Thursday 3 December 2015

Ceritanya Nostalgia (Bagian 1): Perjuangan dapet Kampus buat Kuliah

Sore-sore gini kalo lagi bengong sendirian di kosan, ga ada ngapa-ngapain suka keinget yang udah-udah. Efek baper baru wisuda kali yaa, haha. Kadang mikir, ih gue udah 22 tahun loh, gue udah lulus, udah wisuda. Gue yang dulu abis lulus SMA pusing nyari-nyari kampus buat kuliah, daftar sana daftar sini, ikut seleksi ini ikut seleksi itu tapi blom kecantol sana sini.

Mulai dari gue daftar SNMPTN Undangan (entah sekarang namanya apa, bisa jadi udah ganti lagi namanya -_-), SNMPTN Tulis, ikut seleksi AMG, UM UNDIP sampe akhirnya ketemu sama yang namanya UTG II Telkom. Dari yang cuman ngasih rapot trus dikasih ke guru BK, sampe ujian tulis yang sampe harus ke Jogja, Semarang (2x) sama Purwokerto. Gue pikir itu baru awal perjuangan gue. Yaa, baru mau berjuang masuk kuliah, baru awal, yaa awal banget, gue ga boleh nyerah, sampe dapet tempat kuliah yang gue mau!

Gue lolos SNMPTN Undangan gara-gara masuk peringkat 10 besar di kelas gue IPA 7 (sebut saja Science 7, biar keren), kelas yang gue rasa saingan akademiknya bikin engap sama ngos-ngosan buat kejar-kejaran, isinya anak-anak olimpiade semua, pusing pala berbi, haha. Tapi gapapa, namanya motivasi tjoy! Prestasi akademik oke, tapi jangan tanya kalo kompetisi olahraga yaa, sedih mah kalo diceritain :”). Eh iya, kok jadi kemana-mana, tp gapapa lah, namanya berbagi, ya ga? Haha. Yaa, pokoknya itu lah yaa, gue ikut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri jalur undangan, ambilnya kalo ga salah sih waktu itu IPC jadi gue bisa ambil 3 jurusan sekali daftar di 2 PTN. PTN-nya gue milih UNPAD sama UNDIP. Yang UNPAD gue ambil Farmasi, IKOM sama Kima (seinget gue), nah yang UNDIP gue milih Teknik Kimia, IKOM sama apaan yaa satunya, Kimia murni apa yaa, rada lupa juga sih haha. Udah tuh daftar, set..set..set.. Singkat cerita, seleksi beres, pengumuman tuh. Udah tau lah yaa hasilnya sebelum gue tulis juga. Yaa, gue ga ada satupun nyantol di parodi manapun di dua PTN yang gue coba daftar. It’s OK, fine. Masih ada waktu kok, masih banyak jalan buat masuk kuliah (pikir gue).

Nah pas ada SNMPTN yang jalur tulis, gue juga ikutan tuh, lupa waktu tepatnya, pokonya seinget gue setelah SNMPTN Undangan aja (yaiyalah!). PTN yang gue ambil tetep sama, UNPAD sama UNDIP, bedanya, yang sekarang gue ambil IPA, soalnya yang IPC mehong cyn, haha. Prodi yang gue pilih di UNPAD itu Farmasi sama Kimia kalo ga salah inget sih, nah yang UNDIP gue ambil Teknik Kimia sama satunya lagi lupa gue, haha. Gatau kenapa pas SMA gue pengen banget masuk Farmasi kalo ga ya Teknik Kimia. Buat SNMPTN Tulis ini gue ambil lokasi tes di Semarang (jauh sih sebenernya dari rumah, 5 jam naik travel, fyuh). Udeh beres daftar, ternyata gue dapet lokasi tes di FIS UNNES, wah kelimpungan gue nyari tempat nginep, untung aja punya tetangga yang kuliah di UNNES, anak Biologi 2010, jadi gue bisa nebeng di kosannya, makasih Mba Ikha tumpangannya dulu J. Biar ga kepanjangan, pokonya gue tes aja tuh di Semarang, tadinya mau naik travel, eh tapi Reggil (sohib gue dari kelas X) mau berangkat juga ke Semarang dianter keluarganya pake mobil, nebenglah gue sampe Semarang, Alhamdulillah, tengkyu mbak bro (eh, sis) dan keluarga udah mau nebengin, haha. Sampe Semarang, beuuuuuh ajib panasnya. Langsung pokoknya nyari kosan si Kakak tingkat itu, pas ketemu pokoknya langsung lah beberes trus nyantai, sorenya baru jalan, simulasi nyari jalan biar besoknya bisa ke tempat tes sendiri gapake dianter-anter lagi. Nemu, tempatnya di lantai 3 kalo ga salah, naik tangga tjoy, tjapeks, haha. Tesnya dua hari deh waktu itu kalo ga salah, jadi aja gue nginep 2 malem. Beres tes hari ke dua, gue sama Reggil langsung balik, tapi kita sok strong, baliknya gamau pake travel, tapi naik bis, biar irit ongkos, padahal ke Semarang sendiri aja baru pernah. Buat hasil SNMPTN Tulis ini juga ga perlu gue sebutin kalian juga pasti udah tau, orang gue udah spoiler di awal, haha. Ya gitu, ga lulus lagi aja pokoknya. Nah di sini gue udah agak mulai putus asa buat nyari tempat kuliah. Berasa susahnya mau kuliah. Baru tahap awal. Tapi yaa mungkin emang blom saatnya dan mungkin juga itu bukan jalan rezeki gue.

Ada tuh seleksi yang tadinya ga ada niatan buat ikut, orang baru pernah denger juga gue. Seleksi masuk AMG (Akademi Meteorologi dan Geofisika), wiiiiih keren yaa haha. Yaa gue udah pernah tjoy nyobain daftar yang begituan, pikir gue keren aja tuh kalo bisa kuliah di kampus begitu, belajarnya yaa udah kebayang lah yaa, kayak orang awam liat kerjaan BMKG aja tuh. Seleksi di Jogja waktu itu, kebetulan punya saudara di Jogja, nginep di sana sekalian dianterin ke lokasi, lumayan jauh sih kalo dari rumah saudara, lupa juga gue lokasinya di kampus mana, haha. Akhirnya tes nih, buset nyampe lokasi liat yang tes bejibun, banyak bener saingan gue! Gue duduk sederet ama temen gue bertiga, tapi agak kepisah satu orang, jadi agak berjarak gitu deh. Udah nih, beres tes langsung balik. Nunggu pengumuman. Pas keluar pengumuman, yang lolos malah orang ga dikenal yang nyempil diantara gue ama temen gue, wih hebat bener nih orang, selamat yee orang yang gue gatau namanya itu, mungkin lo udah di BMKG sekarang, apa mungkin malah kuliah di universitas lain, what ever lah yaa, pokonya selamat! Haha.

Udah 3 seleksi yaa yang gue ikutin itu sebelumnya? Hmm, duiiiiit mulu yang dikeluarin buat daftar sana-sini pergi ke lokasi sana-sini, yaa mungkin itu yang namanya perjuangan yaa butuh pengorbanan. Ya pokonya abis gue ga dapet di 3 seleksi masuk kuliah yang tadi gue sebutin itu gue dikasih tau kalo ada Ujian Mandiri UNDIP, yaa walaupun gue tau kalo yang namanya mandiri pasti biaya kuliahnya lebih-lebih gede dari pada yang jalur SNMPTN, dari uang daftarnya aja udah beda, gimana duit kuliah, tapi yaa sekali lagi, namanya berjuang, kan butuh pengorbanan, haha. Hampir barengan sama daftar UM UNDIP gue juga dikasih tau kalo Telkom masih buka jalur seleksi, katanya jalur terakhir. Hmm buru-buru lah yaa itu gue beli pinnya, harganya Rp 300.000,- eh apa Rp 200.000,- yaa haha.  Buat yang UM UNDIP sama UTG II Telkom ini kaga jauh waktu tesnya. Sabtu gue tes di UNDIP nah Minggunya gue kudu langsung cuss ke Purwokerto buat UTG II Telkom di Akatel (sekarang ST3). Jadi gue berangkat ke Semarang hari Jum’at pagi, Sabtunya Tes di UNDIP, sore abis tes gue langsung buru-buru cabut buat balik naik travel lagi. Beuuuuuh, perjuangan men! Haha, lebay yaa gue, dikit lah gapapa.

Nah, Minggu nih, pagi jam setengah tujuh gue cabut naik motor ke Purwokerto sama nyokap gue berdua. Baru ini gue tes dianterin sama nyokap gue. Mungkin karna bawa nyokap kali yaa jadi keberuntungan gue dateng J. Ternyata gue dateng kecepetan, jadi kudu nunggu dulu, karna gue daftar IM doang, ga sama IT. Tesnya cuman TPA sama Bahasa Inggris, jadi gada IPA sama ngitung-ngitungnya. Dari sini gue mulai beralih dari anak Eksak abis ke anak Sosial, OK, It’s not too bad. Tesnya ga lama, jawab sebisanya, tinggal pasrah kayak tes-tes sebelomnya. Antara UM Undip sama UTG II Telkom juga pengumumannya ga terlalu jauh jaraknya. Duluan UNDIP, dan yaa lagi, gue ga lolos, padahal udah lumayan yakin ngerjainnya daripada ngerjain yang waktu SNMPTN Tulis. Tapi yaa namanya bukan rezeki gue yaa mau diapain lagi, terima sajah. Finally, pengumuman UTG II. Deg-degan, tangan dingin, lemes, ga tega liatnya, udeh campur aduk, yaa abisnya kalo gue ga lolos yang ini mau daftar mane lagi. Udeh mepet-mepet bulan Juli, udah mau mulai masuk lagi itu sekolah sama kuliah. Jam 2 siang tuh katanya udah bisa diliat pengumumannya, tapi temen gue sebelum jam 2 udah ngabarin kalo udah keluar pengumumannya, beuh makin ga karuan mau buka websitenya brasa mau ketemu calon mertua kali, takut sampe tangan dingin, lebay sih sebenernya, tapi ya gitu perasaan seorang anak SMA yang udah lulus tapi belom dapet-dapet tempat kuliah. Pasrah sama khawatir. Udah itu aja tiap hari rasanya, haha, kasian orang tua duit mulu buat daftar-daftar masuk PTN/PTS. Akhirnya berani tuh buat buka pengumuman, ngikutin prosedur, udah deh akhirnya keluar daftar pengumumannya. Dan ya seperti Anda-Anda semua tau, gue kuliah di Telkom kan sekarang. Jadi saat itu yaa emang gue ketrima di Telkom, Institut Manajemen Telkom, dengan jurusan Ilmu Komunikasi! Beuh, bahagia banget itu teh aslina! Setelah sekian lama ditolak-tolak sana-sini, akhirnya nama gue ada di daftar calon mahasiswa yang keterima Institut Manajemen Telkom. Sampe terharu. Prosesnya ga lama dari tes, pengumuman sampe ke registrasi, maklum lah, kan jalur paling akhir, haha. Yang lain mah berkas udah via pos, lah gue masih bawa-bawa berkas di map cokelat udah kayak mau ngelamar kerja, haha.

Singkatnya, sekitar tanggal 20 Juli 2011 (lagi-lagi kalo tanggalnya ga salah), gue berdua sama nyokap gue pergi ke Bandung, berangkatnya sih malem sebelumnya, nah nyampenya subuh tanggal segitu. Gue ama nyokap nekat berangkat tanpa punya saudara yang mau dituju di sini. Ya emang gue ga punya saudara yang domisili di Bandung. Jadi ya udah weh nekat, naik travel sampe kampus (... to be continue...).

1 comment:

  1. Assalamualaikum
    senang sekali saya bisa menulis kisah nyata kami
    dan berbagi kepada teman-teman disini.

    Meski hidup dalam keprihatinan, karena hanya mengandalkan penghasilan dari jual gorengan, namun rumah tangga kami terbilang harmonis. Jika berselisih paham, kami selalu menempuh jalan musyawarah. Hal itu wajib kami terapkan untuk menutupi aib dan segala bentuk kekurangan yang ada dalam rumah tangga kami agar tidak terdengar oleh orang luar. Karena begitulah pesan dari para orang tua kami.

    Hari demi hari aku habiskan hanya untuk bekerja dan bekerja. Hal itu aku lakukan, selain sadar akan tanggung jawabku sebagai orang tua , juga ingin menggapai harapan dan cita cita. Yah, mungkin dengan begitu ekonomi keluargaku dapat berubah dan aku bisa menyisihkan sedikit uang penghasilanku itu untuk masa depan anak-anakku dikemudian hari. Namun semua itu menjadi sirna.

    Selanjutnya kami pun melangkah untuk mencobanya minta bantuan melalui dana gaib tanpa tumbal,alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan.

    Jalan ini akan mengubah kemiskinan menjadi limpahan kekayaan secara halal dan tidak merugikan orang lain.

    Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami,
    saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami.
    Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan
    hubungi
    Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
    Supaya lebih jelas kunjungi blog
    KLIK DISINI

    ReplyDelete