Sunday 14 February 2016

Cari Gawe: Panggilan Psikotes dan Interview Kerja (Part 1: Astra Daihatsu, Indosiar, Trans7)

Yah yang kayak lu semua tau yaa. Udah berapa banyak jobfair yang gue datengin dari mulai gue beres sidang sampe Januari kemarin. Dari mulai GBK yang bejubel penuh sama lautan orang, sampe yang lengang kayak di Gerlong dan sampe yang gue nitip CV doang ke temen gue, haha. Ya itu lah yaa secuil dari perjuangan gue nyari gawe. Gue ngrasain gimana susahnya nyari kerja. Tiap orang punya jalan masing-masing. Ada yang mulus, lancar, tapi kadang ada yang banyak belokannya, banyak batunya. Tapi di balik semuanya bakal ada sesuatu yang didapetin kok. Nikmatin aja prosesnya. Buat yang jalannya mulus, doain yang lainnya, siapa tau ke depannya juga jadi digampangin semua urusannya. Buat yang ngrasa jalannya terjal banget banyak batu/kerikil yang bikin tersandung, jangan gampang bilang capek, jangan gampang nyerah, yakin aja bakal ada jalan terbaik dari Allah. Allah lebih tau yang terbaik kok, yang penting usaha kita maksimal. Jangan lupa doa. Usaha tanpa doa kayak mobil gapake roda, ga bisa jalan :’)
Oke ngelanjutin cerita sebelomnya yaa. Jadi udah tau kan kalo gue dari Job fair GBK pertama yang Agustus 2015 ga dapet panggilan sama sekali. Panggilan pertama gue sebenernya gue dapetin yang dari Job fair di Kampus Polban. Itu panggilan dari Astra Daihatsu tjoy! Widiiiih, ngeri sih, haha. Undangan psikotes gue dapet dari sms ini nih:
Undangan Psikotes Astra Daihatsu
Di tes ini mayan juga sih buat gue yang baru pertama kali ikutan psikotes buat seleksi kerja. Pertama langsung ngadepin seleksi Astra gitu, ckck. Banyak angkanya. Lumayan lama juga tes ini. Pokonya si Wartegg test sama Kraepelin kaga ketinggalan di psikotes Astra Daihatsu ini. Trus ada yang lain lagi yang biasanya pake buku, isinya gambar. Di tes ini gue ama bams ga lolos ke tahap lanjutan, ga kecewa-kecewa banget sih gue, gatau dah kalo bams. Gue baru pertama ikutan tes seleksi kerja soalnya. Itung-itung pengalaman lah, sama latihan soal psikotes gratis, haha.
Nah selanjutnya gue dapet panggilan dari Job fari yang di kampus Gerlong. Yap, Indosiar! Indosiar manggil gue buat interview via telepon. Waktu itu posisi gue baru balik liburan sama anak-anak rumpi ke Jogja. Masih di jalan banget gue, orang dapet telponnya pas masih di travel. Gue liburan dari tanggal 1 September, seminggu di Jogja, yang lain pada dapet panggilan kerja pas baru hari ke 3 di Jogja. Gue pas baliknya. Gue emang misah sama yang lain. Gue balik dulu ke rumah, yang lain pada langsung balik ke Bandung lagi, kecuali si Bang Yum sama Inah yang ke Pare. Si Bams ama Pitut bisa reschedule interviewnya makanya mereka buru-buru balik ke Bandung buat lanjut panggilan ke Jakarta. Panggilannya mereka dapet dari Job fair GBK.
Oiya, balik lagi ke gue yaa. Jadi waktu itu sekitar jam 5 sore gue masih di jalan dari Jogja ke Banjarnegara. Tiba-tiba hape gue ada telepon, gue liat nomernya (021) wah apaan nih gue pikir, nah pas gue angkat, ternyata HR Indosiar gitu, gue lupa lagi namanya, dengernya sih Iid, tapi Iid kan nama dosbing skripsi gue, masih kepayang bapak dosbing kali yaa makanya gue dengernya Iid, apa emang namanya Iid, ah never mind! Si Bapak HR itu bilang kalo gue dipanggil buat interview. Gue nyanya kapan, eh bapaknya malah balik nanya gue bisanya kapan. Ya gue bilang aja jadwal seharusnya kapan. Dia bilang Rabu. Nah posisi pas nelpon itu udah Senen sore loh. Ya ketar-ketir gue. Pengen dateng, tapi da kumaha atuh, nyampe rumah aja belom gue. Akhirnya gue beraniin nanya, kalo hari lain gimana? Bapaknya langsung bilang,
“Bisa kok, palingan minggu depan, nanti kita hubungin lagi hari Jumat atau Senin yaa, minggu udah bisa kan?”
“Iya Pak kalo minggu depan bisa saya pak.” Kata gue agak lega.
“Yaudah mbak, nanti kami kabari Jumat atau Senin yaa.” Kata Bapak HR Indosiar.
Trus gue jawab, “Oh iya Pak, terima kasih banyak yaa pak.”
“Sama-sama mbak, selamat sore.” Tutup si Bapak HR.
Oke dari situ gue berharap ini ga PHP. Gue di rumah sambil nunggu telepon Bapak HR Indosiar yang tak kunjung terwujud. Ah, PHP gue rasa, sampe gue balik ke Bandung lagi bahkan sampe sekarang gada gue ditelpon lagi sama Indosiar. Huft banget ga sih. Bayangin aja, itu kan panggilan pertama gue buat interview kerja, udah gitu aja, getir (duileh). Tapi  yowes lah, mungkin posisi yang tadinya buat gue udah ada yang ngisi kali. Oiya posisi yang ditawarin  buat gue waktu itu Creative. Biasanya kalo yang udah kayak gitu sih udah gue anggep end! Daripada gue masih ngarepin kan syakit, haha.
Jadi pesen gue, kalo ada panggilan, bisa ga bisa kalo lu emang niat mau datengin tuh panggilan jangan sampe minta reschedule yaa. Karna ga selalu permintaan reschedule lu diwujudin sama perusahaan. Ya kalo perusahaan inget mau hubungin lu lagi. Kan masih banyak pelamar lain, mungkin mereka juga gamau buang-buang waktu buat nungguin lu. Kalo mereka ngrasa udah dapet kandidat yang cocok dan lebih cepet yaa, kenapa enggak perusahaan ambil yang lain. Gitu kan kira-kira? Bener ga?
Abis panggilan dari Indosiar yang gue dapet dari Jobfair di Kampus Gerlong, abis itu panggilan dateng dari Jobfair UI yang gue datengin bareng sama Bella. Masukin banyak sih gue ke Job fair UI waktu itu, sampe Heinz ABC juga gue masukin tjoy, haha. Kayak yang udah gue ceritain sebelomnya, gue ama Bella dateng ke UI pas tanggal 18 September 2015, hari Jumat, hari kedua Job fair UI. Nah pas tanggal 20, gue dapet SMS undangan psikotes sama interview dari HR Trans 7. Wah gue pikir yang kali ini jangan sampe dilewatin lagi nih kayak yang Indosiar kemarin kalo gamau nyesel lagi, haha.
Undangan Psikotes & Interview Trans7
Gue pikir, panjang yaa smsnya, hmmmm. Syaratnya banyak, haha. Baru juga nyampe Bandung, Senen berangkat lagi gue ke Jakarta, nyampe jam setengah 11 malem di Sarinah. Dari Sarinah ke Cempaka Putih gue naik taksi, gaya bener dah yaa. Udah liatin argo aja bawaanya pas di jalan, haha. Besok paginya gue ngegojek dari Cempaka Putih ke Tendean, berangkat setengah 9 nyampe jam 9an, lama juga yaa. Out fit gue rapiiiii banget dah. Aslinya. Baru itu gue pertama kali pake baju serapi itu, sayang aja ga sempet gue foto haha. Pake blazer, celana bahan, kemeja, flat shoes, sama kerudung phasmina. Beuh, kaga gue banget dah itu out fit haha. Abisan syaratnya kudu rapi gitu.
Peserta yang dateng ada 280 orang. Hetdah, banyak juga yaa. Yang ini mah gue doa aja dah, pasrah, kalo lolos Alhamdulillah, kalo kaga yowes, ikhlasin, anggep pengalaman sama latihan psikotes buat media gratis! Yang awalnya dijadwalin hari itu juga pengumuman sekalian interview ternyata gajadi. Jadi hari itu cuman psikotes doang, karna pesertanya banyak banget kali yaa, makanya hari itu jadi cuman psikotes doang. Dibilangnya kalo lolos psikotes yaa nanti dikabarin buat interview, maksimal 2 minggu abis psikotes, yang ga dapet kabar lanjutan brarti ga lolos. Dan gue ga lolos, haha.
Di psikotes trans 7 kita di kumpulin di Auditorium Bank Mega Lt. 3. Di dalemnya udah kesedia deretan kursi-kursi tanpa meja. Jadi siap-siap aja lu kalo ada panggilan mending bawa alas dah biar ga susah. Panitia nyediain alas sih, tapi jumlahnya terbatas gitu, jadi ga semua dapet, jangan lupa sediain semua alat-alat tulis sama persyaratan yang emang kudu dibawa. Siaipin maksimal H-1 biar pas hari H lu tinggal bawa aja, ga usah kelimpungan nyari ini itu yang belom. Masa iya blom tes lu udeh puyeng nyari ini itu yang blom lu siapin, usahain lu siapin dulu yaa. Ternyata kursi yang disiapin kurang, jadi banyak yang duduk di bawah dah tuh. Demi banget aslina mah itu yaa.
Nah psikotes di Trans7 ini kebanyakan gambar, kayak nyocokin gambar (yang di buku), wartegg test juga ada, sama ngegambar pohon ama manusia. Gue kalo disuruh psikotes gituan gatau kenapa hampir selalu pesimis dah. Yang pertama karna gue gabisa gambar. Udah punya bayangan sih gue mau gambar ini itu, tapi eksekusinya jelek banget! Ampun dah! Tapi kebukti sih beberapa kali tes yang ada ngegambarnya gue hampir selalu ga lolos, sedih yaa L
Part ini isinya panggilan itu dulu yaa. Tar sisanya di postingan selanjutnya deh. Biar yang baca ga kasian bacanya kepanjangan. Di sini baru ada Astra Daihatsu, Indosiar, sama Trans7. Sisanya masih ada tes Online dari Heinz ABC, Walk In Interview MNC Group, Psikotes sama Interview CNN Indonesia, Psikotes Mandiri Tunas Finance, Superindo, Kompas.com sama NET Presenter Academy.

See yaa! Enjoy your Sunday!

16 comments:

  1. Untuk test trans7 nya kira2 berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hanna Theresia,
      berapa lama apanya yaa? durasi tesnya? atau pengumuman penerimaan pasca-tes? kalo durasi tes sama kayak psikotes-psikotes biasanya kok, standar, ga terlalu lama.
      kalo pengumuman, tergantung jumlah peserta, kalo lagi banyak, diumumin beberapa hari setelah tes, tapi kalo peserta ga terlalu banyak, pengumuman psikotes biasanya bisa langsung hari itu juga, bahkan ada beberapa yang langsung interview di hari yang sama.

      Delete
  2. Mbak dena, aku boleh tanya tentang tes msuk trans 7 nggak? Pliss add wa 085740646606 atau fb Fahmi Prabowo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Fahmi, maaf lama responnya, lagi jarang banget buka blog. Untuk tes masuk Trans7 saya cuman sampe psikotes aja Mas. Apa yang saya tau cuman yang ada di postingan saya ini, sisanya saya ga lanjut soalnya, hehe.

      Delete
  3. halo mbak, saya cuma dapet email saja ga dapet sms. di email pun ga ada lokasi atau info apapu cuma waktu saja. apa tesnyo di sana semua? bingung euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Alonesia! Maaf lama responnya, itu email buat panggilan perusahaan apa? Biasanya kalo panggilan untuk tes tulis, pasti dikasih tau alamat sama waktunya. Tapi kalo online test, bisa jadi cuman dikasih tau rentang waktu sama beberapa keterangan lain.

      Delete
  4. Halo mba saya juga dpt panggilan psikotest trans 7 dan untuk konfirmasi hrs bls smsnya kan ya? Saya udh coba berkali2 tp gbs kekirim sms saya kira2 kalo lgsg dtg aja blh ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Hani, maaf baru respon, seharusnya memang kalo ada sms untuk konfirmasi tes, sebisa mungkin dibalas, biasanya untuk keperluan absen dan pendataan peserta tes. Kalau gabisa bales langsung, biasanya ada tercantum nomor dari HRD, semisal gada, mungkin bisa dibilang pas tesnya, kalau ada kendala untuk konfirmasi kedatangan. Thanks, smoga hasil tesnya sesuai harapan! :)

      Delete
  5. Assalamu'alaikum mbk... Saya mau tanya kalau rentan waktu pertama kirim cv sampai dipanggil buat tes itu berapa lama.ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, Halo Mbak Sella, maaf baru respon, jarak waktu dari pertama kirim CV sampe dipanggil tes biasanya beda-beda, ada yang hitungan hari, minggu, ada juga yang sampe berbulan-bulan, Sepertinya mengikuti jadwal psikotesnya kapan :) Kalau saya hitungannya 4 hari dari sejak drop CV sampai dapat undangan psikotes.

      Delete
  6. Assalamu'alaikum mbk... Saya mau tanya kalau rentan waktu pertama kirim cv sampai dipanggil buat tes itu berapa lama.ya?

    ReplyDelete
  7. Baru kemaren tes di trans7 tp g lolos hhhaadduuhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tanya dong.. Lo diumumin ga lulusnya setelah brp hari? Kebetulan selasa besok gw baru mau psikotes:)

      Delete
    2. Halo Mas Angga, maaf baru respon, iya sepertinya memang ada penerimaan karyawan baru buat T7. Teman saya juga minggu lalu baru interview user. Smoga rejeki Mas Angga di tempat lain yang lebih baik :)

      Delete
  8. Saya uda apply lamaram di aplikasi trans7 sejak tgl 7 nov... skr blm ad pggilan..huft

    ReplyDelete
  9. Mas mau nanya dong, kl panggilan kerja begitu beneran ya? saya selalu di omongin awas penipuan mulu jdnya takut kalo ada panggilan2 begitu. kadang jd bingung yg real tuh yg gimana karna takut ujung2nya minta uang kan sue.

    ReplyDelete