Tuesday 13 February 2018

First Trip to Kepulauan Seribu alias Thousand Island (Part 3: Day 2)

Next! Masuk ke bagian 3 dari blog series kali ini. Hari kedua trip di Kepulauan Seribu. Gimana kira-kira? Sesingkat jadwal di hari pertama kah? Atau malah lebih singkat? Hmmmm. Kita liat sajah.
Di posting-an sebelomnya (part 1), gue udah ngasih jadwal trip dari berangkat sampek pulang. Nah di hari kedua, jadwal paling pagi adalah? Sunrise! Yess! Ekspektasi gue, kita bakal berlayar ke tengah laut atau ke pulau mana gitu buat hunting sunrise, ternyata? Gue salaaaah! Ekspektasi gue kali ini ketinggian cuy! Temen gue bilang:
“Kalo sunrise mah cuman liat dari depan penginepan aja buat yang mau, kalo ga, yaudah lanjut tidur aja.”
Anjay! Cewa adek, bang!
Udah terlanjur bangun pagi pula gue kan. Subuh-subuh udah melek gue, gabisa merem lagi. Yaudah sok-sok buka pintu, keluar, terus liat langit, ternyata mendung! OK, fine! Huft banget ga sih? Mungkin seharusnya dari depan penginepan keliatan kali yaa sunrise-nya. Cuman kemaren pas banget lagi medung, awan semua yang keliatan. Saking kecewanya, sampek gue lupa buat fotoin keadaan mendungya Minggu pagi itu. Yaudah, dengan berat hati, gue masuk lagi, tutup pintu, masuk kamar, terus coba buat tidur lagi, karna yang lain juga banyak yang belom pada bangun. Baru pada bangun sekitar jam 06.00. Dan ga lama si menu sarapan dateng. Kali ini menu makanannya adalaaaah, nasi goreng baso! Plus telor ceplok dan kerupuk. Teh angetnya ga ketinggalan. Kirain bakal dapet nasi kuning atau nasi uduk, haha. Susah kali yaa nyarinya kalo menunya itu. Nikmat bat pagi-pagi makan nasi goreng pake telor ceplok ama kerupuk, berasa lagi di rumah, dimasakin mamake, haha.
Btw, itu belom juga mandi, udah pada makan aja, laper bos? Haha. Yaudah lah yaa, gue juga ga pake mandi, cuman cuci muka ama sikat gigi doang. Abis makan beberapa ada yang langsung mandi. Padahal masih ada jadwal hopping island. Kalo gue sih milih mandinya nanti abis balik dari hopping island. Biar ga nunggu kelamaan juga, tar antrenya jadi banyak. Mending yang lain dulu aja yang mandi, gue nanti aja pas mau balik, haha. Ngeles ae gue dah kalo disuruh mandi.
Di trip kali ini ada satu lagi kesalahan gue, yaituuuuu bawa celana ganti cuman satu, dan udah dipake snorkeling kemarennya, satu lagi celana pendek buat bobok, sama celana jeans yang rencananya emang dipake buat berangkat sama pulang. Dua celana itu udah ga bakal bisa gue pake. Yakali pake celana pendek, haha. Kalo celana jeans-nya gue pake, lebih gawat lagi, baliknya urang kudu kumaha? Amsyong ga tuh! Untung aja sempet ngejemur celana yang dipake buat snorkeling. Jadi udah ga basah-basah banget. Jadilah celananya gue pake lagi. Lagian katanya mau mantai juga, sekalian aja bisa dipake buat nyebur-nyebur cantik dan berbasah-basah ria di pinggir pantai.
Nge-trip ke pantai atau yang berhubungan sama basah-basahan, enaknya adalah, gue gaperlu sok-sok dandan, biar cakep di foto. Sabodo teuing! Sebelom berangkat cuman pake sunscreen sama sunblock, itu juga minta, haha. Biasanya kalo ke emol atau jalan kemana kan gue ribet make ini itu, sama satu yang ga boleh kelewat, eyeliner! Haha. Tapi kemaren udah bodo amat dah, udah buru-buru pengen mantai.
Pas udah mau jalan, trus tiba-tiba ada yang inget, kalo jatah kita buat gratisan banana boat-nya belom jadi. Akhirnya temen gue nanyain ke agennya. Agennya minta maaf. Kita juga lupa konfirmasi pas kemaren dateng. Lagian si banana boat ga masuk jadwal, kan kita jadi bingung sebenernya bisa dilakuin pas hari pertama apa hari kedua. Agennya nawarin pilihan, karna waktu di hari kedua cuman dikit. Mentok jam 10.00 kita udah harus balik ke Pulau Harapan lagi buat siap-siap, karna kapal dari Pulau Harapan jadwalnya berangkat jam 12.00. Mereka nawarin, hari kedua mau banana boat atau hopping island? Karna ga mungkin dua-duanya bisa dilakuin semua di hari kedua. Kalo gue sih ngikut gimana yang lain aja. Kalo banyak yang milih banana boat, yaa gue ngikut, kalo banyakan yang mau hopping island yaa gue ngikut. Ternyata, karna banyakan yang gamau banana boat, kita milih buat hopping island yang jelas mau semua, haha.
Berangkat dari penginepan aja udah jam 08.10. Ternyata udah siang yaa. Gue baru sadar pas lagi nulis blog ini loh. Kirain kemaren pas berangkat masih jam 07.15an. Padahal seharusnya kita nyampe Pulau Harapan lagi sekitar jam 10.00an. Pendek banget yak waktunya, huft. Jadilah kita cuman ke satu pulau aja, padahal di jadwal ada dua pulau. Kecewa sih, jadi ga banyak tujuannya. Tapi emang biasanya, jadwal suka gitu. Bakal banyak yang kepotong kalo liburan ginian mah. Gatau dari kitanya yang kebanyakan molor apa dari agennya. Tapi hampir tiap kali liburan ramean, pasti begini sih, waktu di Jogja juga gitu, malah jauh lebih parah karna kita gapake agen, jadi gada yang ngontrol, udah suka-suka aja. Hasilnya? Destinasi jadi ga banyak, waktu banyak kebuang buat yang ga penting (red: tidur). Makanya kalo ngetrip buat banyakan mending pake agen, biar tetep ada yang ngontrol jadwal. Kecuali kalo anak-anaknya pada gampang diatur (Lah? Malah curhat).
Yak balik lagi ke topik utama. Akhirnya kita berangkat ke pulau yang katanya ga terlalu jauh dari Pulau Harapan. Biar ga makan waktu di jalan. Namanya Pulau Perak. Kirain karna ngambilnya yang penting deket pulau dan pantainya bakal biasa aja. Ternyata, keren juga cuuuuuy! Ga percaya? Nih buktinya:



Foto di Pinggir Pantai Pulau Perak

Video di Pantai Pasir Putih Pulau Perak 1

Video di Pantai Pasir Putih Pulau Perak 2
Bagus yak? Gradasi air lautnya juga bikin jatuh cinta ga sih? Suara ombaknya itu loh, syahdu. Video-video di atas adalah file seadanya yang sempet gue ambil di Pulau Perak, makanya goyang-goyang ga jelas, aslinya mah iseng ngambilnya. apalagi yang bawah, sebenernya cuman nyobain pake action cam buat masuk ke air, jadilah hasil videonya amatiran gajelas gitu.
Di pantai pulau ini juga banyak ubur-uburnya ternyata. Kadang nyangkut di pasir pantai. Emang ga keliatan kalo ga jeli liatnya. Soalnya bening gitu ubur-uburnya. Ih gemash! Kenyel-kenyel kayak jelly, yee namanya juga jelly fish, haha. Awalnya takut buat megang karna takut nyengat, ternyata kaga, ubur-uburnya baik. Cuman ternyata doi ngeluarin lendir, yang baunyaaaa, amis pisaaaaan. Nempel banget pulak baunya di tangan.

Foto Ubur-ubur di Pulau Perak
Ga cuman ada pantai ,pasir putih, kerang, karang sama ubur-ubur lucu, di Pulau Perak ini ternyata pengelola di sini juga nyediain beberapa ayunan di pinggir pantai. Bisa buat foto ala-ala gitu. Berayun  di pinggir pantai, ashsedap! Cem gini nih, kelamaan di kota, ga pernah liat laut, sekalinya ketemu laut ama pantai begini nih. Terlalu takjub. Maapin ekspresi muka gue yee.

Foto Berayun di Pinggir Pantai Pulau Perak
Karena dari kemaren kita serombongan (halah rombongan) belom ada foto bareng barang sekali aja, akhirnya mumpung inget, jadilah kita foto ala orang private trip. Foto di pinggir pantai pasir putih dengan background gradasi air laut yang syantik warbiyasak!

Foto Grup Private Trip Pulau Harapan 1

Foto Grup Private Trip Pulau Harapan 2
Yang foto pertama agak ga bagus yaa? Maklum, pake kamera depan, jadi begitu dah hasilnya, abisnya gatau mau minta tolong fotoin siapa. Jadi lah kita pake monopod (tongsis) yang ditancepin ke pasir, dan foto pake hape, trus di-timer, sedih sih, haha. Foto kedua bagus karena difotoin sama adek-adek gemas yang ikut di rombongan trip kita, makasih dekadek.
Karna waktu yang sangat amat mepet, waktu mantai di Pulau Perak jadi cuman bentar, jadi stok foto gue cuman dikit dah di pulau ini. Bahkan gue ga sempet basah-basahan, cuman basah dikit doang, gue juga sampe lupa ga fotoin penampakan Pulau Peraknya, ampun dah! Cuman kesisa foto sama video di bawah ini:

Foto Ikan-ikan Kecil di Tepi Pantai Pulau Perak

Video Menjauh dari Pulau Perak
Sebening itu air di pinggiran pantainya, sampek keliatan ikan-ikan kecil kayak di akuarium. Video di atas ga sengaja gue ambil ga lama dari kita ninggalin Pulau Perak buat balik lagi ke Pulau Harapan. 
Abis nyampe di Pulau Harapan gue langsung pulang ke penginepan, bodo amat dah, yang lain pada sempet jajan dulu, gue mah nitip aja. Abisnya gue kan belom mandi, belom ngepak barang lagi. Akhirnya gue balik duluan dibanding yang lain. Nyampe penginepan langsung mandi, ganti baju dan sempetin dandan. Belom beres dandan gue, masih baru setengah jadi, udah disuruh buru-buru. Katanya kapalnya udah mau berangkat, ebusetdah! Cemang-cemong masih pan muka gue, dandan belon beres. Barang masuk tas udah sembarangan. Kaga ngecek lagi dah tuh ada yang ketinggalan apa kaga. Pokonya yang di depan mata masuk tas dulu aja semua. Bawaan gue jadi nambah berat, jadi gue pindahin ke goodie bag baju-baju basah gue.
Setengah lari tuh jalan dari penginepan ke dermaganya. Takut ditinggal kapal. Padahal mah yaa, pas kita udah masuk kapal masih nunggu lagi juga, masih sempet buat jajan cilok atau makan baso dulu kali tuh, sempet juga beresin dandanan gue yang masih blepotan. Sayangnya udah mager, jadi yaudah weh duduk doang, jajan cuman jadi angan semata, tapi dandan tetep diterusin, haha.
Pas kapal udah jalan cobain tidur kok susah yaa? Apa gegara posisi duduk gue ga enak? Yaa secara gue duduk di depan pintu, angin masuk semua dah tuh. Jadi sepanjang jalan cuman mainan hape, padahal sinyal juga susah. Apalagi provider yang gue pake dua-duanya bapuk. Jadi yaa pencitraan aja gue main hape mah, cuman scroll-scroll ga jelas, buka-tutup aplikasi (sedih amat sik). Daripada matek gaya, ye kan?
Pas lagi main hape, tetiba inget, kenapa gue ga pake parka yang gue pake pas berangkat ya? Kan mayan, biar di depan pintu seenggaknya masih pake jaket. Terus gue baru inget, kalo parkanya masih nyantol di belakang pintu kamar yang gue pake di penginepan di Pulau Harapan! Eyak! Tertinggallah si parka itu di gantungan balik pintu kamar. Oke ship! Zonk kedua yaa ini setelah ga bawa action cam pas snorkeling. Parka kesayangan gue padahal (iyalah, orang cuman punya parka satu doang). Yasudah, relakan, mau gimana lagi. Nanti diganti yang lebih bagus kok kalo ikhlas mah, aamiin. Ga cuman parka yang ketinggalan, sendal gue yang udah gue pake bertahun-tahun dari jaman kuliah, akhirnya jebol pas dibawa nge-trip ke Pulau Harapan ini. Yaampun, kesian banget sih sendal gue keknya udah lelah gitu sampek mangap-mangap.

Foto Sandal yang Lelah
Perjalanan baliknya ga terlalu banyak cerita kayak pas berangkatnya yang penuh drama. Alhamdulillah balik dari Pulau Harapan penyeberangan lancar, aman, dan selamat sampek berlabuh lagi di Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara. Sekitar jam 16.00 kita berlabuh di pelabuhan. Alhamdulillah. Nyampe-nyampe pada kelaperan. Jadi abis turun dari kapal ada yang jajan dulu sambil nunggu mamang GoCar-nya dateng. Dari Pelabuhan Kaliadem kita naik GoCar lagi buat ke Stasiun Kota. Kita milih makan di Stasiun Kota, karena lumayan banyak pilihan, termasuk KFC, haha.
Nyampe Stasiun Kota, tujuan utama langsung KFC, nyari tempat duduk bercolokan dan pesen bergantian. Karna gue balik bareng orang Ciledug, jadilah makannya buru-buru, ngejar kereta Bogor, katanya biar bisa nyampe Tendean sebelom jam 19.00.Karna dia mau balik ke Ciledug naik TransJakarta. Jadi gamau sampek ketinggalan bis. Yaudah weh kita abis makan langsung pamit ke yang lain buat ngejar kereta Bogor yang udah mau berangkat. Kita naik di gerbong cewek paling depan. Untungnya masih sepi, jadi bisa duduk, ga perlu capek-capek berdiri sampek Stasiun Cawang. Abis nyampe Cawang, kita misah, naik GrabBike masing-masing ke tujuan masing-masing juga. Gue langsung ke kosan, temen gue ke halte TransJakarta Tendean. Masih lumayan terang kok pas nyampe Stasiun Cawang. Belom maghrib malah. Cepet juga ternyata perjalanannya yaa, dibandingin sama waktu berangkat yang berasa lama banget, ditambah sempet terombang-ambing ombak di tengah laut.
Yaa itu sih kurang lebih trilogi blog series gue buat perjalanan perdana ke Kepulauan Seribu dengan tujuan Pulau Harapan. It was wonderful! Satisfied enough! Bolehlah kapan-kapan cobain ke pulau lain yaa. Kalo kelamaan ga mantai suka gini nih, gampang norak liat pantai. Apa lagi yang gradasinya cantik. Bikin ketagihan kan, jadi candu, kayak kamu! (eyak!)

Well, see yaa di postingan-postingan selanjutnya yaa gengs!

No comments:

Post a Comment