Saturday 2 November 2019

Liburan ke Belitung 3 Hari 2 Malam dengan Modal Super Hemat (Day 1)

Hai! Balik lagi sama cerita traveling gue! Ini cerita throwback dari 2018 yang baru sempet dipos, hehe.
Cerita kali ini masih berhubungan sama trip laut sama pantai, dan tentunya pulau yaa. Bedanya kali ini udah ga di sekitar Jakarta atau Jawa, tapi udah masuk ke Sumatera! Waw, agak norak nih, baru pertama kali ke sono gue. Maap-maap aja nih yaa, norak dikit gapapa kali, sekali-kali.

Foto Panorama Pulau Lengkuas
Yaa pokonya perjalanan kali ini dibillang dadakan, tapi yaa ga dadakan-dadakan amat sih sebenernya. Dibilang mateng rencananya juga kaga. Yaa, pokonya udah ada ajakan dari berbulan-bulan sebelumnya. Tapi baru kelaksana sekitar H-30 sebelom berangkat. Karena dirasa udah agak mepet buat cari tiket, akhirnya gue ama lima temen gue yang lain mutusin buat beli tiket saat itu juga. Ini buat jaga-jaga kalo udah mulai deket hari H tar malah tiket jadi lebih mahal, kan who knows? Kita mah antisipasi aja. Waktu itu kita beli sekitar tanggal 28 Juni 2018, pas tanggal gajian banget dah ini mah yee, baru masuk, udeh keluar lagi itu duit. Tanggal berangkat ditentuin 31 Juli 2018. Kita di sana 3 hari 2 malem (3d2n), jadi tiket pulangnya tanggal 2 Agustus 2018. Singkat banget sih emang, tapi lumayan kok.
Dari 28 Juni pagi pagi udah mulai hunting tiket. Nyari harga paling murah dari beberapa situs. Sampek akhirnya nemu yang paling murah dengan promo potongan harga yang lumayan. Pokonya kalo lagi nyari-nyari tiket gini mah semua aplikasi dibuka promonya, mana yang paling murah itu yang diambil. Kebetulan kemaren potongan yang paling gede kita dapet dari tiket.com. Waktu itu dapet harga sekitar Rp 670 Ribuan buat tiket PP CGK-TJQ-CGK. Lumayan lah itungannya buat keberangkatan (agak) mepet. Mungkin kalo tahun sebelumnya masih bisa dapet yang lebih murah dari punya gue, tapi gatau kalo sekarang-sekarang dengan polemik naiknya harga tiket pesawat yang bikin shobat missqueen jadi pada susah lagi dah naik pesawat.
Jadi sebelom berangkat, gue ama temen-temen sepakat buat ngumpulin duit akomodasi sama transport masing-masing Rp 500 ribu, jadi kalo ditotal semuanya ada Rp 3 juta, karena kita berenam. Duit itu dipake pas nyampe di pulau. Buat segala urusan bayar-bayaran yang ada di lokasi, mulai dari hotel, mobil, sewa kapal sampek makan (tertentu doang).
*****
Nah buat trip kali ini, kayak yang udah gue bilang sebelomya, gue berangkat bareng lima temen gue lainnya. Semuanya temen kantor (kebetulan). Seru sih ini mah, soalnya udah kenal, udah tau semua, jadi yaudah gitu. Apalagi kan kita gapake jasa open trip gitu, jadi kita jalan sendiri. Walopun emang agak lebih rempong yaa, karena kudu ngurus segala akomodasi, transport sama konsumsi sendiri. Tapi seru sih, jadi tau kalo trip sama banyak orang, banyak kepala kudu ada yang ngalah, ga boleh egois, yang egois tinggal aja, haha. Karena banyak kepala, cuaca panas, kadang jadi darah tinggi, kudu bisa kontrol emosi yaa gengs!
Oiya, lanjut! Tiket pesawat udah, tinggal penginepan nih. Masalahnya adalah “galau”, mau booking dulu apa enggak, nanti kalo udah booking ternyata ga bagus gimana, trus ini, trus itu, kalo ini, kalo itu. Duh ini rempong sih. Tapi jangan ditiru yee. Kalo emang mau cari penginepan mending emang sekalian cari dari aplikasi dah, apapun itu, jangan lupa liat reviewnya, gambarnya, semuanya pokonya deh. Trus booking dari jauh-jauh hari. Biar udah punya kepastian tempat nginep. Gue ama temen-temen kemarin nyarinya OTS, alias on the spot. Nekat sih ini mah. Utung bukan high season, kalo pas lagi musim liburan, kan bisa ga kebagian penginepan. Untung juga sih dapet yang murah, walaupun yaaaa, seadanya lah yaa, namanya penginepan Rp 150 ribu per malem.
Oiya, selain itu juga jangan lupa sewa kendaraan buat transportasi selama di Pulau Belitung. Berhubung gue kemaren berenam, jadi mutusin buat rental mobil aja, biar enak jalannya, bareng, ga misah-misah. Buat biaya sewa mobil, kita ngabisin Rp 500 ribu buat dua hari, lumayan gengs! Ga mahal-mahal amat lah, sama kek jaman kuliah dulu, segituan juga harga sewa mobil. Jangan ngarep muluk-muluk kalo mau dapet harga segitu, paling yaa Xenia atau Avanza lah.
*****
 Foto Pesawat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten

Foto KTP Rombongan

Yak sekarang mulai cerita perjalanannya dari awal. Kita pilih jadwal penerbangan pagi, sekitar 05.55 WIB flight-nya, pake Citilink. Karena flight pagi, jadi berangkat ke bandara juga subuh-subuh, bahkan sebelom subuh. Berangkat dari titik masing-masing. Satu dari Bandung, satu dari Ciputat, empat dari Tendean. Gue masuk barengan yang dari Tendean. Kenapa kita bisa berangkat dari Tendean? Karena pake taksi online, yang emang alternatif paling murah kalo berangkat bareng-bareng. Dari pada kudu ke pool Damri dulu kan, jadi dua kali, mending bayar dengan harga yang sama kek Damri, tapi udah sekali jalan dari deket kosan, betul? Karena pada dasarnya kita menghemat dan menggunakan dana seminimal mungkin.

Foto Flight CGK-TJQ

Foto Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin

Kita berangkat dari CGK ga terlalu delay sih, paling kalaupun delay yaa beberapa menit doang, ga sampek jam-jaman yang berasa gitu. Flight-nya juga ga lama, sekitar 50-60 menit udah landing di TJQ. Alhamdulillaaaaah. Nyampe Belitung, kita ga langsung disambut sama mas-mas rental mobil. Karena ternyataaaa, mas-mas yang punya masih bobok syantik. Duh Bang! Adek tungguin di bandara ga dateng-dateng ko Bang! Akhirnya kita disuruh naik taksi dong. Etapi, gretong, sebagai garansi rasa  bersalah si Abang rental mobilnya, tapi kayanya sih si yang punya rental emang udah CSan gitu ama sopir taksinya.
Sampailah kita di tempat rental mobil, serah-terima kelar, langsung cabs nyari hotel, bayar, naro barang, langsung cabs lagi cari makan dan jalan-jalan. Kita makan di pinggir jalan biasa, tempat makan nasi goreng, kwetiau, mi ama seafood. Awalnya takut mehong, ternyata harga standar (Rp 25 ribu/porsi). Kita milih tempat ini karena kebanyakan yang lain belom pada buka. Jadi yaa mau ga mau, senemunya, karena udah laper, belom pada sarapan dari Jakarta.
Beres makan kita langsung cabs ke lokasi pertama. Hari ini dijadwalin keliling wilayah Kabupaten Belitung Timur, tepatnya di Kecamatan Manggar. SD Muhammadiyah Gantong, ini jadi destinasi pertama. Yes! Ini adalah (replika) SD Laskar Pelangi yang terkenal pada masanya. Tempat Lintang dan temen-temennya sekolah, diajar sama Ms. Muslimah.

Foto Tiket Masuk Replika Sekolah Laskar Pelangi

Buat masuk kawasan ini kalian kena biaya retribusi, ga mahal kok cuma Rp5 ribu aja. Di sini bisa liat sekeliling, asli, masih sepi sih di sini. Tapi panas, hehe. Kalian bisa foto-foto sama nikmatin pemandangan sekitar, bagus loh, biar panas anginnya tetep sepoi-sepoi, enak. Jangan lupa, pake sunblock dulu sebelom jalan-jalan, biar ga gosong-gosong amat.

Foto Replika Sekolah Laskar Pelangi 1

Foto Replika Sekolah Laskar Pelangi 2

Foto Replika Sekolah Laskar Pelangi 3

Foto di Depan Replika Sekolah Laskar Pelangi

Video Anak-anak Nyanyi Laskar Pelangi

Abis puas foto-foto dan nikmatin pemandangan di sekitar “Desa Laskar Pelangi”, kita langsung berangkat ke lokasi selanjutnya, yaitu Wihara Dewi Kuan Im. Pas ke sini lagi barengan sama acara keagamaan di wiharanya. Jadi ga enak gitu, lagi pada ibadah, kita dateng. Jadilah kita berusaha buat ga berisik dan liat-liatnya ke sekitar patung Dewi Kwan Im yang ada di belakang wiahara. Karena di sini tempatnya agak tinggi, jadi pemandangan wilayah bawahnya keliatan semua (ya ga semua sih, banyak yang masih ketutup juga). Banyak pohon, jadi ijo-ijo, seger, adem (kalo di bawah pohon, kalo kena mataharinya mah sama, panas).

Foto Wihara Dewi Kuan Im

Foto di Wihara Dewi Kuan Im

Di lokasi ini juga bagus buat foto-foto. Warna wiharanya kombinasi merah sama kuning, jadi cerah kalo di foto. Bagian patung Dewi Kwan Im juga bagus. Pelatarannya luas, bebas mau foto di mana aja. Ukiran patungnya bagus, cantik!

Foto Patung Raksasa Dewi Kuan Im 1

Foto Patung Raksasa Dewi Kuan Im 2

Udah puas ngadem sama foto-foto, kita pindah tempat lagi, kali ini PANTAAAAI! Yeah! Akhirnya pantai gengs, PANTAAAAI! Aaaaa, I love it! Kali ini kita ke pantai yang beda dari pantai kebanyakan di Pulau Belitung, Pantai Burung Mandi. Gatau kenapa pantai ini dikasih nama Burung Mandi, mungkin emang tempatnya burung-burung pada mandi kali yaa (ups).Bisa dibilang pantai ini (agak) sepi waktu kita dateng, bukan pantai dengan batu granit gede-gede, tapi bagus, pasirnya putih, ombaknya tenang, bukan yang ombak gede, lautnya keliatan gradasi. Karena pantainya sepi, jadi kayak bebas gitu kita di sini, puas lari-lari, sebahagia itu liat pantai. Mumpung di pantai, shantai dulu lah, sambil ngopi sama nikmatin semilir angin pinggir pantai. Biar mataharinya tetep nyengat, tapi kalo angin semilir, kan jadi adem, ah bahagia!

Foto Pantai Burung Mandi

Nikmatin angin laut, foto cekrak-cekrek sana-sini sambil ngopi sampe hampir sore. Panas nyengat matahari udah mulai kurang. Karena udah agak sore, takut gelap di jalan, kita mutusin buat balik ke Tanjung Pandan. Soalnya di sini jalanannya sepi banget. Sepanjang jalan lebih banyak kebun kelapa sawit dibanding rumah warga. Papasan sama kendaraan aja jarang. Apalagi kita ke Belitung pas weekday, alias hari biasa, bukan weekend atau akhir pekan, jadilah makin sepi.

Video Perjalanan yang Ngelewatin Perkebunan Sawit

Sebelom sampe ke wilayah kota Tanjung Pandan, kita sempetin mampir ke Danau Kaolin yang ada di Pulau Belitung. Walopun warnanya ga sebiru yang ada di Pulau Bangka, tapi tetep cantik kok (inget yaa, biar cantik ini bahaya, gaboleh nyebur gaes!).

Foto Danau Kaolin di Pulau Belitung

Danau kaolin ini dikasih pagar pinggir-pinggirnya, tujuannya biar orang-orang ga nekat nerobos area terlarang yang bahaya. Karena ini air biru-biru itu emang sisa tambang, jadi beracun, jangan coba-coba nyebur yaa gengs! Sayang idup lo, haha. Biar dipager, tp jangan khawatir gabisa dapet foto bagus. Di sport-spot tertentu kalian tetep bisa dapet foto yang cantik, tentunya instagrammable. Danau ini bakal keliatan lebih cantik kalo diambil dari atas, karena keliatan semua. Beruntunglah yang bawa drone, yang ga bawa? Ada solusinya, tapi jangan ah, ini juga ilegal, wilayah terlarang, cuman buat yang berkepentingan aja, karena emang tempatnya juga bahaya. Gue juga ga berani buat naik. Takut ga bisa turun, haha. (Jadi di sekitar danau nya ada gundukan tinggi gitu, tinggi banget, kayak bukit, biasanya buat main perosotan sama anak kecil, tapi sebenernya ga boleh karena bahaya). Jadi mending ambil amannya aja yaa gengs, ga usah ngoyo!
Udah ngambil foto dari beberapa spot, udah foto berenam juga, saatnya lanjut ke penginepan, mandi, terus cari makan malem. Kalo urusan makan kali ini juga jangan ditiru yaa gengs, kita makan malemnya di KFC soalnya, jauh-jauh ke Belitung, makannya di KFC, sedih ga sih? Kalo gue saranin sih kalian cari makan di tempat-tempat makan yang emang jual makanan lokal, biar tau makanan lokalnya kayak gimana.

Foto Makan Malam KFC L

Lelah juga ternyata yaa seharian jalan-jalan. Tapi abis makan malem, kita ga langsung balik ke penginepan. Karena Belitung juga terkenal sama kedai kopinya, kita mampir dulu ke salah satu kedai kopi di sana, Kong Djie Coffee. Jangan sampe kelewat sih kalo ini mah, cicipin dulu kopinya, biar berasa kalo udah nyampe Belitung. Di kedai yang kita datengin ini juga bisa beli kopi bubuk buat dibawa jadi oleh-oleh loh gengs! Kalo mau buat oleh-oleh bisa beli sekalian. Kopinya mantap!
Ternyata kopi tetep gabisa nahan ngantuk gue karena capek udah jalan-jalan seharian. Belom sampe tengah malem, gue udah minta balik ke hotel. Udah ga kuat, bawaannya pengen merem mulu. Ga semuanya balik ke hotel, yang lain ada yang masih pengen ngopi sampe pagi.
Jangan lupa istirahat yang cukup karena besok, bakal lebih lelah. Seharian bakal wisata keliling pulau, alias Island hopping dari pagi sampai sore. Jangan lupa juga, kalo bisa siapin barang-barang yang mau dibawa dari malemnya, biar pagi ga buru-buru dan bikin temen-temen lo harus nungguin lo siap-siap doang. Jangan sampe ada yang ketinggalan yaa! Apalagi kamera, ga boleh ketinggalan. Khusus lagi kamera underwater. Nyesel tar kalo ga foto-foto, beneran!
Jadi, sampe ketemu di cerita hari kedua! Dijamin lebih seru! Pokoknya ikutin terus series Belitung ini. Karena di akhir series, bakal gue kasih tau rincian dana keseluruhan yang dipake buat liburan selama 3 hari 2 malem ini.