Thursday 2 November 2017

Bangga Sehari Jadi Mahasiswa Berprestasi Telkom University (Part 2)

     Nerusin penggalan cerita yang masih ngegantung. Mumpung lagi ga bisa tidur, gatau mau ngapain, dan akhirnya ada niatan buka laptop dan ngeload Ms. Word, haha. Hmmmm, tapi telat banget ga sih gue? Wisuda udah hampir dua tahun lalu, sekarang baru mau ngepost ceritanya. Gapapa deh yak, namanya juga nostalgia. Kalo baru kemaren mah namanya bukan nostalgia ye? Haha. Lanjut! FYI, kayanya bakal lebih banyak foto yang terlampir di postingan kali ini, jadi maap-maap yee kalo rada lemot ngeload-nya, hehehehe.

*****

      Setelah Kamis, 26 November 2015 ngikut farewell party dari fakultas, yang sukses bikin gue mewek terharu, akhirnya wisuda part I periode November 2015 digelar. Sebelomnya, sempet gue dapet ucapan-ucapan “Selamat ya..Selamat yaa..”. Tapi itu yaudah, gitu aja berlalu, sekelebat. Lebih ngena momen perpisahannya sih malahan. Ga berasa udah perpisahaan aja. Dulu 4 tahun ke belakang, ngumpul di Aula FKB pake item-putih itu buat OKMB, alias Orientasi Kegiatan Mahasiswa Baru.
      Nah pas waktu itu, kita ngumpul udah buat farewell party aja. Asliq (pake qyu), cepet banget rasanya. Tapi kuliahnya tetep berasa sih haha, waktunya aja yang ga berasa. Tau-tau udah empat tahun. Ajib!

     Saking nikmatin kuliah kali yaa, sampe empat tahun ga brasa (yeilah, kek iya aja nikmatin, padahal mah kalo tugas lagi numpuk isinya ngeluh mulu, haha). Tapi I’m sure! It’s fun if you through it with fun, don’t be too serious! Just through it in your own way and you’ll enjoy! (Trust me, it works! Halah, haha). 

     WISUDA! YAK! WISUDA! Hal yang paling lo tunggu-tunggu setelah kuliah selama empat tahun! Pas empat tahun (yaa kurang dikit lah, paling empat tahun kurang seminggu, haha). Ibaratnya, wisuda itu kayak hadiah yang lo dapet setelah lo berjuang selama kuliah. Pokonya biasanya sih pada mau tampil syantik (buat cewe-cewe) ama gantengs (buat yang cowo-cowo). Momen di mana pada pengen dandan (jangan-jangan gue doang ini yang ngrasa gini? Ah bodo amat, pokonya gue gitu, haha). Walopun sekedar (sekedar?) prosesi, yaa bisa dibilang acara resmi yang ngukuhin dan mastiin dan ngevonis (vonis?) lo jadi alumni, yang artinya lo resmi lulus dari tempat kuliah lo selama ini, biar empat tahun dibayar cuman beberapa jam di wisuda, tapi wisuda bisa dibilang jadi salah satu momen sakral* (ciyeilah). (*bagi sebagian orang)

      Buat gue, wisuda S1 kemaren cukup bikin gue ‘excited’, karena emang baru pertama juga sih, jadi persiapannya lumayan rempong (padahal biasa aja, lebay aja gue). Karena gue sebenernya udah lulus dari akhir Agustus, waktu nunggu wisuda cukup lama sih, sekitar 3 bulanan, ga buru-buru nyiapin ini-itu (kebaya, make up dan lain-lain printilanya, termasuk persyaratan wisuda). ‘Waktu tunggu’ yang lumayan lama sempet gue pake buat balik ke rumah, minta mamake buat nyari bahan kebaya, akhirnya beli samaan, gue minta pokonya warna biru, harus, wajib! Kebayanya dari bahan sampe modelnya sama kayak mamake persis, beda ukuran doang, haha.  

Foto Wisuda Sama Ibu

     Masalah make up, gue ngikut gimana yang lain aja (karena orangnya gamau ribet, haha). Akhirnya Azzah nemu MUA yang bagus plus available pas jadwal kita wisuda, nego harga, cucoks, yaudah booking. Ternyata teteh-teteh MUAnya anak UNPAD, kedokteran pulak, wuaaaaah! Emejing! Namanya Feranika (kalo yang mau pake juga IG: @feranikafe), bagus make upnya, worth it sih, bisa bikin gue syantiks di momen wisuda pertama gue, tahan lama juga sampe malem gue ga touch up masih nempel make upnya, dan ga pecah padahal make up dari sebelom subuh (kok jadi nyeleweng ngomongin make up, udah ah balik lagi ke tujuan utama).

Foto with @asnannurul Make Up by: @feranikafe (Captured by: @rezacume)

*****

      Gara-gara wisuda, gue kudu bobok di kosan Azzah, biar make upnya gampang, di satu tempat, kita berempat, gue, Azzah, Yum ama Dinar. Namanya juga nginep, isinya pasti rempong sampe malem, ga inget kalo besoknya kudu bangun super pagi buat mandi ama gantian make up. Tidur pagi, bangun pagi. Jam 3 udah harus bangun, gantian mandi, trus gantian di make up. Udah dari jam Segitu aja masih telat nyampe kampusnya. Nyampe kampus udah pada baris nunggu antrean masuk keong. Gue yang belom dateng-dateng sampe ditelponin ama orang LAAK, ditanyain ‘Kamu di mana? Udah pada mau masuk ini, tinggal kamu doang yang belom, cepetan yaa’, padahal gue udah di gerbang kampus, lebay nih bapaknya emang ih, padahal juga ga cuman gue doang yang belom dateng (elah pak). 
      Nyampe-nyampe langsung si bapak yang nelpon tadi ngasih kalung wisuda Universitas Telkom, yang kalo dipake brasa abis dapetin medali emas dari olimpiade, berat  cuy, gue kira abal, wkwk. Ngasih kalung itu aja sambil ngomel,
“Kamu ini gimana sih, jam segini baru dateng, yang lain udah pada siap.”
“Ya kan make up-nya gantian, Pak, jadi lama.”
“Halah”

Foto Kalung Wisuda (gapunya foto kalung terpisah)

*****

      Biar udah telat, sampe ditelpon-telponin, tapi tetep kok masih keburu foto-foto dulu sebelum dapet giliran masuk ke gedung. Soalnya peserta wisuda banyak. Ternyata masih nunggu juga kok ujung-ujungnya (walaupun ga nunggu lama-lama banget), bapak LAAKnya aja sih yang rada lebay (tetep gamau dibilang telat).

Foto Sebelum Masuk TUCH (Captured by: Sultan)

      Yaa walaupun pas gue dateng sebenernya per fakultas udah dibarisin buat masuk ke keong, udah pada siap. Ga lama setelah gue baris, udah mulai masuk tuh per fakultasnya. Sampe akhirnya giliran fakultas gue, masuknya baris, sesuai urutan duduk kayanya, udah diurutin ama si bapak-bapak LAAK. Sebelomnya, beberapa orang yang cumlaude, dikasih bunga, instruksinya ‘nanti pas disuruh kasih bunga ke orang tua, kalian kasihin bunga ini yaa ke orang tua.’ Hmmmm, iyain aja deh.

Foto Bunga buat Orang Tua

      Masuk deh tuh satu-satu udah kek bebek baris, dari tenda di luar gedung keong sampe ke tempat duduk di dalem gedung. Berasa artis yang lagi lewat di red carpet (sayang aja kita gapake red carpet). Pas peserta wisuda jalan, kanan-kiri rame, rame keluarga yang pada dateng buat jadi saksi prosesi sakral dari perjuangan selama kuliah (halah lebay, haha).

Foto Masuk ke Gedung TUCH (Captured by: @afrizalzidky)

      Pas udah di dalem gedung, sambil nunggu semua peserta wisuda masuk, boleh lah yaa kita foto-foto lucu dulu. Grufie-grufie unyu, biar ada dokumentasi, ga cuman sensasi.

Foto Grufie dalam Gedung TUCH

*****

     Ternyata prosesi wisuda lumayan lama juga yaa (iyalah, gimana kaga, nama wisudawan sama wisudawatinya aja disebutin satu-satu, belom lagi kalo ada tambahan pengumuman atau informasi, wah bisa nambah waktu). Yaa, amanya juga anak muda, ga betah duduk lama-lama. Jadilah sok-sok izin ke toilet, padahal mah rumpi di lantai bawah sambil foto-foto (lagi). 

Foto Mengisi Waktu sampai Giliran Ambil Map Ijazah

      Gak enak udah kelamaan ninggalin kursi, akhirnya kita balik lagi ke kursi masing-masing, sambil nunggu nama kita dipanggil buat maju ambil map ijazah plus salaman ama bapak dekan sampe rektor. Kenapa gue bilang Map Ijazah bukan “ambil ijazah”? Karena kalau di Telkom University atau Universitas Telkom, Ijazah udah dibagi sebelum wisuda. Jadi pas wisuda kita cuman dikasih map yang isinyaaaaa..... Ucapan selamat. 

Foto Isi Map Ijazah

      Hmmmm, singkatnya, akhirnya sampailah giliran Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis yang dipanggil buat maju satu-satu. Alhamdulillah dapet giliran rada di depan, jadi ga terlalu lama buat antre. 

Foto Salaman Sama Rektor dan Dekan

     Sambil dipanggil, ternyata profil singkat masing-masing mahasiswa ditampilin dilayar depan. Untung aja foto yang gue kasih waktu itu ga alay-alay banget, jadi ga malu-maluin. Tapi tetep aja sih, majang muka foto selfie di depan ribuan orang, malu juga, hahahaha.

Foto Profil Singkat Saat Pengambilan Map Ijazah (Captured by: @lengkongputri)

      Abis beres bagi-bagi map ijazah, acara lanjut ke yang lain. Dan ceritanya berlanjut di postingan berikutnya yaa. See yaa!

To be continued....

No comments:

Post a Comment