Sunday 3 November 2019

Bangkok Fun-Cheap Story

Kenapa gue kasih judul fun-cheap? Karena menurut gue yang fun, ga harus mahal, gengs!
Yuk langsung mulai aja!
Apa yang pertama kali muncul di pikiran kalian kalau denger kata “Thailand”? Negara berjuluk Negeri Gajah Putih mungkin jadi salah satunya. Atau negara mayoritas Buddha? Bisa juga. Tapi mungkin ada satu lagi yang muncul ketika ngomongin tentang luar negeri, yaitu mahal. Iya ga sih?

Foto Sunset di Wat Arun

Buat kalian yang belom pernah ke Thailand (terutama Bangkok), tapi pengen ke sana, pasti ada sedikit kekhawatiran tentang akomodasi. Apalagi buat kalian yang muslim, bisa jadi khawatir bakal susah nyari makanan halal sama tempat ibadah. Itu sih yang awalnya gue juga rasain. Takut susah ini, takut susah itu. Padahal ngejalanin aja belom, haha. Beberapa orang juga nanya, butuh visa ga sih ke Thailand? Tenang gengs, ke Thailand ga perlu visa kok, cukup paspor aja. Aman!
Pergi ke tempat terutama negara baru, pasti bakal ada tantangan yang dihadepin. Dan ga seburuk yang dipikirin dan ditakutin sebelomnya kok. Thailand menurut gue negara yang cukup ramah dengan segala keunikannya. Mulai dari bahasa, budaya, bahkan hingga makanannya. Ramah di sini bukan cuman orang-orangnya yaa, tapi juga ramah buat muslim kayak kita. Makanan halal tetep bisa ditemuin di sejumlah lokasi wisata. Tempat ibadah, walaupun ga sebanyak dan ga segampang nemuin di Indonesia, tapi masih ada beberapa masjid atau musala yang bisa dipake buat salat.

Foto Salah Satu Masjid Tertua di Bangkok (Ton Son Mosque)
*****
Oiya, sebelom cerita gimana di Bangkok, mending gue kasih tips duulu gimana cara berburu tiket murah. Jadi, kalian jangan dulu kebayang sama mahalnya tiket pesawat tujuan Bangkok, yaa!
Sebenernya banyak kok maskapai yang nawarin penerbangan murah, ditambah lagi sekarang ada banyak pilihan situs daring buat bantu kalian nemuin harga termurah dari beragam pilihan maskapai yang ada. Kalian juga bisa beli lewat aplikasi atau langsung ke situs maskapainya. Jangan lupa buat ngecek promo apa yang lagi ditawarin, biar harga yang kalian dapetin bisa diminimalisir. Kayak misalnya, (sebut aja) AirAsia, yang sering banget ngadain promo kursi gratis. Sekarang juga lagi ngadain tuh, cek aja website-nya. Jangan sampe kelewat yaa!

Gambar Laman Web AirAsia

Nah, lagi-lagi, gue pergi jalan-jalan ga pake jasa open trip atau agen perjalanan apapun. Jadi backpaker-an lagi. Ngurusin segala keperluan sendiri, mulai dari tiket pesawat sampe akomodasi sama transport selama di sana. Asyik sih, seru! Selalu ada pengalaman baru.
Balik lagi ke masalah promo nih. Pas lagi ada promo, biasanya tiket Jakarta-Bangkok PP (CGK-DMK-CGK) bisa didapet dengan harga harga sekitar Rp 1,3 Juta-Rp 1,5 Juta. Bahkan kalau beruntung, bisa lebih murah dari itu loh, gengs! Oiya, jangan lupa, ajak teman-teman kalian buat ikut liburan sama kalian, biar biaya akomodasi bisa ditanggung bareng-bareng.
Berdasarkan pengalaman gue, tiket promo kayak gini cepet banget sold out-nya. Jadi cari waktu yang low seasons, di mana orang-orang jarang berpikir buat liburan. Biar bisa booked buat ramean. Soalnya kan namanya juga promo, pasti seat-nya terbatas. Makanya pasti bakal berebut sama orang lain. Kalau udah jamnya promo, pastiin temen kalian stand by, atau minimal masing-masing udah punya identitas temen satu rombongan. Biar kalo promo mulai dibuka, salah satu dari kalian bisa booked dulu (kalau emang yang lain lagi ga sempet). Tapi si AirAsia ini unik yaa. Promonya lebih sering dibuka pas tengah malem, biasanya baru mulai 23.30 WIB. Siap-siap begadang aja yaa, gengs! Siapin kopiya, haha! Oiya, promo kursi gratis buat tahun depan (buat umum) bakal di buka malem ini loh! Bahagia bersama AirAsia dah kalo sering ada promo gini.
Setelah booked tiket, kalian bisa langsung bayar. Ada beberapa pilihan pembayaran. Pilih aja yang paling sesuai sama kalian. Kalau tiket pesawat udah di tangan kan 50% udah lega. Tinggal mikirin sisanya, iya ga?
Waktu itu gue ama temen-temen gue beli tiket sekitar bulan April buat keberangkatan November. Kok lama banget? Iyaa, buat nyiapin budget, cuti, sama segala rupanya. Akhirnya sepakat deh tuh November. Agak kelamaan sih yaa (keburu lupa kalau udah punya tiket ke Bangkok, haha), tapi namanya juga ramean, kudu nyamain waktu, biar bisa berangkat semua.
Nah, ada satu pengalaman gue yang agak ga enak dari pemesanan tiket kali ini. Berhubung waktu itu gue ga pesen tiket sendiri, title gue salah dong, gengs! Masa gue dikasih Mr.! Duh puyeng dah tuh pala gue. Abis itu langsung searching siapa tau ada yang pernah ngalamin juga. Dan ternyata banyaaaak, hahahaha. Tapi pengalamannya beda, ada yang bodo amat ga diurus dan aman pulang-pergi. Ada yang sampe harus tuker tiket. Duh bikin degdegser, tjuy! Akhirnya mendekati hari H keberangkatan gue mutusin buat nelpon CS AirAsia. Nyampein kesalahan title gue dan langsung diarahin buat benerin titlenya. Dan ternyataaaa, segampang itu, ga perlu sampe beli tiket baru atau bayar charge atau fee. Gratis! Aman deh! Lega jadinya.
*****
Buat masalah penginepan di Bangkok ga perlu khawatir! Banyak situs yang juga nawarin harga-harga murah dari beragam pilihan penginepan. Tinggal kalian tentuin aja yang sesuai sama kebutuhan. Mulai dari dormitory, tipe apartemen, sampe hotel berbintang semuanya ada. Soal harga juga bisa disesuaiin sama kantong yaa. Tetep deh, pokoknya maksimalin promo dari banyak situs, ambil harga termurah dari perbandingan yang ada. Jangan lupa diskusi juga sama yang lain soal kenyamanan, jarak ke tempat wisata, sama akses transportasi di sekitar lokasi penginepan.
Kalau kalian ga mau ribet, situs AirAsia juga nawarin paket flight+hotel. Buat paket kayak gini sih biasanya lebih murah yaa. Tapi kebetulan gue ga pake paket itu, jadi gabisa jelasin lebih tentang paket flight+hotel-nya AirAsia.
Masing-masing penginepan punya harga beda, kalau dormitory, harga yang ditawarin mulai dari di bawah Rp 100 ribu per malem. Atau kalau kalian liburan rame-rame kayak gue, mending sewa apartemen, rumah, atau kamar hotel yang muat banyak orang, biar lebih leluasa. Toh harga sewa juga bakal ditanggung sama-sama. Jadi bisa lebih murah plus menghemat biaya akomodasi.
Sebisa mungkin tentuin sekalian booked penginepan dari jauh-jauh hari, biar ga panik kalo keabisan penginepan pas udah deket hari H keberangkatan. Kalau bisa sih, pas abis beli tiket pesawat, yaa usahain langsung cari penginepannya sekalian.
Berdasarkan pengalaman gue, penginepan buat berlima, bisa dapet harga sekitar Rp 1 juta. Harga ini bukan buat per malem yaa, tapi udah buat 5 hari 4 malam. Harga yang super murah ga sih? Apalagi dibagi berlima. Jadi masing-masing cuman sekitar Rp 200 ribuan. Gue ingetin lagi, pilih penginepan yang sesuai dengan kebutuhan plus kantong kalian. Harga murah bukan berarti fasilitas minimal yaa. Di penginepan yang gue dapet tetep ada fasilitas penginapan kayak biasa. Ada dua kamar ber-AC, Wi-Fi, kamar mandi (ada pemanas airnya), snacks, sampe tea maker juga ada. Akses ke jalan raya sama BTS juga ga terlalu jauh, masih bisa dijangkau jalan kaki.
*****
Jadi sebelum berangkat, paling ga kalian siapin biaya sekitar Rp 1,5 juta-Rp 2 juta buat tiket pesawat PP, penginepan, sama paspor (kalau kalian belom punya). Biaya bikin paspor baru (biasa, bukan e-passport) sekitar Rp 350 ribu (harga ini juga sama kalau kalian mau perpanjang alias ganti paspor). Jangan lupa daftar online dulu sebelom bikin, biar pas dateng ke kantor imigrasi udah tinggal antre foto sama wawancara.

Foto Paspor
*****
Kalau paspor udah, transportasi sama akomodasi juga udah, kalian tinggal nentuin jumlah uang saku (cash) yang bakal dibawa. Inget yaa, buat ke luar negeri, seenggaknya kalian nuker dulu rupiah ke mata uang negara tujuan. Biar lebih aman. Pas nyampe sana udah ada cash. Ini juga sebenernya pilihan aja, gengs. Kalau kalian lebih milih buat tarik tunai di sana juga gapapa. It’s all up to you! Cuman gue saranin kalo mau sedikit lebih murah, tuker dulu aja di money changer sebelom kalian berangkat. Cek juga rate termurah dari beberapa money changer.
Untuk masalah jumlah uang saku, kalian bisa cari referensi dari internet (harga-harga tiket wisata, makanan, transportasi, dll). Rencanain sekalian alokasiin dana sesuai kebutuhan. Ini bisa gampangin kalian buat menentukan jumlah uang saku yang bakalan dibawa.

Foto Uang Baht

Kalau gue bawa uang saku THB 2.500-THB 3.000 (Rp 1,2 juta-Rp 1,5 juta). Jumlah itu cukup buat keperluan selama 5 hari 4 malam di Bangkok. Kalau buat kalian kurang, pastiin kalian sedia kartu kredit atau debit yang bisa dipake di luar negeri. Tapi inget yaa, kartu-kartu dipake buat cadangan, biar budget kalian tetap kekontrol. Tiati jebol!
*****
Persiapan sebelom berangkat udah semua. Sekarang tinggal proses berangkat. Dari mulai berangkat ke bandara sampe landing di Bangkok. Karena ini pengalaman pertama gue ke luar negeri, seru sih.
Saking semangatnya, berangkat dari kosan sekitar 5 jam sebelom flight. Perjalanan lancar, tanpa macet. Wajar sih, berangkat jam 11.00, weekday pula. Nyampe bandara bahkan belom jam 13.00. padahal gue flight 16.35. Luar biasa emang! Saking excited-nya. Tapi sayangnya saking terbuay “ah masih lama”, jadi lah ngulur-ngulur waktu dan baru check in hampir jam 15.00. Gokil sih, nekat abis!
Dan drama pun terjadi. Paspor salah satu temen gue masa berlakunya udah kurang dari enam bulan. (Disclaimer: Jangan ditiru yaa). Ini riskan abis soalnya. Dengan alesan ga pernah ngecek paspor, dia sampe lupa kapan paspornya kadaluwarsa. Masa iya udah berangkat jauh-jauh dari Jogja batal berangkat ke Bangkok cuman gegara paspornya kadaluwarsa. Kan ga lucu. Mana pas di Jogja udah ketinggalan kereta. Super drama!
Untungnya  kita dapet check in counter yang Mbak-mbaknya super baik. Dia bisa bantu nyelesein masalah temen gue ini. Mbaknya ngasih catetan dan warning, jangan sampe hal kayak gini keulang lagi. Mbaknya bantuin sampe akhirnya kita bisa check in dan ngelewatin imigrasi dengan mulus. Oiya,  pas check in, kita juga sempet ditawarin beli bagasi buat baliknya, tentunya dengan harga yang lebih murah dong. Thanks Mbak! Bahagia Bersama AirAsia deh jadinya kalo dimudahin gini. 
Akibat drama berkepanjangan ini, kita sampe kudu lari-lari ke gate yang sungguh jauh. Waktu itu AirAsia masih di Terminal 3. Selesai dari imigrasi masih harus lari-lari. Padahal kalo dari jamnya harusnya udah mulai boarding. Udah takut ketinggalan aja tuh sebenernya.  Soalnya dari imigrasi, kita masih harus lewatin banyak gate buat sampe ke gate tujuan kita. Udah ga sempet beli minum atau apapun. Padahal hauuuuus, air mineral yang dibawa, udah dibuang sama petugas bandara, sedih aku tu L.
Pas udah nyampe gate tujuan, ternyata belom mulai boarding dong. Alhamdulillah. Ga telat! Tapi beneran gengs, yang ini jangan ditiru. Cek dulu paspor kalian sebelom berangkat. Soalnya riskan. Takutnya malah jadi batal berangkat. Paspor yang masa berlakunya kurang dari enam bulan juga bisa bikin kalian ga bisa online check in atau web check in. Kalau udah gitu, kalian kan juga jadi ga bisa beli makanan ataupun bagasi sebelom terbang. So, pastiin paspor kalian ga di masa tenggang.
*****
Akhirnya boarding! Lega, bisa berangkat juga akhirnya, haha. Takeoff mulus di tengah cuaca yang ga terlalu cerah. Perjalanan ke Bangkok makan waktu sekitar 3,5 jam. Ini jadi penerbangan pertama gue ke luar negeri sekaligus penerbangan terlama gue sejauh ini. sempet bingung mau ngapain 3 lebih jam di pesawat. Berhubung terbang sore, jadi niatnya pengen nikmatin sunset. Tapi ternyata semesta berkata lain. Sunset-nya banyak kehalang awan karena emang lagi mendung. Pas udah agak lama bahkan ada kilat-kilat yang rasanya kayak ada di sebelah gue, deket banget! Apa lagi gue di window seat. Beuh, mantap!

Foto Sunset yang Ketutup Awan

Bingung mau ngapain karena udah kelamaan bengong, jadi akhirnya mutusin buat pesen makan. Yak, Santan! Salah satu andalan dari AirAsia. Agak mahal dikit gapapa lah yaa, sekali kali, ga tiap hari ini. Menu yang dipilih kali ini adalah Roasted Chicken with Black Pepper Sauce yang endeus. 

Foto Roasted Chicken with Black Pepper Sauce

Sekitar 20.15 (ga ada beda waktu Jakarta sama Bangkok yaa) akhirnya nyampe juga di Don Mueang International Airport. Alhamdulillah. Landing dengan selamat! Trus nasib temen gue di imigrasi gimana? Imigrasi Indonesia lolos, imigrasi Thailand gimana? Ternyata aman juga pas udah nyampe Bangkok. Berkat catetan yang dibawain Mbak-mbak di check in counter sepertinya. Sekali lagi gue ingetin, yang ini jangan ditiru, cek lagi tanggal kadaluwarsa paspor kalian. Jangan sampe kurang dari enam bulan dari tanggal kalian berangkat. Biar ga ada drama.

Foto di Don Mueang International Airport
*****
Walaupun budget minimal, kalian tetep bisa keliling Bangkok, loh. Buat keliling-keliling, ada beberapa pilihan transportasi, mulai dari BTS, MRT, taksi, tuk-tuk, bus kota sampe ojek juga ada. Pilih sesuai kebutuhan sama lokasi yang dijangkau. Buat BTS, harga setiap ke stasiun bisa jadi berbeda, tergantung jarak. Jarak terjauh kena harga THB 59 (sekitar Rp 28 ribu) untuk sekali jalan. Agak mahal emang, jadi pake BTS sesuai dengan kebutuhan aja, kalau ga mepet-mepet amat bisa pilih alternatif lain.

Foto di BTS

Biar bisa nikmatin Bangkok kayak penduduk lokal, cobain deh naik bus kota. Tarifnya murah mulai dari THB 6,5 atau sekitar Rp 3.000-an sekali jalan. Tapi gue saranin sih jangan pake bus kota pas jam orang-orang kerja atau sekolah, bakal ngehambat mobilitas soalnya. Yaa kayak di Jakarta aja, Bangkok juga kota yang tingkat kemacetannya cukup tinggi.

Foto Tiket Bus Kota

Selama di Bangkok, kalian bisa jalan-jalan ke beberapa tempat wisata yang terkenal. Misalnya ke Grand Palace (THB 500, tiket berlaku selama 7 hari sejak pembelian), Wat Pho (THB 100) sama Wat Arun (THB 50) di hari yang sama. Tiga-tiganya lokasinya deketan, ada di sekitar kawasan yang yang sama. Jadi, jangan sampai ngelewatin salah satunya.

Foto Tiket Masuk Grand Palace

Buat sampe ke lokasi wisata tertentu, termasuk tiga lokasi tadi, kalian perlu niak boat buat nyeberangin Sungai Chaophraya. Transportasi boat harganya mulai dari THB 4 tergantung jarak juga, murah yaa. Selain tiket yang super murah ini, di sejumlah titik penyeberangan (pier) juga disediain tiket boat yang lebih mahal buat tujuan-tujuan tertentu. Kalau di sini istilahnya mungkin jadi kapal express gitu. Kalian bisa sesuaiin sendiri pilihan transportasi sama keadaan kantong, haha.

Foto di Atas Sungai Chao Phraya

Masih di hari yang sama, mungkin malemnya, kalian bisa lanjutin perjalanan pake boat ke Asiatique River Front. Ga ada biaya masuk ke lokasi ini, gratis! Di sini, kalian bisa berburu oleh-oleh sekalian makan malem atau jajan-jajan lucu di food court yang ada. Banyak kok penjual yang nawarin makanan halal buat yang muslim. Jadi, jangan khawatir bakal susah cari makanan halal di Negeri Gajah Putih ini yaa. Soal harga, makanan di sini juga cukup murah. Kalau kalian pengen ngrasain street food Thailand yang terkenal, di lokasi ini juga ada sejumlah food stall yang ngejual macem-macem street food ala Thailand. Harganya? Mulai dari THB 50.

Foto Street Food di Asiatique River Front

Di Asiatique River Front ini, kalian bisa juga beli oleh-oleh khas Thailand. Harganya? Cukup miring. Semuanya tergantung gimana kalian nawar. Kalau kalian jago nawar, bisa beradu sama penjual biar bisa dapet harga termurah. Di sini juga banyak penjual yang bisa bahasa Indonesia. Lucu, jadi berasa di Tanah Abang, haha. Penjual-penjual yang bisa bahasa Indonesia ini ngebantu banget sih, terutama buat komunikasi, biar tawar-menawarnya lebih gampang. Kalau mau keliling, pastiin kalian cari toko yang nawarin harga paling murah yaa, kalian bisa bandingin dulu ke beberapa toko.

Foto Kios-kios di Asiatique River Front

Ngomong-ngomong masalah belanja oleh-oleh, kalau kalian ke Bangkok pas weekend, jangan sampe kelewatan Chatuchak Weekend Market. Pasar ini adalah pasar terbesar di Thailand. Kalian bisa belanja sepuasnya dengan pilihan yang jauh lebih banyak. Ada lebih dari 15 ribu stall dan lebih dari 11 ribu vendor yang nawarin beragam jenis benda termasuk benda antik, kosmetik, makanan, minuman, furnitur, baju, buku dll. Soal harga, jangan ditanya. Banyak pelancong yang ngasih rekomendasi buat beli oleh-oleh di sini karena harganya yang miring. So, selamat berbelanja!
Nah, kalau masih kurang puas belanjanya atau cuman pengen window shopping, kalian bisa ke kawasan Pratunam. Di kawasan ini ada beberapa pusat perbelanjaan. Mulai dari pasar sampe mall. Jika kalian nyiapin budget lebih atau mau buka jastip, bisa belanja di sini. Harganya grosir. Jadi pasti lebih murah.

Foto Pratunam Market

Ke tempat-tempat ikonik Bangkok udah, belanja udah, sekarang lanjut ke museum yang beda dari biasanya. Kalian bisa ke Erawan Museum. Harga tiket masuk THB 300 (online) dan THB 400 kalau beli langsung di loket museum yang ada di kawasan Bang Mueang Mai, Mueang Samut Prakan District.

Foto Erawan Museum

Lokasinya emang agak jauh dari pusat kota, tapi museum ini asli, cantik banget! Walaupun tadinya sempet mikir “kok tiketnya mahal banget”. Tapi pas liat dalemnya ga kalah menawan sama lokasi-lokasi wisata yang ada di downtown Bangkok. Di sini kalian bakal disambut sama patung raksasa berbentuk Gajah berkepala tiga. Pas masuk ke ruangan utama, kalian bakal takjub sama arsitektur bangunan yang megah dan cantik banget. Bagi para pemburu konten instagram, wajib sih ke sini. Ga kalah instagrammable deh sama lokasi-lokasi lain yang ada di Bangkok. Beneran!
Lima hari empat malem buat gue sih waktu yang cukup buat explore Bangkok. Kalian bisa temple hopping, ke pasar, mall, sampe museum. Bahkan kalo waktunya cukup, kalian bisa nyempatin waktu ke Pattaya buat mantai sama nikmatin dunia malem di sana. Ngomong-ngomong night life. Salah satu yang paling terkenal di Bangkok ada di kawasan Khao San Road. Ada banyak bar. Tapi ga cuman bar, street food murah juga ada. Di kanan-kirinya mirip pasar malem. Makin malem, makin rame. Banyak bule juga, bisa buat cuci mata (eh).
*****
Foto Tiket dan Paspor

Perjalanan lima hari empat malem alias 5d4n di Bangkok berakhir sudah. Saatnya balik ke Ibu Kota. Kita ambil flight jam 11.20, jadi jam 08.00 udah jalan dari penginepan. Biar cepet nyampe kita pake BTS (bayarnya udah pake recehan baht yang tersisa). Baru lanjut naik bus ke bandara. Sama kayak berangkat, kita balik naik AirAsia lagi. Proses check in sama imigrasi mulus, lancar, semulus landing di Soetta. Thanks AirAsia! Bahagia Bersama AirAsia deh pokoknya!

Khob Khun Ka, AirAsia, See yaa, Bangkok!

4 comments:

  1. Sebagai pelanggan Air Asia, selalu suka sih menggunakan service nya. Selain tepat waktu dan rutenya banyak, harga tiket Air Asia juga paling masuk akal. Jadi semua orang bisa terbang sekarang. Cihuy banget yak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar sih kalo jadi world's best lcc airlines yaa Kak :D

      Delete