Saturday 20 February 2016

Cari Gawe: Panggilan Psikotes dan Interview Kerja (Part 6: Kompas.com & NET. Presenter Academy)

Sesuai janji gue di postingan sebelomnya, sekarang gue mau cerita tentang gimana proses panggilan sampe gue diterima di Kompas.com sebagai freelancer social media specialist. Eh tapi panggilannya udah di postingan sebelomnya deng ya? Yang belom baca bisa baca di sini yaa.
Jadi abis Pak Aldy ngirim email undangan psikotes sama interview, H-1nya gue langsung meluncur ke jekardah lagi. Kali ini gue nginep di kosan temen sebangku gue pas kelas XII yang sekarang udah kerja di perusahaan IT gitu di daerah Slipi, deket lah sama Palmerah. Gara-gara baraya ke Slipi abis, gue terpaksa ambil yang ke Melawai, dan ngegojek sampe nyasar-nyasar ama mamang gojeknya. Ya maklum, kan gue baru pernah ke daerah Slipi. Lagian mamang gojeknya bukannya nanya, malah sok tau nyari jalan sendiri. Yowes akhirnya dengan sangat menyesal gue nyasar muter-muter daerah KS Tubun sama mamang gojek, huft banget ya. Dari yang gue nyampe Jakarta jam 11 malem gara-gara macet parah, sampe akhirnya gue nyasar dulu dari Melawai ke KS Tubun. Dan nyampe kosan si Nuzul udah hampir jam setengah 1 (dini hari yaa, bukan siang). Padahal mah ya kalo diitung-itung kaga ada tuh 10KM dari Melawai ke KS Tubun IV. Nyasarnya lama ye gue, sampe masuk-masuk komplek rumah apaan tau, bahkan sampe ke Tanah Abang, hetdah.
Eh udah ah, pokonya gitu dah, nyasar gue ama mamang gojek. Trus lanjut paginya ya. Gue mandi pagi tuh jam 6 kayanya gue mandi, jam setengah 8an gue udah mau berangkat, sekalian bareng sama Nuzul. Jadi Nuzul nganter gue dulu biar ga nyasar lagi sampe gue naik angkot dah tuh. Sekalian pamit, soalnya kan abis tes gue mau langsung cabut ke Bandung, ga enak juga lama-lama. Soalnya di kosannya kalo nginep bayar, mana dibayarin lagi itu. Duh..duh.. ngrepotin banget yaa gue. Maapin yaa zul! Tapi makasih banyak yaa, semoga rezekinya makin lancar. Aamiin.
Dan naik angkot lah gue dari Slipi ke Palmerah. Harusnya sih palingan 2-3KM doang. Tapi gegara jam masuk kerja, jadi setengah jam perjalanannya. Lama beneeeer. Macet abis lah pokonya itu. Gilak! Nyampe kantor Kompas Gramedia langsung dapet sambutan dari bapak-bapak satpam. Nanyalah gue disitu,
“Bapak, maaf mau nanya, kalo mau ke kompas.com ke kemana ya Pak?
“Oh, digital ya? Yang dotcom?”, nanya si bapak satpam.
“Iya pak”, jawab gue.
“Masuk aja ke situ (nunjuk pintu masuk utama gedung Kompas Gramedia), nanti ke resepsionisnya dulu, minta kartu visitor, trus naik lift aja ke lantai 6”, jelas si pak satpam.
“Oh iya pak, makasih Pak”, pas udah mau meluncur ke arah yang ditunjukkin, eh bapaknya kepo, “Mau ada urusan apa neng?”
“Mau interview Pak”, jawabnya sambil jalan, gara-gara buru-buru udah mau setengah 9.
Pas udah masuk kantornya, gue jalan ke arah resepsionis. Di resepsionis KTP gue diminta, tukeran gitu sama kartu visitor. Pas udah, gue ditunjukkin jalan ke lift sama pak satpam yang di deket resepsionis, tapi sebelomnya gue minta diarahin ke koperasi, gegara bolpen gue ketinggalan. Masa iya gue mau tes kaga bawa bolpen, ckck. Akhirnya gue diarahin buat keluar dari pintu belakang, trus suruh jalan ke arah parkiran, disitu ada kayak minimarket (kalo gue liatnya sih kayak koperasi aja). Untungnya disitu ada bolpen dan alat tulis lainnya. Beli lah 1 bolpen. Haha pelit amat yaa gue, belinya cuman 1 doang. Bodo amat dah, namanya ngirit budget, sama beli air mineral buat jaga-jaga kalo keausan pas tes,haha. Beres bayar gue langsung lari ke arah pintu masuk dari belakang tadi. Gabisa masuk kalo gada kartu aksesnya. Wah panik gue. Mana udah mau jam setengah 9 banget. Untung aja ada karyawan yang mau masuk, jadi gue numpang ngekor di belakangnya. Sambil lari sama senyum ke pak satpam yang tadi bukain pintu sama ngasi tau jalan, “udah dapet pak bolpennya, makasih pak”,itu gue ngomong sambil jalan cepet ke arah lift, bapaknya cuman bales senyum doang, haha. Untung aja liftnya gapake lama, pas kebuka, masuk, langsung pencet angka 6. Nyampe di lantai 6, bingung gue kudu kemana, pokonya nyari meja yang ada resepsionisnya dulu biar bisa nanya. Pas liat, adanya mejanya doang, orangnya kaga ada. Yaudah nanya  aja ke orang lain. Kebetulan ada mbak-mbak yang lagi duduk, kayaknya sih lagi nunggu gitu, akhirnya gue samperin. Dengan sotoynya, “Mbak, mau psikotes sama interview juga?”
“Aku? Ini hari pertama masuk, hehe. Tesnya udah minggu kemarin, mbak ini nih (nunjuk ke mbak-mbak lain) yang mau psikotes ama interview”, jawab si embaknya. Aduh jadi malu gue sotoy, haha.
“Oh, mbak ini?” gue ikut nunjuk sambil nanya, mbaknya yang tadi gue tanya cuman jawab “iya he’eh.”
Akhirnya gue duduk di sebelah mbak-mbak yang tadi katanya mau tes juga.ih mbak-mbaknya bajunya rapi banget dah. Beneran. Ga kayak gue yang cuman modal kemeja ama celana bahan kegedean, haha. Trus abis itu biasa, sok iye gitu gue, “Mbak mau psikotes juga?”
“Oh, iya. Kamu juga?”, mbaknya nanya balik.
“Iya mbak, hehe. Mbak social media specialist juga? Buat freelance juga?”, kepo dah gue ye.
“Iya” kata mbaknya.
“Oiya mbak, namanya siapa? Darimana?”, biasa cuy, nyari temen, haha.
“Arum, dari Bekasi” yeilah berasa nanya ASL kaga dah ini ya apa lagi main kuis-kuisan di TV? Haha.
“Dena dari Bandung (ngenalin diri dari Bandung, soalnya ngambil asal kampus, sama berangkat ke Jakarta juga dari Bandung) kuliah di mana mbak kemaren?” kepo lagi haha.
“Wah jauh yaa. (Gimana kalo tau gue aslinya orang Banjarnegara. Bisa siyok, haha) Gue dari YAI, lu dari mana?” balik nanya.
“Telkom University. 2011 juga?” lanjutan nanya.
“Iya 2011”, untung seangkatan haha.
Seangkatan, anak IKOM pulak. Lumayan lah nyambung ngobrolnya juga. Masih agak lama sih nunggunya. Sampe akhirnya ada ibu-ibu dateng nanyain, “kalian yang mau tes kan? Social media specialist?”. Dan disuruh ngikutin beliau ke sebuah ruangan, kayak ruangan meeting gitu. Disitu beliau ngejelasin dikit, lupa gue namanya, duh! Lupa wae ih. Hampura nya?
Abis ngejelasin dikit, ibu yang tadi ngasih selembar soal sama selembar jawaban ke masing-masing dari kita. Isinya ada 3 apa 4 soal gitu. Itu kayak tes apaan yaa namanya, lupa gue. Pokonya ngukur kemampuan gitu lah, sebelom masuk ke psikotes. Yang soal pertama disuruh nyari 10 berita di kompas.com (hari itu), trus dijadiin twit/socmed lain jadi gimana biar menarik. Milih 10 beritanya juga yang kira-kira lagi trending, ga asal ambil 10 doang. Yang ke dua sampe terakhir gue lupa urutannya, tapi pokonya ada yang tentang konten strategi gitu deh, kita disuruh bikin konten strategi buat natal sama tahun baru. Trus ada lagi soal tentang analisa, disitu disediain data dari google analyst. Ada beberapa situs. Detik, kompas, viva, sama apa ya satu lagi, lupa. Pokonya portal berita semua. Disitu suruh analisis gimana caranya biar twitter kompas.com jadi berkembang dan terus tumbuh. Ada lagi ga ya? Duh kayanya itu doang deh, apa ada lagi ya yang kelewat? Itu pokonya yang gue inget mah. Dikasih waktunya lumayan lama sih, orang kita dikasih waktu sampe jam setengah 11 apa 10.20 gitu.
Pas lagi ngerjain, blom beres udah dipanggil, katanya sih suruh interview dulu. Jadi gue dipanggil sama bapak-bapak tuh, suruh ikut beliau dulu ke ruangan lain. Nah disitu baru dah head to head. Ternyata beliau yang nelpon gue, Pak Aldy. Ya namanya HRD, nanyanya ya seputar kepribadian lu sama nanyain yang ada di CV lu. Dikorek-korek dah tuh ama dia. Dari mulai perkenalan diri sampe motivasi lu sampe nanya apapun yang lu tulis di CV sama di Form calon freelancer. Pengalaman lu lah, masalah gaji juga, sama komitmen sih sebenernya juga ditanyain, hehehehe. Pak Aldy malah tertarik nanya Banjarnegara awalnya. Yaudah gue ceritain aja dikit. Terakhir sebelom beres, Pak Aldy nanya kesanggupan gue buat masuk kerja. Kira-kira kapan bisa mulai masuk. Ya gue jawabnya awal Februari. Pertimbanganya waktu itu udah pertengahan menuju akhir bulan Januari. Kosan gue masih di Bandung, blom pindahannya apa segala rupa. Trus gue butuh nyari kosan di Jakarta dulu sebelom masuk. Tapi kayaknya Pak Aldy ga puas sama jawaban gue. Soalnya kayanya lagi butuh cepet gitu, sampe beliau bilang, “nanti kan ada tuh kandidat lain, semisal kemampuan mereka ga jauh beda sama kamu tapi mereka bisa masuk lebih cepet, kita ambil mereka gimana?”
Gue jawabnya, “yaudah Pak gapapa kalo emang gitu”, pasrah bener yaa gue ini, haha.
Akhirnya interview yang gue rasa panjang padahal cuman 15 menitan itu berakhir. Dan gue balik lagi ke ruangan yang tadi buat beresin tesnya. Dan gantian si Arum yang diwawancara. Ternyata ada mas-mas 1 lagi dateng, dan tes juga. Sok-sok ngobrol lagi. Gue lupa namanya tapi. Yang jelas tadinya dia anak Sosiologi UI. Widih, saingan gue anak UI cuy. Dia lulus udah dari sebelom gue, tapi katanya emang baru mulai ngelamar-lamar Desember kemarin. Sebelomnya istirahat dulu ceunah mah. Hmm kok enak yaa bisa istirahat dulu, iri gue mas, haha.
Blom beres ngerjain si mas-mas tadi juga dipanggil buat wawancara. Akhirnya gue beresin dah tuh soal yang di depan gue yang dari tadi kaga beres-beres padahal soal cuman segitu doang. Mikirnya yang kelamaan, karna gue gatau konten strategi itu apaan, haha. Yowes mengarang indah jadinya dah itu, asal masih nyambung-nyambung ke konten-konten sama strategi lah pokonya lah gue jawabnya. Maklum bukan anak marcom yang mungkin belajar gituan juga.
Sampe ditagih sama ibu-ibu yang ngasih soalpun gue belom beres masa. Ckck, lama yaa, haha. Maapin bu. Beres dari ngerjain soal, gue dipanggil lagi buat interview yang kedua. Ternyata kali ini ama user. Tapi tetep, Pak Aldy-nya ada di ruangan itu juga. Usernya ada 2. Satu mbak-mbak, satu lagi mas-mas. Ya senior lah. Dua orang itu yang bakalan jadi atasan gue kalo masuk kompas.com. kalo di user kali ini, sebenernya pertanyaannya ga terlalu jauh dari pertanyaan Pak Aldy di awal gue wawancara tadi. Seputar CV juga tetep ditanyain. Seputar social media. Apa aja yang pernah dipake, kalo ditwitter pake apa aja aplikasi lainnya. Tau ini-itu ga. Ya lebih seputar social media lah. Gue ceritain aja kalo pas kuliah gue sampe pernah disebut “infoDena” gara-gara keseringan ngetweet curhat sama ngetweet beberapa info seputar kuliah. Sampe dibilang udah kayak sekre (red: sekretariat). Ya pokonya pengalaman gue make social media lah gue ceritain disitu sampe alesan kenapa mau masuk socmed specialist. Trus komitmen juga tetep ditanyain. Sampe jobdesc juga. Sampe passion gue juga ikut ditanyain. Sebenernya waktu itu gue agak idealis sih, padahal mah lagi nyari kerja ya, malah sok idealis lagi, ckck. Gue kekeuh pokonya passion gue di jurnalis, gue pengen jadi jurnalis, gue pengen jadi produser nanti kedepannya. Social media itu sebagai hobi gue. Sampe ditanya, “menurut kamu social media ini termasuk jurnalis ga?”, ya pokonya ada di kalian masing-masing yaa. Soal pendapat gada yang salah kok, haha. Nah interview ini rasanya agak lebih lama dari yang sebelomnya, soalnya yang nyecer pertanyaan ada 3 orang.
Beres gue interview gantian si Arum. Ya ga lama-lama banget lah. Selama arum interview gue ama si mas-mas yang dari UI itu. Ngobrol lah dikit-dikit. Nanya-nanya. Ternyata dia tadi udah diinterview sekalian sama user. Jadi dari interview HRD langsung ke user. Ga kayak gue yang kepotong-potong antara tes tulis, interview HRD, sama interview user, haha. Beres si arum, kita bertiga dianggurin di ruang tes tulis tadi. Sampe akhirnya Pak Aldy nyamperin, nyuruh kita buat makan siang dulu atau ngapain dulu, balik lagi jam 1an. Bingung mau kemana akhirnya kita cuman solat doang, itu juga solatnya numpang di gedung kompas tv. Beres solat langsung naik lagi.
Ternyata jam 1nya masih ada tes lagi saudara-sodara sebangsa dan setanah air! Dan itu psikotes. Bayangin aja psikotes di siang bolong. Nikmatnya duniaaaaa, hmm. Ya kayak soal psikotes pada umumnya lah. Tetep ada tes kepribadian, sama gambar! Huft gambar deui, gambar deui. Susah bener gue ini disuruh gambar. Biasa ada wartegg test, gambar orang, gambar pohon sama pauli eh kraepelin. Eh pauli deng kayaknya, eh kraepelin mah kemaren, haha, waktunya sejam. Beres psikotes baru deh boleh balik. Dari situ gue ngabarin Sandi yang katanya mau jemput gue. Tumben bae bener nih orang. Ternyata bener aja ada maunya. Dia anter gue ke terminal, tapi dia nitip barang buat dibawa ke Bandung, hmm, udah tau gue, kalo Sandi lagi baik pasti ada maunya.
Gue balik dari Jakarta udah sore. Udah mau maghrib gitu. Nyampe Bandung udah jam 9 lewat. Waktu itu dijemput Azzah di Alfamart deket tol Buah Batu. Nyampe kosan udah hampir jam 10. Langsung tepar gue. Paginya gue baru baca email ternyata ada email masuk semalemnya:
Undangan Psikotes NET. Presenter Academy
Jeng-jeng.. ada email masuk buat tes NET. Presenter Academy. Baru nyampe Bandung semalemnya, besoknya kudu cabut lagi ke Jakarta. Indahnya cari gaweeeee. Untung masih stay di Bandung. Kalo udah stay di Banjarnegara lebih rempong lagi kayaknya gue bolak-baliknya yaa. Ongkos cuy, pengen nangis kalo inget mah. Buat yang NET. Presenter Academy gue berangkat paginya, kaga pake nginep-nginepan, haha. Tapi baliknya akhirnya nginep di kosan Desi, temen gue dari SMP yang kuliahnya di STIS. Banyak ya tempat nginep gue kalo di Jakarta, haha. Makasih loh udah mau gue repotin.
Eh iya cerita yang tes NET. Presenter Academy di Part selanjutnya aja ya. Sekarang beresin yang Kompas.com dulu. Tanggalnya deket-deketan sih, jadi bingung, haha. Pokonya abis balik dari Jakarta, tanggal 22nya gue dapet email ini nih:
Undangan Hari Pertama Masuk Kerja Kompas.com
Wah, Alhamdulillah ya, akhirnya ada yang nerima gue, terharu loh. Makasih banyak Kompas.com atas kesempatannya. Dari situ gue persiapin kelengkapan buat masuk. Karna banyak banget persyaratannya. Kudu dicicil biar beres. Untungnya masih agak lama. Beberapa hari kemudian gue ditelepon sama pihak Kompas.com, namanya Ibu Liza. Ya yang ngirim email itu. Beliau nelpon buat keperluan email kantor buat gue sama password telepon juga. Udah dikasih hari itu juga. Jadi tanggal 1 Februarinya gue tinggal masuk.
Dan sampe tanggal 26 Januari dataaaang. Jeng..jeng.. Apa yang terjadi? Nanti ya, gue ceritain part yang buat NET. Presenter Academy dulu, baru deh. Daaaaah. See yaa!

Happy reading!

15 comments:

  1. Wah terharu. Aku jg skrg jadi jobseeker Baru nih. Kayaknya idelisnya sama kyk Mbak. Pingin jadi jurnalis atau apapun yg berhubungan dg media :"
    Mau tanya dong, itu yg presenter academy apply nya dimana? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Setya Mahanani, jawabannya ada di http://denarosiana.blogspot.co.id/2016/02/cari-gawe-panggilan-psikotes-dan_45.html yaa, terima kasih :)

      Delete
  2. saya juga dapet notif yang sama mba di PT.Gramedia Printing sebagai "Maintenance & ME Technician", dalam sms nya saya diauruh dateng untuk test Psikotes di jln.palmerah selatan no.22
    akan tetapi saya tidak menghadiri undangan psikotes tersebut karena sebelumnya saya dapet panggilan di PT.Daihatsu jakpus. cuman disuruh nunggu dulu katanya mereka lagi ngerekrut lgi seseorang katanya sih biar saya berangkatnya bisa barengan.
    ohiya saya berasal dari bandung juga mba hehe lulusan Smk berpengalaman di bidang textile, sebagai teknisi.hehe

    kalo saya jadi ke Gramed mungkin kita bisa ketemu mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Anwari, maaf baru respon, semoga sukses dimanapun pilihannya!

      Delete
  3. hallo mbak dena, slam kenal. skrg masuh di kompas gak? gue jg mau psikotes nih sbatu tgl 22 di no 22 jl. Palmerah.. moga bisa sharing di Tkp.. heu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Praz, maaf baru respon, sayangnya saya ga jadi masuk kompas Mas, sekarang sudah di media lain :) Smoga sukses yaa!

      Delete
  4. Halo mbak Dena, masih di kompas mbak? Saya dapet panggilan di Kompas Rabu mendatang. Semoga bisa ketemu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Mira, maaf baru respon, sayangnya saya ga jadi ambil di kompas Mba, keburu keterima di media lain. Gimana hasil kompasnya Mbak? Smoga sukses dimanapun pilihannya :)

      Delete
  5. Saya malah baru hr senin di suruh psikotes tp ga tau alamat lengkapnya kira2 ada yg bisa ngasih tau alamat lengkapnya saya dari bogor

    ReplyDelete
  6. Saya malah baru hr senin di suruh psikotes tp ga tau alamat lengkapnya kira2 ada yg bisa ngasih tau alamat lengkapnya saya dari bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Anggi, maaf baru respon, smoga kemaren lancar psikotesnya dan hasilnya sesuai harapan :)

      Delete
  7. wah saya anak telkom juga kakk!

    ReplyDelete