikit yaa tentang pengalaman WII yang gue rasain ini. Jadi waktu itu gue bareng sama Azzah, Manda, Ipank buat ke WII ini. Kita berangkat dari Bandung jam setengah 7 naik travel, yang pas itu gue belon ada member, jadi lah bayarnya masih 85rebu ke Jakarta yang cuman 2 jam itu. Nyampe Kebon Jeruk jam setengah 10an dah, lewat depan RCTI banget travelnya, beuh antreannya udeh ke jalan, baru juga setengah 10. Bener-bener GBK keulang lagi dah itu mah. Antre lagi, panas-panasan lagi, antre juga ga cuman sekali. Pertama antre masuk dari gerbang pertama buat regis manual, nulis kayak daftar tamu kalo lu ke nikahan orang. Abis itu lu antre lagi (dan masih blom masuk gerbang, masih di luar gerbang cuy). Di situ antre buat lu masuk dari gerbang luar ke dalem kawasan kantor RCTI. Awalnya sih kaga ada yang namanya screening CV di luar gerbang. Lama-lama karna udah kebanyakan orang kali ya di dalem, akhirnya mulai dah tuh screening CV dari luar, yang ga sesuai dan ga punya pengalaman di dunia TV, disuruh balik. Lu bayangin aja ya, udah lama antre, bejubel sama orang, eh ujung-ujungnya suruh balik kanan dan balik ke rumah masing-masing. Gue yang liat aja rasanya syakith, apa lagi yang disuruh pulang yaa. Temen gue si Ipank juga tuh sempet ga lolos screening CV awal, udah putus asa sampe gamau masuk dan duduk merenung di bawah pohon sukun.
FYI gue antre dari setengah 10 dan baru masuk ke dalem hampir Dzuhur. Lama yaa, panas loh gapake tenda atau apapun itu. Tau sendiri Jakarta kan, haha. Trus nasib Ipank gimana? Untung aja si Bella ternyata dateng. Dengan kekuatan Bulan dan Bintang, Bella bisa bikin Ipank ikutan masuk ke dalem. Ga ngerti lagi ama Bella. Kalo urusan ngomong sama lobi melobi emang jagonya dah, haha.
Jangan kira kita udah beres yaa antrenya. Dari antrean yang kedua tadi kita masuk ke kawasan kantornya. Udah masuk kawasan kantornya kita dipisah jadi beberapa antrean tergantung posisi apa yang mau diambil eh dilamar. Ada divisi news, teknis, pasca produksi, sama marketing kalo ga salah tuh waktu itu. Gue, Azzah sama Manda ikut ngantre di bagian news, karna emang gue ambil reporter sih waktu itu. Baru antre bentar, udah ISHOMA (istirahat, sholat, makan) aja, dilanjut lagi jam 1. Sambil nunggu Bella ama Ipank kita duduk-duduk di antrean, daripada bediri mulu.
ISHOMA beres, lanjut antre berdiri lagi. Ga lama Bella sama Ipank dateng. Ipank langsung interview ama user. Baru masuk. Udah interview aja dia. Mana kan tadi dia sempet gabisa masuk, eh malah dia duluan yang diinterview haha, rezeki lu tong! Haha. Bella malah cuman drop CV doang. Masa beda sih. Kan sama-sama marketing. Malah dibilangnya User marketingnya udah balik. Buset dah. Tapi ternyata Ipank digital marketing, bukan marketing doang, ada digitalnya, haha pantes beda user.
Sampe sekitar setengah 3an baru dah tuh giliran gue. Denger-denger kalo reporter ada test-cam-nya. Yaudah siapin mental aja dah yaa gue. Eh ternyata pas giliran gue, kasih CV discreening lagi. Trus bapak-bapak yang nerima CV gue bilang,
“Daftar apa kamu?”
“Reporter, Pak!”, kata gue.
“Hmmmm, mending sebelum kamu jadi reporter, belajar dulu yaa jadi PA, mau?”, tanya Bapaknya yang gue juga gatau namanya, yang jelas dia pake baju iNewsTV. Karna sekarang katanya news-nya MNC media udah keintegrasi di iNewsTV.
Sempet mikir dulu gue bentar, kalo ada user PA-nya sih kaga papa gue dipindahin gitu, lah kalo kaga ada yaa nasib gue kayak yang lain, cuman drop CV, udah jauh-jauh dari Bandung cuman drop CV. Kan NYESEK PAK! Dengan berat hati gue jawab,
“Yaudah deh Pak.”, lemes banget jawabnya, pasrah abis rasanya udah tuh.
Eh ternyata bapaknya masih lanjut bilang, “Untuk user PA sekarang gada, nanti kalo cocok, kami kabari lagi yaa.”
“Hmm, iya deh Pak.”, dalem hati gue “Gausah mengumbar janji palsu yaa Pak kayak calon-calon pemimpin yang lagi kampanye, udah cukup kecewa saya pak dateng ke sini jauh-jauh cuman ngedrop CV.”
Huft banget dah itu, beneran! Dan sampe sekarangpun gada yang namanya panggilan dari WII itu. Boro-boro dah. Bukan rezeki gue banget tuh kayanya. Yaudah lah, relain. Katanya kalo ngeikhlasin sesuatu bakalan dapet ganti yang lebih. Brarti emang kudu diikhlasin ya. Oke!
Jadi, intinya di WII ini sih kayanya nyari yang experience gitu. Da aku mah apa atuh, fresh graduate. Ya wajar lah ya kalo langsung di NO-in. Siap-siap modal pengalaman yaa cuy kalo mau ikut WII. Gabisa modal CV doang. Semoga yang WII kemarin bahagia dengan kerjaan dari perjuangan antreannya yaa. SELAMAT!
Cuman sekedar sharing apa yang gue rasain pas WII kemarin yaa. Tiap orang kan punya pengalamannya masing-masing. Mungkin banyak yang beda dari pengalaman gue. Tapi ya kalo gue sih kayak gitu pas kemarin. Namanya juga cari kerja. Ada perjuangannya. Ada masa-masa ditolak, haha. Nikmatin aja prosesnya. Tar lama-lama dapet juga manisnya.

See yaa di part selanjutnya!

No comments:

Post a Comment