Friday 9 February 2018

First Trip to Kepulauan Seribu alias Thousand Island (Part 1: Berangkat)

Gimana perasaan lo ketika lo lagi ngerasa jenuh-jenuhnya, trus tiba-tiba ada temen lo yang ngajakin liburan? Pastinya bahagia! Apalagi abis kena PHP beberapa kali buat liburan. Dari rencana liburan dalem negri (Bali, Belitung, Pahawang, Pulau Seribu, paling baru Karimunjawa sama Ijen) sampek liburan luar negeri (Singapura, KL, Thailand). Alhasil pas diajak liburan jadi ga pake pikir panjang, langsung nge-iyain. Itu gue sih, haha. Dasarnya anaknya kuy-an. Diajak ke sana, kuy, ke sini, kuy. Asal pas lagi ada duit, sama waktunya pas, pasti berangkatlah, cuss. Udah berapa kali tuh pas budget-nya kaga ada, waktunya ga pas, jadi lah wacana. Untungnya kemaren pas yang ke Pulau Seribu ini jadi. Ga jadi korban PHP lagi dah gue, haha.
Tanggal 6 Januari kemaren, ga ada angin ga ada ujan, tiba-tiba aja temen gue ngajakin ke Pulau Tidung (awalnya di WA temen gue bilangnya ke Tidung). Dia bilang pokonya udah paket jadi Rp 300.000,00 aja, buat tanggal 20-21 Januari. Pas udah daftar ternyata ada ralat. Jadi tripnya adalah ke Pulau Harapan, hahahaha. Si geblek emang dasar, bisa salah info gitu. Trus dapet info lagi kalo harus bayar terakhir tanggal 7, biar dapet promo gratis banana boat. OK gue bela-belain keluar cari ATM pas lagi libur dan harusnya lagi mager-mageran di kosan (karena gue gapunya m-banking).
Sempet ga percaya sih pas temen gue yang ngajak kemaren bilang, kalo paket wisatanya cuman Rp 300.000,00 (2 day 1 night). Ga pake embel-embel tambahan. Kecuali kalo lo mau jajan-jajan lucu. Kebetulan (temennya temen) gue pake agen travel, jadi udah paketan. Dan gue udah tinggal bayar aja, sisanya dia yang berurusan sama agennya. Pokonya (temennya) temen gue yang urus semua per-agen-travel-an. Gatau dapet dari mana itu travel agent. Gue cuman dapet rinciannya kayak gini:

MLAKU TRIP: RUNDOWN KEGIATAN 2 HARI 1 MALAM
07.00 – 10.30 : Wisata ke pulau Bira Besar & Pulau Bulat
10.30 – 11.30 : mandi, packing
11.30 : kembali ke Jakarta
*)Rundown dapat berubah tergantung situasi dan kondisi

Fasilitas :
1. Akomodasi Kapal PP
2. Penginapan AC, TV, Dispenser
3. Makan 3 x
4. Peralatan Snorkeling
5. Kapal Tradisional Jelajah Pulau
6. Paket snorkeling + Hopping Island ( hari pertama)
7. Paket Hopping Bira Island (hari kedua)
8. Asuransi Penyeberangan
9. Lokal Guide Kep.Seribu
10. Kamera Underwater
11. Bonus Bbq Di malam hari

Jadi dengan Rp 300.000,00 itu lo udah dapet semua itu, plus free banana boat. Kalo kata gue sih lumayan yaa, ga lumayan lagi sih, MURAH cuy! Lo cuman tinggal bawa diri sama baju ganti aja ke sana, sama uang saku juga sih, siapa tau lo tergoda jajan-jajan unyu di pinggir pantai atau di deket dermaga, jadi ga zonk. Lo juga butuh duit buat perjalanan dari tempat tinggal lo ke meeting point. Kalo gue sih jelas, dari mampang ke muara angke, jauuuuuh cuy. Mana di jadwal kan harus udah di lokasi jam 06.00 atau paling lambat 06.30. Pagi banget buat ukuran weekend. Karna biasanya weekend adalah waktunya bangun siaaaaang, hahahaha.
Btw, yang ngajakin ngetrip emang temen gue, actually temen kantor gue, tapi yang ngurus agen travelnya adalah temennya temen kantor gue, yang sebenernya gue ga kenal sama sekali sama mereka. Boro-boro kenal yee, ketemu aja belon pernah. Kalo gue bodo amat dah, yang penting liburaaaaan, mau sama siapa kek. Gue ama rombongan (yeilah, bahasanya rombongan banget yak) trip ke Pulau Harapan yaa baru pernah ketemu di tempat kita janjian itu. Dan di antara mereka yang udah gue kenal yaa temen kantor gue itu, sisanya masih yang awkward, karna baru kenal yee. Gimana kalo gue ikut open trip sendirian? Apa kabar ye? Haha. Belom pernah sih, mungkin nanti kalo mau nyobain kudu bareng temen yang udah dikenal dulu. Kalo sendirian tar krik bat liburan gue , haha. Eh udah kejauhan, jadi loncat-loncat deh tar. Balik lagi ah!
Hmmmm, enaknya mulai dari mana yaa? Gue urutin dulu deh dari pertama berangkat yaa. Temen kantor gue, karna dia dari Ciledug, ga mau berangkat sendiri pagi-pagi buta, jadi dia mutusin buat nginep di kosan gue malem sebelum berangkat. Dateng ke kosan gue udah jam 23.30 an. Hetdah, udah tau besoknya berangkat subuh yee. Tapi gue jam segitu juga masih belom packing sih. Lebih parah lagi, haha. Sambil packing, sambil ngobrol, tau-tau udah pagi, baru tidur sekitar jam 01.30 an. Bangun 03.30, mandi, siap-siap sampe adzan subuh. Mata masih maunya merem, nyawa masih belom ngumpul, kita udah harus ngejar kereta pertama dari Stasiun Cawang ke Stasiun Kota.

Foto THB dari St. Cawang-St. Kota
Di jadwal sih katanya kereta pertama dari Bogor bakal lewat Stasiun Cawang sekitar jam 05.07, eh ternyata lebih pagi datengnya. Untung aja mamang grab carnya bawa mobilnya rada ngebut, jadi ga telat. Kita berangkat dari Stasiun Cawang sekitar jam 05.00, nyampe Stasiun Kota sekitar jam 05.35 an kayanya. Abis itu cari sarapan ke Indomaret. Trus baru deh ketemuan sama yang lain, karena kita janjian ketemu di stasiun kota. Baru deh ke Muara Angkenya bareng, naik grab car sama go car. Di Stasiun Kota, gue baru tau kalo jumlah orang yang ikut ada 10 orang, haha, pas banget buat jumlah minimal private trip. Jadi penginepan dan lain-lainnya kita ga dibarengin sama orang lain, horeeeee!
Sebelom jam 7.00 kita udah nyampe di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara (buset, lengkap amat). Jujur, baru kali itu gue ke sampe ke Muara Angke, ternyataaaa, gitu deh, haha.

Foto Langit Muara Angke 20 Januari 2018 Pkl. 06.49 WIB (Mostly Cloudy)
Ga lama dari kita nyampe, kita ketemu sama si Bapak yang bakal nganter kita sampe ke Pulau Harapan, pokonya sampe nemu penginepannya. Ternyata ada tiga dari 10 orang yang belom bayar full, masih baru DP, dan malah ngilang gatau kemana, jadi harus nyari orangnya dulu, baru bisa beli tiket penyeberangan lengkap buat 10 orang. Pas semua orang kekumpul semua, tiket di bagian 1-1, di tiket sih tulisannya harga sekali nyebrang Rp 60.000,00, sayangnya tiketnya kaga gue fotoin, kaga ada buktinya dah kan jadinya. Yaa lo nyebrang Rp 60.000,00 jangan berekspektasi tinggi, lo bakal dapet kapal ferry yang gede atau kapal express, Rp 60.000 untuk penyebrangan 3 jam, lo dapet kapal motor biasa. Kemarin gue naik KM Miles II. Bentuk kapalnya bisa lo cari di google, ada kok.
Kayaknya sih harusnya kapal mulai layar jam 07.00 yaa, atau paling ga jam 07.30. Awalnya gatau alesannya apa. Kita ngiranya nunggu penuh, haha, dikira angkot kali ah. Ternyata, ga lama mendung pake banget, trus ujan, deres. Jadi itu alesannya. Bapak-bapak yang nganterin kita sampe ke Pulau Harapan tiba-tiba masuk dek atas, tempat kita duduk. Dia bilang, surat izin berlayarnya belom turun, makanya belom berangkat. Jadi itulah alesan sesungguhnya, hmmmm. Sempet ngeri juga sih yaa. Lagian kita mah sebenernya nekat banget berangkat pas tanggal 20. Tanggal 18-nya padahal BMKG udah ngasih peringatan waspada potensi ujan lebat di sebagian wilayah Indonesia. Awalnya rada takut juga sih, ragu buat berangkat, mana sehari sebelom berangkat gue sempet demam dulu, tumbang, yang mau bangun dari tempat tidur aja susah. Tapi kalo kata Alm. Chrisye: Badai pasti berlalu, bro! Akhirnya sekitar jam 09.00 an kurang  kapal kita berangkaaaaat, Alhamdulillah, setelah duduk di dalem kapal sampek matek gaya, berangkat juga kapalnya.
Dasarnya emang kita berangkat pas lagi musim ujan, banyak peringatan dini cuaca buruk bahkan, nekat sih emang. Tapi yaa mau gimana, udah bayar, gabisa refund kan. Nikmati aja perjalanannya. Kepo lama ga naik kapal kan, pas lagi layar, udah mulai di tengah laut, sok-sok keluar, mau liat-liat. Ternyata keluarnya agak kecepetan, warna lautnya masih ijo pekat haha, jadi belom bagus-bagus amat.

Foto Laut Utara Jakarta 1
Abis keluar bentar, cekrek-cekrek, masuk lagi. Sebenernya duduk di bagian depan kapal kayanya enak sih. Silir-silir gitu anginnya. Tapi mikir lagi, gue baru sembuh demamnya, trus mau angin-anginan? Takut pas nyampe malah jadi gabisa nikmatin liburan, repot dah. Yaudah milih masuk lagi. Karna perjalanan cukup lama dan bisa ditinggal bobok syantik dulu, yaudah bobok syantik dulu bentar. Baru bobok syantik bentar, ombak di tengah laut lama-lama makin gede yaa. Goyangnya kapal makin yahud. Brasa banget, rada ngeri sih, kaya terombang-ambing gitu di dalem kapal.  Ombak sempet reda, berani buat keluar ambil foto lagi, soalnya udah excited, liat laut warna airnya biru tua. Berasa lagi ngarungin samudra, haha. Cakep lautnya.

Foto Laut Utara Jakarta 2
Keliatan kan bedanya sama yang sebelomnya? Kalo yang ini beneran berasa lagi nyeberangin laut. Dulu pas nyeberang dari Ketapang ke Gili Manuk waktunya dini hari, jadi gabisa liat lautnya. Lagian dulu gue lupa pas nyeberang ngapain. Tidur kayanya, hahahaha. Pas nyeberang ke Nusa Kambangan juga lupa, dulu seinget gue naik kapal ferry sih, jadi lebih gede. Terus bisa naik ke bagian atasnya. Lah malah jadi ngomongin yang lain.
Pokonya nyeberang laut pas abis ada peringatan cuaca buruk itu emang ga disaranin sih, deg-degannya ganda cuy! Lebih-lebih pas di tengah perjalanan tiba-tiba penumpang yang tadinya dibolehin duduk-duduk di bagian ujung kapal, disuruh masuk semua. Katanya cuacanya mulai ga bagus. Dan sempet ujan juga dooooong pas lagi berangkat, di tengah laut. Ah rada ngeri sih pas berangkatnya emang. Beneran ternyata, pas udah di dalem semua itu penumpang, kapal mulai oleng kapten. Ombaknya warbiyasak! Hampir mabok laut gue gegara ombaknya kek gitu, akhirnya gue tinggal bobok syantik sambil meluk life jacket, saking parnonya. Tapi lagi-lagi ngutip kata-kata sebelumnya, “Badai pasti berlalu!”. Iya kok akhirnya berlalu, perjalanan normal lagi. Terus karna ada yang pengen pipis, jadi kita turun ke dek bawah buat nyari toiletnya. Eh, ternyata ada di bagian belakang dek bawah. Daaaaan, pemandangannya keliatan bagus dari situ. Di atas kalo ga kita keluar dulu, ga bisa liat apa-apa, terbelenggu, haha.

Foto Laut dari Bagian Belakang Dek Bawah Kapal
Sambil nungguin yang pada ke toilet, cekrek-cekrek dulu. Bagus yaa, keliatan air laut yang terhempas mesin kapal. Jadi cakep kan foto gue (iyain aja yaa). Ambil-ambil gambar dulu. Pas udah puas, baru deh naik lagi ke dek atas. Trus bobok lagi sampek nunggu kapalnya nyender di dermaga (kapal aja punya dermaga buat nyender, kalah kan lo, haha). Katanya sih waktu itu udah deket, jadi udah lebih dari setengah jalan lah, tinggal dikit lagi, dan taraaaa, ternyata beneran. Bangun-bangun udah disuruh siap-siap karna kapal udah mau berlabuh (tuh kan, kapal aja punya tempat berlabuh, duh..duh..). Ini dia penampakan laut plus pulau plus cottage sesaat sebelum kapal nepi.

Foto Pulau Harapan dari Kapal Sebelum Bersandar
Subhanallah, takjub adek liat yang gradasi laut begitu, kayak baru pernah liat. Lebih takjub lagi sebenernya karna itu masih di wilayah provinsi DKI Jakarta. 180° terbalik dari keadaan kotanya. Keren banget yaa Allah. Kurang puas rasanya pas ngambil foto itu. Tapi kapal udah makin deket ke dermaga, jadi udahan deh. Yaudah. Karna ini juga cuman part berangkatnya aja, jadi cukup sampai di sini yaa gaes! Nanti cerita day 1 dan day 2 DILANjut di postinga-postingan selanjutnya. Stay tune! (Halah)