Sunday 8 December 2019

Pilihan Transportasi di Bangkok, Ada Apa Aja Sih?

Ngomong-ngomong soal Wisata Bangkok, pastinya ga lepas dong yaa dari yang namanya transportasi. Kita butuh transport buat pindah-pindah lokasi. Apalagi di Bangkok ga semua lokasi wisatanya deket-deketan. Mau ga mau harus pake alat transportasi biar lebih cepet plus efektif. Nah, jadi ada apa aja pilih transportasi umum alias massal alias publik yang bisa kalian jajal di Bangkok? Check this out!

Gambar Jalanan di Kota Bangkok
Jadi di Bangkok, kalian ga cuman bisa pidah dari satu tempat ke tempat lain pake transportasi darat. Kalian juga bisa pake jalur air (sungai). Ada Chao Phraya River atau Sungai Chao Phraya sepanjang 376 Km yang membelah Kota Bangkok. Sungai ini dimanfaatkan sebagai salah satu jalur utama transportasi publik di Bangkok. Selain itu, kayak di Indonesia, di Thailand juga ada transportasi online yang gampangin kalian pas lagi liburan di sana. Ojek pangkalan pun ada loh di Bangkok. Rapi lagi, tertib kalo pas lagi di pangkalan, haha. Kuy lah langsung aja kita bahas satu per satu.

1.       BTS (Bangkok Mass Transit System)
Salah satu transportasi paling  terkenal di Bangkok bahkan (sering) masuk film atau drama juga yaitu, BTS atau sering juga disebut  Skytrain. Sesuai namanya. Jalur dari kereta ini pake jalur yang melayang. Jadi, semua stasiun sama jalurnya ada di atas ketinggian (read: melayang).

Gambar Antrean yang Tertib dari Calon Penumpang BTS

Untuk BTS sendiri punya banyak stasiun yang lokasinya strategis (deket sama objek wisata, termasuk pusat kota). Jumlah stasiunnya juga banyak, jadi gampang nemuinnya. Gue saranin juga buat nginep deket sama salah satu alat transportasi ini. Biar gampang kalau mau kemana-mana.

Gambar Suasana di Dalam BTS

Kalau mau naik BTS ini, kalian harus ke salah satu stasiunnya dulu. Cari loket tiket, atau vending machine tiket buat beli tiketnya. Waktu gue ke sana November 2018, ada pilihan one day pass (ga tau sekarang masih ada apa enggak) atau single journey card. Bisa pilih sesuai kebutuhan. Kalau gue dulu sih belinya yang single-single. Soalnya belom tentu seharian bakal terus-terusan pake BTS buat kemana-mana.

Gambar BTS Single Trip Ticket

Nah, buat masalah tarif, BTS matok harga lumayan mihils, mulai dari THB 16 (THB 1=Rp 470) buat jarak paling deket, sampai THB 59 buat sampai stasiun terjauh. Harga ini berlaku buat kalian yang beli kartu sekali jalan alias singlet trip. Tarif, rute sama info lengkapnya bisa dicek di website. Lengkap! Jadi kalian bisa punya perkiraan bakal abis berapa buat transportasi.
Harganya lumayan yaa kalo bolak-balik naik BTS, bisa jebol kantong lo buat transport doang, haha. Makanya gue saranin, jangan keseringan naik BTS kalau budget terbatas. Seperlunya aja. Kalau buat buru-buru emang cocok pake ini. Misal pas mau ke bandara atau ngejar sesuatu yang waktunya udah mepet. Dari pada naik transportasi lain belom tentu lebih cepet, mending naik BTS, soalnya lebih pasti dan ga bakal kena macet. On time lah pokoknya. Kelebihan BTS ini juga mudah banget dijangkau, soalnya stasiunnya banyak.

2.       Bus Kota
Mau transportasi darat yang super murah meriah di Bangkok? Ada! Naik aja bus kota. Beneran deh, murah banget tarifnya. Busnya mirip-mirip kayak Kopaja atau Metromini gitu kalau di Jakarta. Tarifnya juga mirip, mulai dari THB 6,5 aja. Pemberhentian busnya banyak banget. Tapi cek dulu yaa rute kalian, jangan sampai salah naik bus. Ntar jadi kayak gue ama temen-temen gue, nyasar. Haha. Tapi yaa itu sih seninya backpacker-an, NYASAR. Haha! Untungnya pas nyasar, dan ketauan salah naik bus, ga disuruh bayar dong! Ih, baik banget! Akhirnya malah kita diturunin di bus stop yang bener, biar naik bus yang bener juga. Thanks!

Gambar Tiket Bus Kota

Jangan lupa banyakin nanya ke orang lokal (tentunya yang bisa bahasa Inggris), atau cek aplikasi Google Maps kalian juga, biasanya ditunjukin sekalian tuh rute-rute busnya. Tapi jangan harap kalian bisa komunikasi lancar sama kondektur busnya yaa. Kenapa? Soalnya, kebanyakan kondektur alias kenek busnya itu nenek-nenek yang udah sepuh (tapi masih energik! Amazed sih gue pas liat keneknya). Sayang aja mereka cuman bisa komunikasi pake bahasa lokal, jadi ga bisa kita tanya-tanya.

Video Suasana dari Dalam Bus Kota

Murah sih emang naik bus ini, tapi gue saranin jangan naik bus kota pas lagi jam sibuk kalau ga mau kejebak macet. Ga enak kan lagi liburan malah stuck di jalanan. Pilih jamnya yang pas, atau sesuaiin sama waktu kalian buat keliling-keliling. Jangan sampai waktu kalian abis di jalan doang karena kejebak macetnya Bangkok.
Sensasi naik bus kota ini beda sama naik BTS. Berasa jadi orang lokal deh kalau kalian naik bus kota di Bangkok. Kalian bisa denger orang-orang pada ngobrol (walaupun ga ngerti), bisa ngrasain vibe jalanan Kota Bangkok, plus bisa ngrasain semilir angin dari jendela bus. Lokal banget deh!

3.       Boat
Nah kalau alat transportasi satu ini, emang jadi salah satu yang utama di Bangkok. Kalau kalian pake transportasi ini, kalian bakal dibawa berlayar di atas sungai Chao Phraya. Kayak yang udah gue tulis sebelomnya, Chao Phraya River atau Sungai Chao Phraya ini adalah sungai sepanjang 376 Km yang membelah Kota Bangkok. Sungai ini dimanfaatkan sebagai salah satu jalur utama transportasi publik. Itu makanya kenapa boat jadi salah satu transportasi utama di Ibu Kota Negeri Gajah Putih ini

Video di Atas Chao Phraya River

Gambar Dermaga di Dekat Wat Arun

Gampang buat naik boat kayak yang gue tumpangin ini. Kalian cukup cari aja dermaga atau pier yang deket sama posisi kalian. Beli tiketnya di booth yang disediain. Harganya murah! Mulai dari THB 4 sajah, kalian bisa naik boat, buat nyeberangin Sungai Chao Phraya. Tarifnya beda-beda yaa, gengs! Tergantung jarak sama boat yang kalian pilih. Mau yang biasa atau yang express.
Boat ini bisa ngater ke banyak tujuan. Tergantung kalian mau kemana. Walaupun sebenernya beberapa lokasi bisa dijangkau via darat, tapi bakal beda sensasinya kalau kalian pilih naik boat ini buat jadi alat transportasi yang ngangkut kalian ke tujuan. Kalian bisa nikmatin sepoi-sepoi angin, teriakan kondektur kapal yang ngasih instruksi pake bahasa Thailand, sama pemandangan Kota Bangkok dari atas sungai. Mau pagi, siang, sore atau bahkan malem, kalian bisa nikmatin pemandangan kota. Tentunya kalau malem yaa pemandangan kota yang banyak lampu-lampunya. Cantik deh!

Video Menuju Asiatique River Front Malam Hari

Nah, buat ke Asiatique River Front, kayak gue ini, gue ama temen-temen naik dari pier sekitar Wat Arun. Karena waktu itu asal beli tiket kapal, ternyata dapetnya yang express. Emang lumayan lebih mahal sih sekitar THB 50. Sebenernya ini karena salah beli yaa. Niat awal kita pengennya naik boat yang biasa yang pastinya lebih murah. Sayangnya gue lupa harga tiket boat yang biasa berapa. Tapi yaa worth it lah. Sekali-kali ngeluarin agak mahalan dikit, namanya juga liburan backpacker, pasti banyak hal di luar dugaan, haha. Nikmatin aja! Toh kapalnya juga dapet yang sesuai sama harga kok. Kapalnya lebih nyaman dari kapal yang biasa.

4.       Taksi Online
Yang satu ini udah ada di mana-mana kayanya. Sangat amat memudahkan para calon penumpang. Di Thailand juga ada Grab yaa, gengs! Jadi aplikasi Grab kalian tetep berguna kok di sana. Kalian tetep bisa pesen layanan taksi online yang gampang plus cepet. Bedanya cuman di bahasa yang dipake sama driver-nya aja. Bersyukurlah ada fitur translate alias terjemahan di aplikasi bawaannya. Walaupun translate dari Bahasa Indonesia suka banyak yang ngaco, tapi beneran kepake kalau pas di Bangkok. Soalnya mereka pake aksara Thailand kalau chat. Pastinya butuh banget kan buat nerjemahinnya. Kalau ga ada terjemahannya, wassalam udah, haha.

Gambar Screenshot Chat Sama Driver Taksi Online di Bangkok

Oh iya, masalah harga gimana? Shantuy! Buat harga, walaupun enggak ada banyak promo kayak di Endonesah tertjinta, tapi harganya masih wajar kok. Apalagi kalau kalian perginya ramean. Satu lagi enaknya Grab di Bangkok itu, mau nampung 5 orang walaupun mobil si driver-nya sedan. Gatau sih tapi kalau sekarang. Waktu gue ke Bangkok soalnya belom ada fitur pilihan buat penumpang lebih dari 4 orang. Jadi sekalipun kita berlima, kalau yang dateng sedan yaudah, tetep aja diangkut. Dengan harga yang sama pastinya yaa. Gimana ga murah. Itulah kenapa gue ama temen-temen gue lebih banyak pake Grab. Soalnya kalau diitung-itung lebih murah kalau dibag-bagi. dan transportasi lain ibaratnya kita pake buat “nyobain”, biar tau gimana rasanya, gimana cara naiknya, gimana vibes-nya, dan gimana sensasi pas naik transportasi yang enggak dan atau belom ada di Indonesia.

Gambar Sunset dari Jalan Tol di Bangkok (Diambil dari Mobil Taksi Online)

Oiya, kalau mau ngobrol sama driver taksi online atau siapapun warga lokal, jangan sampai kalian keceplosan buat ngomongin masalah keluarga Kerajaan. Selain ga bakal dijawab, itu emang ga boleh dilakuin. Terlarang gengs, ada hukumnya. Jadi, cari aja bahan obrolan lain, semisal tempat wisata, makanan atau apalah yang enak jadi bahan obrolan sama warga lokal.

5.       Tuk-tuk
Salah satu alat transportasi yang paling terkenal dan khas di Thailand, apalagi kalau bukan Tuk-tuk . Tuk-tuk ini menurut gue ibarat bajaj kalau di Jakarta. Kenapa? Berasa jalanan punya sendiri soalnya. Gokil si driver-nya! Ngeri banget di jalanan. Ga inget kayanya kalau bawa orang di belakang, haha. Pokoknya jangan kelewat buat naik tuk-tuk deh kalau lagi di Bangkok.

Video Naik Tuk-tuk

Soal harga? Asal kalian bisa tawar menawar aja sih kalau masalah harga mah. Cek dulu aja harga kalau mau naik taksi online, baru deh coba tawar harga. Kalau bisa, dapet sama, syukur-syukur lebih murah dari harga taksi online.

Gambar Tuk-tuk di Bangkok

Gue ama temen-temen waktu itu naik tuk-tuk karena iseng. Pas order taksi online ga dateng-dateng, akhirnya cancel, dan mutusin buat naik tuk-tuk. Kita naik dari daerah Pratunam ke Khao San Road. Harganya? THB 150 buat 5 orang. Bayangin aja tuk-tuk sekecil itu yang biasanya cuman bisa buat 2-3 orang kita isi 5 orang. Ada yang duduk di bawah (ga dapet kursi), ada yang mepet banget ke luar (gue). Belom lagi si abang tuk-tuknya ngebutnya ampun-ampunan di jalan. Beuh, mantap! Banyak-banyak nyebut dah tuh di jalan, haha. Seru sih tapi.

6.       Bus Bandara
Bus Bandara ini salah satu transportasi (murah) yang harus kalian tumpangi kalau kalian dari bandara mau ke downtown alias ke kota. Gue ama temen-temen waktu itu naik dari Don Mueang International Airport (DMK) yaa, bukan dari Suvarnabhumi International Airport (BKK). Dari DMK kalian bisa langsung naik bus ini. Ga jauh dari pintu keluar ada lokasi bus stop-nya. Awalnya gue ngebayangin Bus Bandaranya macem Damri atau TJ kalo di Jakarta. Ternyata jauh berbedaaaaa, haha. Kirain bakal ada loket yang jual tiket bus bandara, tapi ternyata enggak ada. Dan bener aja. Pas bus dateng, semua orang yang udah nunggu langsung nyerbu dan masuk bus. Trus bayarnya gimana? Bayarnya di dalem, gengs! Ada keneknya gitu yang narikin uang tiket, haha. Tapi jangan khawatir, harganya super murah, THB 30 aja buat perjalanan sekitar 30 menit, dari Badara DMK sampe ke stasiun BTS Mo Chit (depends on traffic yaa). Oiya, jangan lupa tanya jurusannya sesuai sama tujuan kalian yaa. Jangan sampe salah naik bus, haha. Kalau bus yang gue naikin ini, pemberhentian terakhirnya di deket stasiun BTS Mo Chit. Jadi pas turun, udah tinggal naik ke stasiun, langsung bisa naik BTS.
Bus Bandara di Bangkok itu bentuknya ga jauh beda sama bus kotanya. Bedanya kalau bus bandara ada AC. Cuman yaa tetep aja, kalian ada potensi berdiri kalau bangkunya udah pada penuh. Siap-siap aja berdiri barengan sama koper-koper atau tas-tas penumpang lain, haha. Jadi, jangan bayangin kalian bakal naik bus bandara dengan tempat duduk 2-2 semacem Damri atau TJ yaa, haha. Walaupun busnya biasa, tapi menurut gue masih oke lah dengan harga segitu.

7.       Ojek Pangkalan
Ini nih satu yang menurut gue menarik. Di Thailand, khususnya di Bangkok, juga ada ojek, loh. Bahkan ojek pangkalan. Dan menurut gue, mereka rapi banget. Motor-motor ojek pangkalan di sana biasanya berbaris rapi di pangkalannya, trus drivers-nya pada pake rompi (biasanya oranye atau ijo stabilo). Sayanya gue lupa ngefotoin, duh! Bisa kalian cari aja di Google. Pasti ada.
Sayangnya juga pas di Bangkok gue ga nyobain naik opang alias ojek pangkalan ini. Jadi yaa ga tau gimana tarif dan pengalaman naik ojek di sana. Cuman liat dari drama atau film Thailand aja, haha. Mungkin kalau pas kalian ke sana dan ada kesempatan naik opangnya, cobain aja.

8.       MRT
Transportasi yang satu ini baru ada di Indonesia tahun ini. Dan terbukti banyak banget peminatnya. Tapi mungkin di Thailand MRT agak kalah pamor darii pada BTS. Buat kalian yang butuh informasi lengkap soal stasiun, rute, sama tarifnya juga, kalian bisa langsung aja cek ke website-nya. Soalnya gue ga bisa ceritain gimana pengalaman naik MRT di Bangkok. Kebanyakan naik Grab, jadi ga kepikiran buat naik MRT. Padahal sebenernya gue lumayan lama di Bangkok, 5 hari 4 malem, haha. Dan sebenernya naik MRT itu lebih murah dari pada BTS. Tapi mungkin karena stasiunnya yang ga terlalu strategis dan pastinya ada di bawah tanah, jadi ga sepopuler BTS (mohon koreksi kalau gue salah yaa).

9.       Taksi
Ini transportasi yang gue yakin di mana-mana pasti ada. Taksi! Kalau kalian ada budget lebih, atau pas lagi buru-buru banget, ga keburu buat ke stasiun atau pesen taksi online, dan kebetulan di deket kalian ada taksi yang lagi mangkal, bisa lah pake taksi. Tapi kalo lagi ga mendesak mah mending naik transportasi lain. Buat pilihan transportasi ini juga gue gabisa jelasin lebih detail tentang harga ataupun pengalaman naik taksi di Bangkok, karena emang gue juga ga cobain naik taksi konvensionalnya. Dan gue ngerasa belom se-urgent itu sampai harus “terpaksa“ naik taksi konvensional. Kenapa? Soalnya kita udah beranggapan “mahal” duluan. Apalagi ngeliat kondisi lalu lintas di Bangkok yang lumayan padet, mikir dua kali juga kalau mau naik taksi konvensional yang pake argo. Takut kantong jebol sih sebenernya, hehe.

Nah, jadi itu tadi beberapa pilihan transportasi yang bisa jadi alternatif kalau kalian liburan di Bangkok, Thailand. Masalah mau pake atau naik yang mana, tergantung kebutuhan, kantong dan tujuan kalian. Kalau gue sih, naik BTS cuman buat “bridging” alias pengantar buat lanjut ke transportasi berikutnya, atau pas dari dan ke bandara yang emang butuh cepet dan tepat waktu. Ga terlalu sering pake moda yang satu ini, soalnya (lumayan) mahal. Jadi waktu gue di Bangkok lebih banyak pake taksi online atau bus kota yang emang jauh lebih murah, biar bisa ngurangin biaya transportasi. Kan lumayan, sisanya bisa buat jajan-jajan lucu di sevel.
Kalau kalian pilih mana aja? Selamat berlibur!

No comments:

Post a Comment