Monday 30 December 2019

Modal Rp 3,5 Juta ke Bangkok 5D4N, Cukup? Ini Rinciannya!

Masih dalam suasana libur Natal dan tahun baru alias Nataru, mari kita eksekusi janji yang sudah terucap (tertulis kali ah) di postingan sebelomnya. Jadi, kali ini gue bakal kasih rincian biaya gue jalan-jalan ke Bangkok, Thailand selama 5 hari 4 malem (5D4N). Butuh biaya berapa sih kira? Langsung aja, gengs! Check this out!

Gambar Tulisan Welcome to Thailand di Bandara Don Mueang (DMK)

Kalau kalian pergi jalan-jalan mau di dalem maupun di luar negeri, pastinya kalian butuh yang namanya biaya perjalanan yang tentunya, dibayar pake duit rupiah (yaiyalah, Bambank!). Ini nih yang biasanya jadi momok sebelom liburan. Kepikiran banyaknya biaya yang bakal dikeluarin buat liburan. Apalagi kalau liburannya ke luar negeri. Pasti udah mikir mahal, bakal abis duit berjuta-juta. Tapi tenang, gue punya tips liburan hemat ala gue buat kalian para low budget traveler.

Gambar Recehan THB

Kalian yang mau datengin tempat, terutama negara baru, pasti bakal ngadepin tantangan baru, entah itu seru atau malah jadi terharu (halah). Yaa, walaupun begitu, sebenernya Thailand adalah negara yang cukup ramah dengan segala keunikannya. Mulai dari bahasa, budaya, bahkan sampai makanannya. Jadi, apa aja sih yang kudu disiapin buat liburan, terutama buat ke luar negeri? Buat kalian yang pertama kali ke luar negeri, semoga ini juga bermanfaat yaa!

     1.   Paspor

Gambar Paspor

Pertama, sebelom ke luar negeri, pastiin kalian punya paspor yaa, gengs! Kalau belum punya, kalian bisa bikin dulu. Daftar dulu aja di aplikasi atau via website imigrasi, tentuin tanggal pembuatan, dateng sesuai jadwal dan lokasi yang udah kalian pilih, isi data, foto, bayar, tinggal ambil deh kalau udah jadi. Biasanya buat bikin paspor, kalian bakal kena biaya sekitar Rp 350 ribu per orang khusus paspor biasa, dan Rp 650 ribu buat e-passport. Paspor ini nantinya berlaku lima tahun, terhitung dari tanggal keluarnya paspor. Tapi perlu diinget yaa, buat kalian yang udah punya paspor, jangan lupa cek tanggal kadaluwarsa dari paspornya. Paspor bisa dipake maksimal 6 bulan sebelom masa berlaku habis. Jadi, jangan sampe masa berlaku paspor ngehambat kalian pas mau liburan. Jangan sampe pokoknya! Nyesel ntar! Buat kalian yang pengen tau penggantian paspor yang cepet plus gampang, bisa cek di sini.

     2.   Tiket Pesawat

Gambar Boarding Pass

Lanjut! Kalau urusan paspor udah, sekarang tinggal nyari tiket pesawat pulang-pergi alias PP. Kalian jangan dulu kebayang mahalnya tiket pesawat tujuan Bangkok. Banyak kok maskapai yang nawarin promo-promo penerbangan murah, ditambah sekarang ada banyak pilihan situs atau aplikasi yang bisa ngebantu kalian buat nemuin harga termurah. Jangan lupa buat sering-sering cek promo-promo yang ditawarin, biar harga yang didapetin bisa diminimalisir lagi. Ini penting banget sih. Soalnya emang lumayan banget loh kalau kalian pake promo tiket pesawat. Bisa banget ngurangin budget banget.
Kebetulan pas gue ke Bangkok tahun lalu, dapet tiket PP sekitar Rp 1,3 juta dari AirAsia. Harga ini didapet pas AirAsia lagi ada promo. Tapi harga ini sebenernya emang mendekati harga normal sih, bukan yang promo drastis banget ngurangin harga. Tapi yaa udah lumayan sih harga segitu. Masih harga batas bawah lah itungannya.
FYI, Tiket pesawat kalau lagi promo yaa gitu, Jakarta-Bangkok PP (CGK-DMK-CGK) bisa didapet seharga yang kayak gue dapet (sekitar Rp 1,3 Juta-Rp 1,5 Juta). Bahkan kalau lagi beruntung ada promo lebih, kalian bisa bisa dapet yang lebih murah lagi harganya. Bisa jadi Rp 1,1 juta. Udah PP, bagasi 10 Kg, bahkan pake transit ke Malaysia segala. Murah ga tuh? Selamat berburu tiket promo, yaa!

     3.   Akomodasi

Gambar Pemesanan Penginapan via Airbnb yang Super Murah

Gue ama temen-temen, karena ga pake jasa open trip atau jasa agen perjalanan, jadi urusan transportasi sama akomodasi kudu diurus sendiri. Buat yang satu ini jangan lupa, ajak temen-temen kalian buat liburan bareng, biar semua keperluan plus biaya akomodasi bisa ditanggung sama-sama, jadi bisa lebih murah.
Sama halnya kayak nyari tiket pesawat, keperluan akomodasi alias penginapan, sekarang juga udah banyak banget situs sama aplikasi yang bisa bantu kalian buat nemuin penginapan sesuai kriteria. Banyak juga yang nawarin harga-harga murah buat macem-macem pilihan penginapan. Tinggal gimana kalian nentuin yang sesuai aja. Ada banyak tipe, mulai dari dormitory, tipe apartemen, sampe hotel berbintang, bisa kalian cari di aplikasi. Soal harga bisa banget disesuaiin sama budget.
Maksimalin penggunaan promo situs-situs penyedia akomodasi, ambil harga termurah, bandingin aja dari beberapa aplikasi. Jangan lupa diskusiin juga sama temen-temen kalian. Pertimbangin kenyamanan, jarak ke tempat wisata, sama kemudahan akses transportasi di sekitar lokasi penginapan.
Buat tipe dormitory, harga yang ditawarin biasanya mulai dari di bawah Rp 100 ribu per malamnya. Ini gue saranin buat kalian yang solo traveler. Lumayan murah, tapi jangan asal murah yaa. Liat juga review-nya. Cari yang kira-kira murah, nyaman dan review-nya bagus. Soalnya biasanya review orang itu jujur. Cari juga yang lokasinya strategis.
Kalau kalian ramean kayak gue, bawa “pasukan”, kalian bisa milih buat nyewa apartemen atau rumah, biar lebih leluasa. Harga sewanya juga bisa ditanggung barengan sama “pasukan” kalian, biar lebih murah dan ngehemat biaya akomodasi. Sebisa mungkin tentuin tempat penginapan dari jauh-jauh hari, biar ga panik kalau ternyata kehabisan penginapan strategis, ketika udah deket hari H keberangkatan. Kalau tiket pesawat udah di tangan, usahain juga langsung cari penginapan.
Dari pengalaman sih, penginapan buat 5 anggota “pasukan”, gue ama temen-temen gue dapet harga sekitar Rp 1 jutaan buat nginep selama 5 hari 4 malem. Harga yang super murah kalau dibagi sama “pasukan” traveling kalian. Per orang cukup bayar sekitar Rp 200 ribuan aja. Harga murah bukan berarti fasilitas minimal yaa, penginapan gue tetep nyediain fasilitas kayak penginapan pada umumnya, ada dua kamar pake AC, free Wi-Fi, kamar mandi pake air panas, snacks, bahkan disediain termos listrik buat memasak air.
Harga penginapan tadi gue dapet dari Airbnb. Kenapa bisa murah banget? Iyaa dong, soalnya kita manfaatin banget semua promo yang ada. Kalau gue kebetulan juga pake referral code temen gue. Jadi gue bisa dapet potongan sampe sekitar Rp 450 ribu-Rp 460 ribu-an buat sekali nginep. Murah banget kan jadinya? Jangan ragu yaa kalau kalian juga mau dapet referral code dari gue. Don’t hesitate to contact me, gengs! I’ll give you my referral code, so you can use it to reduce the prices.

     4.   Uang saku


Gambar Uang Kertas Thailand Baht

Paspor udah, tiket pesawat udah, dan akomodasi juga udah booked, saatnya mulai nentuin mau bawa uang saku (cash) berapa banyak. Inget yaa, buat liburan ke luar negeri, kalian kudu nukerin rupiah ke mata uang negara tujuan. Kalau mau ke Thailand, rupiah kalian harus dituker dulu ke Thailand Baht (THB). Perhatiin kurs jual-beli pas mau nuker rupiah. Pastiin kalian nuker pas kurs beli Baht rendah (rupiah menguat), biar ga rugi, haha. Tuker secukupnya yaa, kira-kira aja jumlahnya cukup buat keperluan selama di negara tujuan, misalnya buat makan, transportasi selama di sana, biaya masuk ke lokasi wisata sampe buat beli oleh-oleh. Buat yang kayak gini-gini, bikin rencana dan alokasiin dana pake referensi di internet. Ada banyak banget referensi yang bisa kalian baca dulu, biar tau dan bisa kira-kira soal harga-harga dari keperluan yang gue sebutin tadi. Ini bisa bantu kalian buat nentuin jumlah uang saku yang akan kalian bawa.
Sesuai pengalaman gue sih, uang saku THB 2.500-THB 3.000 (Rp 1,2 juta-Rp 1,5 juta) cukup buat keperluan selama 5 hari 4 malem di Bangkok. Kalau jumlah ini kurang, pastiin kalian punya kartu kredit atau debit yang bisa dipake di luar negeri. Tapi inget yaa, ini dipake buat cadangan, biar budget jalan-jalan hemat tetep kekontrol.

     5.   Makan

Gambar Subway Thailand

Buat kalian traveler muslim kayak gue, mungkin khawatir sama hal yang satu ini. Emang sih di Thailand, muslim itu minoritas, tapi ini bukan berarti kalian bakal sesusah itu nyari makanan halal. Di beberapa supermarket dan minimarketnya, kalian tetep bisa nemuin makanan ringan atau makanan instan yang ada logo halal Thailand-nya. Ga harus ngeluarin budget lebih kok buat beli yang halal, beberapa makanan halal juga ada yang harganya sama kayak yang ga berlabel halal.
Di food court di pusat perbelanjaan atau di tempat wisata juga ada beberapa stall yang nempel logo halal (walaupun belum tentu certified yaa). Harganya? Masih terjangkau kok. Di food court di sekitar Pratunam atau Asiatique misalnya, harga makanan halal yang ditawarin mulai dari THB 30 (THB 1=Rp 470). Kalau urusan rasa, masih bisa diterima lidah orang Indonesia lah. Kan beberapa makanan khas Thailand kayak Tom Yum, Pad Thai, Kari Hijau, Som Tam dan lainnya udah cukup populer di Indonesia.

     6.   Transportasi Selama di Bangkok

Gambar Jalanan di Bangkok

Walaupun minim budget, kalian tetep bisa wisata keliling Bangkok. Buat keliling-keliling, ada beberapa pilihan transportasi, mulai dari BTS, MRT, taksi, tuk-tuk, bus kota, taksi konvensional, taksi online, bahkan sampe ojek. Pilih aja sesuai kebutuhan dan lokasi yang mau kalian datengin.
Buat BTS, harga tujuan setiap stasiun bisa jadi berbeda, tergantung jarak. Jarak terjauh harganya THB 59 buat sekali jalan. Agak mahal emang, makanya jangan keseringan naik BTS, takut kantong jebol. Pake BTS sesuai kebutuhan aja.
Biar bisa nikmatin Bangkok kayak penduduk lokal, cobain naik bus kota. Tarif bus kota di Bangkok murah banget (mulai dari THB 6,5 buat sekali jalan). Tapi gue saranin jangan naik bus kota kalau lagi jam sibuk. Kenapa? Soalnya bakal ngehambat mobilitas kalian. Kayak Jakarta aja, Bangkok juga macet banget kalau pas jam sibuk.
Selain transportasi darat, kalian juga bakal nemuin transportasi air di Bangkok jadi salah satu moda transportasi pokok di Bangkok. Transportasi ini dipake buat menyeberangi Chaophraya River. Beberapa lokasi wisata bisa kalian tempuh pake transportasi air ini, termasuk lokasi-lokasi ikonik Bangkok. Tiket transportasi air harganya mulai dari THB 4, murah yaa? Tapi di sejumlah titik penyeberangan juga tersedia tiket boat yang lebih mahal buat tujuan-tujuan tertentu. Jadi, tetap sesuaikan pilihan transportasi sama kantong plus tujuan kalian yaa.

     7.   Tempat Wisata

Gambar Temples Wat Pho

Selama di Bangkok, kalian bisa jalan-jalan dan mampir ke sejumlah tempat wisata yang emang terkenal dan ikonik. Kalian bisa ke Grand Palace (THB 500, dapet dua bagian tiket, satu tiket berlaku di hari yang sama, satu lagi berlaku selama 7 hari sejak pembelian), Wat Pho (THB 100) dan Wat Arun (THB 50) di hari yang sama. Ketiganya ada di kawasan yang deket-deketan. Jadi, jangan sampe kelewat salah satunya, biar ga nyesel. Di tiga lokasi ini kalian harus ngeluarin biaya tiket THB 650 (total).
Nah, kalau kalian pengen ke museum yang berbeda dari biasanya, kalian bisa ke Erawan Museum (tiket masuk seharga THB 300 dibeli via online). Museum ini lokasinya ada di Bang Mueang Mai, Mueang Samut Prakan District. Walaupun lokasinya ada di pinggiran Kota Bangkok, tapi museum ini ga kalah menawan sama lokasi-lokasi wisata yang ada di downtown Bangkok. Baca aja di tulisan gue sebelomnya di sini. Udah gue tulis lengkap tentang Erawan Museum.
Pengen liat night life-nya Bangkok? Kalian bisa ke Khao San Road. Ada banyak banget bar, restoran, street food sama barang-barang non-makanan. Buat ke sini ga perlu biaya, alias gretong, alias gratis. Cukup siapin biaya transportasi aja. Mau ke lokasi gratis lainnya? Kalian bisa ke Asiatique The Riverfront. Di Asiatique, kalian dapat berburu oleh-oleh sekalian cari makan malam di food court yang ada.
Kalian shopaholic? Pengen belanja baju? Ke Pratunam Market aja. Di sini bisa jadi surganya kalian wahai para shopaholic. Kalau mau lanjut kulineran juga bisa ke Pratunam Night Market, China Town sama Chatuchak Weekend Market. Di Chatuchak, kalian juga bisa belanja sepuasnya. Harganya? Yaa beli aja makanan atau barang yang sesuai sama kantong kalian. Jangan sampai kalap yaa!

     8.   Oleh-oleh

Gambar Oleh-oleh dari Bangkok

Ngomong-ngomong jalan-jalan, ga afdol rasanya kalau ga ngomongin soal oleh-olehnya. Lokasi-lokasi yang udah gue sempet sebut di atas bisa banget jadi referensi kalian buat berburu oleh-oleh. Banyak suvenir yang bisa dijadiin oleh-oleh. Yang paling mainstream adalah gantungan kunci. Ga afdol yaa kayanya kalau ga beli gantungan kuci buat oleh-oleh.
Tidak perlu beli yang mahal-mahal. Beberapa kios oleh-oleh bisa ditawar kok. Harga buat dompet kecil atau gantungan kunci berisi 5-10 buah biasanya dihargai THB 100, beberapa penjual bahkan nambahin bonus kalau kalian belinya banyakan. Lumayan banget kan. Jiwa-jiwa anak kos banget, gamau rugi, haha.
Oleh-oleh makanan ringan dari Thailand, macem cokelat, makanan instan, sampe Thai Tea yang sudah populer banget di Indonesia, emang tidak boleh ketinggalan. Banyak banget pilihan merek, ukuran, sampe harganya juga variatif. Biasanya per pack, makanan-makanan ringan atau instan dijual mulai dari THB 30.

Itu tadi kira-kira yang perlu kalian siapin kalau mau ke luar negeri. Jangan sampai ada yang kelewat. Yang paling penting rencanain dulu mateng-mateng trip kalian. Apalagi buat firtst timer kayak gue waktu ke Bangkok ini. Kudu banget segala riset tentang transportasi yang ada, biar pas di sana udah ga bingung. Apalagi kalau kalian mau solo traveling. Harus banget tuh banyak riset biar ga pusing pas udah nyampe sana. Soalnya komunikasi sama orang lokal juga agak susah, jadi emang kudu banyak persiapan banget buat antisipasi.
Thailand ini emang jadi salah satu destinasi yang udah cukup populer buat para pelancong. Unik dan kentalnya budaya yang melekat jadi salah satu daya tariknya. Banyak banget festival adat budaya yang diadain secara besar-besaran dalam setahun. Nyari referensi di internet bisa jadi salah satu solusi buat dapet informasi tentang festival apa aja yang ada di sana. Biar kalau kalian ke sana dapet “bonus” nonton salah satu festival yang berlangsung di Thailand. Misalnya di bulan April, biasanya ada festival Songkran, yang merupakan tradisi perayaan tahun baru di Thailand. Biasanya digelar sekitar pertengahan bulan April.pas perayaan ini, warga lokal biasanya “perang air”. Songkran dirayakan dengan saling melempar air, bisa pistol air atau manual pake ember yang penuh air. Perayaan “perang air” ini biasanya berlangsung dari pagi sampe malam. Siap-siap basah yaa kalau kalian ke Bangkok pas Songkran.

Gambar Festival Loi Krathong di Asiatique The Riverfront

Gambar Sesajen yang Dilarung di Chao Phraya River

Kalau gue waktu itu, kebetulan banget pas hari ke empat di Bangkok, ternyata ada festival Loi Krathong. Apa itu Loi Krathong? Kalau di Indonesia mungkin semacem larung saji gitu. Jadi, orang-orang pada bikin sesaji di keranjang kecil yang udah dihias. Abis itu sesajennya dikasih lilin atau cahaya lain, sambil berdoa, sesaji dilarung ke sungai. Jadinya cantik gitu, ada banyak cahaya yang ngambang di Chao Phraya River. Festival ini biasanya berlangsung pas bulan purnama di bulan ke-12 penanggalan tradisional Thailand. Kalau di penanggalan Masehi, biasanya jatuh di sekitar bulan November.
Sesuai janji, ini ada perkiraan rincian biaya perjalanan gue kemarin. Kalau mau rincian lengkapnya plus itinerary-nya, don’t hesitate to contact me and ask me to send them for you.

No.
Keperluan
Biaya
1.
Paspor
Rp 350 ribu
2.
Tiket Pesawat (PP)
Rp 1,3 juta
3.
Hotel (5 hari 4 malem)
Rp 250 ribu
4.
Masuk Lokasi Wisata
Rp 500 ribu
5.
Transportasi
Rp 250 ribu
6.
Makan dan Jajan
Rp 450 ribu
7.
Oleh-oleh
Rp 300 ribu
8.
Transport dari dan ke Bandara Soetta
Rp 100 ribu
TOTAL
Rp 3,5 juta
So, selamat mempersiapkan liburan, gengs! Semoga ga cuman sekedar wacana, yaa! Next, mungkin gue bakal kasih tau kalian gimana proses bikin atau perpanjangan paspor yang ga pake ribet. Tunggu yaa! See you!

No comments:

Post a Comment