Tuesday 5 January 2016

Ceritanya Nostalgia (Bagian 3): Pra-Orientasi Mahasiswa Baru, eh Orintasi Kegiatan Mahasiswa Baru (OKMB)

Cerita dari dapet kost-an kemarin sekarang maju ke alur selanjutnya...
Yap, gue janji, gue bakal balik lagi ke Bandung tercinta ini pas OSPEK, dan beneran, gue balik lagi ke Bandung waktu itu tanggal 3 September 2011 (berangkat dari rumah) sekitar jam 3 kurang (sore yaa bukan pagi buta, Hehe krik!). Seinget gue sih, tanggal 3 September 2011 itu baru H+3 dan keluarga besar gue masih pada ngumpul semua di rumah, maklum, kan nyokap gue yang tinggal bareng sama nenek (alias mbah putri, panggil saja mbah uti), jadi kalo lebaran selama masih ada mbah putri, yaa rumah rame bangeeeet! Seneng rasanya, tapi tahun 2014 tanggal 19 Desember hari jumat sekitar jam 7 lewat, mbah uti yang paling disayang meninggal. Mungkin Allah lebih sayang sama mbah uti. Yang tenang yaa mbah, semoga khusnul khotimah. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin. Eiya, maap, balik lagi ke topik gue berangkat ke Bandung untuk ke dua kalinya.
Kayak yang udah gue bilang tadi, gue berangkat dari rumah ya jam 3an kurang gitu (sore yaa, teteuuuuup) naik mobil carteran alias rental sekalian supirnya (maklum, kan gapunya mobil pribadi, adanya motor pribadi, masa iya mau naik motor ke Bandung? Nyampe-nyampe udah gatau lagi, kering kali, haha) buat sekaligus bawa barang-barang keperluan ngekost gue di Bandung. Bawa magic com lah, alat masak lah, rak piring lah, sendok, garpu, keperluan ospek, sampe kompor spiritus (yang bahan bakarnya kayak minuman berkarbonasi Peps* Blue, kalo mau minum aja gih, siapa tau rasanya sama, haha). Padahal itu semua gatau bakalan kepake apa kaga, yang penting bawa dulu aja, namanya orang tua, maunya semua dibawain ke anaknya, katanya buat jaga-jaga. OK, baiklah, sebagai anak labil yang baik waktu itu ya gue iyain aja, toh gue kan ga bawa sendiri barang-barangnya, haha. Waktu itu gue berangkat berempat, gue, nyokap, bokap sama supirnya, adek gue ga ikut, kasian yaa? Abis ga muat, mobilnya udah penuh ama barang-barang bawaan, haha. Lagian kan di rumah lagi banyak orang, ga mungkin sendirian lah di rumah, ada bu lik, pak lik, bu dhe, pak dhe, mbak, mas sama adek-adek sepupu, tinggal pilih (lho?).
Oiya, pas di jalan, tau sendiri lah gimana jalanan di Jawa ini kalo lagi masa-masa arus mudik-balik, PENUH! MACET! Yak, itu juga gue ngrasain di H-1 gue masuk perdana sebagai mahasiswa orientasi. Banjarnegara-Bandung yang harusnya ditempuh paling ga 7-9 jam, waktu itu gue tempuh sampe 15jam. Tepos-tepos dah tuh pant*t duduk lama gitu di mobil. Macetnya ga main-main, ga cuman pas masuk Jawa Baratnya doang kayak biasa, ini macet udah dari Banjarnegaranya yaa. Keren ga Banjarnegara macet? Haha. Maklum lah, namanya juga lebaran, kan Banjarnegara kampungnya banyak orang. Ebit G. Ade aja tetanggaan kok sama gue. Cuman rada ga (eh belom) terkenal aja tuh kampung gue, baru Diengnya doang yang terkenal, sisanya masuk tipi kalo ada bencana (biasanya longsor), astaghfirullah L. Aduh ke distrack lagi, haha, maapin yaa, baperan sih, jadi kebawa sana-sini (eh curhat! Itu sih derita gue keleus).
Terusin lagi, pokonya abis 15 jam perjalanan yang panjang itu, gue nyampe di Geger Kalong (orang-orang biasa nyebut gerlong, orang Sunda ini terkenal suka nyingkat-nyingkat, kayak makanan-makananya, cilok, cireng, comro, batagor, gehu, bacilorreng (nahloh, ini apa, ngaco! Haha). Eh kan ke distrack lagi, ampun..ampun..! Nah, sebelomnya sebenernya gue udah janjian sama maba-miba lain buat berangkat bareng dari Dayeuhkolot (yang ini biasa disebut dakol, haha hidup ini penuh singkatan, yang penting jangan singkat aja yaa hidupnya, aamiin). Biasa lah namanya juga maba-miba kan kudu nyari temen biar ga clingak-clinguk sendirian kalo ada apa-apa, bisa sharing juga. Waktu itu blom ada jamannya LINE, jadi pake sms reguler, haha, brasa tua nih kalo udeh gini. Pokonya dulu seinget gue yang janjian itu ada Wida dari Semarang, Syntia (panggil saja Sinta), dia ini pindah-pindah, gue bingung nyebutin dari mana, yang jelas pas kuliah dia juga pindah ke Bandung (yaudah tulis aja dari Bandung), Rani dari Depok, sisanya gue lupa, maapin yaa cemans-cemans, namanya juga manusia haha. Nah mereka ini rencananya mau nyarter angkot berangkat bareng dari Dakol ke Gerlong pagi buta, ya abis subuh mereun, eh kali yaa. Nah pas di jalan gue ngasih kabar kalo gue gabisa berangkat bareng, soalnya gue kena macet dan blom sampe Dakol sama sekali. Yowes yang penting ketemu aja nanti di Gerlong yaa, see yaa Guys! (Guys yang blom ada yang  pernah ketemu sebelomnya, kecuali dari fesbuk, eh Facebook).
Jadi ceritanya gue kena macet di jalan, trus gabisa berangkat bareng sama temen-temen baru, jadi ketemu di TKP aja. Nah kalian tau cerita di balik itu ada apa? Gue kena macet sampe kesiangan nyampe Bandung, ga sempet ke bakal calon (balon) kost-an gue, dari Cileunyi langsung cuss Pasteur buat ke Gerlong. Tau lah jadinya gimana, yaa gue nyari mesjid buat mandi, yekali kan gue udeh 15 jam di mobil trus mau sosialisasi orientasi malah gue ga mandi, ih ga kepayang. Nah akhirnya, nyampelah gue di daerah GegerKalong. Sebelom ke kampus Telkom yang di Gerlong, gue semobil nyari mesjid buat mandi, waktu itu sekitar abis subuh lah, yaa jam 6an nyampe sekalian sholat subuh, walaupun (agak) kesiangan.
Beres mandi, langsung buru-buru ke kampus Gerlong yang ga jauh dari mesjid itu, lupa gue nama mesjidnya, tapi kayanya kalo disuruh kesana lagi gue masih (lupa-lupa) inget. Nyampe kampus Gerlong itu, akhirnya gue ketemu dua temen gue yang seSMA, Hikmi (panggil saja Ubi) sama Swandhika (panggil saja Swan-swan), Alhamdulillah, sebelom akhirnya gue ketemu sama temen-temen baru yang udah janjian tadi. Ketemunya di tiang bendera (bukan di tiangnya yaa, di bawah tiang bendera) depan gedung, biar gampang. Dan Alhamdulillah ketemu yaa Allah. Akhirnya ketemu temen-temen baru yang bakalan seenggaknya 4 tahun satu jurusan, entah itu sekelas apa kaga, tapi SEJURUSAN! Haha. Ada banyak disitu, tapi gue lupa siapa aja, banyak sih Hehe.
Akhirnya waktunya masuk. Kami eh kita disuruh baris di depan gedung, biar rapi masuk kedungnya. Hari itu kita lumayan sih banyak agendanya. Dari mulai ngebagi kelompok buat ospek, ngasih tau apa aja yang harus dibawa sampe terakhir kita dibagi kelas! YEAY! Kelompoknya gue dapet kelompok 38, dengan PK (pendamping kelompok loh yaa, jangan mikir yang aneh-aneh, haha) akang teteh yang baik. Akangnya namanya Fauzi, tetehnya siapa ya? Hmm lupa masa gue! Duh! Maapin teh! Di 38 gue sekelompok ama siapa aja ye? Duh lupa lagi masa. Tunggu inget-inget dulu bentar... *loading* ...yak pokonya ada Intan dari Depok (temennya si Rani nih), Fadjar dari Cirebon, sisanya siapa ya? Duh poho ih, eh lupa ih. Tar ya kalo fotonya ada gue share di sini, gue edit lagi isinya, abis CDnya di rumah sih haha. Eh foto kan kelompok hari ke 2 sama 3, ih lupa deui! Eh lupa lagi ih. Duh..duh.. gimana sih gue ini, lupa mele!
Nah buat barang-barang yang dibawa kita dipakein kode-kode gitu deh, duh singpusing adek! Banyak bener lagi! Tugasnya juga ga main-main, artikel/makalah tulis tangan minimal 2011 kata, ajiiiiib! Panitianya oke lah (bisa bikin jari keriting). Dan terakhir, KELAS! Gue dapet kelas C (sebut saja IKOM-C). Yoi Alhamdulillah ga semuanya asing. Ada Anisa Diniati yang udah kenalan duluan dari fesbuk sama Amanda Diani juga. Yaa mereka kenalan pertama di IKOM-C (kalo inget itu brasa banget udah lamanya), sekarang mereka udah ambil S2 (Anisa) dan kerja (Amanda), selamat! Ternyata IKOM C ada sekitar 50 mahasiswa, wah PR nih buat gue ngapalin nama-namanya! OK! Gue biasanya ga lama kok kalo suruh ngapalin orang, tapi kalo nama, sorry yaa suka lupa, Hehe.
Oke hari sosialisasi Orientasi Mahasiswa Baru (kalo di IM Telkom namanya Orientasi Kegiatan Mahasiswa Baru alias OKMB yang syudah terkenal itu) beres!
Beres sosialisasi gue juga ga langsung balik ke Dakol, alesannya sih mau nyari barang-barang kebutuhan OKMB besoknya. Alesan aja pengen jalan-jalan, huuuu! Mumpung ada orang tua juga, jadi kan beli-beli barangnya ga pake duit jatah, hahahaha (evillaugh). Turun dari Gerlong di Jl. Setiabudhi ada Borma Toserba, berenti lah bentar, kali aja ada yang bisa dicari disitu kan enak, tinggal ambil, bayar, balik! Dan ternyataaaa, jengjengjengjeng, ga semuanya ada di Borm*, jadilah kita turun lagi dari Setiabudhi ke Sukajadi. Gatau lah itu dulu ya di mana yang penting ada Carrefo*r kita turun (masih awam banget sama Bandung nih ceritanya). Turun aja pokonya dari mobil. Ga jauh dari parkiran mobil ada Blitz. Daaaaan, jengjeng. Mata gue langsung tertuju kesebuah lemari pendingin minuman yang ada disitu. Kalian tau ada apa? Yak ada salah satu minuman yang gue cari buat besoknya dibawa. Itu adalah air mineral Prim-a. Huh dalem ati gue, akhirnya ketemu juga lu Prim-a!
Refleks gue tarik tangan emak bapak gue ke situ,
“Bu itu ada Prim-a bu, yang dicari buat besok!” kata gue.
“oh yaudah ambil aja” kata nyokap gue tanpa pikir panjang.
Namanya juga air mineral 600ml, mahal-mahalnya berapa sih? Di K*C aja kan yang 300ml Rp 6000,00 an. Mungkin yang ini bisa lah lebih murah, kan bukan K*C.
Oke, akhirnya gue mutusin buat “Mas mau Prim-anya satu yaa”.
Diambilin lah sama masnya dari lemari pendingin.
“Ada yang lain?” tanya masnya sebelom ngitung di mesin kasir.
“Emm, enggak deh mas itu aja”, jawab gue polos.
“Sebelas ribu mbak” kata masnya.
Dale mati gue ngejerit “APAAAA? SEBELAS RIBUUUUU? GA SALAH HARGA APA MAS? GILA AIR MINERAL YANG GUE BARU TAU MEREKNYA ITU AJA SEBELAS RIBU? MINTA DISEMBELEH APA MASNYA. BUSET DAH!”
Akhirnya gue ngelirik bokap gue, dia nyodorin duit. Muka gue asem bener tau air mineral harganya segitu. Hetdah! Akhirnya dengan agak ga  ikhlas gue bayar tuh air mineral kemasan mahal. Huft banget ga sih kalo kata ABG mah. Masih kepikiran. Kalo di Indom*ret dapet tuh sebelas ribu 2 botol minuman yang ada rasanya. Air mineral bisa dapet tuh 5 botol. Ampun mak! Salahnya gue juga sih, ga liat-liat belinya di mana. Beli di Blitz. Iya lah mahal. Dasar anak baru lulus SMA yang (TERLALU) polos. Baru sadar kalo gue dulu begitu polos ya. Yaa ampuuuuun!
Dengan nanya sana-sini, akhirnya kami nemuin si Carref*ur di gedung itu, eh mall yaa itu? (Masih belom tau itu di mana ceritanya kan). Gue ama nyokap, bokap misah entah kemana. Pokonya gue nyari kebutuhan buat besoknya aja. Bokap gue biar nanti pokonya urusan bayar membayarnya ajal ah. FYI sekalian gue nyari barang buat OKMB besoknya, gue juga nyempil-nyempilin buat cemilan di kosan haha. Sok-sok aja bilang buat jaga-jaga, siapa tau salah beli, bisa pake satunya, haha. Polos sih, tapi kalo masalah alesan punya lebih dari 1001 alesan, haha. Jago ngeles! Pas udah beres, ketemulah sama bokap gue lagi pegang air mineral Prim-a yang beda dari yang gue beli tadi. Kan kaget gue. Begitu ketemu bokap gue.
“Kamu tau ga? Ini tuh ada di sini. Harganya cuman Rp 1.190,00” Kata bokap gue.
“Hah? Ada di sini? Tau gitu beli di sini, abis kirain mereknya jarang, orang baru pernah denger juga merek itu” kata gue ngeles lagi.
Gila harganya cuman 10% dari harga yang tadi gue beli, seenggaknya dapet lah 10 botol tuh (tambah seribu lagi). Hah ya sudah lah yaa. Pengalaman! Makanya jangan polos-polos amat jadi orang! Mikir dulu sebelon bertindak ye! Jangan gegabah! (haha apaan sih gue?! Lebay!)
Itu lah ya pokonya cerita Prim-a yang masih gue inget banget sampe sekarang udah beres kuliah, haha. Polosnya gue dulu yaa ternyata. Ampun!
Beres belanja, bayar dan langsung balik ke parkiran. Nah di parkiran, karna tadi gue, nyokap ama bokap turun duluan dan si bapak sopir nyari tempat parkir sendiri, jadi kita gatau dia parkir di mana. Aduh susah lagi kan jadinya. Mana ditelpon susah bener itu bapak sopir (maklum gue lupa namanya), lupa lagi lupa lagi! Maklum ya, kan udah 4 tahun lebih itu haha. Karna udah terlanjur keluar, akhirnya nyari mesjid dulu aja dah kebetulan kaga jauh dari itu emol. Entah namanya sebelah, apa belakang itu haha. Turun abis itu keluar. Dan gue nengok ke belakang ada gapura (gapura banget nih namainnya, haha) yang tulisannya Paris Van Java. Ooooh, dari tadi ternyata gue di Paris Van Java! Hahahaha, polos amat kamu nak!
Setelah lama nunggu di mesjid akhirnya si bapak sopir ngerespon telepon. Ternyata dia dari tadi tidur. Waaaa, terimakasih loh pak! Kita nungguin bapak tidur sampe kering, he he he he (ketawa kecut). Beres dari Paris Van Java itu gue langsung balik. Rasanya capek bener ya. Blom OKMB padahal. Akhirnya masuk tol Pasteur lagi dan keluar di tol Buah Batu. Huaaaaah, akhirnya udah nemu lagi tulisan Dayeuhkolot. Brarti udah ga jauh lagi buat nyampe kosan gue. Semoga ga nyasar belok-belok gangnya yaa. Selamat berpetualang di labirin! Hahahaha!
Akhirnya nyampe kosan, beberes barang sampe agak malem, masukin baju apa segala rupa. Ternyata pas gue beberes bokap gue pergi ke Carref*ur lagi buat beliin yang belon kebawa, kayak dispenser, tempat sampah gitu-gitu. Makasih Pak! Selese beres-beres tiba-tiba nyokap gue yang tadinya bilang mau nginep, malah ikutan mau balik. Katanya tanggal 5 kan udah mulai masuk. Lagian ga enak ninggalin banyak orang di rumah. Lah apa kabar gue ini yang baru ini ngekost? Wah, nangis kejer gue itu. Parah emang gue cengengnya. Gegara gabisa jauh dari orang tua sih. Kebiasaan dari dulu di rumah mulu ga pernah jauh-jauh.
Ternyata sebelom gue udah ada yang dateng di kosan itu, ada Chani, Naomi, Uun sama Riana. Wah, temen seperjuangan OKMB nih. Eh ternyata ada yang bawa temen, si Riana bawa temen anak MBTI yang emang kampusnya di Gerlong, namanya Yusnani. Hai semuanyaaaaa! Salam kenaaaaal!

Jadi, mulai dari itu... Petualangan baru dimulaaaaai! SEMANGAAAAAT!

No comments:

Post a Comment