Thursday 1 February 2018

Review Film Dilan 1990 dari Kacamata Pembaca Blog Ayah Pidi Baiq

Halo warganet yang budiman! 
Abis nonton Dilan 1990 rasanya niat nulis langsung melesat. Banyak yang pengen gue tulis. Yang jelas, abis nonton film ini, jadi inget pas kuliah, bukan similar story with mine yaa, haha, tapi lebih ke inget pas awal baca blognya Ayah Pidi Baiq. Jadi inget Bandung, kangen! 
Eh tapi, kayaknya mending gue mulai dari review filmnya dulu kali yaa. Biar ga kebanyakan curcol di awal, haha. 

Official Poster Film Dilan 1990
Review
Dari pas tau Dilan mau dibikin film, gue udah lumayan excited sih. Soalnya inget waktu kuliah, nungguin next episode di blog, kayak nunggu kepastian dari kamu (resah gitu, eh). Dari baca blognya, gue bisa dapet kuatnya Ayah Pidi Baiq gambarin karakter Dilan dengan tulisannya. Itu emang tantangan banget yaa buat nyari sama nentuin orang yang pas buat meranin sosok Dilan yang bikin lumer kalo lagi berpuitis-puitis ria, biar ga ngecewain pembaca pas nonton filmnya. Nah, pas tau yang bakal meranin Dilan tuh si Iqbaal ex CJR, agak-agak gimana yaa. Inget pas baca blog, karakternya Dilan yang bad boy, anak motor, suka berantem, slengekan, tengil, jadi imajinasi gue sosok Dilan sih agak garang. Tapi di balik sosok yang punya "label" bad boy, Dilan tetep punya sisi lembut, romantis, sayang Ibu, sayang pacar (eh). Mungkin itu pertimbangan kenapa Iqbaal jadi sosok yang dianggap bisa meranin Dilan. Kalo terlalu "garang" bisa jadi sisi lain Dilan yang "lembut" jadi kurang. Hmmmm. Sebagai pembaca blog (bukan novel), menurut gue, Iqbaal lumayan bisa ngewakilin personal Dilan, yang bisa dibilang terlalu fiksi buat jadi cowok nyata yang idup di bumi ini, kalo ada pun, mungkin udah jadi makhluk langka, haha. Dilan, sesosok cowok SMA misterius, yang dianggap romantis. Tapi emang romantis sih, lebih tepatnya puitis kali yaa.
"Jangan rindu! Berat! Kamu ga akan kuat. Biar aku saja.", Dilan 1990
Di film ini, ga cuman kata-kata puitis Dilan yang bikin satu studio yang isinya kebanyakan ABG nyeplos “ciyee..ciyee..”, tapi senyumnya Iqbaal itu yaa, aduh bikin meleleh. Gue yang juga masih ABG ini, jadi brasa ikut digombalin anak SMA, haha. Apa karna gue udah terlalu kepincut sama tulisan di blog Ayah Pidi Baiq? Makanya bisa sampe segitunya gue senyum-senyum sendiri pas nonton? (Bisa jadi sih). Biar puitisnya tetep ngena, masih ada ‘tapi’ sama ‘sayang’-nya kok, ga sempurna-sempurna amat itu si film Dilan. Nah sayangnya adalah, kalo pas lagi harus marah, muka garang, termasuk pas marah-marah ke Pak Suripto, agak kurang greget sih, kurang natural, masih terlalu imut lo, Bal! But it's OK. Ga bisa boong sih kalo Iqbaal emang dasarnya dari sononya imut. Mau diapain juga emang mukanya cetakannya imut. Untungnya, pas lagi adegan berantem, pengambilan gambarnya bagus, jadi bisa nutup ‘ganjil’-nya akting Iqbaal pas lagi jadi Dilan dengan karakter bad boy-nya.
Dilan.. Dilan.. Dilan.. Dilan.. Dilan terooooos. Yaa gapapa yaa, namanya tokoh sentral. Tetep Dilan sih yang bakal jadi pusat perhatian, biarpun sebenernya cerita film ini diambil dari sudut pandang Milea.
Biasanya (biasanya yaa), film yang diambil dari novel bagus, eksekusinya banyak yang bikin kecewa pembaca novelnya. Yang katanya ini lah, itu lah, kurang greget lah, dan apalah-apalah lainnya. Tapi sejauh yang gue baca di blog dan yang gue tonton kemaren, hampir balance! Filmnya visualisasiin apa yang gue baca. Hampir sama! Almost! Karena ada beberapa part yang kayaknya "ilang", walopun it didn't mean a lot, durasi kali yaa, kalo kepanjangan mungkin penonton bosen juga sih, karna asyiknya baca sama asyiknya nonton beda. Kalo baca, penulis harus bisa pake bahasa dan cerita biar pembaca bisa berimajinasi, tapi kalo film kan bentuknya udah visual, yang harus padet, biar ga ngebosenin.
Oiya, ada satu lagi sayangnya, gue ga nonton dari awal film, ketinggalan 10 menitan kayanya, jadi gue gatau gimana pengenalan tokoh, tau-tau pas Iqbaal, eh Dilan udah duduk di kelas Milea. Jadi gue gabisa review bagian awal film yang jadi salah satu bagian penting. 
Kalo menurut gue sebagai pembaca blognya (aja, bukan pembaca novel), film ini ga ngecewain sih. Bisa gambarin tulisan-tulisan Ayah Pidi Baiq yang genrenya gue golongin sebagai mistery-romance, haha. Bikin penasaran lewat sosok Dilan yang misterius dan tau segala hal tentang Milea. Gatau dari mana sumbernya, padahal jaman dulu belom kenal  sama Mbah Google apalagi Facebook dan media sosial lainnya. Tapi di sisi lain, misterius Dilan bukan jadi hal yang creepy karna disisipin sama romantisnya bahasa yang dipake.  Beda cerita kalo si Dilan diceritainnya jadi sesosok penguntit. Pokoknya, over all sih, filmnya bagus, menghibur, buktinya gue nontonnya bisa sambil senyum-senyum mulu. Kalo penilaian personal 7,5/10 lah. Setuju ga kalian?
Semoga review ala-ala gue ga spoiler yaa. Sebenernya pun kalo emang sedikit spoiler, buat kalian yang udah baca blog atau novelnya, bakal tau gimana alur ceritanya, ga jauh beda kok, film ini (sekali lagi gue bilangnya) adalah visualisasi dari apa yang ada di blog (dan mungkin novelnya). Buat pembaca karya Ayah Pidi yang masih mikir-mikir, mau nonton apa enggak, gue saranin nonton deh, dari pada lu pada penasaran kan yee. Selamat menonton (bagi yang mau nonton)!

Curhat
Gatau tau yaa, kenapa kalo nulis blog harus banget ada curhatannya, haha. Maapin yaa netizen. Jadi di rubrik (yaelah, rubrik banget? Haha) ini, gue pengen sedikit nostalgia. Kayaknya blog gue ini isinya nostalgia yee, gapapa dah, biar bisa diinget kalo ada yang kelupaan.
Cover Novel Dilan 1990

Jadi, sebelom novel “Dilan, Dia Adalah Dilanku Tahun 1990” terbit, Ayah Pidi ngepos cerita Dilan, di blog. Nah dari situ gue tau si Dilan sama Milea. Awal gue baca blognya Ayah Pidi Baiq, lupa teracuni siapa, pokonya mah udah weh abis dikasih tau “coba deh baca blog ini, bikin lo senyum-senyum sendiri, bagus ceritanya”, langsung buka, coba baca. Dan gue sebenernya bukan orang yang suka baca. Jarang banget, kalo ga terpaksa, atau pas emang tulisannya bagus, bisa ngebawa gue berimajinasi, wah itu mah udah susah lepas, kayak kalo baca komik, novel, atau tulisan yang menurut gue bagus. Salah satunya yaa blognya Ayah Pidi iniEmang sih kalo baca blognya, jadi berasa baca novel atau teenlit pas jaman sekolah (SMP, SMA), tapi di jamannya, gue juga sempet kepincut sama novel remaja atau teenlit.
Waktu gue baca blognya, emang udah berepisode-episode, udah banyak, jadi lumayan, sekali baca bisa dapet banyak. Asique dah bacanya. Nah pas udah mentok itu, bersambung, itu tuh yang ga enak, kudu nunggu sampek next episode-nya di-update. Pas baca gue jadi punya imajinasi. Gimana sosok Dilan, sosok Milea, temen-temennya, termasuk gambaran latar tempat, yang kebetulan emang jadi tempat kuliah gue, Bandung. Bedanya di latar waktu. Yak 1990! Gue aja belom lahir, haha. Jadi sedikit banyak gue bisa imajinasi gimana latar tempatnya. Mana di jalan Buah Batu pula, yang deket banget dari tempat tinggal gue di Bandung. Proximity-nya makin dapet dah.
Ceritanya remaja banget, kek gue kan yaa. Pantes aja kalo sampek terhanyut-hanyut (yeilah). Misterius dan romantisnya sesosok Dilan berhasil bikin baper Milea yang sebenernya udah punya pacar sejak masih di Jakarta, sebelom pindah ke Bandung. Romantika Dilan di awal mungkin bikin cewek risih, pake banget! Kalo jaman sekarang bisa dianggep stalker kali. Tapi kok yaa tetep istiqomah pake cara kayak gitu yaa, dan lama-lama bisa bikin Milea luluh. Dilan, bad boy, tengil, suka berantem, nakal, tapi kok yaa sisi baiknya bisa bikin berasa beda 180°, kayak bukan bad boy, tapi jadi anak emak.
Yang awalnya getol deketin, ngajak kesana-kesini, nelpon malem-malem, bisa tiba-tiba ngilang loh, kayak Dilan pas denger gosip Milea pacaran ama Nandan (eh). Jangan sampe sih yaa, kampret kalo yang kek gitu. Musnahin aja dari muka bumi. Udah bikin anak orang baper, jangan main kabur gitu aja yaa wahai lelaki-lelaki budiman! (Lah? Ini ngapa jadi kemari-mari? Haha).
Yak balik lagi ke film ama blognya. Walopun dulu pas baca blognya blom ada bentuk gambaran-gambaran latar sama pemainnya, tapi seenggaknya kita jadi punya imajinasi sendiri tentang gimana gambaran yang kita mau. Bacanya sambil berimajinasi. Berasa jadi ikut bahagia jadi Milea pas lagi baca ceritanya. Karna gue orangnya ga terlalu suka nunggu, pas episode-episode akhir, sempet brenti baca. Padahal mah tinggal ending-nya doang. Pas novelnya keluar, pengen baca sih, tapi kok yaa gada yang minjemin, haha. Pas mau minjem, ngantre, sampe sekarang jadinya ga baca novelnya. Tapi endingnya udah kebayar pas nonton filmnya kemaren kok. Ternyata mereka .... . Ah, yaa gitu lah pokoknya, bisi jadi spolier buat yang blom baca blog atau novelnya, ga enak, nonton sendiri aja yaa.
Tiket Nonton Dilan 1990 
Gue bisa ngomong ngalor-ngidul kayak di atas karna gue baca blognya dan emang udah nonton filmnya yaa, walopun ga kebagian awalnya, karna telat masuk studio sekitar 10-15 menitan, mayan lama juga yaa. Mau sih nonton lagi, tapiiiii, masih banyak list film yang juga pengen gue tonton. Kalo ada sponsor boleh deh nonton lagi, haha. Jadi, kita liat aja nanti! Btw, ini film ke-5 yang gue tonton bulan Januari kemaren. Biasanya, nonton sebulan sekali aja udah syukur loh, lagi keranjingan nonton, (maap loh curhatan ga penting ini mah, haha). Kalo emang filmnya bagus, rela kok pasti gue nonton di bioskop.
Satu lagi, jujur, gue bukan pembaca novel seri Dilan. Gue sebatas pembaca blognya aja. Jadi gue gatau persisnya isi novelnya gimana, apakah sama persis kayak di blog, apa ada tambahan bumbu. Mungkin nanti kalo ada yang mau minjemin novel serinya gue mau baca semuanya. 

No comments:

Post a Comment