Sunday 3 November 2019

Modal 1,5 Juta-an Pengen ke Belitung? Bisa Banget!

Siapa sih yang gatau Pulau Belitung? Pulau yang terkenal sebagai Negeri Laskar Pelangi ini sekarang mulai jadi primadona buat para pelancong. Keindahan alamnya yang unik dengan gugusan bebatuan granit raksasa, punya pesonanya sendiri. Pulau cantik yang ga terlalu jauh dari Ibu Kota ini bisa jadi salah satu pilihan buat kalian ngabisin weekend atau sekedar buang jenuh kerjaan atau kuliah. Kalau kata anak sekarang mah short escape.

Foto Salah Satu Pantai di Belitung

Nah, sesuai sama janji gue yang mau ngasih saran ama tips buat kalian yang pengen liburan ke Pulau Belitung dengan budget minim, nih gue tepatin yaa. Yang lagi capek sama perkuliahan, yang lagi jenuh sama kerjaan, yang lagi pengen liburan, ayo merapat, gausah ragu!
Langsung aja yaa. Biar bisa murah, tentunya kalian kudu ngumpulin temen biar bisa liburan rame-rame, jadi bisa nanggung biaya selama perjalanan bareng-bareng. Ini salah satu jurus jitu liburan murah. Boleh-boleh aja sih solo trip, tapi biar budget lebih murah, gue saranin bareng temen-temen lo juga, biar lebih rame, lebih seru! Waktu itu gue liburan sama lima temen gue, jadi total kita berangkat berenam.
Apa yang kudu pertama kali disiapin kalo mau liburan (jauh)? Tiket pesawat dong yaa tentunya. Kalau bisa kalian pilih tanggal keberangkatan jangan pas high seasons. Kenapa? Biar bisa minimalisir pengeluaran. Soalnya biasanya kalo high seasons, harga tiket pesawat bisa melambung, gengs! Kalo bisa ambil pas weekday alias hari biasa, biar pas di Belitung ga terlalu rame sama wisatawan lain, jadi berasa pulau sendiri (eh).
Sekarang nyari tiket pesawat udah ga usah pusing lah yaa, udah banyak aplikasi yang bisa kalian manfaatin. Termasuk juga aplikasi atau website dari maskapai-maskapainya sendiri. Sebut aja salah satunya AirAsia. Belitung jadi salah satu rute baru yang disediain sama airasia tahun ini. Penerbangannya baru resmi beroperasi per 1 Oktober 2019 kemaren, loh. Seperti biasa, AirAsia nawarin harga lebih rendah dari beberapa maskapai lainnya. Kalau liat harganya, kalian bisa sih jadi bahagia bersama AirAsia. Pas di kantong soalnya, haha!

Gambar Laman Web AirAsia

Maskapai LCC terbaik dunia ini juga sering ngadain promo kursi gratis yang emang ga boleh kalian lewatin. Bener-bener murah! Cek aja instagram atau media sosial AirAsia lain. Kayak sekarang ini. Mereka juga lagi ngadain promo kursi gratis, jadi jangan sampe kelewat yaa!
Oiya, untuk harga, AirAsia nawarin harga mulai dari Rp 380 ribu-an (umum) dan Rp 360 ribu-an buat kalian yang udah daftar jadi BIG Member AirAsia. Jadi, dari sini kalian udah bisa kira-kira buat tiket pesawat PP harganya kurang lebih sekitar Rp 750 ribu-an.
Karena penerbangan domestik, harga segitu udah termasuk bagasi 15 Kg loh, gengs! Lumayan ga tuh. Kalian juga bisa nambah meals (Santan) alias makanan buat dinikmatin selama flight. Dari pengalaman sih, pesen sebelom flight harganya lebih murah dari pada pas udah di pesawat. Harganya sekitar Rp 36 ribu, kalo udah di pesawat, harganya jadi sekitar  Rp 60 ribu-an. Ada beberapa menu yang bisa kalian pilih.
Proses check in di check in counter-nya juga gampang. Mbak-mbak atau mas-mas yang jadi front office-nya ramah. Bisa bantuin apa yang kita perluin. Bisa bantu jawab apa yang kita bingungin. Ngebantu banget sih! Ga ribet!
Berdasarkan pengalaman, terbang pake AirAsia itu “memudahkan”. Kenapa? Waktu itu  gue sempet salah title di salah satu penumpang karena emang pesen buat lebih dari satu orang sekaligus (dan buru-buru). Tapi itu ga masalah. Pas nelpon ke CS AirAsia, langsung ditanggepin dan diarahin buat ubah sendiri. Dan ternyata gampang! Ini kejadian pas pesen penerbangan internasional pula, yang bikin lebih insecure kalo ada kesalahan, walaupun itu kecil. Takut kalau jadi bermasalah pas check in, atau pas di imigrasi, itu semua udah kebayang duluan. Tapi semua terlewati dengan muluuuus! Thanks AirAsia! (ups, out of topic!)

Trus, sisa Rp 750 ribu lain?
Jadi kalau kalian pergi rame-rame kalian bisa patungan per orang sekitar Rp 500 ribu buat akomodasi sama transport selama di Belitung. Misalnya kayak gue waktu ke Belitung, kita berangkat berenam. Total uang akomodasi sama transport setelah dikumpulin jadi Rp 3 juta. Ini dipake di sana yaa, gengs! Atau bisa juga buat dipake bayar hotel, kalau kalian pesen hotel sekalian sama beli tiket pesawat.
Hotel atau penginepan di Belitung tergolong masih murah. Kalian masih bisa nemuin penginepan Rp 100 ribu per malem, atau bahkan kurang dari itu. Tapi saran gue, pilih penginepan yang nyaman, gengs! Biar liburan murah tapi kudu tetep dibikin nyaman dong yaa. Kalian bisa pilih booking hotel dulu sebelom berangkat, atau nyari hotel pas kalian udah nyampe sana. It’s all up to you, guys! Tapi kalo mau enak yaa udah booking sekalian dari sebelom berangkat. Jadi pas di sana, kalian udah tinggal check in ke hotelnya, ga perlu muter nyari hotel.
Cari hotel dengan review bagus yaa, jangan asal murah langsung diambil. Biasanya review orang itu jujur-jujur. Kalo bagus bilang bagus, kalo jelek yaa bilang jelek. Makanya ikutin review yang udah pernah nginep di hotelnya aja. Jadi ga asal cap-cip-cup.
Kalo berdasarkan pengalaman sih (jangan ditiru yaa), gue ama temen-temen gue baru nyari hotel pas udah nyampe Belitung. Pas nyampe, masih harus nyari hotel buat naro barang. Untungnya kita pergi pas low seasons, jadi sepi. Gampang buat nemuin hotel. Ga banyak yang penuh. Kita nemu hotel yang harga per malemnya Rp 150 ribu. Lumayan murah. Ada AC sama TV. Ga berekspektasi tinggi sih dengan harga segitu, yang penting nyaman buat tidur.
Nah jadi bisa kira-kira yaa buat harga hotel selama dua malem sekitar Rp 300 ribu buat dua orang per kamar. So, budget penginepan dua malem sekitar Rp 150 ribu per orang. Murah kan?

Selain tiket pesawat sama hotel perlu apa lagi sih?
Kendaraan selama di sana dong! Kalian pasti butuh alat transportasi buat keliling-keliling pulau. Sekali lagi, ini tergantung kalian mau pilih sewa motor atau mobil. Kalau gue ama temen-temen gue sih milih mobil biar ga mencar, semuanya jadi satu rombongan (berenam). Buat sewa mobil kita bayar sekitar Rp 500 ribu buat dua hari. Harga segitu belom termasuk bensin yaa. Itungan bensin sekitar Rp 100 ribu-Rp 200 ribu. Jadi biaya yang diambil per orang sekitar Rp 100 ribu-Rp 120 ribu. Mungkin kalau kalian milih sewa motor bisa lebih murah. Tapi gue saranin kalau di antara rombongan kalian ada yang bisa nyetir mobil, mending sewa mobil, biar kalau ujan ga keujanan, kalau panas ga kepanasan. Lebih ke faktor kenyamanan aja sih.

Tiket pesawat udah, booking hotel udah, sewa mobil buat keliling di Belitung juga udah, jadi apa lagi?
Kalau kita ke Belitung, salah satu tujuan utamanya pasti island hopping. Buat bisa island hopping kalian harus sewa perahu dulu. Berapa sih budget-nya? Buat sewa perahu seharian dari pagi sampe sore, kalian siapin budget sekitar Rp 400 ribu-Rp 600 ribu. Semua tergantung gimana kalian nawar ke si bapak penyedia perahu. Kalau kalian pinter nawar, kalian bisa dapet Rp 400 ribu per perahu. Jadi kalau dibagi enam orang kurang lebih sekitar kurang dari Rp 70 ribu. Harga ini udah termasuk sewa life jacket sama alat snorkeling yaa. Murah kan?
Island hopping butuh waktu seharian. Kalian pasti butuh makan siang. Nah, buat makan siang di pulau, kalian juga harus nyiapin budget sendiri, karena emang lumayan pricey. Yaa wajar yaa, namanya tempat wisata, apalagi pinggir pantai, makan seafood pula. Jadi budget-in aja per orang sekitar Rp 100 ribu. Harga itu udah worth it kok. Makan seafood enak ditemenin pemandangan laut biru ama pasir putih yang syahdu. Puas!
*****
Semua biaya buat keperluan utama udah disiapin. Tinggal perjalanannya. Karena pergi rame-rame, ego kalian mungkin bisa disingkirin dulu, yaa. Ga boleh egois, biar jalan-jalannya tetep fun. Buat kalian yang lelet, jangan sampe bikin temen-temen kalian nunggu. Usahain siap-siap duluan, biar selesainya bisa barengan sama yang lain. Namanya liburan, ga boleh buang-buang waktu yaa! Usahain berangkat sesuai jadwal yang udah disepakatin sebelomnya.
Nah, di bawah ini gue jabarin lagi biaya yang dibutuhin buat pengeluaran selama liburan. Kalau kalian mau beli oleh-oleh lebih banyak, bisa anggarin lebih banyak lagi. Ini gambaran budget minimal yang harus kalian siapin kalau pergi sama rombongan (sekitar berenam).

RINCIAN BIAYA PER ORANG (kalau kalian pergi berenam):
No.
Keperluan
Biaya
1.
Tiket Pesawat (PP)
Rp 750 ribu
2.
Hotel (dua malem)
Rp 150 ribu
3.
Sewa Mobil+Bensin (dua hari)
Rp 120 ribu
4.
Sewa Perahu island hopping
Rp 70 ribu
5.
Makan Siang di Pulau Kepayang
Rp 100 ribu
6.
Makan selama di Belitung
Rp 100 ribu
7.
Lain-lain (oleh-oleh + transport dari dan ke Bandara)
Rp 210ribu
TOTAL
Rp 1,5 juta

4 comments:

  1. Wah, inspiratif..... Jadi kepengin ke sana. Keren, Dena!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss Mba Tit, udah banyak kok jadwal terbang ke TJQ, bawa dedeknya main ke pantai hihi

      Delete
  2. Wah Belitung, aku pengen banget kesana. Cek AirAsia ahhh buat booking tiket

    ReplyDelete