Saturday 28 December 2019

Mau Belanja Plus Jajan Murah di Bangkok? Ini Rekomendasinya!


Mumpung lagi holiday vibes, gue mau kasih info lumayan bermanfaat buat kalian para low budget traveler yang tetep pengen jajan-jajan lucu dan belanja kayak gue. Buat gue sih, ada kebahagiaan sama kepuasan tersendiri yaa, kalau jalan-jalan bawa uang saku ga banyak, tapi tetep bisa nyicipin makanan ini-itu dan tetep bisa beli oleh-oleh buat formalitas (ups). Yang kayak jutawan aja, padahal bawa duit pas-pasan, haha.
Nah, jadi buat kalian yang punya kebiasaan bawa uang terbatas tapi banyak mau kayak gue, gue punya beberapa rekomendasi lokasi-lokasi jajan sekaligus belanja atau beli oleh-oleh yang super affordable buat kantong low budget traveler. Penasaran? Check this out, gengs!

Gambar Menara Jam Charuchak Weekend Market

Kalau kalian pergi jalan-jalan mau di dalem maupun di luar negeri, pastinya kalian butuh yang namanya jajan, kulineran, ataupun beli oleh-oleh buat keluarga di rumah atau temen-temen kantor. Yaa, oleh-oleh mah formalitas orang Indonesia aja kalau abis jalan-jalan, kudu ada buah tangan yang dibawa buat bukti hasil jalan-jalan.
Misal kebetulan nih kalian lagi ada rencana mau ke Bangkok, Thailand backpacker-an pake budget minim, bisa banget baca rekomendasi dari gue ini. Bisa jadi sedikit banyak ada manfaatnya buat kalian. Waktu ke Bangkok, gue cuman bawa uang sekitar THB 3.000 (THB 1 = Rp 470). Itu uang saku tunai yang gue bawa buat bertahan hidup sekitar 5 hari 4 malem di Bangkok. Buat gue yang bukan shopaholic, uang segitu sih cukup banget buat bertahan hidup, jajan, makan, transportasi, masuk ke lokasi wisata (ini yang lumayan mahal), sampe beli oleh-oleh. Gimana caranya? Yaa, cari tempat-tempat belanja atau jajan yang emang murah dong pastinya.

Gambar Asiatique The Riverfront

Buat gue (selama di Bangkok), lokasi terbaik dengan harga terbaik dan barang-barang lengkap  yaa di Asiatique The Riverfront. Aselik! Ini tempat favorit gue banget, gengs! Tempatnya enak buat dieksplor, nyaman buat belanja, bersih, ada ratusan atau bahkan ribuan kios yang jual macem-macem barang. Mau makan berat? Ada! Mau jajan-jajan lucu? Banyak! Mau beli suvenir buat oleh-oleh? Pastinya ada. Mau cari perawatan tubuh khas Thailand yang emang terkenal? Ada banget! Lengkap deh pokonya mah. Udah lengkap, bisa tawar-menawar sama penjualnya lagi. Ini nih seninya, seru! Tawar sampe harga termurah pokoknya. Jiwa emak-emak apa jiwa anak kosan sih ini? Haha.
Udah gue bilang kan, kalau ada banyak banget kios di Asiatique, jadi kalian kudu sabar-sabar muterin kios-kios buat dapetin harga super murah, biar ga nyesel. Bandingin aja dulu harga paling murah yang mana, kalau udah dapet, cuss langsung shikat, jangan sampe lewat. Kalau gue punya rekomendasi buat kalian. Pas di Asiatique gue ama temen-temen gue kebetulan nemu satu kios yang emang jual suvenirnya murah, udah gitu yang jual ramah, dan yang paling penting mereka bisa Bahasa Indonesia, gengs! Beneran deh ngebantu banget ini mah buat transaksi. Gue aja sampe rela balik lagi ke Asiatique cuman buat nyari kiosnya dan belanja di situ lagi (buat kedua kalinya di hari yang beda). Pastiin kalian ngefoto lorong atau alamat kiosnya deh, soalnya banyak banget lorong yang mirip-mirip, banyak banget juga kiosnya, jadi gampang nyasar, tapi susah balik lagi buat nemuin satu kios.

Gambar Kios Kon Fai

Kiosnya namanya Kon Fai. Penjualnya kayaknya suami-istri gitu. Baik-baik banget. Bisa ditawar, terus kalau belanja agak banyak, biasanya dikasih bonus. Sebenernya sih ga perlu nawar, harga yang ditawarin di kios ini juga udah jauh lebih murah dari harga-harga “tembakan” di kios-kios lain. Gue kasih bayangan aja yaa, harga buat tas atau totebag di sini mulai dari THB 70, 1 pack dompet kecil (isi 10 pcs bonus 1 pc) THB 100, gantungan kunci 2-3 packs (per pack isi 5-6 pcs), bebas pilih, THB 100. Makanya dibela-belain balik lagi buat nyari kios ini, walaupun sampe nyasar-nyasar hampir nyerah karena lelah ga ketemu-ketemu. Dan ternyata setelah gue googling, searching, browsing, surfing (halah), si Kon Fai ini ternyata emang udah lumayan terkenal di kalangan backpacker Indonesia, loh. Nah, kalau lokasi kios Kon Fai ada di lorong ini nih:

Gambar Lokasi Lorong Kios Kon Fai

Gue saranin kalau mau beli suvenir macem tas, totebag, clutch bag, dompet receh, atau gantungan kunci, bisa dateng ke kios ini aja (kalau kalian pas ke Asiatique). Ga nyesel sih belanja di sini, makanya gue rekomendasiin ke kalian. Kalau buat para ciwi-ciwi pemburu produk perawatan tubuh atau kecantikan gitu, kalian bisa muter lagi aja, ada beberapa kios di Asiatique yang jual produk-produk itu. Ada juga macem-macem aromatherapy, wanginya enak banget (yaiyalah Jamilah! Namanya juga aromatherapy).
Oiya, di Asiatique juga ada banyak kios-kios yang jual snacks khas Negeri Gajah Putih. Ada Pocky Mangga (yang belom ada di Indonesia, ada banyak rasa lain juga sih), Tae Kae Noi (yang tentunya harganya lebih murah dari pada di Indonesia), Bento Squid, Nestea dan lain-lain. Dengan dateng ke lokasi ini aja, sebenernya kalian udah bisa sekalian belanja semuanya. Cukup di satu tempat. Simpel, efisien juga kalau kalian ga punya banyak waktu buat jalan-jalan dan muter-muter di tempat lain buat nyari oleh-oleh.
Di Asiatique juga ada banyak banget penjual makanan. Jangan khawatir kelaperan abis belanja ngelilingin Asiatique yang luas itu. Mau makan Tom Yum? Ada dong pastinya! Atau makanan lain? Jelas ada banyak! Atau cuman pengen jajan ringan ala street food Thailand? Ada! Tinggal pilih aja mau yang mana. Sesuaiin sama selera plus budget kalian. Kalau pesen Tom Yum biasanya dikasih porsi gede yang bisa buat ramean, jadi kalian bisa patungan sama temen-temen kalian kalau dateng ramean, lumayan kan, ngehemat.

Gambar Stall Makanan Asiatique The Riverfront

Gambar Si Ikonik Ferrish Wheel di Asiatique The Riverfront

Udah paket lengkap lah kalau ke Asiatique ini. Bahkan Asiatique ini punya beberapa wahana permainan yang bisa kalian coba. Satu yang paling terkenal yaa tentunya ferrish wheels raksasa, yang paling mencolok juga sih ini. Selain udah lengkap di satu tempat, alesan kenapa gue ama temen-temen gue belanjanya di Asiatique, bukan di Chatuchak adalah karena kita ke Bangkok pas weekday, jadi ga bisa ke Chatuchak Weekend Market. Sedih yaa, tapi gapapa. Bisa next time.
Walaupun ga sempet ngerasain vibes Chatuchak Weekend Market, tapi gue tetep kok “nyobain” ke Chatuchak. Iseng aja sih. Kalau kata temen gue “masa udah ke Bangkok kita ga cobain ke Chatuchak sih, sayang banget!”, gitu katanya. Padahal udah jelas-jelas kalau weekday itu sepi, yang jualan dikit, tapi kita maksain ke sana. Emang beneran sepi, cuman ada beberapa penjual taneman (karena gue kas ke sana itu hari Kamis, jadwalnya penjual taneman buka lapak-lapak mereka). Katanya sih kalau di Chatuchak Weekend Market bisa lebih murah. Katanya yaa, karena gue gatau, haha.  Tapi pas gue coba nanya ke penjual suvenir yang lagi loading barang (soalnya besok sorenya mau buka), harganya sama kayak yg di kios Kon Fai itu sih. Harga pasarannya emang segitu kayanya kalau buat ukuran murah.

Gambar Suasana Chatuchak Weekend Market Saat Weekday (Kamis)

Kalau kalian ke Bangkok pas dapet weekend alias akhir pekan, gue saranin ke Chatuchak sih. Selain biar afdol udah ke Bangkok, kalian juga bisa eksplor pasar terbesar di Bangkok dengan belasan ribu kios ini. gempor-gempor dah tuh kaki, haha. Tapi jangan khawatir, jangan gundah, pihak Chatuchak udah misahin jadi beberapa sections sesuai barang yang dijual kok. Jadi, kalian cukup datengin aja sections yang butuh kalian datengin.
Soal urusan belanja-belanjaan, ada satu tempat yang ga boleh kelewatan buat kaiian yang suka fesyen ala Thailand. Pratunam Market! Yak, pasar satu ini ga boleh ketinggalan buat dikunjungin. Yang mau belanja baju-baju lucu, baju-baju buat dijual lagi, yaa ini tempatnya. Banyak banget yang jual grosir. Harganya miring! Surga sih buat kalian yang emang shopaholic. Di sini juga ada banyak banget kios. Tinggal pilih sesuka kalian mau beli di mana. Tetep balik lagi, cari aja harga paling murah, bisa tawar-menawar kok, namanya juga pasar, bukan emol, haha. Yaa, kayak di Pasar Tanah Abang atau Thamrin City aja kalo di Pratunam Market ini. Asal pinter nawar, bisa dapet harga murah.

Gambar Pratunam Market

Ga jauh dari Pratunam Market ada The Platinum. Platinum ini bentuknya mal. Tapi bukan yang high-end sih kayanya. Yang merakyat gitu. Harganya ga bikin shock. Di Platinum ini juga ada yang jual suvenir, tapi yaa harganya agak harga mal, yang lebih mahal dari Asiatique. Dan nawarnya susah. Tapi tempat ini okelah kalau mau buat sekedar window shopping. Lima lantai bisa kalian jelajahin. Kalau laper, juga bisa melipir dulu ke food court yang ada di Platinum.

Gambar The Platinum

Udah capek muterin Pratunam Market sama The Platinum, saatnya makan! Beberapa tempat makan di The Platinum pasang logo halal. Gatau certified apa enggak sih. Tapi mereka berani klaim kalau makanan yang mereka jual itu halal. Di food court The Platinum, gue milih menu Tom Yum Noodle. Yang lain ada yang pesen yellow rice alias nasi kuning, ada yang pesen Tom Yum Pink Noodle. Yaa kalau makanan-makanan food court cem gini mah untung-untungan aja yaa. Syukur-syukur sesuai selera. Oiya, buat harga, makanan berat di food court The Platinum mulai dari THB 60 sampe ratusan. Harga Tom Yum Noodle plus minum yang gue pesen THB 85. Lumayan sih buat ukuran makanan di mal, segitu mah murah.
Gambar Suasana Food Court di The Platinum

Oleh-oleh suvenir udah banyak, belanja fesyen buat sendiri udah. Oleh-oleh makanan buat orang rumah belom kan? Kalau masih ada waktu buat keliling-keliling di Bangkok, kalian bisa juga belanja oleh-oleh snacks khas Thailand di supermarket namanya BigC. Lokasinya kayanya ada banyak sih di Bangkok. Kalau gue, berhubung lagi di kawasan Pratunam Market, yaa datengnya ke BigC yang ada di kawasan ini. Kayaknya BigC ini tuh semacem Hero, Transmart atau Hypermart kalau di Indonesia. Di sini kalian bisa puas milih snacks yang mau kalian beli. Semoga belom kehabisan snacks favorit. Snacks yang terkenal pasti paling cepet juga abisnya. Kadang kalian juga harus siap rebutan sama pembeli lain. Apalagi kalau barangnya tinggal satu tapi yang ngincer banyak. Gimana gercepnya kalian aja.
Si BigC ini biasanya ada banyak diskon. Harganya juga menurut gue lebih murah sih, yaa lumayan lah kalau buat ukuran oleh-oleh, cucok sama kantong gue. Buat beli oleh-oleh snacks Thailand di BigC, gue ngabisin uang THB 379. Itu udah termasuk cokelat-cokelat, mi instan, sama Pocky mangga satu pack. Kenapa gue ga beli Nestea kaya yang lain? Karena gue enggak terlalu suka sama Thai Tea, suka sih, tapi yaa ga buat minuman harian gitu, cukup sekali-kali aja. Kalau kalian mau beli, harganya sekitar THB 100 buat satu pack isi 7 (kalau ga salah). Oiya, snacks yang gue beli sengaja semuanya yang udah ada logo halal Thailand-nya. Biar ga ragu aja sih sebenernya kalau mau ngasih ke orang. Jadi ga ngerasa berdosa, haha.

Gambar Oleh-oleh yang Dibeli dari BigC (punya 5 orang yaa)

Gambar Oleh-oleh yang Gue Beli dari BigC

Kelar belanja oleh-oleh tapi belom capek dan masih pengen liat “duia malam” di Bangkok? Masih bisa mampir ke Khao San Road dulu. Biarpun sambil bawa-bawa plastik belanjaan, tapi gapapa deh, biar keliatan turis abis belanja, haha. Cuek aja di negara orang mah, enggak ada yang kenal ini (prinsip gue). Di Khao San Road, kalian bisa jajan street food-nya Thailand. Sepanjang jalan dari ujung ke ujung ada penjual Pad Thai, Coconut Ice Cream, Som Tam (semacem rujak atau asinan Thailand), Spring Roll (gorengan kayak risol kalau di Indonesia), Bebakaran macem seafood ama sejenis sosis-sosis gitu, bahkan sampe yang ekstrem yaa serangga sama kalajengking yang terkenal itu (sayangya ga gue foto, karena kalau foto harus bayar, haha). Tiap penjual punya patokan harga masing-masing. Buat Pad Thai harganya mulai dari THB 50, tergantung beli di penjual yang mana, ada yang jual lebih mahal juga. Harga ini sama kayak harga Coconut Ice Cream. Buat Spring Roll, kalian bisa beli seharga THB 25 udah dapet 3 Spring Roll plus saosnya. Hmmmm, yummy!
Harga makanan yang dijual di sepanjang jalan Khao San ini masih bisa dibilang murah lah kalau ngeliat lokasinya yang emang rame banget sama wisatawan. Bahkan kebanyakan bule. Kalau lagi ga pengen street food, ada fast food juga di Khao San Road. Kalau mau iseng nyobain resto-restonya juga banyak. Atau penasaran sama barnya? Boleh mampir dulu, haha.

Gambar Street Food di Sepanjang Jalan Khao San

Nah itu tadi beberapa rekomendasi lokasi-lokasi belanja yang menurut gue masih masuk akal di kantong gue. Dan masih bisa kejangkau juga sama budget gue yang ngepas itu. Semoga bisa bermanfaat jadi referensi kalian juga pas lagi jalan-jalan ke Bangkok.
Buat postingan selanjutnya gue bakal kasih rincian budget gue ke Bangkok, Thailand. Mulai dari persiapan paspor (buat yang belom punya), tiket PP, bagasi tambahan, akomodasi, transportasi dan makan selama di sana, biaya masuk tempat wisata, sampe ke oleh-oleh. Kira-kira gue abis berapa duit? Tungguin postingan gue berikutnya yaa.
See yaa! Selamat berlibur, gengs!

No comments:

Post a Comment