Saturday 2 November 2019

Banjarnegara Juga Punya Pasar Kekinian Ramah Lingkungan, Lho!


Apa kalian tau di mana Banjarnegara? Buat yang ga tau, Banjarnegara itu salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Kabupaten yang terkenal dengan minuman khas Dawet Ayu ini, berbatasan langsung sama Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banyumas di sebelah barat, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang di sebelah utara, Kabupaten Wonosobo di sebelah timur, serta Kabupaten Kebumen di sebelah selatan. Jadi, akses ke Banjarnegara bisa dibilang gampang yaa gaes! Kalian bisa pilih beberapa jalur sesuai sama lokasi paling deket aja. Akses kendaraan umum juga gampang ditemuin kok.

Foto Ikonik Banjarnegara di Alun-alun
Perlu kalian tau, kalau Banjarnegara ga cuman punya pesona wisata dari indahnya pemandangan alam dataran tinggi Dieng yang emang udah terkenal seantero raya. Banjarnegara sekarang juga udah punya banyak destinasi wisata lain yang bisa kalian datengin kalau kebetulan lewat atau singgah di Kota Gilar-gilar ini. Kalau mau sambil ngisi feed instagram, Banjarnegara juga punya loh lokasinya. Salah satu yang kekinian plus instagrammable yaitu Pasar Lodra Jaya. Hmmmm. cuman pasar nih? Oh, tentu tidak!
Pasar Lodra Jaya itu salah satu destinasi digital yang ada di Kabupaten Banjarnegara. Lokasinya di Desa Winong, Kecamatan Bawang. Agak sulit sih emang buat nemuin lokasi pasar ini. Tapi, karena saking udah terkenalnya tempat ini, warga sekitar juga udah tau lokasi pasti dari pasar kekinian satu ini. Kalian cukup nanya arahnya aja. Kalau nemu warga yang baik banget, mungkin bisa sampe dianter ke lokasi, haha. Nah, kalau udah diarahin, kalian tinggal ngikutin petunjuk jalan yang ada di beberapa simpang, jadi jangan khawatir nyasar. Kalau kalian udah nemuin orang-orang rame dan liat gerbang candi buatan yang ada tulisan “Pasar Lodra Jaya”, itu artinya Kalian udah nyampe ke tujuan kalian, Pasar Lodra Jaya.

 Foto Gerbang Pasar Lodra Jaya

Pembukaan pasar Lodra Jaya digagas sama Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Banjarnegara akhir 2018 lalu. Ini juga sekaligus jadi destinasi digital pertama di Banjarnegara. Tujuannya? Yaa apalagi kalau bukan buat ningkatin potensi wisata di Kota Dawet Ayu ini, iya ga?
Beda dari pasar tradisional biasanya, Pasar Lodra Jaya punya konsep digital yang kekinian, ini nih yang menarik plus unik. Di sini, Kalian bisa ngrasain sensasi belanja yang nyatu sama alam. Lokasinya dibuat seolah kalian lagi belanja di tengah hutan. Pohon-pohon di sekitar lokasi bikin sejuk dan ngademin pikiran. Ga ketinggalan, pasar ini juga ngusung konsep ramah lingkungan loh. Jadi penjual-penjual sama pengunjungnya diimbau buat ga pake plastik pas transaksi jual-beli. Inget, jangan buang sampah sembarangan juga yaa, gaes! Kita sama-sama jaga lingkungan.
Namanya juga pasar kan yaa, di sini kalian pasti bisa bertransaksi alias jual-beli. Tapi bedanya, kalau mau transaksi di pasar ini, kalian kudu nuker pecahan rupiah jadi koin kayu dulu, nama koinnya "kethip". Satu kethip nilainya Rp 2.500,00 aja, gaes. Abis itu, Kalian baru bisa bebas belanja atau berburu kuliner tradisional yang ada di sini. Banyak banget pilihannya, gaes! Beneran dah! Sampe bingung mau beli yang mana. Ati-ati kalap yaa!

Foto “Kethip” si Koin Kayu

Di sini ada banyak stall pedagang yang jual makanan plus jajanan tradisional. Ada banyak pilihan makanan tradisional yang bisa kalian temui di sini. Ada pecel, gethuk, soto, sama banyak pilihan lainnya, termasuk tentunya, dawet ayu khas Banjarnegara yang manis dan nyegerin.

 Foto Stall Penjual Makanan 1

Foto Stall Penjual Makanan 2

Udah disebut di atas, kalau pasar kekinian ini ngusung konsep tradisional dan ramah lingkungan, jadi sangat mengurangi penggunaan plastik. Tempat atau wadah makanannya sebagian besar dibuat dari kayu, bambu, gerabah sampe daun pisang. Ini sangat ramah lingkungan yaa, gaes! Nah, buat kalian yang mau belanja dan take away alias bawa pulang belanjaannya, bisa beli keranjang yang dibuat dari bambu buat gantiin plastik atau kresek.

Foto Tempat Makan Ramah Lingkungan 1

Foto Tempat Makan Ramah Lingkungan 2

Untuk masalah harga, Kalian ga usah khawatir, harga di sini cukup ramah di kantong. Kalau pengen Soto Gobyos misalnya, kalian cukup bayar 3 kethip, alias Rp 7.500 aja,  loh. Jadi cukup bermodal Rp 50 Ribu yang ditukar jadi 20 “kethip”, kalian bisa jajan sampe kenyang. Pilihan makanannya banyak lagi. Puas deh pokoknya.

Foto Daftar Harga Makanan

Di sini juga terdapat spot permainan tradisional untuk anak-anak, namanya “Dolanan Bocah”. Ada sejumlah pilihan permainan tradisional di bagian ini, beberapa di antaranya congklak, egrang, kelereng serta gasing. Udah jarang kan kalian nemuin permainannya? Cobain deh! Bisa nostalgia. Dari permainan tradisional ini, anak-anak juga bisa lebih berinteraksi sama temen-temen sebayanya, orang-orang, plus lingkungan sekitar. Jadi, anak-anak ga melulu dipegangin gadget.

Foto Bagian Dolanan Bocah

Di bagian tengah pasar ada panggung utama yang bisa dipake buat ngasih fasilitas ke komunitas yang pengen tampil. Kalau kalian atau komunitas seni kalian pengen tampil di panggung ini, bisa kontak pihak GenPI aja, gaes. Di panggung ini, kalian bisa nampilin pertunjukan, misalnya musik, tari atau bahkan teater juga bisa.
Sesuai sama konsepnya, destinasi digital, lokasi ini ga mau kalah dong sama destinasi digital lainnya, di sini juga ada banyak spot buat foto yang instagrammable. Ada juga zona edukasi melukis yang pake media keramik. Kalau kalian ga tau, keramik itu jadi salah satu buah tangan khas yang terkenal dari Banjarnegara. Sentra pembuatan keramik yang terkenal ada di Kecamatan Klampok. Di sepanjang jalan kalian bisa nemuin toko-toko yang jual keramik asli dari Banjarnegara. Bisa dibeli gaes! Terjangkau kok, ga mahal-mahal.

Foto Plang Kata Pasar Lodra Jaya

Di pasar yang cuman buka seminggu sekali, yaitu tiap hari Minggu aja, kalian bisa nikmatin suasana asri sekitar lokasi. Banyak pepohonan rindang, layaknya di tengah hutan. Di pinggiran lokasi ini juga Kalian bisa nikmatin pemandangan ijo dari sawah sama lahan pertanian warga sekitar. Perlu dicatet ya gaes, pasar ini cuman buka seminggu sekali! Hari Minggu, mulai jam 07.00-12.00 WIB aja. Jadi jangan sampai kelebat kalau pengen nikmatin sensasi wisata kekinian yang nyatu sama alam, sekaligus ramah lingkungan. Beneran deh, catet hari sama jamnya yaa!


Foto Lahan Pertanian Warga Sekitar

Foto Pasar Lodra Jaya dari Atas

Pasar Lodra Jaya (IG: @pasarkunalodrajaya)
Desa Winong, Kec. Bawang, Kab. Banjarnegara
Buka setiap hari Minggu pukul 07.00-12.00 WIB.

No comments:

Post a Comment