Saturday 13 February 2016

Cari Gawe: Another Job Fair in 2015

FYI nih yaa, di Job Fair GBK gada satupun perusahaan yang bisa gue tembus, bayangin! Udah perjuangan gitu masih ga tembus. Tapi ya mau gimana, mungkin blom rezeki. Masih kudu berjuang!
Abis GBK, setiap kali ada job fair yang ada medianya, gue datengin tuh kalo pas waktu sama duitnya, haha. Waktu abis GBK, ada job fair lagi di kampus Gerlong. Beuuuuuh, itu mah bukan lahan umum Telkom University, tapi lahannya anak IKOM, isinya media semua. Syurga bener rasanya haha. Di jobfair itu ga banyak perusahaannya. Banyakan media, ada Kompas TV, NET TV, TransVision, MNC Play, SCTV Grup (SCTV, Indosiar sama O Channel), MStar, sama beberapa media Online, gue lupa apa aja haha, itu hari pertama, kata temen gue hari ke dua ada Metro TV, sayangnya gue cuman dateng hari pertama doang. Giliran ke jobfair ini, sepiiiii banget gada antre-antrean kayak di GBK kemarin. Jadi tinggal drop-drop aja tuh CV yang gue bawa. Padahal udeh gue sterotipin aja tuh kalo job fair bakal kayak GBK, haha. Alhamdulillah karna di kampus harganya ga semahal di GBK, dan worth it lah. Dari Job fair ini gue ada panggilan dari Indosiar. Tapi pas banget gue lagi ga bisa dateng. Padahal mah pas HRDnya nelpon bilangnya bisa reschedule, jadi minggu depannya, eh gada kabar lagi sampe gue dapet gawe sekarang, yowes, bukan rezeki gue brarti di Indosiar kemarin tuh. Sempet nyesel sih waktu itu, soalnya panggilannya panggilan interview. Hmmmm. Tapi ya syudah, menyesal tak bisa buat semuanya terulang, asik!
Abis dari Job fair Gerlong, ada jobfair lagi di Polban (Politeknik Bandung) itu sih gue nitip CV doang, patungan tiket, temen gue yang masuk, abisan karna job fair di Politeknik, jadi ga ada medianya, tapi banyak perusahaan gede-gede macem Astra gitu. Jadi lah gue nitip doang. Lagian nitip juga ga maksa harus drop CV, yang kira-kira pas aja haha. Gue ga tau dah tuh si bams yang gue titipin masukin kemana aja. Yang jelas dari Jobfair ini gue dapet panggilan dari Astra Daihatsu. Dan panggilannya bareng sama si bams. Jadi waktu itu berangkat tesnya bareng dari Dakol ke Poltekpos. Tapi yang ini baru psikotes aja gue ama bams udah gugur, haha. Lagi-lagi bukan rezeki cuy, gaboleh ngeluh. Allah punya jalan yang lebih baik kok. Percaya aja. Kata nyokap gue juga jangan pernah bilang capek kalo lagi berjuang! JANGAN PERNAH! Karna masih ada orang tua yang doanya terus bakal ngalir buat kalian semua! TRUST ME, IT WORKS! Haha lu kira susu L-m*n, haha. Tapi beneran kok, ciyus deh, enelan (dan kemudian yang baca muntah, haha).
Sekitar bulan September pertengahan ada Job Fair lagi, kali ini di UI coy, Depok, jauh juga yaa. Udah mana pas gue lagi di rumah lagi taunya, kan jauh bener yak kalo ke Depok. Akhirnya nyari temen dulu dah tuh gue buat ke Depok. Kebetulan 3 hari (Kamis-Sabtu) tuh job fair, jadi agak lama. Tadinya Azzah, Adit ama Winda ngajak hari Kamisnya, tapi gue aja baru berangkat dari rumah Kamis pagi, mana keburu, yaudah akhirnya gue janjian ama Bella di Bekasi, jadilah gue dari Bandung ke Bekasi naik kereta, utung weh promo, mayan lah, 70rb dapet eksekutif, haha. Gue ama Bella janjian di Stasiun Bekasi, ketentuan disitu, abis itu baru dah naik KRL ke Depok. Pertama kali tuh gue naik KRL  cuy, edun, murah euy! Bekasi-Depok cuman 4rb. Pas nyampe Depok turun lah kita di stasiun UI, dan gue juga baru pertama ke UI, apa banget dah gue yak, haha. Gile kampusnya ijo ye, banyak pohon, tapi tetep panas, namanya juga di Depok :”). Kita nanya sana sini buat arah ke Balairungnya UI. Ih meuni jauh teuing. Gede pisan kampusnya teh, haha. Jangan samain sama kampus sendiri makanya, haha. Tau gitu turunnya dari stasiun Pocin aja dah, lebih deket, dasar mah amatir kabeh, baru pernah ke UI dua-duanya haha.
Ternyata masuk ke Jobfair UI tuh butuh punya akun Jobstreet dulu. Jadilah abis beli tiket gue kudu regis akun jobstreet dulu. Abis itu baru bisa keliling. Soalnya ada beberapa perusahaan yang langsung apply lewat jobstreet. Tapi sisanya sih drop CV doang. Ga banyak sih, soalnya yang tadinya dibilang ada RCTI ternyata kaga ada. Yaudah gue apply Trans7 doang buat media, eh ada marketeers juga deng, sama apaan ya, kok jadi lupa haha. Perusahaan non media lumayan banyak sih gue masukkinnya, kecuali bank dah kalo ga salah tuh. Nah singkatnya dari job fair UI ini, gue dapet panggilan psikotes dari Trans7. Jadi gue hari kamis berangkat dari rumah, nyampe Bandung sore, Jumat paginya berangkat ke Bekasi, dari Bekasi sung caw ke Depok, abis itu balik lagi ke Bekasi karna nginep di Bella semalem, Sabtu paginya balik Bandung, Minggu sorenya dapet sms kalo Selasa Psikotes di Jakarta. WHAT A WONDERFUL WORLD! Hmmmm, akhirnya Senen sorenya lah gue caw Jakarta. Nyampe Jakarta malem, nginep di kosan Irma di Cempaka Putih (Red: Galur). Paginya berangkat tes ke Tendean. Sebenernya sih Bella juga ada panggilan, tapi ga dateng dia. Abis tes, harusnya sih langsung balik, karna Rabunya gue Idul Adha. Tapi apa mau dikata, gara-gara gue salah naik transjakarta kan jadi jauh banget. Yaudeh nyampe kosan Irma udah abis maghrib, jadilah gue baliknya Rabu pagi, ya gue Idul Adha di jalan :”). Yaa pokonya singkatnya mah gue juga ga lolos psikotes Trans7 aja tuh. Peserta waktu itu ada 280, tapi kaga tau dah yang kepanggil lagi berapa orang. Pokonya anggep aja itu bukan jalan rezeki gue, ikhlasin aja, Allah punya rencana lain yang lebih bagus di depan. Aamiin.
Dari job fair UI bulan depannya ada Jobfair di UNPAD sama Walk in Interview MNC Group di Kebon Jeruk, ada Jobfair di ITB juga, oh God! Meuni loba kiyeu job fairna teh, duit urang teh teu aya L akhirnya milih lah, biar ga didatengin semua, kebanyakan duit kalo semuanya didatengin. Gue millih WII (Walk in Interview sama UNPAD, padahal mah harusnya ke ITB aja gue, ada CNN Indonesia buka stand di sana, eh malah gue milih Walk In Interview yang ternyata kaga jelas banget, sempet nyesel gue jauh-jauh ke Kebon Jeruk kaga ada hasilnya, mana antrenya dari jam setengah 10 sampe mau ashar. Ih subhanallah banget dah pokonya. Juaranya PHP mah ini WII. Udah ngantre panjang, ketemu user juga kaga, cuman drop CV, tau gitu mending gue ke ITB. Temen gue yang lolos sampe namanya ada di web resminya aja abis itu gada tindak lanjut lagi, sampe dia dapet kerja di tempat lain. Kalo ada WII lain kali mending diperiksa dulu yaa, cuy, soalnya daripada lu pada udah antre lama ujung-ujungnya kayak gue, drop CV doang.
Abis dari Jakarta besoknya gue coba datengin seleksi CNN Indonesia di Ballroom Trans Luxury Hotel, untung aja ga jauh-jauh amat. Ternyata hari itu udah hari kedua, kesisa satu sesi psikotes jam 7 pagi sama interview yang lolos psikotes kemarennya. Banyak juga ternyata temen-temen gue yang lolos ke interview. Gue sedih ga sempet ikut tes yang di Bandung. Untung aja masih bisa regis tes yang di Jakarta. Which is, gue minggu depan kudu ke Jakarta lagi. Again and again cuy, Jakarta deui! Namanya perjuangan, kalo pas ngeluh nyokap gue bakal ngehendel. Bisa aja nasehatinnya mah, jadi adem. Padahal mah udah berapa duit tuh abis buat ongkos gue bolak-balik Jakarta mulu. Kalo duit tinggal metik mah kaga papa dah, nah ini nyari duit aja susah L
Oiya Job fair UNPAD. Gue ga bosen-bosen dah ngedrop di Trans7, nyari peruntungan aja sih haha. Kalo dipanggil lagi syukur, kalo ga yaa udah, bukan jalan gue brarti emang Trans7 itu, haha. Beberapa perusahaan non media juga gue masukin di Jobfair Unpad. Sampe MTF (Mandiri Tunas Finance) juga gue masukkin, bayangin! FINANCE cuy, FINANCE! Nekat yaa gue haha. Dari Job fair UNPAD ini gada yang nyantol kecuali MTF, dipanggil lah gue buat interview, bareng sama adit. Pas liat tanggalnya tanggal 2 November 2015 di Mandiri University, Bandung jam setengah 8. Padahal gue tes buat CNN Indonesia itu tanggal 31 Oktober sama 1 November 2015 di Jakarta, hmmmm NICE! Yaudah gue sanggupin aja dah, daripada nolak rezeki kan. Gamau lagi kayak yang Indosiar, bisi ilang deui.
Sebenernya mah ada jobfair lagi yang medianya lumayan banyak kayak waktu Agustus, tapi yaa di GBK lagi. Ah bayangin perjuangan masuknya aja gitu. Kapok kesana lagi. Lagian kaga ada temennya buat kesana, makin males dah. Eh ternyata Prima (sebut saja mbok Ima) kesana, sendirian. Dan dari jobfair itu dia sekarang udah kerja di  Metro TV. Selamat yaa Mbok! Rada nyesel ga ke GBK waktu itu, tapi mau gimana udah kebayang waktu Agustus kemarin, masa iya dua kali gue bejubel sama ribuan orang lain di GBK, tapi yowes lah. Lagi-lagi emang bukan jalan gue kali yaa. Terima aja. Masih disuruh ngawas ujian di kampus kali waktu itu yaa, haha. Biar bisa cuci mata liat adek-adek yang ganteng-ganteng lucu menggemaskan, hahahaha (niatnya jelek nih).
Dua jobfair terakhir yang gue datengin adalah Jobfair SMESCO di Jakarta sama Sabuga pas awal Januari kemarin. Ke SMESCO gue cuman bermodal 5 hardcopy seperangkat lamaran haha. Dan ga bosen gue apply lagi ke Trans7. Gile yaa, penasaran apa pengen banget. Ga ngerti juga gue. Kayanya sih penasaran dah, haha. Dan kayaknya kalo lu udeh pernah ada panggilan di Trans7 dan lu udah tes tapi ga lolos sampe lu kerja disitu, lu mau ngedrop CV berkali-kali lagi juga ga dipanggil lagi dah. Soalnya ga gue doang yang berkali-kali ngedrop CV ulang, tapi ga dipanggil-panggil lagi. Temen-temen gue juga pada gitu (kasusnya yang udah pada tes dan ga lolos yaa). Jadi, kalo udah sekali gagal, yowes relakan! Trans 7 bukan jalan lu men! Selain Trans7, gue drop CV ke CNN Indonesia tuh waktu itu, ambil PA deui, sarua jeung di web mah. Sisanya gue masukin ke perusahaan non media. Itu bingungnya mau ngedrop di mana. Padahal cuman dikit bawa CVnya, tapi sampe bingung mau ngedrop di mana lagi. Padahal mah yang lain tinggal drop-drop weh, kok gue gabisa yaa. Milih banget, soalnya takut guenya setengah hati. Jadi kalo ragu mending kaga ngedrop. Oiya dari jobfair SMESCO juga gada hasil (sejauh ini yaa).
Satu lagi, job fair yang gue datengin adalah dari Garuda Organizer. Aseli, itu tiket mahaaaal tapi di dalem teh perusahaannya ga banyak. Untung aja dapetnya tiket gratis, makanya nyesel biar dateng juga. Asal drop banget tuh saking bingungnya ngabisin CV. Dengan harga segitu sih kalo kata gue ga worth it.
Selain dari job fair-job fair, gue nyari kerja juga lewat jobstreet yang seenggaknya paling gue percaya sampe sekarang (walaupun gapernah ada panggilan dari Jobstreet, sekalinya dapet panggilan gue udah dapet kerja), ada lagi lewat web resmi masing-masing perusahaan, biasanya suka lebih aman kalo langsung dari webnya. Trus satu lagi juga lewat linkedin. Kalo kata gue buat lu semua yang lagi cari gawe, linkedin juga perlu punya tuh, sering-sering cek aja, soalnya beberapa perusahaan suka ngepost lowongan via linkedin. Beberapa juga diposting sama orang HRnya langsung.
Oiya cerita tentang panggilan tes/interview di postingan terpisah yaa. Ini edisi Jobfair aja hehe. Kepanjangan tar kalo disatuin. Gue yang nulis aja males, gimana kalian yang baca nanti. Keburu bosen kalo lebih panjang lagi. See yaa!

No comments:

Post a Comment