Friday 3 November 2017

Bangga Sehari Jadi Mahasiswa Berprestasi Telkom University (Part 3)

Hai.. hai.. kuy kita lanjut lagi cerita soal wisuda-wisudaan, biar greget!
Karena waktu gladi bersih kemarin kita ga dikasih tau rudown acaranya, jadi, pas hari-H, kita ngikutin aja apa yang jadi agenda wisuda. Ternyata banyak kejutan! Abis di bagian map ijazah, ada beberapa agenda lain, yaa biasa lah, banyak agenda haru-haru-an. Ada penampilan choir (yang dulu sempet jadi UKM gue, tapi akhirnya gue cabut), ada momen ngasih bunga ke orang tua (sayangnya gada yang dokumentasiin gue pas gue kasih bunga ke mamake, jadi gue gapunya fotonya deh, padahal gue sampe mewek tuh pas ngasih bunga, emang dasarnya cengeng sih, casingnya aja seterong, hati mah tetep selembut silky pudding kekinian, haha), sampe ada momen di mana mahasiswa berprestasi diumumin.

*****

Agak flash back dikit boleh yaa.....
Sebelomnya emang gada yang ngasih tau siapa-siapa aja yang bakal jadi mahasiswa berprestasi, semacem kejutan gitu. Cukup bersyukur udah jadi salah satu dari tiga mahasiswa berprestasi di fakultas. Emang sih, abis farewell sempet ada teteh sekre yang ngasih ucapan “selamat”, cuman gue kira yaa selamat karena udah mau wisuda. Si teteh sekre (Teh Olin) sempet nge-chat bilang:
“Selamat yaa, besok ada kejutan lagi, jangan kaget yaa.” (ini via chat, pas abis farewell party)
Ga ngerti apa maksudnya, yaudah dengan polosnya gue cuman bilang terima kasih sama nanyain kejutannya apaan? (helooooo, namanya juga kejutan, kalo dikasih tau yaa gajadi kejutan lagi, gimana sih gue?)
Nah, sehari abis farewell, hari Jumat, ada jadwal wisuda buat prodi Administrasi Bisnis. Datenglah gue, yaa itung-itung ikut bahagia liat temen wisuda sebelom besoknya wisuda sendiri. Cari-cari bunga buat dikasih-kasih ke yang wisuda. Pas ketemu temen kosan lama anak Adbis, belom juga gue kasih bunga, udah nyeplos aja,
“Eh Dena, lo besok maju ke depan tau, tadi nama lo ada disebut.”

“Lah? Ngapain? Dipanggil suruh apa? Maju ke depan? Eh, nih buat lo, selamat ye udah wisuda!” Jawaban gue dengan muka cengo ga ngerti maksudnya, trus abis itu ngasih bunga.

“Wah makasih ye. Iya besok lu maju ke depan pokonya.” Udah ngomong gitu doang abis itu dia nemuin temennya yang lain, biasa, yang wisuda mah sibuk, banyak fans. Guenya juga pergi nyari temen-temen lain, ngarep bisa ketemu, soalnya orangnya banyak, trus pada dandan, kemungkinan bisa kelewat gegara ketutup orang-orang atau kelewat gegara pangling efek make up, baju ama tampilan. Eh udah sekip kepanjangan ini. Yaudah balik lagi ke benang merah (yeilah). Biar ga dapet jawaban apa maksud dari temen gue, besoknya juga gue bakal tau sendiri maksudnya apaan, iye kaga?

*****

Nah balik lagi ke momen wisuda yaa.....
Penampilan choir emang jarang ngecewain sih. Karena gue tau sendiri gimana latihannya. Bisa banget ngehibur, sampe ngebawa suasana haru wisuda. Perjuangan sih emang sampe bisa wisuda tuh. Berasa kebayar dah tuh kuliah lo, mau seberapa lama apapun kuliah lo. Kalo udah ketemu wisuda, lega sih, plong. Seenggaknya lo lepas dari tugas kuliah, termasuk skripsi yang bikin puyeng, bikin begadang, bikin capek, sampe bikin boros. Tapi gue rasa itu pengalaman ga tergantikan sih. Bahkan rasanya gue lebih suka ngerjain tugas-tugas kuliah yang gue harus kesana-kesini ketemu banyak orang, dapet pengalaman sama cerita baru (walaupun jadi item, dekil kena matahari mulu, haha). Daripada harus duduk diem seharian ngadep komputer (kayak sekarang, eh maap jadi curhat).
Satu sih emang momen wisuda yang gue tunggu, kejutan! Walaupun sempet udah dikasih bocoran tapi kan saking polosnya gue, gue jadi ga ngerti maksudnya apaan. Yaudah gue tungguin aja sampe momen itu akhirnya dateng.
Yak! Pengumuman Mahasiswa Berprestasi Terbaik Wisuda Periode I November 2015. Ternyata ada acara gituan juga. Kirain cuman di fakultas doang. Denger-denger ada tiga orang. Waktu itu gatau siapa aja. Yaa saking banyaknya mahasiswa. Dari ratusan mahasiswa, yang dipanggil cuman 3 orang. Gatau dah yang pas hari Jumat ada yang dapet juga apa kaga. Kaga nanya-nanya, mana tau juga gue kan ternyata ada pembacaan mahasiswa berprestasi. Secara, pan gue kaga pernah nyelonong masuk TUCH pas lagi ada wisudaan. Bukan anak protokoler juga. Mana tau gue ama susunan acara wisuda.
Dipanggillah satu-satu, mulai dari mahasiswa berprestasi III (dari fakultas teknik, lupa fakultas teknik apa, jurusan apa juga gue lupa), trus mahasiswa berprestasi II (kalo ga salah anak fakultas sebelah, FEB, jurusannya MBTI kalo gasalah lagi), dan terakhir mahasiswa berprestasi I. Kaga ada bayangan, kaga pernah ngarep juga gue buat jadi mahasiswa berprestasi. Sadar diri aja sih gue mah. Prestasi seberapa juga kaga. Dibandingin sama yang wisuda sebelumnya mah, jauuuuuh. Jiper duluan gue juga pas ngisi data. Yaelah, gue mah bukan apa-apanya, setengahnya aja kaga ada.
Tapi Alhamdulillah. November selalu penuh kejutan! Ternyata yang dipanggil jadi Mahasiswa Berprestasi Terbaik I Wisuda Periode I November 2015 itu GUE! GUE Guys, GUE! Wah gile, ini mah beneran ‘aku terkejuuuuut!’. Beneran namanya kejutan ini mah. Pas nama DENA NOVITA ROSIANA disebut, ga yakin gue, takut salah denger, atau ada nama mahasiswa yang sama kayak gue.
Aslina! Asa ga percaya nama gue yang dipanggil buat maju ke depan. Takut salah panggil, takut salah orang. Takut salah nama. Da atuh aku mah apa. Bisa sampe dapet predikat mahasiswa berprestasi I buat acara wisudaan yang pesertanya bejibun. Yaa Allah! Gue langsung ngrasa beruntung waktu itu. Biar gue belom dapet kerjaan pas abis lulus, tapi seenggaknya gue bisa bikin orang tua gue bangga, bisa nunjukin kalo gue kuliahnya ga cuman main-main. Bisa nunjukin kalo mereka ga sia-sia nguliahin gue mahal-mahal dan jauh-jauh sampe ke Bandung. Seenggaknya sedikit rasa bangga bisa gue persembahin buat kedua orang tua gue, walaupun bokap gue kaga bisa dateng pas gue wisuda.
Saat gue pikir yang bacain nama gue itu salah baca nama orang. Ternyata profil gue muncul lagi. Kali ini rada beda tampilannya. Yaa Allah, rasaya beruntung banget sih.

Foto Profil Mahasiswa Berprestasi Wisuda Periode I November 2015 (Captured by: @lengkongputri)

Aselik! Ini mah ga nyangka banget gue. Maju ke depan aja masih sambil mikir.
“Ini beneran apa? Kaga salah nama? Bukan gue kali.” Gitu weh pikiran gue sampe akhirnya maju sampe depan, salaman lagi apa Pak Rektor.
Semuanya disalamin satu-satu, tapi bukannya sumringah, mungkin muka gue malah lebih ke muka bingung kali yaa. “Kok bisa?” Itu sih yang gue pikirin. Karena gada jawabannya yaudah, gue jawab sendiri aja,
“Mungkin lo beruntung! Iya beruntung, wisuda di waktu yang tepat, ga barengan sama yang punya prestasi segudang, makanya lo bisa jadi mahasiswa berprestasinya.” Itu sih palingan jawaban dari dan buat gue sendiri. BERUNTUNG, WISUDA DI WAKTU YANG TEPAT!
                Pas disalamin satu-satu sama Bapak Rektor, beliau bilang,
“Selamat, dan terima kasih sudah berkompetisi untuk Telkom University.”
Wah, makdeg rasane! Padahal yaa menurut gue, seberapa juga kaga prestasi gue. Tapi jadi berasa dihargai aja sih usahanya. Jadi kuliah sama lomba-lomba yang kadang iseng-iseng gue ikutin, berujung manis. Jadi berasa iseng-iseng berhadiah. Ga sia-sia perjuangan buat ikut lomba. Walopun banyakan ga menangnya. Tapi yang penting udah ada usaha buat ikut lomba. Lomba-lomba yang gue ikutin juga biasanya dari temen-temen gue. Ada yang emang diajak, ada yang emang kebetulan diajak ikut lomba mau. Yaudah selama ada kesempatan mah ambil! Jadi, terima kasih manteman yang udah mau ngajak gue jadi partner lomba kalian (Nisa, Nina, Prima, Manda, Ridho, Kelompok produksi film gue, sama temen-temen Broadcast 2011). Tanpa kalian, gue ga bakal dapet salaman plus foto tambahan sama Pak Rektor. Thank you Guys!

Foto Sama Rektor dan Mapres Lain

Selain dapet ucapan plus salaman tambahan sama Pak Rektor, kita juga foto bareng Pak rektor sama masing-masing dapet satu plakat sama satu piagam plus frame yang ada tulisan nama kita. Asa masih ga percaya, bisi typo da, salah nama mereun.

Foto Piagam Mapres November 2015

Foto Plakat Mapres November 2015

Bangga sih walaupun masih ada rasa ga percaya. Seenggaknya punya pajangan buat di rumah ama di kamar kosan. Kaga anyep-anyep banget itu tembok rumah ama meja kosan. Jarang-jarang kan bisa dapet ginian. Biasanya dapet piagam digital atau bahkan kertas biasa yang kaga bisa dipajang. Sekalinya dapet piala, gue lupa tinggalin di mana itu piala. Di lab broadcast apa yaa? Apa di mana? Hmmmm. Entahlah, lupa, haha. Yang penting udah foto bareng kok sama pialanya, nampang di web kampus pulak, haha, Alhamdulillah, lumayan.
Ini bukan target gue di awal kuliah. Apa sih dulu yang dipikirin anak SMA yang baru lulus? Keterima di universitas aja udah bahagia, karena tau gimana susahnya nyari peluang tes sana-sini sampe akhirnya dapet tempat kuliah (Baca di sini). Pas udah ngejalanin sendiri gimana rasanya kuliah, baru mulai berani pasang target. Pelan-pelan, yang penting konsisten, dapet nilai bagus itu gampang, tapi mertahanin buat dapet nilai bagus terus itu yang menurut gue susah. Karena lo butuh usaha. Tiap mata kuliah beda dosen beda karakter. Kalo lo sempet dapet yang subjektif terus lo orangnya ga bisa cari muka, yaa kelar idup lo udah, yang pinter carmuk (alias cari muka) yang bakal menang. Tapi tenang, biasanya usaha sih ga boongin hasil, asal usaha lo lebih keras, hasil yang lo dapet juga bisa lebih memuaskan. SING PENTING YAKIN! Hahahaha.
Target awal kuliah dulu mungkin “Lulus dengan Predikat Cum Laude”, udah itu aja. Terus ternyata, makin ke sini, Telkom University ini makin susah aja syarat buat dapetin Cum Laude. Sempet mau nyerah, tapi pokonya kudu berjuang sampe titik darah penghabisan dulu, kalo udah bener-bener gabisa, baru deh boleh nyerah (lah? Gimana? Ga memotivasi, haha). Sampe akhirnya dengan usaha sendiri dan bantuan sana-sini semua syarat bisa gue penuhin (Baca di sini).
Jadi buat kalian para maba atau bahkan calon maba, saran gue sih, jalanin dulu apa yang ada di depan kalian. Target boleh, asal logis, dan emang kira-kira sesuai sama kemampuan. Ketika ekspektasi lo ga terlalu tinggi, tapi kenyataannya lo bisa dapet lebih, itu bakal lebih bikin lo punya motivasi buat maju. Jangan sampe ternyata malah ekspektasi lo terlalu tinggi, tapi kenyataannya ga sesuai sama yang diharepin, gue rasa itu bakal bikin sakit hati. Emang semuanya gabisa lo atur semau lo, karena lo ga hidup sendirian, makanya lo perlu usaha buat dapetin sesuatu (terutama yang lo mau). Apalagi masalah target. Jujur, gue bukan orang yang dikit-dikit punya target, yaa walaupun katanya kalo ga punya target kaya hidup ga punya tujuan, tapi gue emang kadang lebih milih “jalanin aja apa yang ada di depan lo, nikmatin aja prosesnya, jangan terlalu ngoyo atau maksain”, yang penting lo udah berusaha semaksimal lo bisa. Masalah hasil, kayak yang gue bilang berkali-kali, hasil ga bakal khianatin usaha lo. Entah kapan itu datengnya, percaya aja, kalo emang usaha lo dirasa udah maksimal, tunggu aja hasilnya, jangan lupa banyakin doa (loh? Kok gue malah jadi kayak menggurui? Yaa maap, kelepasan, lebih ke saran aja sih, kalo ga setuju juga ga masalah, namanya orang, beda-beda, punya pandangan masing-masing).
Apa yang gue dapet pas wisuda kemaren mungkin ga terlalu ngaruh buat masa pencarian kerja gue. Itu beneran, jadi apa yang gue dapet di kampus, apresiasi kampus pas wisuda kemaren, ga ngebantu proses gue buat dapetin kerja. Kayak yang gue bilang sebelumnya, sebut saja, apresiasi dari kampus ini, gue anggep sebagai salah satu keberuntungan gue, kenapa? Karena gue ga lulus bareng sama anak-anak yang biasa dipanggil “anak lomba”. Kalo gue lulus bareng mereka, yaa mungkin posisi gue udah tergeser bahkan mungkin dilirik pun kaga, haha.
Predikat Mahasiswa Berprestasi Terbaik I itu, yaudah buat kebanggaan ketika lo wisuda aja, karena lepas dari itu, orang ga terlalu peduli, apalagi kalo udah mulai masuk dunia kerja. Yang diliat adalah kemampuan kerja lo. Bukan apa yang pernah lo dapet sebelomnya (kecuali prestasinya sebidang sama kerjaan lo yaa). Karena mungkin kalo udah di dunia kerja, pengalaman bakal lebih diliat dan diutamain daripada “sekedar predikat”. Buat gue, predikat Mahasiswa Berprestasi Terbaik I itu, yaa gue anggep sebagai bentuk apresiasi dari kampus buat gue, sama yaa Alhamdulillah bisa buat sedikit ngebanggain orang tua gue pas gue lulus kuliah. Gue anggep juga ini bentu hadiah ulang tahun gue, karena kebetulan gue ulang tahun pas di bulan November. Lepas dari itu, yaudah. Itu kenapa tulisan gue kali ini gue kasih judul “Bangga Sehari Jadi Mahasiswa Berprestasi Telkom University”, karena kebanggaan itu yaa emang buat lingkup di kampus (pas wisuda) ama keluarga, di luar itu, gue rasa bakal jadi cerita biasa yang paling dapet respons “Wah, Oh iya?", "Keren!", "Hebat!”, "Luar biasa!", terus paling abis itu lupa, iya ga? Haha.
Bahkan buat daftar PNS pun predikat itu ga  kepake. Seleksi jalur Cum Laude buat daftar PNS aja, syaratnya kampus ama prodi harus punya akreditasi A (deuh, curhat banget sih). Jangan pernah mikir kalo predikat ataupun prestasi lo, bisa mudahin segala urusan. Karena itu belom tentu! So, “don’t expect too much, or you will be hurt too much much more”. “And remember! Always do your best!”.

Tulisan “Bangga Sehari Jadi Mahasiswa Berprestasi Telkom University” versi gue berakhir di part 3 ini. Sampai jumpa di chapter lain dari kehidupan gue! Siapa tau bisa bermanfaat. Masih banyak PR yang perlu gue beresin. Terima kasih sudah mau membaca. 
See yaa, guys!

No comments:

Post a Comment