Sunday 11 February 2018

First Trip to Kepulauan Seribu alias Thousand Island (Part 2: Day 1)

Lanjut lagi ke bagian jadwal trip hari pertama di Pulau Harapan. Kayak yang udah lo liat di posting-an sebelomnya. Belom bersandar di dermaga aja, udah disuguhin pemandangan gradasi laut yang luar biasa cakepnya. Kebayang ga pas udah turun, terus nyampe di Pulau Harapannya? Gile! Biasa aja! Hahahaha, kaga lah, bisa dihujat netizen gue kalo bilang biasa aja buat pemandangan yang kayak gini nih:

Foto Penampakan Laut dari Dermaga Pulau Harapan

Keren banget kan, ih subhanallah dah pokonya, keren! Goqiiiiil, ada pemandangan cem gini di DKI Jakarta! Ih, ga nyangka sih gue. Alay yaa gue? Lebay? Bodo amat! Hahahaha.
Dan satu lagi yang ga gue sangka! Di sana ada yang jual telor gulung, otak-otak, dan tempura semacemnya. Banyak tukang-tukang jajan lucu gitu di pinggir jalan dari dermaga sampe ke daerah permukiman. Ada crepes ala-ala juga. Kirain di sana bakal cuman ada rumah penduduk, penginepan, kapal, perahu, pantai sama pasir, yang bakal susah buat nemuin tempat makan, ternyata kaga, hahahaha. So surprised!
Pas nyampe sana ternyata pas lagi adzan dzuhur. Ngaret dua jam dari jadwal seharusnya yaa? Yaa kendala cuaca, mau gimana lagi kan. Nyeberangnya aja lama loh itu. Lebih dari 3 jam di laut. Jadi kita abis nyampe gada banyak waktu buat leha-leha.
  Nyampe, turun dari kapal, abis itu kita disuruh ngebuntutin guide yang nganter kita ke penginepan. Kirain dengan cuman bayar Rp 300.000,00, kita bakal dapet penginepan yang seadanya, bayangan gue dapet di pojokan gang, pokonya ga mungkin lah dapet di pinggiran pulau yang langsung ngadep ke laut. Tapi apa? Ternyata gue salah! Emang rada jauh jalannya kalo dari dermaga ke penginepan. Ga masalah kalo buat gue mah. Karna ternyata penginepannya ada di pinggir pulau, dan langsung ngadep ke laut. Ekspektasi gue soal lokasi ternyata berbanding terbalik sama aslinya. Terus kalo buat penginepannya? Gue bayanginnya bakal dapet tempat kayak kos-kosan, yang sempit dan seadanya. Ternyata apaaaa? Gue salah lagi. Kita dapet satu rumah dengan fasilitas yang udah super kumplit kayak jamu! Satu rumah dengan 3 kamar plus king bed yang ada di ruang tengah, 3 kamar mandi, AC (sharing), TV, dispenser, mesin cuci, halaman, plus gazebo kecil di depan rumah. Mantap soul dah pokonya mah! Satu lagi, pemandangan depan rumah langsung ke laut!

Video Penginapan di Pulau Harapan

Foto Pemandangan Depan Penginapan
Gimana? Kalo yang ini kenyataan lebih dari sekedar harapan kan? Buat harga Rp 300.000,00, menurut gue itu sih worth it, banget! Udah gitu pas nyampe, karna kita ga punya banyak waktu abis nyampe, ga lama, makan siang udah dateng dooooong. Ekspektasi gue buat makanan dengan harga trip segitu, yaa paling dapetnya mentok nasi bungkus atau apa lah gitu. Ternyata gue salah lagiiiii! Hahahaha. Ternyata kita dapet apa? Makanan prasmanan buat 10 porsi. Udah di wrap pake plastik bening. Menunya? Nasi, sayur asem, tempe orek, ikan laut bakar (satu ekor gede banget), kerupuk, sama buah, trus minumnya disediain sirup mangga dingin. Mantaps! Gokils! Mevvah sih! Itu disiapin buat 10 porsi, tapi kita sampe ga abis, ga kuat ngabisinnya, haha. Baru beres makan bentar, blom juga nyampe perut kayanya itu makanan, ternyata kita udah ditungguin local guide buat mulai perjalanan hopping Island. Udah sekalian ganti baju pake kostum siap-siap mau snorkeling, pokonya mah udah siap nyemplung. Jangan lupa pake sunblock atau sunscreen dulu. Biar gosongya ga parah-parah banget. Karena kita perginya pas siang bolong.
Kita dibawa ke dermaga lagi, tapi beda dermaga sama kapal yang gede, kali ini dermaga buat kapal-kapal kecil (red: kapal motor tradisional). Di kapal udah ada satu bapak-bapak, mungkin yang punya sekaligus nakhoda kapal yang bakal nganter kita hopping Island. Kita gatau itu bakal dibawa kemana dah. Entah ke pulau mana. Trus kita juga gatau bakal snorkeling di mana. Ngikut kemana arus membawa kapal kami (ahsedaaaaap!).

Dermaga Kapal Tradisional
Perjalanan naik kapal buat nyampe sport snorkeling ada kali sejam, buset dah, berasa seharian terombang-ambing di lautan yang luas dan tak berujung (yeilah). Kirain mah spotnya gimana gitu yaa, yang ga terlalu dalem gitu, yang kayak foto-foto di Google, wkwk.
Ini adalah snorkeling kedua sepanjang sejarah hidup gue. Sebelomnya gue pernah snorkeling di Pangandaran, pas pagi-pagi, air masih pasang, ugh! Berasa banget terombang-ambingnya. Trus jadi gabisa liat apa-apa, snorkeling pertama gue di Pangandaran was totally failed! Tapi failed-nya snorkeling gue di Pangandaran, terbayar kemaren pas di Kepulauan Seribu! Biarpun ga kayak foto-foto yang di Google, tapi snorkeling kali ini gue bisa liat terumbu karang sama ikan-ikan lucu. SAYANGNYA DAN DENGAN SANGAT MENYESAL! GUE GA BAWA ACTION CAM GUEEEEE! Itu ter-zonk sih, jadi gabisa ambil gambar bawah laut. Padahal bagus, yaa lumayan lah, seenggaknya terumbu karang sama ikannya keliatan. Gabisa ngambil gambar pake hape juga, hape gue ga waterproof. Bisa langsung modyar kalo masuk air, air laut pulak. Yha sudahlah, mau gimana lagi yaa, terima aja. Next time kalo mau cebur-ceburan lagi, di mana pun itu, action cam gaboleh ketinggalan atau ditinggal pokonya mah, biar ga nyesel. Karna gabawa action cam sendiri, jadilah gue numpang foto pake action cam temen gue.

Foto Snorkeling for Real 1 (By: @shantygus)
Penampakan pandangan mata lebih keren dari lensa kamera yaa guys! Jadi cobain langsung aja biar puas liatnya. Spot snorkeling-nya ini lumayan rame, banyak kapal lain juga yang ambil spot di situ, mungkin karna emang bagus dan ga terlalu dalem (tetep aja kaki gue gabisa nyentuh dasar laut). Cuman ga jauh dari kapal gue ternyata ada terumbu karang yang rada tinggi, dan tangan gue bisa nyentuh itu (terumbu karangnya keliatan tuh dari foto gue sebelomnya). Walaupun arus rada kenceng, sok berani aja berenang sampek ke terumbu karang itu. Selama masih ada abang-abang guide sama anak-anak lain yang bisa renang mah gue bodo amat, wkwk. Masih bisa pegangan orang seenggaknya.

Foto Snorkeling for Real 2 (By: @ufana)
Sayangnya lamanya perjalanan ga sebanding sama lamanya waktu snorkeling, itu bentar doang sih, tapi yaa biar ga kelamaan juga, kita masih harus mantai ke pulau syantik soalnya. Dari pada udah kesorean atau kemaleman pas balik ke Pulau Harapannya kan, lebih syerem tar, terombang ambing ombaknya lebih dahsyat. Abis snorkeling, kita lanjut hopping Island. Lagi-lagi, kita gatau tujuannya kemana, ngikut arus lagi aja udah pokonya mah. Tau-tau udah nyampe aja, trus kapalnya nepi. Ih asli, itu pulau bagus banget dah! Pasir putih bersih, lautnya biru, ampun mak! Jatuh cinta kan adek sama pulaunya. Gue gatau nama pulaunya sebenernya. Cuman berdasarkan hasil pencarian Mbah Google, gue menyimpulkan bahwa pulau itu adalah Pulau Bira. Soalnya yang paling mirip di Google yaa itu. Tolong koreksi gue kalo gue salah yaa gengs!

Foto Pulau Bira dari Laut

Foto Pulau Bira dari Tempat Kapal Bersandar
Cakep yaak? Pasir putih, banyak pohon. Lautnya juga bagus. Ga mau ngelewatin foto di sini pokonya, sayang! Banyakin foto pokonya. Maap saya gabisa  lepas dari kamera hape, alay? Biarin, abisnya liburan kan ga tiap hari, betul?

Foto di Pulau Bira 1 (By: @trianamitayani)

Foto di Pulau Bira 2

Foto dari Pulau Bira
Cukuplah itu aja, sisanya ada di Instagram gue sama Facebook gue (Lah? Malah promosi akun medsos). Di sini ga terlalu banyak yang bisa dilakuin, yaa paling itu, cuman foto-foto sama liat-liat pantai. Yang mau nulis-nilis di pasir bisaaaa, silakan, monggo. Gue sih cukup cekrek sana cekrek sini, mainan pasir, main ombak lucu di pinggir pantai, nyari kerang sama karang (buat difoto), haha. 

Foto si Kerang dan Karang
Di Pulau Bira ini kita ga terlalu lama juga. Pas abang guide-nya manggil buat balik ke kapal, yowes manut, kita balik ke kapal, dan berlayar kembali menuju Pulau Harapan. Singkat yaa rasanya. Cuman dua kegiatan doang dari nyampe sampe sore. Di perjalanan pulang masih dapet lah momen menjelang sunset. Kurang lebih kayak gini nih:

Foto Menjelang Sunset di Tengah Laut

Foto Menjelang Sunset dari Dermaga Kapal Tradisional Pulau Harapan
Lumayan lah yaa, biar pas belom sunset-sunset banget, masih baru menjelang, tapi udah lumayan oke kok view-nya.
Saatnya kapal berlabuh! Abis turun dari kapal rasanya beuh, dingin yee! Abis pake baju basah, kena angin, turun dari kapal bawaannya pengen langsung mandi. Tapi gue juga pengen jajan lucu dulu, telor gulung sama tempuranya berasa manggil-manggil. Yaudah terpaksa sebelom balik ke penginepan kita jajan dulu, abis itu baru balik, mandi, bebersih, ganti baju, beberes, jemur-jemur. Beuh! Udah enak banget bawaannya, tinggal bobok syantik.
Tapi ternyataaaa, pas beres mandi udah disiapin makan malem. Ugh gile! Ajib bat dah! Menunya? Nasi bungkus? Nasi padang? Bukan ternyata! Menunya ada nasi, ayam bumbu kuning, sop, tahu goreng, kerupuk sama teh anget. Ih nyami banget ga sih itu buat menu abis mandi. Enyak! Sebenernya udah kenyang duluan gegara jajan telor gulung sama tempura sebelomnya. Cuman karna udah disediain, yaa mau gimana lagi kan, mau ga mau harus ikut bantuin abisin makanannya.
Abis makan, trus leha-leha di kasur depan tipi. Eh lama-lama ilang. Bablas tidur, untung aja blom pules, masih sempet bangun dulu buat pindah. Dan pas momen bangun buat pindah ke kamar, masih ada yang nanyain “Eh, BBQ-annya mau dijadiin ga nih?”, ebuseeeet! Kalo gue sih udah ga shanggup makan lagi. Sok weh yang lain kalo mau mah. Gue lebih miliih bobok syantiks karna malem sebelomnya gue tidur cuman bentar banget! Yaudah deh, yang lain yang masih mau BBQ-an pada BBQ-an, yang udah ga kuat matanya kayak gue, yaa bobok syantiks. Kalo kata anak-anak yang BBQ-an, sih menunya sih ikan bakar gitu, lupa ikan apaan yang dibakar. Pokonya tau-tau pagi-pagi udah ada piring dengan bekas tulang ikan di meja ruang depan penginepan, haha.
Yaa begitulah jadwal hari pertama gue ikut trip di Pulau Harapan. Berasa pendek, bentar. Karna sempet telat juga nyampenya. Jadi ngaret ke semua jadwalnya. But it’s OK! Masih ada hari kedua! See yaa di postingan selanjutnya!

To be continued.....

No comments:

Post a Comment