Tuesday 26 November 2019

24 Jam di Bangkok, Bisa Kemana Aja?

Masih satu tema sama Bangkok Fun-Cheap Story gue sebelomnya, tulisan gue kali ini, bakal ngasih tau tempat-tempat yang asyik buat kalian datengin kalau kalian cuman punya waktu singkat, paling ga 24 jam di Bangkok. Bisa kemana aja sih? Here we go!

Gambar Temple of the Emerald Buddha (Wat Phra Kaew)

Ngomong-ngomong soal wisata, terutama di Asia, terlebih di Asia Tenggara, Indonesia emang jadi salah satu tujuan utama. Tapi, selain itu juga ada Thailand, si Negeri Gajah Putih ini patut kalian kunjungi, terutama buat para backpacker. Menurut gue, negara ini ramah buat para backpaker yang punya budget terbatas, kayak gue.
Bangkok, Ibu Kota Thailand, jadi satu dari sekian banyak destinasi yang ada di Thailand. Selain bisa dapet vibes kota metropolitan mirip-mirip Jakarta, di Bangkok, kalian juga masih tetep bisa ngrasain kekentalan budaya sama tradisi dari Negeri Gajah Putih.
Nah, kalau kalian traveler atau backpacker dengan jam terbang tinggi dan cuman punya waktu singkat buat jalan-jalan di Bangkok, gue punya referensi lokasi-lokasi asyik yang bisa banget kalian datengin. Dijamin, ga nyesel deh pokoknya!
Ketika kalian nyampe di Bangkok pas malem-malem, (lagi-lagi) kayak gue, yang baru touchdown di Bangkok sekitar jam 20.00-an (ga da beda waktu sama WIB yaa, gengs!), mendingan kalian langsung aja ke penginepan dulu buat istirahat, setelah flight yang lumayan lama (sekitar 3,5 jam). Tapi, kalau pengen menikmatin night life di Bangkok, kalian bisa melipir dulu ke Khao San Road.

Gambar Suasana Khao San Road

Di Khao San kalian ga cuman bisa nemuin pub, bar atau sejenisnya, tapi di sini kalian juga bisa nemuin sederet street food yang bisa dibilang cukup murah. Ada Pad Thai, Es Krim Kelapa, Mango Sticky Rice, sama aneka gorengan. Rasanya enak sih, bisa diterima lidah gue soalnya. Kalau ga mau jajan pinggir jalan, ada kafe, convenience store, sama beberapa pilihan fast food.

Gambar Penjual Pad Thai di Khao San

Gambar Es Krim Kelapa

Cukup lah sampai hampir tengah malem buat nengok Khao San Road-nya. Kalau udah puas jalan-jalan malem, buruan balik ke penginepan buat istirahat biar bisa nyiapin tenaga buat besok pagi keliling-keliling dari pagi sampe malem lagi.
Oiya, jangan lupa pilih penginepaan yang deket kemana-mana, terutama deket sama akses transportasi umum. Biar ga susah kalau mau pergi-pergi. Misal mau pake taksi online, biar si driver-nya juga ga bingung buat cari lokasi penginepan kalian.
*****
Singkatnya waktu kalian di Bangkok, ga boleh disia-siain gitu aja pokoknya. Kalian kudu bangun pagi biar bisa dapetin banyak tempat yang bisa dikunjungin. Beneran deh, kalau lagi liburan, kebiasaan bangun siangnya diilangin dulu bentar, biar ga banyak ngebuang waktu cuman di kasur doang, haha. Sayang kan kalo udah jauh-jauh, tapi ujung-ujungnya cuman di kasur doang, mendingan juga di kosan atau rumah aja.
Abis bangun pagi, langsung deh siap-siap buat ke tujuan utama. Yap! Kompleks kuil-kuil (temples) yang lokasinya emang deketan banget! Jadi, kalian ga perlu buang banyak waktu di perjalanan. Di kawasan yang bakal dituju ini, lokasinya ada di Phra Nakhon District, Bangkok. Kalian bisa ke Grand Palace, Wat Phra Kaew, Wat Pho dan Wat Arun. Semuanya ada di kawasan yang bisa dibilang sama. Bahkan dari Grand Palace ke Wat Pho dan sebaliknya, bisa dijangkau hanya dengan jalan kaki aja, ga perlu pake transportasi lagi. Ngirit transport dan waktu pokoknya. Dari Wat Pho ke Wat Arun juga cukup nyeberang pake boat seharga THB 4 aja (THB 1 sekitar Rp 470), semurah itu emang.

Gambar Kawasan Grand Palace

Nah, buat masuk ke Grand Palace sama Temple of Emerald Buddha (Wat Phra Kaew), kalian perlu merogoh kocek lumayan gede nih. Harga tiketnya THB 500 per orang. Emang mahal, tapi worth it kok. Dari tiket yang dibeli, kalian bakal dapet dua tiket akses buat masuk dua kawasan, yaitu Grand Palace sama Temple of Emerald Buddha (one day pass), plus satu tiket buat masuk ke Bang Pa In Palace (berlaku 7 hari sejak pembelian). Sayangnya gue ga sempet ke Bang Pa In Palace waktu itu, padahal ternyata kalau dari Google, Bang Pa In Palace juga ga kalah bagus tempatnya. Jadi, kalian jangan sampe kelewatan buat datengin semua yaa!
Emang sesuai banget sih ini tempat sama sama namanya "Grand". Asli sih, Grand banget ini Grand Palace, gengs! Kawasan ini megah, besar, trus luas banget buat kalian kelilingin. Jangan sampe terpaku dan terpukau sama satu titik aja. Karena ada banyak banget spot-spot bagus di sini. Mungkin saking gedenya lokasi ini (by wikipedia total luasnya sekitar 94,4 ha), jadi alesan kenapa ada tiket yang punya masa berlaku cukup lama, yaitu tujuh hari sejak hari pembelian.

Gambar Tiket Grand Palace

Di sini kalian bisa liat bangunan-bangunan kuno dengan arsitektur yang super mewah, soalnya hampir semua bangunan berbalut warna emas. Detail dari bangunan-bangunan ini bisa bikin kalian takjub, beneran deh! Sekeren itu! Kalau ke Grand Palace, jangan sampe kelewat deh foto-foto di setiap sudut yang emang super instagrammable. Tapi inget yaa, jangan sampai kalian melanggar aturan. Soalnya ada beberapa ruangan yang bolehin kalian masuk, tapi ga boleh foto-foto di dalem, sekalipun itu cuman pake hape, tetep ga boleh! Biasanya yang ga boleh buat difoto itu ruangan yang dipake buat museum sama ruangan yang dianggap suci dan emang dipake buat ibadah. Di salah satu ruangan yang ga dibolehin buat foto ini, ada patung Buddha besar dengan interior ruangan yang cantik plus mewah banget!
Kalau dirasa udah cukup buat keliling di kawasan Grand Palace sama Wat Phra Kaew, kalian bisa lanjut ke Bang Pa In Palace, abis itu pindah lokasi, ke Wat Pho. Kompleks temple ini ga jauh dari Grand Palace. Cuman sekitar 15-20 menit buat sampai di Wat Pho dengan jalan kaki. Di sepanjang jalan dari Grand Palace ke Wat Pho, kalian bisa nemuin jajan-jajan pinggir jalan. Jangan laper mata yaa, haha.
Sampai di Wat Pho, kalian harus beli tiket masuk lagi. Ga semahal Grand Palace kok. Harga tiketnya THB 150 per orang. Biarpun ga semahal Grand Palace, tapi Wat Pho ini juga ga kalah luas lho, gengs! Terbagi jadi beberapa bagian (ada semacam candi dan beberapa bangunan lain). Salah satunya adalah ruangan patung raksasa Buddha Berbaring yang terkenal itu. 

Gambar Patung Buddha Berbaring (serame itu di ruangan ini)

Cari spot foto bagus emang ga mudah yaa. Buat kalian yang pengen mengambil foto dengan spot terbaik di depan patung Buddha raksasa ini, kalian perlu ngantre, gengs!. Inget! Antre yang tertib ya! Jangan sampai kena tegur pengunjung lain, malu!

Gambar Berpose Kaku di Depan Patung Buddha Berbaring

Selain patung Buddha Berbaring, kawasan ini juga punya banyak spot cantik yang tentunya instagrammable. Sayang pokonya kalau sampe kalian lewatin. Detail warna-warni yang unik plus cantik dari temples di Wat Pho, juga bisa jadi latar foto yang cantik. Cari aja referensi foto di internet atau di aplikasi-aplikasi kumpulan foto-foto. Banyak banget angle yang bisa jadi inspirasi kalian.

Gambar Warna-warni Kawasan Wat Pho

Kayak di kawasan Grand Palace sebelomnya, di Wat Pho juga ada ruangan yang ga bolehin kalian buat ngambil foto. Lokasinya mirip, sama-sama tempat ibadah dengan interior yang megah dan mewah. Keren banget pokoknya!
Udah selesai keliling Wat Pho, saatnya menyeberangi sungai Chao Phraya buat pindah tempat ke Wat Arun. Cukup dengan THB 4 per orang, kalian bakal dianter untuk “berlayar” di atas sungai Chao Phraya pake boat yang berangkat dari dermaga (pier) yang ga jauh dari Wat Pho. FYI, transportasi air ini juga jadi salah satu transportasi utama di Bangkok loh, gengs! Ga cuman ada transportasi darat doang. Banyak juga lokasi wisata yang bisa dijangkau pake transportasi air satu ini. Kalian harus coba!

Video di Atas Sungai Chao Phraya

Yee nyampe Wat Arun! Salah satu lokasi yang super ikonik di Bangkok. Akhirnya sampe sini juga gue. Tiket masuk ke kawasan Wat Arun ini cuman THB 50 aja loh. Di sini kalian bisa nikmatin cantikya warna-warni corak temple dengan dasar warna putih.
Kalau dateng pas siang hari dengan cuaca cerah, kalian masih bisa dapet foto Wat Arun dengan latar langit biru, jadi kontras. Kawasan Wat Arun ini emang ga seluas dua lokasi sebelomnya. Tapi soal megahnya, tetep berasa. Detail dan coraknya juga ga kalah cantik! Apa lagi Wat Arun ini jadi salah satu lokasi yang emang ikonik banget di Bangkok. Ibaratnya, belom ke Bangkok kalau belom ke Wat Arun. Eyak!

Gambar Siang Hari di Wat Arun

Tapi gue saranin kalian dateng ke sini pas sore sih, mejelang sunset gitu, biar bisa keliling-keliling, foto-foto, abis itu berburu sunset. Cantik banget dah. Kayak gini nih.

Gambar Sunset di Wat Arun

Ke Grand Palace udah, Wat Pho udah, Wat Arun juga udah. Ibadah udah belom? Nah, buat kalian yang muslim, jagan sampe kelewatan buat laksanain ibadah yaa. Walaupun di negara minoritas muslim, kewajiban tetep jangan sampai ditinggal.
Buat muslim traveler kayak kita, memang agak susah buat nemuin masjid atau sekedar musala  di Kota Bangkok. Tapi kalian ga usah khawatir, ga jauh dari Wat Arun ada sebuah masjid besar. Masid Ton Son (Ton Son Mosque) namanya. Masjid ini adalah salah satu masjid tertua yang ada di Thailand, yakni didirikan oleh Chao Phraya Ratchawangsanseni (Mahmud) pada masa Kerajaan Ayutthaya (1350-1767) di pemerintahan Raja Narai pada tahun 1688. 

Gambar Keterangan Ton Son Mosque

Trus gimana cara buat sampai masjid Ton Son dari Wat Arun? Yaa tinggal buka aja aplikasi peta online, langsung ditunjukin jalannya kok, haha. Di sepanjang jalan dari Wat Arun ke masjid, kalian bisa nemuin tempat-tempat unik yang bisa dijadiin latar foto dadakan. Ada bangunan tua, ada juga sejumlah gedung-gedung lembaga negara setempat. Sejauh perjalanan Wat Arun ke Ton Son Mosque jalanannya bersih, suka sih, jadi ga berasa jalannya.

Gambar Ton Son Mosque

Temple hopping udah, saatnya lanjutin perjalanan sambil balik lagi nyusurin sungai Chao Phraya. Kalau kalian kebetulan naik boat pas menjelang senja, beuh cakep dah tuh. Kalian bisa nikmatin pemandangan matahari terbenam alias sunset yang cantik dengan latar gedung-gedung sama bangunan di pinggir sungai.

Gambar Menjelang Malam di Atas Sungai Chao Phraya

Bahkan sekalipun udah mulai malem, kalian tetap bakal disuguhin pemandangan lampu-lampu dari bangunan-bangunan dan sejumlah tempat wisata di sekitar sungai Chao Phraya. Nah, salah satunya adalah Asiatique, yang jadi tujuan selanjutnya.

Gambar Asiatique Saat Malam Hari

Asiatique merupakan tempat makan, belanja dan mungkin bisa juga disebut tempat serba ada. Kalau kalian laper pas nyampe lokasi, kalian bisa milih beragam makanan di food court yang ada di kawasan Asiatique.

Gambar Suasana Asiatique

Buat kalian yang pengen belanja oleh-oleh, di sini ada ratusan atau mungkin ribu-an (?) toko yang menjajakan suvenir, aroma therapy, sampai snacks khas Thailand yang bisa kalian beli. Harganya? Cukup bersahabat kok. Masih bisa ditawar kalau kalian jago nawar. Di sini tipsnya adalah mau keliling bandingin harga dari toko satu ke toko lain, sama berani nawar juga biar dapet harga paling murah. Beruntung kalau dapet penjual yang bisa Bahasa Indonesia, jadi lebih gampang buat nawar.

Gambar Toko Oleh-oleh (suvenir)

Kalau kalian lagi pengen jajan unyu, bisa juga. Ada stall-stall yang jual street food khas Thailand yang kebanyakan adalah seafood. Beuh, ngiler deh liatnya. Tapi ga cuman ada Seafood yaa. Di sini juga ada kudapan manis khas Thailand, Mango Sticky Rice. Ada juga jus buah sama buah potong yang suweger-suweger.

Gambar Street Food (Seafood) di Asiatique

Gambar Street Food (Mango Sticky Rice) di Asiatique

Gambar Street Food (Buah) di Asiatique

Asiatique juga menyediakan wahana bermain seperti komedi putar, kincir raksasa dan sejumlah wahana lainnya. Meski ga sebesar Chatuchak Weekend Market (yang emang jadi pasar terbesar di Thailand), tapi keliling-keliling di Asiatique ini juga cukup nguras tenaga. Apalagi kalian udah jalan-jalan dari pagi.

Gambar Wahana Asiatique Sky

Buat istirahat sebentar, kalian bisa coba makanan di luar area Asiatique. Ada kawasan muslim di sana. Lokasinya ga jauh dari sebuah masjid besar (Bang Uthit Mosque) yang ada di seberang Asiatique. Kalian bisa sekalian salat di sini. Selesai salat kalian bisa nikmatin interior Masjid yang cantik. Desainnya ngasih kesan mewah, modern, tapi tetap ada aksen "Thailand" yang kental. Selain bangunannya yang cantik, penduduk sekitarnya juga ramah-ramah loh.

Gambar Interior Masjid Bang Uthit

*****
Itu tadi lokasi-lokasi yang gue bisa rekomendasiin ke kalian kalau cuman punya waktu singkat di Bangkok. Tapi, misal kalian punya waktu lebih banyak. Bangkok punya beragam pilihan tempat lain yang juga harus kalian datengin.
Trip seputar Thailand bakal gue bahas di tulisan-tulisan gue selanjutnya yaa!
Selamat berlibur!

No comments:

Post a Comment