Thursday 26 December 2019

Wisata Ramah Muslim di Bangkok


Libur t’lah tiba, libur t’lah tiba, hatiku gembira!
You sing you lose! Haha, ga deng bercanda. Liburan panjang akhir tahun udah tiba, saatnya ngasih info bermanfaat buat kalian para traveler yang pengen liburan ke Bangkok di penghujung 2019 atau pergantian tahun menuju 2020. Siapa tau yaa kan dapet tiket murah tiba-tiba langsung cuss ke Bangkok. Buat kalian muslim traveler, gue ada sedikit referensi wisata ramah muslim di Bangkok, Thailand. Check this out!

Gambar Suasana di Dalam Bang Uthit Mosque

Walaupun ga masuk daftar destinasi wisata halal terbaik di dunia, tapi Thailand bisa dibilang salah satu negara tujuan wisata yang cukup ramah muslim, loh. Tren wisata halal yang mulai berkembang pesat bisa jadi ngaruh juga kali yaa. Soalnya sekarang udah lumayan banyak negara yang sadar pentingnya wisata halal buat para muslim. Ini tentunya banyak narik wisatawan muslim kayak kita. Apalagi Thailand ga jauh dari Indonesia yang mayoritas warganya adalah muslim.
Kalian jangan pesimis dulu liat persentase umat muslim di Negara Gajah Putih yang emang ga sebanyak di Indonesia. Jangan sedih, jangan khawatir, ga sesusah itu kok buat nyari tempat ibadah kayak masjid ataupun musala (biasanya juga disebut surau). Street food atau restoran yang nyediain makanan halal juga banyak di tempat-tempat wisata apalagi di mal. Cari aja yang nempel atau gantungin tulisan halal.
Yaa, meski buat nemuin masjid atau musala ga segampang kalau kalian di Indonesia, tapi masih bisa diatasin kok. Bukan yang sama sekali enggak ada. Tetep ada, tapi yaa enggak banyak, bisa diitung jari, haha. Kalian bisa pake aplikasi penunjuk arah semacem Google Maps atau Waze buat nyari lokasi masjid atau musala paling deket dari kalian. Dari aplikasi, kalian bakal ditunjukin jalannya. Syukur-syukur dapet masjid yang bisa ditempuh jalan kaki.
Nah, kalau kalian kebetulan lagi keliling di pusat kota Bangkok, atau lagi ada di kawasan sekitar Wat Arun, jangan sampe ngelewatin buat mampir ke salah satu masjid tertua di Thailand. Namanya Ton Son Mosque, atau sebut saja Masjid Ton Son. Masjid ini berlokasi di Khlong Bangkok Yai, Wat Arun, Distrik Bangkok Yai.

Gambar Plang Ton Son Mosque

Masjid Tonson ini bisa dibilang masjid paling tua yang ada di Bangkok. Gue kasih ceritanya dikit yaa. Ini juga tau gara-gara baca plang di depan masjidnya, haha. Jadi, masjid ini dibangun pada masa Kerajaan Ayutthaya (1350-1767) di zaman pemerintahan Raja Narai tahun 1688. Masjid ini dibangun sama Chao Phraya Ratchawangsanseni (Mahmud). Nah, Nama awal dari Masjid Ton Son ini adalah Kudi Yai, yaitu singkatan dari Kudi Bangkok Yai. Dulunya, masjid ini dibangun pake kayu jati. Arsitektur bangunannya mirip tempat ibadah umat Buddha. Tapi sekarang, umat muslim di Bangkok udah ngerenovasi masjid pake struktur bangunan baru. Masjid ini diubah jadi bangunan beton pas masa pemerintahan Raja Rama II tahun 1952, karena bangunan lama dinilai udah terlalu tua buat dibangun ulang. Nama Ton Son (yang sekarang dipake) berasal dari dua pohon pinus kembar (di Thailand disebut Ton Son) yang ditanam di depan pintu gerbang masjid. Di dalam masjid ini terdapat sebuah mimbar cantik yang disebut Mimbun, sejumlah kaligrafi, gambar Kakbah dan masjid di Makkah, ada juga benda-benda peninggalan dari masa pemerintahan Raja Taksin (28 Desember 1767–6 April 1782). Udah sejarah banget belom, gengs? Haha.

Gambar Tampak Luar Ton Son Mosque

Lanjut! Buat nyampe ke Masjid Ton Son, kalian cukup jalan kaki dari Wat Arun. Ikutin aja jalur yang ada di aplikasi. Ga susah kok nyarinya, masjidnya ada di pinggir jalan. Yaa walaupun sebenernya agak jauh, ga deket-deket amat jarak Wat Arun ke Masjid Ton Son, tapi kalau jalannya rame-rame sih seru yaa. Bisa sambil foto-foto juga. Kebetulan banyak tempat lumayan oke buat foto. Jalan yang dilewatin juga bersih. Oiya, di sekitar masjid ini juga ada sejumlah penjual makanan yang kayaknya halal, soalnya kan kawasan muslim. Tapi jangan kebayang banyak yaa, soalnya cuman ada beberapa pedagang doang di pinggir-pinggir jalan gitu. Itu juga kayaknya bukan makanan berat, jajan-jajan pinggir jalan alias street food gitu. Gue ga bisa mastiin soalnya ga sempet beli haha, cuman liat selewat aja.
Setelah puas jalan-jalan di salah satu situs sejarah di Bangkok, saatnya belanja! Yak, buat kalian yang hobi dan pengen belanja atau bahkan buka jastip, kalian punya banyak opsi tempat belanja. Kalian bisa ke mal-mal yang tersebar di sejumlah lokasi di Bangkok. Mal-mal gede di Bangkok, biasanya udah nyediain Prayer Room yang bisa kalian pake buat salat. Di mal kayak MBK, Platinum, Siam Paragon sama beberapa mal lain udah ada Prayer Room yang cukup memadai.
Terus kalau kalian mulai lapar abis belanja, di mal-mal tadi ada banyak stall makanan yang ada di food court, atau restoran yang ngasih label halal di menu makanan sama papan nama restorannya. Ga cuman ada seafood, tapi beberapa stall juga nyediain makanan khas Thailand kayak Tom Yum, ada juga makanan India, bahkan makanan Timur Tengah. Kurang puas sama makanan di mal? Kalian bisa ke restoran-restoran halal yang juga tersebar di Bangkok, loh. Jadi, jangan khawatir kelaparan di Bangkok yaa, gengs! Cukup siapkan budget yang cukup aja buat menuhin hasrat kulineran kalian.

Gambar Tom Yum  Noodle di Platinum Mall

Gambar Yellow Rice (rasanya kayak nasi yang direbus pake kuah kari india)

Gambar Jumbo Kebab

Kalau kalian belanja ke pasar-pasar yang terkenal di Bangkok, misalnya Pratunam Market atau Chatuchak Weekend Market pas masuk waktu salat, di lokasi-lokasi tersebut juga ada musala. Walaupun lokasinya agak susah buat ditemuin, tapi kalau pake aplikasi penunjuk arah atau nanya ke orang lokal, kalian bakal dibantu buat sampai ke musalanya. Biasanya sih musala di lokasi-lokasi kayak gini menyesuaikan jam operasional pasar.
Di Pratunam Market, misal kalian ngikutin petunjuk sesuai aplikasi penunjuk arah buat nyari musala atau masjid, kalian bakal diarahin ke sebuah restoran halal yang berlokasi di kawasan ini. Lokasinya ga jauh dari mal Platinum. Awalnya mungkin kalian bingung sama tujuan akhir petunjuknya. Tapi kalau udah nyampe titik lokasi, jangan malu buat nanya, soalnya warga lokalnya ramah-ramah. Bahkan kalau kalian mau nanya, kalian bakal dianter sampe nemuin itu musala yang lokasinya ada di lantai dua restoran makanan timur tengah gitu. Buat masuk ke musala, harus lewatin bagian dalem restoran, terus naik tangga yang ada di bagian belakang bangunan untuk ke lantai dua. Ga terlalu besar, tapi cukup buat berjamaah sekitar 10-15 laki-laki dan 4-5 perempuan di bagian belakang. Kalau mau ke musala ini kalian ga perlu makan di restoran di bawah dulu kok, tenang aja. Kayak udah jadi musala umum gitu soalnya. Walaupun ga beli apapun dari restoran ini, kalian tetap akan disambut dan dibantu dengan ramah. Nice banget lah pokonya orang-orangnya.

Video di Musala Dekat Pratunam Market

Udah selesai salat? Saatnya berburu street food. Di Pratunam, kalian bisa dapat nemuin banyak banget penjual makanan pinggir jalan alias street food. Ga banyak sih street food halalnya. Tapi beberapa penjual ngeklaim makanan yang mereka jual halal dengan ngegantungin label halal di tempat jualannya. Yaa, kayak beberapa stall makanan yang kalian temuin di dalam mal-mal gitu.
Lanjut ke kawasan Chatuchak Weekend Market yang super luas. Di sini kalian bakal nemuin dua titik lokasi musala paling deket kalau kalian nyari via aplikasi penunjuk arah. Tapi dua-duanya cuman dibuka kalau pasar akhir pekan beroperasi, yaitu Jumat-Minggu. Hari biasa musalanya ga dibuka. Mungkin karena emang operasional Chatuchak yang massive yaa cuman pas weekend itu. Hari biasa cuman ada beberapa pedagang aja, sepi banget.

Gambar Salah Satu Lokasi (Resto) yang Ditunjuk Maps sebagai Musala

Satu musala umum lokasinya ada di bagian belakang kios-kios pedagang yang super banyak. Nah, kalau musala yang satu lagi ada di sebuah kios yang ada dalam pasar, jadi wajar aja kalau bukanya cuman dari Jumat sore sampai Minggu. Gue saranin sih, kalau dateng ke Chatuchak Weekend Market, usahain sesuai jadwal operasional yang massive-nya, biar kalian bisa berburu segala jenis barang yang dicari dengan harga miring sepuasnya. Jangan lupa buat tawar-menawar sama penjualnya, yaa. Biar gereget, haha. Pastiin kalian punya skill  tawar-menawar yang bagus, yaa. Oiya, sesuaiin juga budget kalian sama kebutuhan, jangan sampai khilaf karena semuanya mau kalian beli, haha.

Gambar Clock Tower Chatuchak

Lokasi surga belanja selanjutnya adalah Asiatique The Riverfront yang terkenal sama bianglala raksasa ikoniknya yang bercahaya cantik di malam hari. Di sini ada buanyak kios ngejual berbagai jenis oleh-oleh, mulai dari makanan, suvenir bahkan perawatan tubuh atau kosmetik yang emang kebanyakan produk lokal Thailand. Harga bersaing ketat antara kios satu sama kios yang lain, jangan sampai nyesel nemu harga lebih murah di kios lain pas udah beli sesuatu. Jadi, pastiin kalau kaki kalian kuat, keliling dulu aja nyari harga paling murah. Di sini banyak kok penjual yang bisa bahasa Indonesia, lancar banget malah, jadi kalian bisa lebih gampang buat transaksi.

Gambar Salah Satu Stall Street Food di Asiatique The Riverfront

Di Asiatique The Riverfront juga ada banyak stall kuliner. Banyak juga yang jual makanan halal. Atau kalau kalian pengen makan di luar kawasan Asiatique, kalian bisa jalan ke arah jalan raya, menyeberang jalan, terus jalan lagi ke arah masjid Bang Uthit. Gue sela cerita sejarah lagi dikit yaa. Jadi, masjid ini dibangun di awal abad ke-20 oleh umat muslim Thailand. Tapi, sekitar tahun 2015 lalu, masjid ini direnovasi berkat bantuan  Turkish Cooperation and Coordination Agency (TIKA). FYI, TIKA itu lembaga yang bertanggung jawab buat nerapin kebijakan kerja sama pembangunan Turki di luar negeri.

Gambar Interior Bang Uthit Mosque

Gue kutip dari Daily Sabah, masjid ini jadi saksi kerja sama Thailand sama Turki dari masa Kerajaan Siam dan Kekaisaran Ottoman (yang udah berlangsung selama lebih dari seabad). Masjid ini memiliki bagian dalam cantik, ada kesan mewah karena aksen keemasan di ornamen-ornamennya. Bagian mimbar masjid direnovasi dengan ornamen marmer khusus yang dikirim langsung dari Turki loh, gengs! Ada juga mezanin, yang dibangun khusus sebagai ruang beribadah jemaah wanita. Asli bagus kalau liat bagian dalem masjid dari mezanin ini.

Video Suasana di Dalam Bang Uthit Mosque

Balik lagi ke perburuan makanan, jadi, makanan yang ada di luar Asiatique yang udah gue bilang sebelomnya, ada di sekitar masjid ini gengs. Di kawasan ini ada beberapa penjual makanan yang ngejual  makanan halal (walaupun ga semua halal yaa, harus tetep hati-hati milihnya). Ada juga semacam food court yang punya banyak pilihan makanan dan minuman. Mulai dari makanan dan minuman autentik Thailand, makanan Melayu, India, Timur Tengah, bahkan ada makanan Indonesia. Harganya? Jangan ditanya, sangat terjangkau alias murah meriah. Tinggal pilih sesuai selera dan budget  aja. Oiya, di lokasi ini juga ada Thai Tea yang murce alias murah dan enak! Cobain deh!

Gambar Nasi Kuning+Telur Mata Sapi (THB 30)

Buat kalian traveler muslim yang pengen jalan-jalan ke Negeri Gajah Putih, jangan ragu buat nabung. Ga perlu khawatir bakal susah nemuin makanan halal dan tempat ibadah. Banyak-banyak cari referensi buat bikin rencana perjalanan, jadi salah satu solusi biar kalian lebih gampang pas udah nyampe di negara tujuan.
Kalau udah ke negara yang punya banyak perbedaan sama Indonesia. Pastinya kalian bakal dapet banyak pengalaman dan pelajaran baru yang menarik dan pastinya ga bakal dilupain. Seru sih, beneran deh! Kalian bakal belajar soal penerimaan (acceptance) akan segala perbedaan yang ada. Toleransi akan banyaknya keberagaman dan perbedaan setidaknya bakal meningkat lah.
Mumpung libur panjang akhir tahun nih, jadi, selamat berlibur, gengs!

No comments:

Post a Comment