Monday 15 February 2016

Cari Gawe: Panggilan Psikotes dan Interview Kerja (Part 3: Heinz ABC & CNN Indonesia TV)

Lanjut yaa, lanjutan yang sebelomnya, haha. Ga bosen kan ya sama cerita gue yang panjang itu. Yaudah lah ya, pokonya ini mah curhatan gue. Yak balik ke topik. Jadi abis gue Walk In Interview MNC Group sama temen-temen gue, kita langsung balik ke Bandung. Untung aja si Bella bawa mobil, jadi bisa nebeng sampe Bekasi buat naik bis dari Bekasi ke Bandung, biasa, ngirit ongkos, haha. Makasih Bella!
Nyampe leuwi panjang udah gelap, lupa jam berapa. Gue dijemput bams, Azzah dijemput Bang Eka, si Ipank ngegojek. Dan Manda ga ikut ke Bandung, nginep di Bekasi. Besok paginya, gue ama Anggi (ceweknya Ridho) coba dateng ke TSM, ngecek psikotes. Ternyata hari itu udah abis. Terakhir yang jam 7 pagi. Dan si Anggi salah jadwal, harusnya kemarin (Sabtu (24/10)). Sayang sekali. Kalo gue malah kedaftar yang buat tes di Jakarta minggu depan (Sabtu (31/10)). Walah, yowes, minggu ngarep Jakarta neh. Dari situ gue ngasih tau si Manda kalo masih bisa regis buat tes di Jakarta dari website karir resminya. Gue dapet jadwal tes pagi jam 8 dan manda dapet yang jam 12 kalo ga salah.
Jadi kalo mau ikut tes seleksinya, lu kudu regis dulu di karir.cnnindonesia.com. lu kudu lengkapin semua data yang diperluin. Ada 8 tahap regis. Mulai dari posisi pilihan pertama, data diri, pendidikan, skills, sampe refference. Ehiya, ada pilihan posisi kedua deng di tahap 8. Isi semuanya jangan sampe ada yang kelewat yaa. Kalo ada yang bingung ngisinya, tanya saja pada rumput yang bergoyang, mungkin mereka lebih tau :’). Data di web itu bakal kepake sampe lu ketrima kerja di CNN nanti, seriusan deh. Makanya kalo mau, coba aja regis, siapa tau rezeki lu di CNN Indonesia.
Available Position at CNN Indonesia
(web page karir.cnnindonesia.com)
Sebelomnya emang gue udah punya akun di website karir CNN Indonesia, jadi gue tinggal regis lokasi tes aja. Beberapa temen gue ada yang regis langsung di Job Fair ITB waktu itu karna CNN Indonesia lagi buka stand di Jobfair yang lokasinya di Sabuga itu, jadi undangannya lewat sms doang gada yang dari akun di website karirnya. Oiya sebelom lu pilih posisi liat dulu requirements sama jobdesc-nya yaa, jangan sampe salah pilih. Apalagi buat yang fresh graduate kayak gue. Dipilih bener-bener yaa, masa depan loh! Haha.
Nah, sebelom berangkat ke Jakarta, tanggal 26 dan 28 Oktober 2015 gue dapet email dari Mandiri Tunas Finance (MTF) sama Heinz ABC, intinya sih lolos tahap administrasi, tinggal ikutin tes yang udah dijadwalin aja dari MTF sama Heinz ABC, emailnya, nih:


Undangan Psikotes MTF

Finance yaa, hmmmm. nekat amat gue daftar ke perusahaan Finance. Ada basic aja kaga. Udah lah jalanin dulu aja. Jangan nolak rejeki. Sanggupin dulu aja. Kan ada tes juga. Santai aja, selaaaaaw. jangan panik! Toh ada temennya, tar bareng tesnya sama si Adit haha. Nah ini email dari Heinz ABC, gue daftar MT waktu regis mah:

Pemberitahuan Tes Seleksi Heinz ABC

Widih, ngeri bro, Heinz ABC. Kebayang gue tesnya. Hmmmm. Pasti bikin pusing dah. Coba kita liat nanti yaa! Walaupun sebenernya Online sih, tapi tetep aja. Malah lebih repot, kudu punya koneksi yang kenceng sama ga putus-putus. Soalnya lu cuman dikasih kesempatan buat 3 kali login. Kalo udah 3 kali yaa dianggep lu udeh beres tesnya, gamau tau pokonya itu sistem. Makanya kalo ada tes Online macem ginian, lu kudu bener-bener punya koneksi yang mulus, kalo gamau kena gangguan pas lagi asik jawab soal-soalnya. Gue kan anak kosan yang kosannya kaga ada inet, sekalinya ada koneksi internet yaa tethering, kayak sekarang ini dah pokonya, haha. Fakir banget mah gue, fakir WiFi, haha.  Tanggal 28 gue nerima email doang. Tesnya di kasih waktu dari tanggal 29 Oktober – 3 November. Wah mepet juga yaa. Mana gue lagi mau banyak tes lagi. 31 Oktober di Jakarta buat CNN, tanggal 2 di Bandung buat Mandiri Tunas Finance. Jadi banyak gini tes gue, numpuk! Alamaaaaak! Dari tanggal 29 masih gue anggurin tuh Heinz. Sampe akhirnya gue berangkat ke Jakarta tanggal 30 Oktober (malem). Kali ini gue nginep di temen kosan gue dulu yang sekarang udah kerja di ruangguru.com, siapa lagi kalo bukan Uun yang baik hati dan tidak sombong. Kosannya di daerah Tebet. Ga jauh-jauh amat lah kalo mau berangkat tes.
Ngrepotin banget dah gue ini. Udah lah numpang nginep, numpang mesenin gojek pula. Duh..duh.. maapin yaa Uns. Untung Uun baik banget dan sabar ngadepin gue, haha. Paginya gue langsung cabut buat tes, berangkat jam 7an gitu dah, maklum, kan gue tesnya  jam 8, biar ga buru-buru gitu sih ceritanya mah. Nyampe Trans Tendean udah banyak orang, mayan lah. Ya bisa diliat sendiri, yang daftar buat psikotes di web aja sampe 6000an gitu (Jakarta doang yaa). Kan ngeri! Itu saingan gue loh, SAINGAN! Buset dah, bener-bener. Ini mah kuatin doanya aja. Di jalan dari gerbang mau ke Menara Bank Mega gue ketemu mbak-mbak, sok-sok nyari temen, kenalan lah gue.
“Mbak, mau psikotes CNN juga?”, tanya gue sok akrab.
“iya”, buset dah singkat bener jawabnya mbak, haha.
“Oiya mbak, kenalin, saya Dena, mba siapa?”, dasarnya gue nyari temen mah bodo amat, haha.
“Oh, Rini.” (sambil salaman)
“Kuliah di mana mba?”, kepo banget ya gue, haha.
“Gundar, kamu?”, akhirnya nanya balik si embaknya.
“Dari Telkom University, Bandung mbak” (FYI, gue kalo baru kenal ama orang mau seumuran kek, mau lebih muda dari gue kek, gue panggil mbak, haha)
Sambil jalan tiba-tiba ada mas-mas nyamperin, singkatnya, kenalan lagi lah kita ya. Namanya Rizal (lah? Kayak nama adek gue). Dia dari Malang. Masuk lah kita bertiga ke Menara Bank Mega. Disitu udah disiapin kursi-kursi banyak. Tapi kok kaga ada yang duduk disitu ya, hmmmm. Emang tuh kursi buat siapa dah? Bukannya buat kita yang mau tes? Tadinya gue pikir tesnya disitu, haha. Ternyata disitu buat nunggu doang. Ga lama akhirnya ada yang mempersilakan buat kita duduk. Kita bertiga duduk sederet. Maklum lah dari pada sendiri-sendiri kan. Karna udah ada kenalan ya mending duduk bareng. Pas kita duduk ada lagi yang dateng. Trus kenalan lagi, namanya Aji. Dari Gundar juga sama kayak Rini. Untungnya kita seangkatan semua, anak 2011, haha. Dari situ sok-sok tukeran kontak, katanya biar kalo ada apa-apa bisa tukeran info. Yowes, manut lah.
Eh ini nomer tes gue, masih gue simpen:
No.Tes CNN Indonesia TV (Jakarta)
Ternyata yang di Auditorium belom beres siap-siapnya, jadi kita masih nunggu di lobi Menara Bank Mega. Baru lah pas udah siap kita digiring buat ke lt. 3 Menara Bank Mega. Tempat yang sama kayak pas gue tes di Trans7 kemaren. Semoga aja beda hasilnya yaa. Itu harapan gue waktu itu. Wish me luck for this test! Ada 6 sesi tes. Yang pertama soal umum kepribadian yang ada 24 soal itu, waktunya 5 menit. Tapi kalo dari pihak panitia sih itu bukan termasuk tes. Yang masuk kategori tes cuman ada 5 tahap. Gue saranin yaa kalo yang di tes kepribadian itu, lu jujur-jujur aja dah, soalnya bakal ketauan juga nantinya kalo lu kaga jujur. Be your self lah kalo ngejawab soal kayak gitu mah. Hasil diserahin aja sama Allah. Lu mah tugasnya DUIT (Doa, Usaha, Ikhtiar sama Tawakal) yoi banget ga tuh, haha.
Tahap tes 1-5 ini psikotes abis lah pokonya mah. Beneran! Tapi psikotes CNN ini lain dari yang lain. Beda sama yang udah pernah gue ikutin di mana-mana. Termasuk Trans7 yang notabene se-group. Tiap tahap soalnya cuman bentuk selembar kertas, tapi soalnya 40-60an dengan waktu yang minim banget. Gile! Gada yang beres sampe bener-bener kejawab semua gue. Gue lupa urutannya, tapi yang jelas ada deret angka, huruf (2 sesi), logika (si A lebih tinggi dari C, C lebih pendek dari B, yang paling Tinggi?, yang gitu-gitu dah pokonya) sama terakhir yang menurut gue terkampret adalah yang R sama cerminan R. Disitu lu disuruh nentuin mana pasangan yang sama R-R atau R cerminan-R cerminan. Ih liatnya aja pusing gue, dari 60 apa 40 soal gue cuman bisa jawab 15, itu aja ngasal, abisan pusing gue liatnya. Kalo sisanya sih lumayan aman lah. Ga susah-susah banget kok tesnya mah, yang susah bagi waktu buat ngerjain soal. Waktunya seumprit soalnya bejibun, haha. Resiko psikotes dah tuh. Oiya lu cukup nyediain bolpen item kok buat ngerjain tesnya. Jangan lupa apa yang suruh dibawa ya lu bawa ya! Jangan sampe ada yang ketinggalan! Pokonya siapin dari hari sebelomnya!
Beres tes, gue ketemu ama si Manda yang ternyata udeh nyampe. Eh malah udah ketemu sama si Awan di depan Bank Mega. Dan gue baru tau kalo Bella Olip sama Fatimeh tesnya bareng satu sesi sama gue. Tau gitu mah janjian dari awal. Tapi gapapa dah, jadi dapet temen baru. Beres semuanya tes, gue, Timeh, Bella, Fitri, Manda, Rani sama Agys yang eksklusif dari Bogor nyamper ke Jakarta, main deh. Ke Kokas, makan doang, haha.
Yang lain balik, gue ama Timeh masih keliling muter-muter Kokas. Sambil nunggu Uun pulang ke kosan. Akhirnya gue nemenin Timeh beli baju, gara-gara stok bajunya abis. Duh, Meh..Meh.. tau mau nginep malah kaga bawa baju, suka ada-ada aja emang ini si Timeh. Sambil nyari baju juga kita sebenernya nungguin pengumuman yang lolos Psikotes. Soalnya dijanjiin jam 9 udeh keluar pengumumannya. Ya udah aja kita mah nunggu sampe jam 9. Asli deg-degan parah sih itu mah. H2C banget dah. Mana kita kan berdua, kalo yang lolos satu doang diantara kita, pasti awkward dah, yakin! Yang lolos mau seneng jadi ga enak sama yang ga lolos. Yang ga lolos mau sedih juga ga enak dikira tar ga ikut seneng kalo temennya lolos. Kan jadi serba salah banget kalo cuman satu doang yang lolos. Ih, nunggu jam 9 aja rasanya lamaaaa bangeeeeet. Refresh-Refresh web pagenya mulu.
Jengjeng, akhirnya pengumuman di upload juga. Dan akhirnya ada di web page pengumuman. ih makin dingin tuh tangan. Keringet dingin dimana-mana. Gemeteran bukanya. Ih parah. Daaaaan ternyata dari hape gue kaga bisa dibuka karna bentuknya PDF. Gue kaga bisa buka, padahal udeh kedownload duluan daripada dari Timeh. Akhirnya Timeh buka dari hapenya daaaaaan. Nama gue ama timeh ada dua-duanya di list yang besoknya interview. Alhamdulillahirabbil'alaamiin. Dan jadwal interview kita samaan lagi, haha. Nih ada nama gue di daftar yang lolos:
Daftar Peserta yang Lolos Tahap 1 CNN Indonesia TV
Besoknya gue dateng jam 9an lewat. Dan udah rameeeee banget! Iya lah, total ada 1019 yang lolos ke tahap interview. Gimana ga rame? Dateng, masuk lagi ke Menara Bank Mega. Abis itu langsung regis ulang buat dapet nomer antrean interview. Gue dapet nomer 356. Sayang aja nomernya udah kebuang haha. Abisan bingung mau disimpen di mana. Jadi sebenernya jadwal teh ga ngaruh-ngaruh amat sih. Yang penting lu duluan dateng yaa lu duluan dapet nomer antrean lebih cepet. Nunggunya aja lama itu teh. Tapi gapapa, namanya perjuangan, ga seberapa juga dibandingin perjuangan sebelomnya yang panas-panasan. Ini kan nunggunya di dalem gedung. Ga brasa mataharinya juga.
Akhirnya giliran gue dateng juga! Deg-degan wae ih, haha. Kita diarahin buat ke gedung sebelah (Gedung Transmedia). Disitu ternyata masih antre lagi, tapi disediain tempat duduk lagi di lobinya. Nunggu lumayan lama, akhirnya udah giliran gue aja nih. Kita diarahin buat naik ke lantai berapa tau, tapi naik tangga darurat. Ga ngitung naik berapa lantai, kayanya sih 3 apa 4 lantai gitu. Di situ kita juga masih nunggu giliran lagi buat interview sama HRD. Ternyata 1 HRD ngeinterview 5 orang. Buset banyak ya. Ya jiper lah kalo barengannya udah pada experience. Kayak kemarin pas gue interview. Barengan sama 4 orang lainnya (2 cowo, 2 cewe), yang gue gatau namanya. 1 jurnalis yang udah pernah kerja buat media internasional (TV Turki), 1 lagi dari pernah jadi fotografer, trus dia juga suka nge-freelance, yang 2 lagi cewe, fresh graduate semua kayanya, sama kayak gue. Sama-sama dari UNS, baru ketemu disitu. Yang satu jurusan Fisika yang satu lagi jurusan Biologi.
Interview HRD ditanya seputar CV lo sih kebanyakan. Dari mulai suruh kenalin diri, posisi apa yang di lamar, kenapa pengen kerja di CNN, ada minat jurnalistik apa enggak, trus ada beberapa kasus juga yang ditanyain, misal kalo ada pembicaraan orang di luar tentang CNN gimana lu ngadepinnya, masalah apa kaga buat lu. Sama yang paling penting ditanya soal pengalaman! Saking gugupnya pengalaman gue ga gue ceritain semua sih. Cuman beberapa. Kadang yang penting malah jadi kelewat gara-gara nervous. Makanya sebisa mungkin kalo interview relax aja, anggep mau cerita aja, mau sharing gitu, biar lega lah kasarannya, jangan kayak gue yaa. Lagian kan HRD juga ga mojokin kok pertanyaannya. Kan mereka cuman pengen tau aja kita gimana. Tenang aja, santai kayak di pantai. Lemesin aja bray!
Beres interview HRD kita diarahin buat nyebrang lagi ke Menara Bank Mega. Balik lagi kita ke Auditoriumnya. Ternyata interview usernya disitu lagi. Sebelom masuk auditorium kita dikumpulin lagi di ruangan sebelah Auditoriumnya. Nunggu giliran lagi buat interview. Di sini gue udeh sendirian nih. Temen-temen gue ada yang udeh beres interview sama masih ada yang dibelakang gue. Nunggu sekitar 20menitan lah, nama gue akhirnya dipanggil sama mbak-mbak yang ada di depan pintu. Diarahin masuk dan ditunjukkin ke user mana gue harusnya. User-usernya disebar di auditorium itu. Banyak dah di dalem itu usernya. Dan gue kepagian sama seorang bapak-bapak yang gue aja lupa nanyain namanya, hehe.
Di interview user (waktu itu masih one by one, gue cuman sama user doang berdua), gue disuruh perkenalan diri,
“Better in English”, kata bapak usernya.
“Oh, OK, Sir.”, dari situ mulai lah gue perkenalan diri. Blepotan banget yaa Allah, deg-degan sih. Eh ga lama, gue aja blom beres perkenalan, ada mbak-mbak dateng duduk di sebelah gue. Cuman dikit perkenalan diri gue, karna deg-degan. Abis perkenalan lanjut ke pertanyaan yang serius. Widih bapaknya boleh juga nih pertanyaannya. Hampir bikin gue skakmatt! Pertama ditanya, ‘apa yang kamu tau dari CNN?’, ‘pernah nonton ga?’, ‘acara terakhir yang juga disiarin di Trans apa?’, ‘siapa aja tamunya?’, ‘menurut kamu gimana acaranya?’ (hmm biar yakin kalo gue beneran nonton jadi pertanyaannya jauh, lumayan). Kira-kira itu sih pertanyaan awal gue di user kemarin. Abis itu baru bapaknya ngelempar pertanyaan ke mbak-mbak sebelah gue. Tapi kok dia ga disuruh ngenalin diri ya? Apa mungkin bapaknya udah kenal? Yakali, Den! -_-
Abis itu dapet lagi pertanyaan. Kalo yang kali ini sih umum gitu lah. Gue dapetnya pertanyaan, ‘kamu tau KPK?’, ‘apa itu KPK?’, ‘perlu/penting ga sih sebenernya KPK di Indonesia?’, ‘gimana peranannya sama polisi?’, ‘ada konflik apa kemarin sama polisi?’. Dari pertanyaan kayak gitu tiba-tiba loncat ke pertanyaan, ‘kamu tau Badrodin Haiti? Cahyo Kumolo? BNPB?’ dan pertanyaan cepat menjebak lainnya. Beberapa pertanyaan yang gue ga bisa jawab akhirnya dilempar ke mbak-mbak sebelah gue.
“Gimana? Coba kamu bisa bantu ga?” kata Bapak user ke mbak-mbak disebelah gue.
“Maaf Pak, saya baru pernah denger”, kata mbak-mbaknya polos bener mbak, buset dah!
Akhirnya giliran mbak-mbaknya ditanya-tanya. FYI, mbak-mbak itu ditanyanya,
“Kamu tau apa tentang asap?” (karna waktu itu lagi heboh asap di Kalimantan sama Sumatera)
“Asap singkatan pak? Saya gatau, Pak.” (buset dah, mbak ini bener-bener polos yaa)
“Asap. Yaa  asap yang lagi heboh sekarang.”, kata user ngejelasin.
Baru deh dia ngeh dan ngejelasin apa yang dia tau tentang asap. Pertanyaan selanjutnya baru dah dapet yang ginian: ‘kamu tau Basuki Tjahaja Purnama? Risma? Ridwan Kamil? Susi?’ (dalem hati gue, gue juga mau dikasih pertanyaan itu Paaaaak!). Bahkan mbak-mbak itu gatau Menteri Susi, katanya baru pernah denger. FIX! Mbaknya polos banget!
Abis pertanyaan pendek yang menjebak itu, Bapak user ngasih kesempatan buat kita nanya. Yaudah gue nanya aja yang gue pengen tanyain. Soal jam kerja dan lain-lain gue tanyain ke Bapaknya. Mbak sebelah gue diem aja. Dan abis beres gue nanya, bapaknya balik nanya,
“Gimana? Minat?”
“Minat banget pak!”, sambil senyum lebar sebelom akhirnya bapaknya mempersilahkan gue ama mbak-mbak tadi keluar karna udah beres.
Denger-denger, pengumuman interview nantinya bakalan 2-3 mingguan dari tanggal interview. Dan sampe temen gue Ryan sama Manda di telepon, gue ga ditelpon-telpon. Udah hopeless. Mana November kan gue ulang tahun, maunya kadonya gue dapet kerja, eh ternyata belom. Yowes. Emang kudu sabar yo, Nduk! Disuruh nunggu dulu. SEMANGAT!
Lanjutannya MTF sama Heinz ABC di part selanjutnya yaa. Hehe. See yaa!

*FYI: ternyata User yang ngeinterview gue namanya Bapak Mufti Akbar (kalo di kantor dipanggilnya Uda Mufti), hehe. Sampe lupa nanya pas diinterview saking nervousnya. Oiya, tiap user pertanyaannya beda-beda yaa. Jadi jangan stereotipin yang dari gue, hehe.

1 comment:

  1. mba dena mau tanya soal Regis di web CNN, saya sudah regis sampai tahapan ke 8 sudah selesai semua data diri saya, saya input dan sudah ada juga formulir dan ID peserta sehabis itu gimana selanjtnya? apa nunggu email dari pihat CNN ya untuk Psikotestnya?
    terimakasih ya mba dena

    ReplyDelete