Wednesday 9 December 2015

Ceritanya Nostalgia (Bagian 2): Kosan Tak Terduga

Aduh agak lama yaa jaraknya, maklum, baru ada kuota lagi, haha.

Nerusin cerita sebelumnya yaa, hehe.
Ya pokoknya gue ama nyokap gue pergi nih ke Bandung naik Travel dari Banjarnegara, waktu itu masih dapet tuh Rp 130.000,-, tau dah sekarang berapa. Karna sekali lagi gue sebutin gue ga punya saudara yang domisili di Bandung, jadilah gue langsung aja turun di Kampus. Bilang aja di Kawasan Pendidikan Telkom Dayeuhkolot, supirnya juga pasti tau (walaupun pasti taunya pake nama STT). Nah beneran tuh, kita diturunin di depan Kampus jam setengah 4 pagi, bayangin! Gue yang berdua sama nyokap gue, awam banget sama daerahnya, ke Bandung aja baru pertama itu, diturunin di tempat asing masih gelap gulita. Ga ngerti kita kudu kemana. Akhirnya kita masuk gang di depan kampus, nyebrangin jembatan di atas kali yang juga masih ga keliatan karna gelap, jalan lurus terus ngikutin suara orang ngaji biar nemu sumbernya. Dan akhirnya nemu, suara orang ngajinya itu dari sebuah mesjid yang ada di gang berjembatan tadi.

Di mesjid yang tadinya gue gatau namanya ini, gue ke kamar mandinya, kecil, gelap, ga ada lampunya, ih ga suka banget gue gelap-gelap gitu, tapi kepaksa, mau gimana lagi, pengen pip*s, masa mau ditahan, kalo ngompol lebih repot lagi. Di kamar mandi ga kilatan airnya kaya apa dah, bodo amat, yang penting gue lega dulu. Udah tuh, abis dari kamar mandi, gue masuk ke mesjid, di dalem mesjid udah ada beberapa calon jamaah solat subuh. Ibu-ibunya gue lupa ada berapa, pokonya mereka udah pada siap pake mukena. Pas lagi mata gue ini lagi nyariin nyokap gue, eh ternyata nyokap gue udah punya kenalan, entah lah gimana ceritanya yaa gue gatau. Pokonya pas gue masuk mesjid, nyokap gue udah ngobrol sama seorang ibu-ibu yang kalo diliat-liat sih usianya diatas nyokap gue, alias lebih tua.

Dan, who was she? Tebak!

Si ibu-ibu ini adalah warga sekitar (haha iya lah, garing amat, krik!). Intinya, kalo dari cerita nyokap gue yang pas udah beres ngobrol sama ibu itu dan berpaling ke gue, nyokap gue bilang kalo ibu itu punya kosan. Jiah, belom apa-apa udah kenal orang yang punya kos. Dari cerita temen gue yang udah ketrima duluan di Telkom ini, kosan di sekitaran Telkom itu mahal-mahal. Huft banget dengernya. Nah kata nyokap gue lagi, ibu-ibu itu punya kosan yang lumayan kejangkau harganya. Dia bilang kasih harga 3,5 juta per tahun. Yaa kalo dibandingin sama yang temen gue bilang (sampe 6 jutaan per tahun) mah mending yang ini. Dari situ nyokap gue tertarik tuh, biasa lah, ibu-ibu, haha.

Singkatnya, abis Subuh itu, gue ama nyokap gue diajak ke rumah ibu-ibu tadi. Beuh, masuk-masuk gang tjoy! Tau sendiri gue paling susah buat ngapalin jalan. Tau dah bisa nemu jalan lagi buat keluar apa kaga, haha. Nah, sampe tuh ke  rumah ibu-ibu tadi, yang ternyata nyatu sama kosan yang diomongin tadi. Terjadilah tawar-menawar, haha. Gue ama nyokap gue dijamu kayak tamu waktu itu, dibikinin minum, disuguhin cemilan (kesan pertama, baik!). Nah pas udah agak terangan dikit, gue diajak liat beberapa kamar yang masih kosong. Tadinya kosan ini ada sekitar 15 kamar, emang ga semuanya isi, beberapa doang, di bawah sama lantai 2. Isinya mbak-mbak, sama katanya ada 1 dosen, wow!

Pas diliatin kamar-kamarnya, gue sih lebih tertarik sama kamar yang paling depan. Ada kaca langsung keluar, kena sinar matahari juga. Dibandingin sama kamar lain yang agak di dalem. Kamarnya emang ga terlalu gede lah, jangan dibandingin sama kamar-kamar biasa yang ada di rumah. Namanya ngekos, gue mah nerima apa adanya (ciyeilah). Kamarnya palingan ukuran 2x3 m, isinya ada kasur plus dipannya, lemari baju sama meja belajar. Tinggal bawa barang aja. Fix lah gue ngekos di kosan ibu-ibu yang ketemu di mesjid itu. Dan buat pegangan, kasih DP dulu, biar ga lepas kepemilikan haha. Dari situ nyokap gue nanya ini alamatnya di mana, trus kalo mau cari rumahnya atas nama siapa. Dan dapet: Kosan Drs. H. Sutrisna, Jl. Raya Bojongsoang, Gang Pa Uweng No. 08, Kab. Bandung. (Oh, Kabupaten yaa, bukan kota, ternyata Bandung coret).

Sebelom jalan ke kampus, gue ama nyokap siap-siap dulu, mandi lah, ini lah itu lah, ribet, biasa cewek. Nah pas ke kamar mandi liat airnya, hah, bikin males mandi, tapi mau gimana, masa iya mau ketemu temen-temen baru kaga mandi dulu (ciyeilah, pencitraan amat). Sejenak gue mikir, brarti tadi di mesjid air yang ga keliatan di kamar mandi itu begini (begini itu maksudnya ga sebening yang dibayangin pokonya, kalo mau tau, dateng aja ke Bojongsoang ini, katanya sih karna dulunya rawa, entah lah gimana ceritanya yaa, tau jadi aja, haha) juga yaa. Hmm. Yowes, pokonya jam 8an gue ama nyokap gue jalan ke kampus buat registrasi fisik. Lewat gang-gang yang tadi, tau dah, lewat mana, yang penting nyampe aja ke kampus Institut Manajemen Telkom. Beuh, kesan pertama “leh uga nih” haha. Pas nyampe pelataran kampus, buset udeh rame aja, sampe gue dapet urutan udah 80an. Ckck, gercep juga ye pada, haha. Antri lah gue di kursi-kursi yang isinya camaba-camaba (ciyee mau jadi mahasiswa). Disitulah SKSD mulai diperlukan. Sok-sok nyari temen, kenalan sana-sini. Sekarang lupa siapa aja dulu kenalannya, haduh! Pokonya sok-sok ngobrol buat cari tau masalah ospek yang tempatnya beda sama tempat registrasi fisik, nah loh, udeh kaga tau Bandung, tempatnya pake beda segala. Sekitar jam 11an gue dipanggil, akhirnya giliran gue. Di dalem sebuah lobi, ada beberapa “stand” (meja-meja doang sih). Lupa ada apa aja, yang jelas ada pemesanan seragam mulai dari kemeja (panjang/pendek), sweater sama rompi. Bebas mau pesen yang mana aja. Tapi seinget gue sih mesennya kemeja panjang sama sweater, masing-masing 1. Trus ada stand buat ukur jas almamater, sama ada lagi stand BNI buat ngurus KTM. Sisanya lupa apa lagi, haha, maapin ye.

Beres ngurusin registrasi fisik kaga ada gue kepikiran buat sekedar keliling kampus atau ngapain kek di kampus. Eh malah gue langsung balik lagi ke kosan yang bakal jadi kosan gue. Baliknya agak nyasar-nyasar dikit, salah belok, haha. Tapi akhirnya nemu juga tuh kosan. Sampe sekarang temen-temen gue heran, kok bisa gue nemu kosan di gang-gang kayak gitu, dari awal masuk lagi, haha, ya itu lah ceritanya di atas pokonya. Nyampe kosan si ibu-ibu yang ketemu di mesjid tadi udah nyiapin makan siang. Wuah, rezeki anak solehah yang mau ngerantau nih. Untung belom sempet beli makan di warung, haha. Masakan ibu itu lumayan juga. Beres makan gue nyobain bakal calon kamar gue nanti pas kuliah. Not bad lah, adem kok. Gue ama nyokap gue ga ada niatan buat nginep, beres registrasi ya balik. Akhirnya pesen travel lagi buat malemnya, adanya jam 7, tapi travelnya jemput jam setengah 10, lelah adek nunggunya loh, sampe ngantuk-ngantuk. Di jalan gue sempet up date twitter dulu “see you on September, Bandung”. Nyatanya emang gue balik laginya 4 September 2011 buat mulai OSPEK! (jeng..jeng..)

Eh iya, pas mau balik, ibu kos ngasih oleh-oleh sama bekel buat di jalan. Ih kesan pertama, baik juga nih bakal calon ibu kos gue. Oleh-oleh sama bekelnya sama sekali ga kita buka di jalan. Abisan udah malem, mau makan juga ga enak, karna di travel. Barulah kita buka di rumah. Ternyata ibu kos itu ngasih gorengan. Dan asal kalian tau, cirengnya enak! Haha
FYI, sampe sekarang gue udeh 4 tahun ngekos di sini, gue gatau nama ibu kos, taunya nama bapak kosnya doang, hahahaha, parah yaa gue -_-


To be continue...

No comments:

Post a Comment