Sunday 3 November 2019

Serunya Island Hopping di Negeri Laskar Pelangi (Day 2&3)

Lanjut hari ke-dua. Masih dari Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Pulau yang dikenal sebagai Negeri Laskar Pelangi ini memiliki panorama alam yang indah, terutama pantai dan lautnya. Terkenal dengan batuan granitnya, pantai-pantai di Belitung emang punya pemandangan yg unik. Beda sama Pantai Burung Mandi yang gue datengin di hari pertama, pantai-pantai dan pulau-pulau cantik yang bakal gue kunjungin hari kedua ini bikin takjub. Asli, indah banget, gengs!

Foto Pemandangan dari Pulau Lengkuas
Hari pertama, lancar, walaupun sempet ujan bentar, tapi pas di jalan, jadi ga ganggu itinerary di lokasi-lokasi yang kita datengin. Nah, pas hari kedua, dari pagi udah mulai mendung-mendung syahdu yang ngebawa kita pengen di kasur lebih lama. Tapi inget  kalo lagi liburan, ga boleh buang-buang waktu cuman buat rebahan di kasur. Kalau mau rebahan, di kosan aja, haha. Jangan sampe bikin temen-temen lo nunggu juga yaa, gengs! Siap-siap sesuai waktu yang udah direncanain pokoknya, biar ga buru-buru. Jangan sampe buru-buru bikin barang-barang lo jadi pada ketinggalan.
*****
Langsung aja mulai ke perjalanan hari kedua yang ternyata ga semulus yang diharapkan, gengs! Udah siap berangkat, udah jalan, pas nyampe Pantai Tanjung Kelayang, titik lokasi kita mulai island hopping, ternyata hujan turun dengan derasnya. OMG! Niat hati mau mulai Island hoping dari pagi (jam 08.00an) tertunda. Untungnya sebelom ujan kita sempet dapet bapak-bapak yang mau nyewain perahunya. (Yaa kita emang cari dan sewa perahu sendiri, karena emang backpacker-an, bukan ikut open trip yang semuanya udah disiapin.) Karena ujan, jadi si bapak yang nyewain perahu juga gamau ambil risiko. Kita juga dong tentunya, namanya juga mau liburan, nyari yang aman juga kan, walaupun agak ngebuang waktu.

 Foto Hujan di Tanjung Kelayang

Sambil si bapak nyiapin life jacket plus peralatan snorkeling, kita nunggu ujan reda di pinggir pantai, agak gabut yaa emang sebenernya. Gatau mau ngapain, mau lari-larian di pantai, tapi ujannya deres, tar malah jadi masuk angin sebelom island hopping, kan ga lucu yaa. Akhirya kita cuman diem di mobil, sesekali ngecek keluar buat ngirup udara pantai.
Ujannya turun cukup lama. Sekitar jam 10.00an baru mulai reda. Sambil nunggu bapaknya nyiapin perahu, kita sempetin buat keliling liat-liat sekitar. Ini loh ternyata pantai yang banyak batu granitnya itu, ga beda jauh sama Pantai Tanjung Tinggi. Wow! Ternyata setelah ujan sebagus itu pantainya, gengs!

 Foto Pantai Tanjung Kelayang setelah Hujan

Pantai Tanjung Kelayang ini biasanya sekaligus menjadi dermaga buat perahu-perahu yang mau island hopping kayak kita ini. Pakenya perahu-perahu kecil yang ga muat banyak orang. Perahu di sini bisa disewa seharga Rp 400 ribu-Rp 600 ribu, tergantung gimana kita bisa nawar ke bapak penyedia perahunya. Kalo gue sih ada temen yang ngelobi biar perahu kita bisa kena maksimal Rp 400 ribu aja. Dan beneran, kita cuman bayar Rp 400 ribu buat seharian keliling-keliling pulau dong! Harga itu udah termasuk life jacket sama alat snorkeling yaa. Tapi ga termasuk makan siang di pulau. Awas, kalo ga siap budget buat ini, jangan kaget yaa! Nanti bakal gue jabarin harganya. Kita lanjut dulu ke cerita mulai island hopping-nya.
*****
Ujan udah reda, perahu sama nakhodanya udah siap! Let’s goooo! Saatnya kita keliling pulau-pulau cantik di sekitar Pulau Belitung. Dari Pantai Tanjung Kelayang, kita dibawa hanyut pemandangan gradasi air laut yang indah, deretan batuan granit raksasa yang berjajar khas Kepulauan Bangka Belitung. Nah, tujuan pertama dari island hopping kali ini adalah Pulau Pasir. Pulau ini ga bisa setiap saat dinikmati. Kenapa? Soalnya kalo pas laut pasang, pulau ini bakal ketutup semua sama air laut. Kalo pas beruntung bisa ke sini, jalan di atas hamparan pulau yang isinya cuman pasir putih. Sekelilingnya airnya jernih banget. Bisa buat sekedar renang-renang lucu di pinggiran pulau. Saking asyiknya, di pulau ini ga sempet foto. Seasyik itu, sampe lupa foto, gengs!
Nah udah puas main di Pulau Pasir, perjalanan masih lanjut ke Pulau Lengkuas. Pulau ini terkenal sama mercusuarnya yang menjulang. Mencolok di antara yang lainnya. Sama seperti pulau-pulau lain di Bangka Belitung, di Pulau ini juga ada gugusan bebatuan granit raksasa, yang kalau mau manjat, butuh tenaga ekstra.

 Foto Menuju Pulau Lengkuas

Di sini kalian bisa keliling pulau plus foto-foto sepuasnya. Siapin energi buat naik turun batu-batu raksasa yaa. Ati-ati pas lompat dari batu ke batu. Kalo pergi rame-rame bisa saling bantu pas naik ke gugusan batu. Kenapa harus naik? Demi konten, haha! Tapi asli, pemandangan dari atas bebatuannya bagus, gengs, ga boong deh! Walaupun agak effort yaa buat naik sampek kaki lecet-lecet, tapi gapapa lah, ga tiap hari.

Foto di Pulau Lengkuas 1

 Foto di Pulau Lengkuas 2

 Foto di Pulau Lengkuas 3

 Foto di Pulau Lengkuas 4

Puas keliling sama foto-foto, perjalanan lanjut ke sama spot snorkeling. Si bapak yang bawa perahu bakal bawa kita ke spot terbaik yang biasanya banyak ikannya. Oiya, sebelomnya, jangan lupa, kalo mau snorkeling bawa remah roti atau snack apapun yang bisa ngundang ikan buat ngumpul. Makanan bakal ngundang ikan kecil-kecil yang cantik ngumpul di sekitar kita. Jadi lebih bagus deh, cantik! Beneran!

Foto Snorkeling Ditemenin Ikan-ikan Cantik

Kalo kalian emang jago renang, gue saranin copot life jacket, biar bisa nyelam sampe ke bawah. Lumayan bisa sekalian liat-liat terumbu karang. Kalau kayak gue yang kemampuan renangnya pas-pasan, mana berani copot life jacket, haha. Snorkeling kali ini disponsori cuaca agak mendung abis ujan, jadi panasnya ga terlalu nyengat. Bersyukur, walaupun sebenernya jadi gabisa liat langit biru. But it’s OK!
Lelah snorkeling? Butuh isi tenaga? Jangan khawatir, si bapak yang punya perahu bakal nganter kalian ke tempat makan siang di Pulau Kepayang. Makan siang dengan pemandangan laut biru berpantai pasir putih, beuh, cakeup! Bikin makan makin nikmat (sebelum tau tagihannya). Ada beberapa jenis seafood yang bisa disantap di sini. Ada udang, cumi, ikan laut, sama kangkung (eh ini mah bukan seafood yaa, haha). Semuanya enak (efek laper abis snorkeling juga sih). Apalagi makan bareng-bareng, aduhai nikmatnyo! Kenikmatan hqq sebelum kalian nantinya liat tagihan bon makan siang, haha.

 Foto Lokasi Makan Siang di Pinggir Pantai

Untuk makan siang di Pulau Kepayang, kalian harus nyiapin kocek cukup dalem, apalagi buat para backpakers kayak gue ama temen-temen gue. Budget-in aja seorang sekitar Rp 100 ribu (2018 masih Rp 80 ribu per orang, siapa tau naik). Makan siang berenam lebih mahal dari sewa kapal seharian plus snorkeling. Kaget sih awalnya. Tapi yaa udahlah, sekali-kali yaa, makan enak di pinggir pantai ditemenin view yang super cantik.
Video Menu Makan Siang di Pulau Kepayang

Gimana? Makan seafood endeus plus view yang cantik, worth it ga menurut kalian? Kalau menurut gue Worth it sih harga segitu. Selama masih dalam budget juga, belom berlebih, haha. Jadi yaudah, sempet shock di awal nerima bill aja. Untungnya bawa uang cukup, kalau ga? Kan alamat cuci piring dulu dah tuh, haha.
Abis makan ga langsung balik, gengs! Masih ada perjalanan lanjutan ke Pulau Kelayang alias Pulau Goa. Kalo ke sini sih emang ga boleh dilewatin. Pantainya cantik. Seperti biasa, dihiasi batu-batu granit raksasa. Banyak spot foto. Ada juga Goa yang unik di pulau ini. Goa dari batuan granit yang punya gradasi warna ciamik. Cahaya matahari juga bisa masuk dari celah-celah batu, jadi kalau kalian mau foto, ga bakal gelap.

Foto di Pulau Kelayang 1

Video Singkat Jelajah Pulau Kelayang

Foto di Dalam Goa Batuan Granit

Di ujung goa masih ada jajaran batuan granit yang lebih luas dan landai, ga terlalu curam, masih bisa dilewatin amatir kayak gue. Di lokasi ini kalian bisa dapetin foto grup dengan pemandangan yang ciamik! Sayangnya agak butuh effort, soalnya kan ga ada fotografer. Jadi harus ada yang rela naik-turun buat jepretin kamera yang ada di atas batu. Gue saranin sih yang bisa gerak cepet yaa, haha.
Foto Grup di Pulau Kelayang 1
Foto Grup di Pulau Kelayang 2

Ga kerasa udah sore. Perjalanan island hopping berakhir di Pulau Kelayang. Abis dari Pulau Kelayang, kudu balik lagi ke Pantai Tanjung Kelayang. Perahu kembali bersandar. Island hopping dari pagi sampe sore kali ini lumayan puas sih. Bisa liat pulau, pantai sampe ikan-ikan cantik di bawah laut. Ongkos kapal Rp 400 ribu sangat amat worth it. Makasih bapak penyedia perahu, udah nganter kita keliling seharian! Saatnya balik ke hotel, mandi, lanjut makan malem dan cari  oleh-oleh.

Foto Penunjuk Arah di Pulau Kelayang

Lagi-lagi, bukannya nyari makanan khas Belitung, malah kita belok ke angkringan buat makan malem hari kedua. Wisata kuliner macam apa ini? Duh.. duh.. Ga paham adek, bang! Pengen makan Mi Belitung, tapi mana ada yang jual kalo malem-malem. Ada-ada aja gue mah, haha.
Tau lah yaa kalo menu angkringan mah, ga beda jauh sama yang di Jakarta atau Bandung atau bahkan asalnya, Jogja. Bedanya, di Belitung agak lebih pricey. Wajar aja, tempatnya juga bukan angkringan tenda. Malah lebih mirip kafe. Yaudah, nikmatin aja apa yang ada, dari pada kelaperan malem-malem kan.

Foto Angkringan di Belitung

Selesai makan, lanjut nyari kebiasaan orang Indonesia kalau abis liburan. Oleh-oleh! Kalau buat gue pribadi sih, sebenernya oleh-oleh yaa ga wajib-wajib amat lah, formalitas aja, yang penting ada, haha. Toh tujuannya liburan, bukan beli oleh-oleh, iya ga? Kalo ga sempet? Yaa gausah beli oleh-oleh? Setuju ga?
Kalau emang mau beli oleh-oleh dari Belitung, ada banyak pilihan. Misalnya keripik kopi, kopi belitung, kerupuk ikan, suvenir-suvenir lucu, daaaaan banyak lagi pilihanya kalau kalian dateng ke pusat oleh-oleh. Tinggal pilih dan jangan lupa bayar!
Kalau dateng rombongan, saran sih disatuin aja kalo emang ga terlalu banyak belinya, biar ga kebanyakan tentengan. Jadi ga ribet pas di pesawat. Cukup satu orang aja yang bawa.
Makan malem udah, beli oleh-oleh udah. Saatnya balik ke hotel buat istirahat karena besok pagi kudu siap-siap balik ke Jekardah. Ga rela sih udah harus balik Jakarta ketemu macet lagi. Belom puas juga rasanya di Belitung. Masih banyak yang belom kejamah, walaupun intinya udah (island hopping sama jelajah Belitung Timur).
*****
Hari ketiga di Belitung cuman diisi sama packing plus siap-siap check out trus lanjut ke bandara, karena kita flight pagi. Mobil ga pake dibalikin ke yang punya. Katanya disuruh parkir di bandara aja, nanti diambil. Luar biasa! Ngeri-ngeri sedap yee. Main tinggal mobil orang di bandara. Tapi si abang yang punya emang orangnya baik trus asyik gitu sih, masih muda. Jadi tau lah gimana anak muda, haha, apa sih.

Foto Menjelang Takeoff dari Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin, See yaa, Belitong!

Yaa begitulah cerita 3 hari 2 malem gue ama temen-temen gue di Belitung. Emang asyik kalo backpacker-an rame-rame. Jadi kalo ada apa-apa juga ditanggung rame-rame. Asal egonya dikurangin aja kalo mau jalan sama banyak orang. Ga boleh egois, biar jalan-jalannya juga tetep asyik, ga pake drama.
Buat masalah per-budget-an juga kudu dimanfaatkan seoptimal mungkin. Karena semua biaya dibagi bareng-bareng kecuali oleh-oleh. Ga boleh boros, kecuali kalau mau pake budget pribadi. Di postingan yang ketiga, nanti bakal gue rinciin sama gue kasih sedikit saran buat kalian yang mau liburan ke Belitung. Jadi tungguin aja yaa!
See yaa!
To be continued.....

No comments:

Post a Comment