Sunday 28 February 2016

Akhir Perjuangan (agak) Panjang Cari Gawe di Ibukota

Setelah laluin beberapa tahapan psikotes, Interview sampe FGD (focus discussion group) di beberapa perusahaan, media sampe non media (karna cari peruntungan), cerita gue kali ini nemuin endingnya. Kenapa sih getol banget kudu nyari kerja di Jakarta? Udah tau Jakarta macet, panas, semrawut, kejam! Gue ngejar Jakarta bukan karna apa-apa. Alesan gue pertama ya karna TV nasional/berjaringan pusatnya cuman di Jakarta, ya mau gamau dong gue ngejar ke Jakarta kalo emang pengen kerja di TV (nasional/berjaringan). Emang harus banget kerja di TV? Kerja di TV nasional/berjaringan emang tujuan gue dari awal kalo gue beres kuliah. Seenggaknya kuliah gue yang 4 tahun gue perjuangin itu ga sia-sia, dan bisa kepake pas gue kerja.
Tiap orang punya mimpi sama pengen masing-masing. Nah kalo gue mimpi sama pengennya ya kerja di media nasional. Terutama jadi jurnalis! Kenapa sih pengen jadi jurnalis? Kalo jawaban gue pribadi sih karna gue orangnya suka kepo, gue pengen tau info duluan dan nyampein info itu ke masyarakat luas. Ibaratnya gue bisa jadi wakil masyarakat (publik) buat ngejawab pertanyaan minimal 5W+1H dari peristiwa penting yang ada. Seenggaknya bisa bermanfaat buat orang banyak. Itu sih alesan utama gue, bisa dibilang passion kali yaa.
Walaupun sebenernya gue juga ga nutup kemungkinan buat daftar posisi lain, misalnya creative gitu yang emang sebenernya beda banget sama jurnalis. Tapi buat permulaan kalo emang gue dapetnya di produksi program acara, ya why not? Toh gue tetep kerja di media (red: TV). Anggep aja kalo emang dapetnya itu ya gunain aja jadi batu loncatan buat dapat apa yang pengen lu mau. Kalo gue sih mikirnya gitu. Ya apapun yang gue dapet sebisa mungkin disyukurin aja. Mungkin emang yang terbaik jalannya harus gitu. Yang penting ilmunya kepake. Sekalipun ga dapet media ya hikmahnya brarti kita bisa ambil ilmu baru yang belom pernah didapet. Gitu aja sih gue awalnya. Ya pokonya apapun sih intinya bersyukur, jangan terus-terusan ngeliat ke atas kalo mau bersyukur, sekali-kali liat ke bawah. Liat ke atas buat motivasi, liat ke bawah buat bersyukur, kalo liat ke atas mulu, terus tar ada batu, kesandung, jatoh kan jadinya, sakit loh haha (apa deh).
Allah udah nyiapin jalan rezeki masing-masing. Yang bisa dibilang sih ga akan ketuker ya. Perjuangin aja yang lu pengenin. Perjuangannya ga bakal sia-sia kok. Pas lagi usaha gitu sih biasanya ada nyokap gue yang selalu ngingetin kalo pas gue lagi capek, ngeluh. Nyokap gue selalu bilang,
“Kamu ga boleh ngeluh, namanya lagi berjuang, capek ya wajar, nanti kalo kamu ngeluh terus capeknya bakal berasa, tapi kalo dijalanin aja bakalan ikhlas, biar enggak capek jadinya.”
OK Mom, good job! Thanks for your advices, make me stronger.
*****
Jauh sebelom gue dapet kerja nih, gue mau flash back waktu gue cari tempat magang dulu. Udah apply ke beberapa media gada yang respons. Sedih ga sih tau yang lain udah pada jelas mau magang di mana tapi lu sendiri udah hampir beres ujiannya masih blom dapet tempat magang juga, sampe nangis-nangis, mewek-mewek. Nyari tempat magang aja susah kan. Nyari kerja benerannya juga ga gampang kok. Kata orang sih, kalo lu mau dapetin sesuatu ya lu kudu berkorban sama berjuang. Kalo diem-diem aja mah mending tidur aja, di mimpi mungkin bisa lu dapet apa yang lu mau, gratis, gampang lagi. Tapi ya cuman mimpi (red: ilusi).
Dulu sampe akhirnya gue ngikut Bella, Bangyum, Winda ke Jakarta buat apply magang ke MNC. Padahal yang lain mah ke Jakarta pada mau penelitian, gue apply magang sendiri. Nebeng ke Jakarta sih sebenernya mah, biar sekalian ada temen, kaga sendirian banget. Dan itu juga 2-3 bulan baru gue dikabarin lagi. Hari terakhir ujian barulah gue dapet telepon dan senenya di suruh masuk, amazing yaa. Jadi waktu apply dulu gue apply buat MNC aja, karna emang cuman bawa 1 berkas doang. Eh pas sama mas-mas resepsionis di Podium 2 malah disuruh apply semua, katanya mumpung di Jakarta akhirnya gue disuruh fotokopi berkas-berkasnya. Dan udah muter-muter gue kaga nemu. Sampe akhirnya gue nyerah dan balik lagi trus bilang,
“Mas, udah muter sampe keluar ke stasiun (Gondangdia) tapi ga nemu fotokopian, yaudah lah mas, gapapa apply 1 aja mas”
“Yaudah mana berkasnya sini saya kopiin aja di dalem” kata masnya.
Dalem hati gue, “kenapa ga dari tadi mas? Nungguin usaha gue dulu ya?” haha.
Akhirnya berkas gue di fotokopiin dan gue naro beberapa berkas di MNC. Masnya baik deh, sampe gue masuk magang pun masnya masih inget sama gue, haha.
Nah di masa-masa tunggu biasanya suka ada cletukan-cletukan yang bisa dibilang kalo kata orang, “omongan itu doa lho”. Nah inget tuh waktu itu si Bella sering banget bilang, “ciye anak MNC nih”. Padahal mah ya gue blom ada dapet kabar gue bisa magang di sana. Ada sinyal gue bakal dipanggil aja kaga. Cuman gara-gara gue apply ke MNC ditemenin aja tuh sama anak-anak tadi makanya digituin. Hal-hal kayak gitu tuh yang kecil tapi suka ngena. Jadi kayak doa. Ternyata beneran gue dapet magang di MNC. Bukan MNCTVnya, tapi di SindoTV, sekarang sih udah iNewsTV.
Sebenernya cerita gue dapet tempat magang sama cerita gue dapet tempat kerja ga terlalu jauh beda lah. Orang-orang yang terlibat juga ga jauh-jauh. Itu lagi itu lagi. Jangan pada bosen yaa lu pada gue sebut-sebut namanya di blog gue ini.
Kayak yang gue udah cerita sebelomnya, gue tes dimanana, tau sendiri lah ya. Salah satunya di CNN Indonesia TV. Kalo kalian tau perjuangannya ya gitu lah yaa, bisa baca disini, biar gue ga kebanyakan ngulang, tar pada bosen kalo gue ulang-ulang mulu, haha. Tes gue di CNN Indonesia kan dari akhir Oktober ya. Tanggal 31 gue Psikotes, tanggal 1 gue interview. Gue dengernya pengumuman paling lambat 3 minggu setelah tes. Lewat dari itu ya brarti ga lolos. Karna udah lewat dari 3 minggu, sebulan, dua bulan gada kabar yaa gue pikir udah lah yaa. Palingan kalo mau yaa apply ulang. Sempet sih gue apply ulang. Sekali di jobfair smesco, satu lagi via linkedin. Mba Ghea ada ngeshare lowongan gitu lewat akun linkedinnya.
Jadi kronologinya (ciyee gitu kayak apaan aja pake kronologi, haha), gue ditelepon Kompas.com, dari panggilan psikotes sampe akhirnya gue diterima. Email gue diterima di Kompas.com dikirim tanggal 22 Januari, gue disuruh masuk tanggal 1 Februari, masih ada waktu seminggu lebih buat siap-siap. Tanggal 20 Januari gue ada psikotes NET. Presenter Academy, yang pengumumannya gue lupa harusnya tanggal berapa tapi akhirnya di share di web tanggal 27 Januari.
Sebelomnya, gue sempet ditelepon sama pihak HRD Kompas.com perihal email domain Kompas.com sama passwordnya sekalian juga password buat telepon kantor (yang bahkan sampe sekarang (saat gue nulis ini yaa) gue belom dapet di CNN, haha). Jadi gue di Kompas.com udah punya akun email yang pake belakangnya Kompas.com. Kemarin gue request email gue ‘denarosiana@kompas.com’, keren ga tuh udah ada emailnya sebelom lo masuk. Bahkan lo bisa langsung dapet pasword telepon kantor buat nelpon keluar, amazing syekaleh!
Nah di masa-masa gue mau masuk ke Kompas.com, tanggal 26 Januari jam 11 kurang, tiba-tiba ada nomor (021), ya lu tau lah ya kode wilayah Jabodetabek kan (021). Gue kira itu nomer dari Kompas.com yang mau ngasih info atau konfirmasi lagi ke gue buat tanggal 1. Eh ternyata pas gue angkat,
“Halo.”
“Halo selamat pagi, dengan Mba Dena, betul?” suara cewe, dan kayaknya gue ga asing.
“Iya Mba, betul”, jawab gue agak ragu-ragu, soalnya udah agak ga enak feeling.
“Saya Ghea,” pas Mbaknya baru sampe segitu ngomongnya, gue langsung, banyak pertanyaan dalem ati gue, waduh Ghea? CNN nih kayaknya. Panggilan apaan nih? Blablablabla, sampe penasaran. Dan Mba Ghea ngejelasin tujuan dia telepon gue. Jeng..jeng.. Kalian tau apa? Mbak Ghea nawarin kontrak di CNN Indonesia TV yang gue tesnya udah dari kapan tau dan gue udah hopeless. Dan akhirnya gue galauuuuu. Masa iya gue udah keterima di Kompas.com trus tiba-tiba gue batalin? Masuk aja belom. Udah main kabur aja. Tapi masa iya gue ga ambil CNN yang ibaratnya nihnya, apa yang lo pengenin tuh udah di depan mata.
Untungnya Mba Ghea ngasih kesempatan buat gue mikir dulu (kayak apaan aja dah, ‘gue pikirin dulu yaa’, haha). Mba Ghea bilang dia nunggu konfirmasi gue sebelom jam 12. Lah cuman dikasih waktu mikir sejam doang coba. Akhirnya abis Mba Ghea nelpon, gue langsung whatsapp nyokap gue buat minta di telepon. Gapake lama, nyokap gue langsung nelpon.
FYI yaa, paginya gue ama nyokap abis berantem gara-gara masalah kosan. Gue maunya ngekos yang murah-murah aja, toh gue kerja bayaran masih harian, dan ga gede (kasusnya kalo gue jadi nge-freelance). Tapi nyokap gue maunya gue ngontrak aja biar enak katanya, tapi kan masalahnya, kalo kontrakan tuh kosong mlompong, kaga ada isinya, PR lagi buat beli perabotan, mehong cyn. Masalah kosan aja sampe brantem coba ya, hmm.
Lanjut lagi ke yang seharusnya. Gapake lama juga, nyokap gue langsung bilang. Yaudah ambil aja yang CNN. Tapi tanpa memikirkan gimana gue bilang ke Kompas.comnya. Jadi gue bingung sendiri. Akhirnya daripada kesempatan gue ilang 2-2nya. Mending gue konfirmasi dulu ke Mba Ghea kalo gue mau terima kontrak di CNN. Masalah Kompas.com dipikir di depan. Akhirnya dijelasin ini-itu blablablabla perihal kontrak apa segala rupa. Dan karna gue nerima gue disuruh langsung masuk tanggal 28 Januarinya. Cepet kan? Kaga beda jauh sama magang gue. Ditelepon Jumat, Senen disuruh masuk, nah yang ini, ditelepon tanggal 26, tanggal 28 disuruh masuk. Beuuuuuh, kurang kelabakan apa lagi gue. Untung aja ada si Manda yang udah keterima duluan di CNN. Jadi gue nebeng di Manda seminggu, sebelom akhirnya gue dapet kosan. Thanks loh man tumpangannya
Oiya, by the way, ini email dari Mba Ghea yang dikirim ke gue waktu abis ngejelasin masalah kontrak:

Email dari HR CNN Indonesia

*****
Ini juga ga jauh beda dari cerita magang gue yang berawal dari omongan iseng (kalo pas magang omongan Bella yang sekarang juga Bella lagi ditambah BangJul (alias Itong)). Karna gue waktu tes CNN juga ketemu Bella. Bella sempet ngeluarin kata-kata saktinya, ‘ciyee anak CNN’. Yailah pengumuman aja belon Ceu! Tau juga kaga gue bakal ketrima apa kaga, haha. Tapi terima aja jadi doa. Kalo omongan yang baik mah gada salahnya kan kalo di Aamiin-in? Anggep doa. BangJul juga getol bener dia dari awal buat nyuruh gue daftar ke CNN. Tau dah kenapa. Katanya biar dia punya temen yang kerja di CNN. Kalo ga yaa nanti bareng dia masuknya, gitu katanya, haha. Sempet ngasih lowongan juga dari CNN, katanya rekomendasi dari temennya (red: senior) yang kerja di CNN. Yaudah daftarlah gue. Waktu itu gue tertariknya cuman ke programming, sisanya, ga deh, bukan bidang gue banget kayanya. Yowes. Kirim lamaran via email, tapi tak kunjung ada tanggapan. Yowes hopeless lah. Gada kabar juga yang itu sampe sekarang. Mungkin ga lolos seleksi administrasi kali ya, haha, sedih amat.

Berawal dari omongan baik orang sekitar, ternyata bisa jadi doa. Mungkin itu maksud orang ‘Perkataan adalah doa’. Makanya kita dianjurin buat ngomong yang baik-baik. Karna ada malaikat yang bisa jadi juga ikut nge-Aamiin-in omongan kita. Omongan bisa jadi kebetulan atau iseng. Tapi kalo semesta ngedukung? (ciyeeilah)
*****
Oiya, gue belom ceritain gimana akhirnya Kompas.com. jadi, abis gue ditelepon sama Mba Ghea, kan langsung galau tuh. Gue nanya sana-sini baiknya gimana. Gue nanya temen seperjuangan, adek tingkat, temen SD, temen nyari gawe, sampe nanya ke Kang Dimas. Solusinya beda-beda. Masing-masing punya solusi sendiri-sendiri buat gue. Makin pusing ga lo dikasih banyak alternatif solusi? Kalo gue sih pusing, haha. Ada yang nyuruh, ‘udah ignore aja, lu masuk aja langsung CNN’, ada yang bilang, ‘telepon aja langsung HRDnya’ (telepon sih telepon, tapi mau bilang apa gue kalo nelpon langsung coba?), trus ada yang ngasih saran, ‘udah email aja ke email’. Sebenernya itu sih paling aman. Kaga kabur langsung juga gue, haha. Dan kalo email gue ga perlu ngomong langsung. Tapi emailnya isi apaan aja gue bingung. Masa iya diisi surat pengunduran diri? Masuk aja belon gue, udeh ngundurin diri aja ya. Kan lucu. -_-
Butuh waktu dua hari sampe akhirnya gue berani dan mantepin buat ngirim email ke HRD Kompas.com kalo gue mau ngundurin diri. Emailnya gue kirim tengah malem sebelom paginya gue tanda tangan kontrak di CNN. Itu rasanya udah campur aduk. Agak ngerasa bersalah juga haha. Ga enak juga, masa belom masuk udah ngundurin diri.
Akhirnya paginya, pas gue udah di kantornya HRD CNN Indonesia, gue ditelepon sama Pak Aldy (yang nelpon pertama waktu undangan psikotes sama interview). Ditanyain kenapa alesan gue ngundurin diri. Trus dapet kontrak di mana. Udah gitu. Abis itu beres. Dan datenglah telepon dari Okezone.com yang udah gue ceritain sebelomnya.
See yaa!

No comments:

Post a Comment