Monday 15 February 2016

Cari Gawe: Panggilan Psikotes dan Interview Kerja (Part 4: Heinz ABC & Mandiri Tunas Finance)

Abis interview CNN Indonesia TV beres, gue langsung balik ke kosan Uun. Buat siap-siap balik ke Bandung. Besok pagi gue masih ada tes di Mandiri University. Untungnya Minggu dan pas gada acara, jadi Uun di kosan. Dapet travel dari Tendean berangkat jam setengah 7. Gojek lagi gue jadinya ke Tendeannya. Hmm, berat diongkos emang kalo ke Jakarta nih. Dari kosan Uun udah buru-buru banget takut telat nyampenya. Soalnya biasanya Baraya itu ontime bangeeeeet!  Yang Tebet udah fullbook jadi gue gabisa berangkat dari Tebet yang sebenernya lebih deket. Udah sampe ngomelin abang gojek gara-gara dia dateng lama banget eh malah pas nyampe pool Tendean gue kudu nunggu lamaaaa banget, hampir 3 jam. Sampe akhirnya si aa yang jaga di pool bilang,
“Teh yang ke Buah Batu dari Melawai mobilnya Trouble, Teh.”
“Lah trus gimana dong? Sampe jam berapa kira-kira a?” kesel lah gue udah nunggu lama, eh malah denger kabar gitu, kan kamfretoss!
“Wah kurang tau sih teh, kalo mau ikut yang Surapati aja masih ada satu seat kosong teh, jam 9 nanti dateng mobilnya, daripada nunggu yang ke Buah Batu bisa sampe besok pagi” si aanya enak yaa nawarinnya, gue balik dari Surapatinya yang susah, jauh, sape mau jemput tengah malem gitu, mana jauh. Aslinya kesel banget gue disitu. Gatau orang capek kali yaa!
Akhirnya gue ikut yang ke Surapati, daripada gue gabalik ke Bandung. Mau gimana lagi. Dan asal kalian tau. Itu sepanjang jalan ujan deres. Bodo amat gue tidur, capek! Capek banget gara-gara kesel juga makanya capek! Udah gitu di jalan baru brasa kalo pintunya bocor. Padahal gue duduk paling pinggir deket pintu. Basah lah lengan gue itu yaa, kuyup loh basahnya, ga nanggung-nanggung. Bikin gue kaga bisa tidur lagi, padahal mah capek! CAPEK! Kecewa banget gue waktu itu sama Baraya aslinya. Udahlah yang ke Bubat mobilnya kaga dateng, gue nunggu hampir 3 jam di pool Tendean buat naik yang ke Surapati padahal jauh banget kalo dari Dakol, hujan deres, pintu mobilnya pake acara bocor dan gue basah kuyup! Gilak! Keselnya ga beres-beres itu mah. Mana baru nyampe Bandung hampir jam 12an. Dan gue nyampe kosan udah tengah malem. Aslinya lelaaaah adek baaaaang! Mana besoknya pagi lagi tesnya.
Nah! di part yang ini, ada cerita gue tentang Psikotes MTF sama tes seleksi online dari Heinz ABC yang belom ketulis di part sebelomnya.  Makanya baca yang sebelomnya dulu yaa, hehe. Disini!
Besoknya, abis berkesel-kesel di malemnya, gue kudu bangun pagi buat tes di Mandiri Tunas Finance. Udah bangun pagi masih kesiangan juga. Jadi gue ga mandi. Cuman cuci muka, sikat gigi ama mandi parfum, udah tuh langsung berangkat. Bodo amat banget sih gue ini, haha. Mau psikotes kaga mandi dulu lah. Padahal lama loh itu psikotesnya.
Jadi berangkatnya gue janjian bertiga nih, gue, Adit ama Wiwid. Berangkat dari Dakol bareng. Berhubung gue kaga tau lokasi Mandiri University yaa gue mah ngebuntut aja di belakang, dari pada gue nyasar, haha. Nyampe Mandiri University sekitar jam setengah 8. Ih sepi banget itu. Bayangan gue bakal banyak mahasiswa. Ternyata kayaknya itu tempat Training pegawai deh, haha. Sotoy banget sih gue!
Pas nyampe sana ternyata masih nunggu lagi. Ruangannya belom siap. Yaa as always gue psikotes pagi, agak molor lah emang. Akhirnya mulai jam setengah 9. Pesertanya sekitar 56 orang. Lupa ada berapa sesi. Yang jelas ini juga psikotesnya agak ribet. Banyak angka sama analisis. Maklum lah yaa, namanya perusahaan Finance. Ga ketinggalan Pauli juga ada. Itu sesi pertama. Sesi pertama beres sebelom dzuhur. Karna pengumuman psikotes lanjutan itu jam 1 an, jadi kita boleh makan sama solat dulu selama nunggu sampe jam 1. Dan ternyata gue lolos ke psikotes lanjutan, ga ngerti kenapa gue bisa lolos dah. Adit sama Wiwid malah ga lolos dan pulang ninggalin gue sendirian di tempat tes. Huft. Dari 56 yang lolos 30 orang. Abis itu langsung dibagi kelompok buat FGD. Masing-masing kelompok ada 6 orang.
Sebelom FGD kita disuruh ngerjain psikotes lanjutan. Soalnya tentang kepribadian sama Wartegg dan gambar pohon ama orang. Ih tes yang paling gue ga suka! Soalnya pake acara ngegambar segala L Ditengah ngerjain psikotes, kelompok pertama, which is kelompok gue, dipanggil buat FGD duluan. Di FGD, kita dikasih kasus gitu buat dipecahin sendiri, abis itu lanjut dimusyawarahin. Kasusnya kalo ga salah tentang orang terdampar di pulau terpencil dengan alat-alat minim buat bertahan hidup. Ada 11 alat. Lu disuruh ngurutin dari yang lu rasa penting sampe lu rasa paling ga penting. Abis itu dipilih lagi jadi 6 barang yang bisa lu bawa buat bertahan hidup. Baru dah 6 barang itu didiskusiin sama forum, mana aja yang sebenernya perlu sama ga perlu. Disitu dikasih waktu diskusi selama 10-15 menit. Jadi kita bisa ngomong apapun, asal argumennya logis dan bisa diterima.
Jadi intinya lu bakal punya 3 jawaban, yang pertama jawaban lu yang nentuin 1-11 benda dari yang paling penting sampe yang paling ga penting, kedua jawaban lu buat 6 barang yang wajib dibawa (dari paling penting ke paling ga penting juga), sama jawaban forum buat nentuin 6 barang tadi. Lu bisa nyampein pendapat kok disitu. Gue sampe sekarang sih ga ngerti penilaian dari FGD tuh gimana. FGD aja baru sekali itu doang, haha.
Beres FGD balik lagi ngerjain psikotes lanjutan tadi buat yang belom beres. Beres itu baru dah balik. Sebelomnya dibilang pengumumannya palingan hari Rabu malem, kalo lolos ke tahap selanjutnya (interview) yang dikabarin, kalo ga dikabarin ya brarti ga lolos, itu aja udah haha. Dan gue ga lolos.
Pokonya inget aja kalo tes kepribadian jujur aja, gausah bohongin diri sendiri!
Sekarang ganti eh pindah ke cerita selanjutnya. YAP! Bener! Test seleksi online dari Heinz ABC!
Jadi, buat tes Heinz ABC, pertama gue nekat pake tethering di kosan. Gila itu super nekat banget. Tau sendiri GSM koneksinya suka seenak jidat, apa lagi provider yang gue pake. Sembarangan! Di tahap-tahap awal masih oke lah. Ga terlalu ngaruh banget tuh koneksi, aman. Lupa gue, pokonya total ada sekitar 4-5 tahap gitu. Di tahap-tahap awal yaa seputar pengetahuan umum sih emang. Masih yang ga terlalu susah-susah banget buat yang pengetahuannya luas. Jaminan lah bisa ngerjainnya. Ga kayak gue kemarin yang pake phone a friend sama voting dulu buat jawab, huft. Di tahap-tahap awal lu cuman dikasih waktu dikit, palingan 5-20 menit buat ngerjain tiap bagiannya. Tiap bagian biasanya ada 25-40 soal gitu deh. Jadi lu kudu bisa ngebagi waktu yaa, jangan lengah, ternyata lagi googling nyari jawaban, eh waktunya abis, itu ZONK! Manajemen waktunya yaa gengs, jangan lupa!
Oiya, lupa. Di tahap tes terakhir kalo ga salah. Apa dua sebelom terakhir yaa. Ya pokoknya itu dah, yang bener-bener butuh koneksi bagus, kalo ga soalnya kaga mau keluar, kayak gue kemarin. Gara-gara modal tethering doang, soal bahasa Inggrisnya kaga mau muncul, setelah nunggu sekian lamaaaa, tak jua muncul, sedih adek, kenapa sih gamau? Usut punya usut, ternyata part yang bahasa Inggris, waktunya itu lamaaaa, sekitar 60 menitan gitu, lupa deh, pokonya lama lah yang bahasa Inggris mah, lama banget ampe lu rasanya bosen, brasa ujian semester dah itu. Pantes aja lama, soalnya banyak banget, apalagi readingnya, ih panjaaaang, haha. Kudu nyari posisi wuenak juga tuh kalo lagi test Online gitu, biar kaga sakit punggung, haha. Selain posisi wuenak, lu kudu nyari situasi yang kondusif, jangan yang banyak orangnya. Numpang Wi-Fi gratis sih boleh, asal tempatnya aja ga salah. Gue juga setelah tethering dirasa gagal, akhirnya buat login yang kedua kalinya gue numpang WiFi kampus, itu udeh ngarep banget WiFinya bener, soalnya suka putus-putus, nyambungnya lagi susah, gak kayak lagunya BBB yang putus-nyambung bisa seenaknya, huft. Dan gue milih mushola kampus sebagai tempat bersemedi gue. Waktu itu udah jam-jam abis maghrib, jadi mushola udah sepi, bisa lah numpang bentar (bentar? Waktu ngerjain soalnya aja lama bener). Pas ada orang masuk, dikira gue lagi galau, mojok di mushola sendirian. Hmm tengkyu loh.
Di soal bahasa Inggrisnya, lu butuh teliti sama analisis dah pokonya. Kalo buat gue yang punya kemampuan standard di pengetahuan umum sama bahasa Inggris, soal Heinz ABC ini sih yaa mayan bikin mules, pala nyut-nyutan, keringet dingin, batuk berdahak, pilek, bersin-bersin lah, haha. Yakai, ga lah ga gitu-gitu amat. Tapi emang puyeng sih liat soalnya juga. Cobain sendiri yaa tar kalo dapet undangan tes Heinz, ceritain juga gimana keringet dingin lu ngalir pas ngerjain. Kalo ga salah, abis tes bahasa Inggris ada tes kepribadian yang banyak soalnya tapi waktunya dikit. Sebisa mungkin sih lu kerjain semua soal yang ada dari part 1-4/5 gitu. Jangan kayak gue, banyak yang bolong, pantes aja gada panggilan lanjutan, haha.
See yaa di part berikutnya! Masih ada cerita gue di rekrutmen lain, haha. Jangan bosen-bosen yaa!

No comments:

Post a Comment