Wednesday 17 February 2016

Cari Gawe: Panggilan Psikotes dan Interview Kerja (Part 5: Superindo & Kompas.com)

Kayak yang lu semua tau sebelomnya, gue gada panggilan kerja lumayan lama. Dari bulan November awal sampe Desember pertengahan gitu. Ih ngenes deh rasanya, tapi mau gimana lagi. Untung aja ada yang bisa gue lakuin buat dapet duit di kampus. Ngapain lagi kalo bukan ngawas ujian! Lumayan kok. Sekali ngawas lo dibayar Rp 25.000,-. Sehari bisa ada 4 jadwal ujian dan ujian biasanya kan lebih dari seminggu jadwalnya. Itungan sendiri aja yaa, haha. Kalo buat tambahan uang jajan mah yaa cukup puas. Buat bayar kosan aja bisa kok. Eh kok malah ngomongin ngawas ujian dah, haha.
Yaudah balik lagi ke topik ya. Jadi kayak yang gue tulis sebelomnya, terakhir panggilan sama tes gue ya yang MTF sama Heinz ABC itu, thok! Sampe akhirnya ada email masuk, isinya:
Undangan Psikotes Superindo


Ini email dikirim tanggal 7 Desember 2015, dan tesnya tanggal 14 Desember 2015, ya seminggu lah yaa pemberitahuannya. Ga mepet-mepet amat. Bisa siap-siap dulu. Sampe bisa browsing cari tau gimana rekrutmen di Superindo kayak yang gue ceritain sebelomnya. Jadi gue nemu blog yang isinya cerita dari mulai panggilan seleksi kerja sampe, ketrima dan akhirnya resign. Pas tau yang punya blog, ternyata dia senior gue di Telkom, haha. Dari situ gue sedikit banyak ngerti gimana seleksi sampe kerjaan di Superindo setelah ketrima jadi MTnya. Nah, mulai deh jadi banyak pertimbangan dateng tes apa kaga, abisnya kayaknya ga gue banget gitu, haha. Padahal udah konfirmasi dateng via email tanggal 8nya. Karna gamau tes sendirian, gue ajak lah temen-temen gue buat daftar juga, mumpung tesnya masih minggu depan. Mungkin masih ada waktu. Soalnya gue daftar hari Minggu, hari Senin udah dapet email undangan psikotes eh profiling (FYI, sebenernya kalo pake bahasa profiling gue ga ngerti maksudnya loh, haha). Beberapa temen gue daftar ke web yang sama kayak gue kemarin. Tapi prosesnya ga secepet gue pas kemarin daftar. Ada yang emang belom kepanggil, tapi ada yang kepanggil cuman emang lumayan lama dibanding waktu gue sebelomnya. Si Sandi daftar hari Senin, baru terima email hari Jumat malem. Fyuh, dapet temen dah, ga cengo sendirian tar disananya, haha.
Akhirnya, gue putusin buat berangkat aja, toh ada temen juga. Trus lagi  ya pengalaman aja. Nothing to lose. Kalo lolos ya Alhamdulillah, kalo ga lolos yowes, pengalaman! Dan tanggal 13nya gue nginep lagi di Uun. Berangkat jam 7 kurang dari kosan Uun buat ke Bidakara, karna deket juga sih. Tebet-Gatsu doang, mabelas menit juga nyampe kalo gojek mah. Gue janjian sama Sandi jam 7. Sandi nyampe duluan, haha. Berhubung Bidakara ada 2, gue bingung gedungnya yang mana. Untung ada temen bingung, jadi ga bingung sendirian gue.
Sempet muter-muter juga nyari pintu masuknya, sampe akhirnya nanya satpam. Pas udah masuk dan naik ke lantai 19, kita diarahin buat nunggu di lobi yang banyak kursi berderet gitu. Cem sofa sih, tp ga pake senderan. Bukan kursi tes, cuman sekedar buat nunggu (buat nunggu aja kursinya lebih empuk dari pada yang buat tes, haha). Baru ada beberapa orang yang dateng, mereka juga mau psikotes, soalnya muka-mukanya muka-muka job seeker (termasuk gue ama Sandi). Ga lama ada ibu-ibu dateng bawa tas masuk ke ruangan yang pintunya ada di sebelah lobi yang tadi buat nunggu. Pintunya kebuka dikit gitu, banyak kursi-kursi kuliah gitu. Gue rasa sih itu tempat tesnya, gue kira bakal tes di lobi itu, haha. Akhirnya ibu-ibu yang tadi masuk ruangan yang banyak kursinya kuliahnya itu keluar dan mempersilakan kita yang di luar buat masuk. Sambil beresin soal di di meja depan, Ibunya nungguin kita masuk semua. Dikit sih orangnya. Tau dah ada 20 orang apa kaga itu.
Ga terlalu ngaret sih, ga sengaret psikotes-psikotes yang lain sebelomnya. Pas udah pada masuk, Ibu yang tadi ngejelasin gimana mekanisme tesnya. Jadi profiling itu sama persis kayak psikotes. Psikotes Superindo ini psikotes paling umum. Sayangnya yang paling gue gasuka. Kenapa? KARENA NGEGAMBAR SEMUANYA! Jadi psikotes Superindo ini cuman 24 pertanyaan tentang kepribadian, Wartegg test sama gambar orang+pohon. Dari situ sih gue udah pesimis, karna gambar doang isinya. Parah lah itu. Gambar gue kayak apaan tau, haha.
Tesnya bentar banget, sekitar jam setengah 10 udah beres. Buset! Ini mah psikotes paling singkat. Yang lain bisa dari pagi sampe siang/sore ini mah kilat, haha. Di akhir sebelom kita disuruh pulang, Ibu yang tadi bilang, “Pengumumannya nanti langsung, ditunggu aja email sekitar jam 8 malam, kalo ga dapet email, brarti mohon maaf, Anda belum lolos di posisi MT ini, mungkin bisa ditunggu maksimal 2 minggu untuk posisi lain yang mungkin cocok dengan profiling Anda hari ini. Bagi Anda yang lolos interview akan kami adakan hari Kamis Minggu ini, terima kasih, Anda bisa pulang”.
Pas keluar dari ruangan, udah banyak orang duduk di sofa lobi tadi. Ternyata psikotesnya ada beberapa sesi, pantes aja kilat bener. Sampe bingung mau ngapain dan kemana dulu. Uun kan kerja, pasti sampe sore. Tapi gue juga kudu balik Bandung. Yowes samperin ke kantornya buat minta kunci kosan, ambil barang, cabut dah balik ke Bandung.
Gue balik ke Bandung bareng sama Sandi. Diajakin naik bis. Lebih murah katanya. 40ribu aja. Dan turunnya lebih deket. Ternyata pas gue tau, kita bakal naik bis jurusan Tasik/Garut, jadi turunnya di tol gitu, langsung tol Bubat. Gile! First time gue naik bis turun di tol gitu. Serem juga sih, tapi ketagihan sampe sekarang, murah sih, mangkas ongkos! Sebenernya kalo yang ini ga boleh ditiru yaa. Bahaya! Ilegal juga nih, ckck!
Balik lagi ke topik ya. Jadi pas udah jam 8 malem tuh dan gue sama Sandi masih di bis, cek hape masing-masing yang ternyata gada email apa-apa. Yowes, brarti kita berdua gada yang lolos, FIX! Haha. Lagian udah pesimis duluan tuh sama soal psikotesnya kalo gue mah. Gambar semua, yaiyalah L Brarti apa? RELAKAN! Bukan rezeki J
Abis tes di Superindo, gue masih cari peruntungan di perusahaan lain lewat web atau apapun yang bisa buat nyari job vacancy. Salah satunya linkedin! Serius, buat lu yang lagi cari kerja, mending lu punya akun linkedin dah. Berguna banget tuh. Gue dapet info ini:
Posisi Socmed Specialist (Linkedin Kompas.com)

Dari situ gue kirim lamaran ke email yang disitu. Gue kirim lamaran tanggal 31 Desember 2015. Malem tahun baru banget yaa gue ngirimnya? Malem tahun baru bukannya jalan kemana, malah masih aja nyari lowongan, haha. Ya namanya juga usaha. Mau malem tahun baru kek, malem minggu kek, malem-malem yang lain kek, ya sama aja. Kalo ga percaya, liat aja gambar sent items folder gue di postingan sebelomnya. Cari aja yang pas tanggal 31 Desember 2015. Disini!
Dari lamaran tanggal 31 Desember itu, gue di telepon tanggal 15 Januari 2016. Waktu itu posisi gue lagi di perpus, nemenin adek-adek nyari topik sekerispih, eh sekeripsih. Sekitar jam 5 kurang. Hape gue geter dari saku, kirain alarm salah jam, teryata telepon dari nomer berkode wilayah (021), sensitif banget nih kalo udah kayak gini. Pasti udah punya feeling kalo itu panggilan kerja. Pokonya dari awal lu nyari kerja, ketika hape lu berdering/getar, lu bakal berharap besar kalo itu adalah telepon dari perusahaan yang lu sempet lamar kerjaan disitu. Gitu dah pasti gue. Apa lagi kalo udah liat nomernya pake kode wilayah, lebih-lebih (021)/(022) haha. Pasti lu bakal berharap besar kalo itu panggilan kerja buat lu.
Dan jengjeng! Beneran! Itu panggilan dari Kompas.com. Karna di lowongan yang di posting di linkedin kaga dibilang nyarinya freelance ya gue taunya buat karyawan kontrak atau seenggaknya full-time. Nah pas di telepon (waktu itu yang nelpon HRD, namanya Pak Aldy). Dengan baik hati dia nawarin posisi Social Media Specialist yang emang sempet gue kirim lamarannya. Disitulah Pak Aldy baru bilang kalo Kompas.com nyarinya freelance. Agak gimana sih pas denger dan tau kalo posisinya freelance. Bukan apa-apa. Kan waktu itu gue niatnya emang nyari kerja full-time yang worth it dan sejalur sama jurusan gue selama kuliah. Akhirnya gue minta waktu buat mikir-mikir sambil diskusi sama orang tua. Dan Pak Aldy emang ngebolehin. Kalo udah ada keputusan tinggal hubungin lagi Pak Aldy buat konfirmasi.
Abis ditelpon Pak Aldy, gue langsung minta nyokap gue buat nelpon, haha. Maklum beda operator dan gue anak kosan, jadi rada pelit kalo masalah pulsa nelpon, jadi biar nyokap gue aja yang nelpon dari kantornya, haha. Pas nyokap telepon, gue jelasin tuh apa yang dikasih tau sama Pak Aldy. Jadi, Kompas.com itu lagi butuh freelancer buat posisi Socmed Specialistnya. Tapi masuknya tiap hari Senin-Jumat (freelance, masuk tiap hari, oke pengetahuan baru buat gue kalo freelance udah ga free lagi sekarang), dan jam kerjanya jam 08.00-17.00 (minimal, ada kemungkinan lebih). Ada tambahan hari kerja di weekend kalo pas ada event. Wah keren yaa. Freelance dikasih kesempatan jam kerjanya banyak! Oiya sama satu lagi, masalah fee. Gue ceritain juga masalah fee sama nyokap gue. Di Kompas.com karna posisinya freelance, jadi bayarannya harian, sesuai lu masuk. Feenya Rp 105.000,-/day. Ya diitung sendiri aja ya kalo sebulan masuk terus sama bolong-bolong dapetnya berapa, haha. Pas gue kasih tau nyokap gue, dia bilangnya, “yaudah terserah kamu aja, kan kamu yang mau jalanin”. Ini adalah jawaban rutin nyokap gue setiap kali ditanya hal ginian. Katanya dia gamau maksa apapun keputusannya bakal diizinin dan didukung. Emang bener sih diizinin dan didukung banget setiap apapun yang gue putusin buat dilakuin. Tapi ini sih sebenernya yang selalu bikin gue bingung, haha. Jadi gue harus bisa ngasih keputusan sendiri. Anak pertama kali ya, jadi nyokap gue pengen gue bisa jadi contoh buat adek gue. Dilatih buat dikasih kepercayaan ambil keputusan yang menurut gue paling bener.
Karna gue diizinin apapun keputusan gue, yaudah, gue ambil dah tuh tawaran Kompas.com dengan berbagai pertimbangan. Pertama karna gue emang lagi cari gawe, pas ada panggilan, kalo gue nolak apa namanya bukan nolak rezeki? Jadi yaudah jalanin dulu aja. Kedua, daripada gue nganggur di kosan ga ngapa-ngapain, seenggaknya kalo gue jadi freelancer gue ada penghasilan walaupun dikit-dikit dan masih tetep minta orangtua buat tambahan bulanan (yang bisa jadi kurang karna tau sendiri Jakarta gimana). Ketiga, karna gue pikir di Kompas.com itu freelancer dan gue ga keiket kontrak apa-apa kalo semisal gue ketrima kan gue masih bisa sambil nyari kerjaan yang lain yang emang gue pengenin banget, bisa dibilang batu loncatan juga lah buat gue. Walaupun sebenernya di Kompas.com dijanjiin masa percobaan 3 bulan, kalo bagus langsung diangkat (gatau diangkat kemana, jadi karyawan kontrak apa tetap gue ga ngerti), tapi socmed itu hobi buat gue, bukan passion. Passion gue mah di jurnalis.
Akhirnya jam 9an malem gue konfirmasi ke Pak Aldy via Whatsapp. Dan Pak Aldy ngirim ini ke email gue:
Undangan Psikotes dan Interview Kompas.com

Cerita psikotesnya dilanjut part selanjutnya yaa. Biar enak bacanya. Di sini sampe undangan psikotes sama interviewnya dulu aja yaa. See yaa!

No comments:

Post a Comment