Tuesday 14 June 2016

Bangga Sehari Jadi Mahasiswa Berprestasi Telkom University (Part 1)

Kyaaaaa, saatnya balik nostalgia lagiiiii. Ga yang lama-lama banget sih. Mau ceritain yang jelang wisuda sampe wisudanya aja. Mau cerita juga gimana gue bisa dapetin penghargaan mahasiswa berprestasi di periode wisuda gue (walaupun sebenernya gue juga ga ngerti gimana bisa, haha, ga abis pikir juga sih).
Sebelomnya, ga nyangka gue bisa jadi mahasiswa berprestasi fakultas, bahkan universitas di periode wisuda gue kemaren, November 2015. Awalnya cuman daftar wisuda, ngikutin langkah-langkahnya (sama kayak mahasiswa lain yang daftar wisuda juga). Daftar di portal web kampus lah, bayar kesana, bayar ke sini, ambil surat ini, ambil surat itu, lari ke gedung sana, lari ke gedung sini. Ya namanya ngurus wisuda. Repot wajar yaa. Wajar ga? Haha ya serah aja dah yaa. Kuliahnya aja ga gampang masa wisuda mau gampang. Perjuangan buat sampe ke wisuda aja susah. Baper dah mulai bapeeeeer!

Waktu disuruh daftar di portal web kampus, sebut saja iGracias, disuruh ngisi banyak data, mulai dari data pribadi sampe ada upload foto ijazah SMA plus akta lahir. Kalo dua itu kaga di upload, tar ditelepon ama pihak layanan akademik suruh upload ulang, halah..halah..
Masih bisa ga ya gue buka portalnya? Sayangnya, gue lupa password akun portal kampus, haha. Apa emang udah non-aktif ya akun gue? Hmmmm, ya pokonya banyak sih yang kudu diisi sama upload ke portalnya. Sampe ke list lomba atau kejuaraan yang pernah diikutin. Nah gue? Emang pernah yaa gue ikut lomba? Haha SMA aja gue gitu-gitu doang. Ga pernah menang kalo ikut lomba. Maap yaa SMANSABARA, hehe. Nah di kolom kejuaraan yang pernah gue ikutin, gue cuman nulis beberapa perlombaan yang pernah gue ikutin. Itu juga ga semuanya menang. Dua dari lima lomba yang gue tulis, gue cuman jadi peserta doang.
Di kolom itu gue cuman nulis:
1.       Juara II Citizen Journalism Contest SGTC 2013
2.       Paper Presenter ICONIC Jerman 2014
3.       Juara II Lomba Video Journalist dari Festival Jurnalistik IISIP 2015
4.       Peserta Lomba Video Edukasi Anak 2014
5.       Peserta Lomba Video Journalist Diarist 2015

Udah itu thok yang gue tulis. Gada embel-embel lain-lain lagi. Yaelah. Apa lah ya itu dibandingin 2000an mahasiswa lain yang juga diwisuda November 2015 kemaren. Remah-remah wafer lah yaa gue di antara sekian banyak wisudawan-wisudawati Telkom University periode November 2015. Apa lagi November terkenal sama banyaknya peserta wisuda. Makanya sampe dibikin 2 hari kalo wisuda November. Kalo di liat dari IPK juga Alhamdulillah lumayan. Menengah rata-rata ke atas dikit, lebih dikit dari batas bawah syarat cum laude.
Alhamdulillah juga gue bisa cum laude di Telkom University ini yaa. Subhanallah banget dengan syarat-syaratnya. Jadi buat cum laude di Telkom University, syaratnya ada 4:
1.       Masa studi ≤ 4 tahun (S1), gaboleh lebih. Pokonya harus kurang atau pas 4 tahun.
2.       IPK ≥ 3.51, kalo yang ini ga boleh kurang, lebih boleh.
3.       Skor TOEFL ≥ 450, yang ini juga ga boleh kurang, walaupun kurang 1 angka tetep gabisa, lebih sangat teramat dibolehkan.
4.       Acceptance Letter Jurnal Eksternal, syukur-syukur bisa Internasional, lebih syukur lagi kalo diterbitin.

Ya itu dah 4 syarat yang harus dipenuhin kalo mau cum laude di Telkom University. Kalo gue sendiri sih liatnya agak berat yaa, hmm. Gaboleh ada yang kelewat yaa. SEMUANYA harus dipenuhin. Banyak syaratnya di luar IPK. Apa lagi kayak gue yang ngejar syarat cum laude mepet-mepet deadline masa studi, takut ga keburu, haha. Buat dapetin acceptance letternya itu loh, susah! Buat dapetin IPK aja kudu keringetan dulu. Kalo liat IPK anak-anak angkatan di bawah gue, bujut! Gede-gede bener dah. Minder gue, haha. Wajar sih. Sistem penilaiannya kan beda.
Salah satu tujuan gue ngejar bisa cum laude adalah, biar bisa bikin orang tua gue bangga. Ya walaupun mungkin, menurut kalian cum laude itu biasa aja. Cuman sekedar gelar (gue juga mikirnya gitu). Tapi kalo buat orang tua, ketika anaknya punya predikat cum laude pas lulus kuliah, itu bisa jadi kebanggaan tersendiri. Iya ga sih? Apa emak bapak kalian biasa aja kalo kalian cum laude? Udah biasa kali yaa, haha. Apa mungkin emak-bapak kalian dulunya juga cum laude? Kalo emak-bapak gue kebetulan dua-duanya lulusan SMA sama SMK, jadi ga dapet yang namanya cum laude-cum laudean. Jadi ya sebisa mungkin gue lah yaa yang usaha buaut ngedapetin. Seenggaknya biar orang tua juga tau, kalo gue udah dikuliahin jauh-jauh ke (Kabupaten) Bandung, ga cuman main doang, tapi ada yang dihasilin. Walaupun blom bisa ngasilin duit sendiri waktu itu :’)
Nah lanjut lagi ke perjuangan daftar wisuda. Abis beres ngurusin berkas syarat blablablabla itu, ga gratis! Namanya wisuda, ya bayar to. Ngurusin pembayaran. Ada lagi syarat-syarat yang kudu di check-list-in. Kudu ada tanda tangan ini-itu. Kwitansi ini-itu. Tanda terima atau surat dari pihak-pihak terkait (jiailah). Mulai dari ngurus surat bebas tunggakan biaya kuliah, surat bebas perpustakaan, lapor ke CDC  dan lain sebagainya pokonya mah. Jadi lari sana lari sini. Pindah gedung ini ke gedung itu buat nyari tanda tangan di secarik kertas.
Ini nih form yang isinya ceklis buat syaratnya. Ini baru satu sih. Seinget gue ada lagi. Bentuknya udah lembaran dari LAAK masing-masing fakultas,



Formulir Wisuda (syarat)

Mayan sih muter-muternya, soalnya beda gedung, dan ga semua di lantai dasar. Dan ga semua gedung juga ada liftnya. Oiya, syarat foto (ijazah), kalo di Telkom University, cewe pake baju  nasional (biasanya sih pada pake kebaya), kalo yang cowo, pake jas berdasi gitu, rapi deh pokonya. Karna gue gapunya kebaya, jadilah balik ke rumah, minjem kebaya nyokap gue, haha. Dan itu dipake rame-rame. Ya namanya juga anak kosan. Saling berbagi lah, haha.

*****

Singkatnya, beres kan semua syaratnya. Itu juga ada deadline-nya. Lupa tanggal berapa, pokonya awal November. Tanggal 6 November 2015 kalo ga salah sih. Karna saking seringnya bolak-balik Bandung-Jakarta buat cari kerja sama ke jobfair-jobfair, jadi gue baru submit mepet-mepet deadline (halah alesan aja gue, bilang aja males ngurus, dasar deadliner!), tapi ga tanggal 6nya banget juga sih, ada jeda 2-3 hari gitu pokonya.
Akhirnya deadlinepun tiba. Rame-rame lah ya itu para deadliner menuhin ruangan LAAK fakultas. Riweuh. Ini yang bikin gue males kalo mepet deadline banget. Untung aja gue udeh beres duluan. Tapi nih, biar udeh beres, ternyata masih ada yang kudu gue urus. Karna gue tiba-tiba ditelpon orang LAAK Fakultas, buat urus persyaratan mahasiswa berprestasi (katanya). Kaget lah ya gue. Demi apa gue bisa jadi salah satu kandidat mapres? Kaga ada gue kepikiran sampe ke situ. Menurut gue, cum laude aja udah cukup. Karna tujuannya emang bukan cuman buat kepuasan gue. Tapi orang tua gue, sama keluarga besar gue juga. Karna ditelpon bolak-balik, jadilah gue urus itu permintaan LAAK. Untung aja prestasi gue ga yang bergudang-gudang, jadi ngurusnya ga lama-lama banget. Itu aja udah rempong. Ditelpon sampe 3 kali sehari sama LAAK, udah kayak makan (gue sebagai anak kosan aja jarang makan sehari sampe 3 kali, mentok 2 kali doang).
Jadi intinya gue disuruh ngurusin bukti-bukti gue ikut lomba. Sertifikat-sertifikat gitu yang diminta. Sama ada beberapa data juga yang kudu diisi. Waktu itu posisi gue masih kandidat ya. Soalnya masih ada beberapa mahasiswa lain yang juga dimintain. Dari IKOM ada gue sama Prima (gils, saingannya berat euy, gue sih udah nothing to lose aja waktu itu pas liat saingannya ternyata Prima, yang penting udah kasih apa yang diminta sama LAAK). Sisanya terserah deh, ga terlalu ngarep juga. Dari ADBIS juga banyak ternyata. Yowes lah ya, orang kata si bapak LAAK aja, “ini kamu masih diseleksi lagi ya, belom tentu kamu yang nanti jadi mapres, doa aja, saingannya banyak”.
Dalem hati gue, “Iye pak, saya juga tau, kalo rejeki ga kemana pak. Kalo bukan rezeki saya yaudah”.
Abis beres itu ternyata hari-hari besok-besoknya gue masih diriweuhin sama urusan itu. Bingung juga gue. Belom tentu jadi mapres aja bulak-balik ke LAAKnya aja berkali-kali. Ga kebayang waktu Sonia jadi mapres. Dia kan banyak banget prestasinya. Ngeri lah. Gue mah apa dibanding Sonia. Dari lomba aja gue masih bisa diitung pake lima jari, haha.

*****

Jadi, sebelom wisuda, dari fakultas masing-masing ngadain farewell party. Tau dah itu tradisi dari kapan. Kalo dulu setau gue sih ada achievement night. Tapi sekarang ganti jadi farewell party. Padahal kayaknya sih asikan achivement night ya, semacem prom gitu kalo di SMA. Karna wisuda periode November biasanya 2hari (Jumat sama Sabtu), jadi farewellnya Kamis, barengan sama ADBIS juga. Kebetulan IKOM dapet jadwal hari Sabtu (tumbenan aseli ini mah, biasanya IKOM kebagian yang Jumat). Kebetulan juga jumlah wisudawan IKOM lebih banyak (dikit) dari ADBIS, jadi dijadwalin Sabtu (sotoy, ini analisa gue sendiri haha, karna biasanya wisudawan ADBIS lebih banyak dan dijadwalin Sabtu, nah waktu itu gantian kali ya, haha). Kabar ada farewell party aja gue dapet H-2 apa H-1 gitu, lupa. Bahkan cuman lewat whatsapp, salah lagi infonya, huft. Dan ternyata undangannya sama orang tua juga. Gue gatau, lagian udah mepet banget. Mana nyokap gue kan lagi banyak banget kerjaannya waktu itu. Deadline juga, ga tega gue bilangnya. Dan akhirnya, dapet telepon dari LAAK, kali ini Teh Olin yang nelpon. Intinya bilang kalo bisa orang tuanya dateng. Duh gue ga janjiin tuh. Pokonya yang penting gue dateng. Gue kira emang semuanya disuruh sama orangtuanya juga. Ternyataaaa..... (tar deh diterusin di bawah).

*****

Jengjeng, tibalah hari buat farewell party sama fakultas. Sedih sih. Belom lama kayaknya tuh gue OKMB, udah mau wisuda aja. Gimana yang wisuda Maret ya? Haha. Dan lokasi farewell sama OKMB sama. Di aula-aula juga. Kostumnya juga 11-14 lah. Kalo dulu waktu OKMB masih pada cupu-cupu, waktu itu udah beda.  Kalo dulu waktu OKMB masih pake item-putih kayak anak magang (rapi bener), waktu farewell tetep pake atasan putih, tapi bawahannya udah pake jeans, jilbabnya juga udah macem-macem. Kalo waktu OKMB yang telat pasti dihukum, pas farewell sengaja nelat-nelatin, nunggu yang lain masuk, baru masuk. Udah pada gede ya, haha (apaan deh). Udah pada bisa ngebangkang. Udah pada bisa dandan, minimal rawat diri lah dikit-dikit (bedakan ama pake gincu, haha).
Ternyata masuknya kita dapet suvenir. Yang lain mah dapet miniatur orang pake toga, anak FKB dapetnya mug ini, haha gapapa lah, mayan buat tempat nyeduh kopi ama teh.

Mug Alumni FKB 2015


Acaranya mayan bikin baper sih. Aselik! Gue aja kalo inget rasanya jadi terharu. 4 tahun pas gue kuliah di Telkom University. Dari mulai namanya Institut Manajemen Telkom (Sekolah Komunikasi Multimedia), berubah jadi Telkom University alias Universitas Telkom (Telkom Economic and Business School รจ School of Communication and Business alias Fakultas Komunikasi dan Bisnis). Ngalamin kok anak 2011 mah. 2011 mah ngalamin banget fase-fase perpindahannya. Dari yang logonya:

Transformasi Logo Telkom University

        Akhirnya gue lulus dari Telkom University. Plong rasanya (sebenernya kaga sih, plong karna udah kaga bayar duit kuliah aja), tanggung jawab mah masih ngebayang-bayang. Beda ga sih kuliah sama SMA? Kalo gue sih rasainnya beda. Buat lulus kuliah tuh rasanya perjuangannya pol-polan, 11-20 lah sama bikin rencana kerja sama UN di H-sekian dulu haha. Kalo dulu kan dipikir bareng. Ini mah lulus dewe-dewe. Sesuai usaha masing-masing. Kaga bisa diusahain bareng-bareng kayak UN dulu. Itu kenapa makanya gue bilang lebih berat dan pol-polan dan pas lulus rasanya plong, rasanya pengen teriak “FINALLY! THANK GOD! YOU GIVE ME STRENGTH TO THROUGH ALL THIS SHEER WAY!”. Apa lagi kalo inget gimana masa-masa nyekripsi, rasanya pengen udahan aja tuh waktu itu. Hampir nyerah! Pas inget orang tua lebih susah lagi nguliahin gue, baru deh, berjuang lagi, Dakol-Dago bulak-balik mah ketjil!

*****

Ternyata ga semua mahasiswa disuruh dateng sama orangtuanya. Waduh, gils. Mana gue sengaja kaga bilang sama emak-bapak gue kalo ada undangan farewell party juga. Ga tega, lagi pada sibuk, masa iya tiba-tiba gue suruh berangkat dan dateng ke farewell party. Jauhnya itu loh, kasian L
Dan pas farewell party, ternyata juga ada pengumuman mahasiswa berprestasi fakultas. Dan dari IKOM sama ADBIS dipilih masing-masing 3 orang. Dipanggilnya gatau urutan apaan. Pokonya selang seling ADBIS-IKOM-ADBIS-IKOM-ADBIS-IKOM. Dari ADBIS gue kaga ada yang kenal. Kalo dari IKOM, yang dipanggil pertama si Mustafa, trus abis itu Prima daaaaan terakhir GUE! MIAPEH! Haha suka ga percaya gitu gue. Waktu itu kan IKOM ada 5 orang cum laude, 3 Broadcasting 2 Marcomm. Ya gue kira mah anak Marcomm. Kok bisa jadi gue yang dapet?! Mungkin khilaf ya. Gapapa deh kalo khilafnya mah bikin gue bengong ga percaya.
Duh maaf yaa Bu, Pak. Gara-gara gabilang ada undangan jadi gabisa liat anakmu ini maju dapet penghargaan dari fakultas, maaf yaa. Jadi ngrasa bersalah sampe sekarang. Padahal yang lain mah maju sama perwakilan orangtuanya (kalo ga emak ya bapaknya. Gue maju sendirian :’)
Ini hadiah yang gue dapet dari fakultas:

(Anggep aja) Kado Wisuda dari Fakultas Komunikasi dan Bisnis

Ada ucapannya, ada bunganya ada tasnya juga, cuman tasnya ga kefoto, haha. Karna FKB, jadi dominannya warna ungu deh. Tapi gapapa deh, ungunya masih yang bagus kok.


To be continued....

13 comments:

  1. Kak, saat wisuda apa saja keiistimewaan predikat cumlaude ya?
    Katanya mahasiswa yang cumlaude tahun lalu orangtua nya diposisikan di tempat khusus. Aku mau tau secara detil kak. btw aku miba 2016

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ghina Mayliana. Maaf baru respon. Untuk keistimewaan pas wisuda, yang cumlaude orang tua dapat tempat duduk paling depan, dengan undangan yang sudah ditandai dengan pita merah (kalo masih pake cara ini).

      Delete
  2. punten kak mau nanya, syarat cumlaude setiap fakultasnya beda-beda ya? denger-denger nggak boleh ada nilai C? pengen tau ih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kartini! Kurang tau kalo per fakultasnya punya syarat khusus cumlaude apa enggak, setau aku yang wajib ada 4. Masa studi >= 4tahun, IPK <3,50, TOEFL <450, sama surat penerimaan jurnal eksternal/internasional. Untuk syarat nilai minimal kurang tau ๐Ÿ˜ cukup ngebantu?

      Delete
  3. kak mau tanya untuk IPK > 3.5 itu harus setiap semester segitu atau nanti akhirnya harus > 3.5? masih bingung kak... soalnya ip semester 1 aku 3.47. apa masih bisa ngejar cumlaude?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Salma, maaf yaa baru respon. IPK >3.5 itu komulatif, jadi hasil IP smt awal sampe smt akhir nanti pas mau lulus. Tingkatin terus aja IP di smt² depan yaa, smoga bisa cumlaude pas wisuda! Semangat!

      Delete
  4. Kaa mau tanya, aku masih bingung sama surat penerimaan jurnal eksternal/internasional. Maksudnya gimana apa yg gimana ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salsa, kamu yang udah nge-message via hangout yaa? kalo masih mau nanya-nanya, via hangout aja ya, biar rada fast response, thank you :)

      Delete
  5. Ka mau nanya cara buat dapetin LoA itu gimana langkah-langkahnya dan alamat webnya gimana yah kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sasma, maaf baru respon, untuk dapet LoA kita harus ajukan jurnal kita ke institusi tertentu dulu, biasanya LoA dikirim kalau udah ada konfirmasi dari pihak institusi yang bersangkutan. Kalau masih belum jelas bisa, nanya via email yaa di denarosiana@gmail.com, thank you :)

      Delete
  6. Ka mau nanya cara buat dapetin LoA itu gimana langkah-langkahnya dan alamat webnya gimana yah kak?

    ReplyDelete
  7. Kak mau nanya, syarat foto ijazah harus keliatan telinganya ya?:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Eva, maaf baru respon yaa. Wah kalo syarat itu aku kurang tau, soalnya aku pake kerudung juga, jadi ga terlalu concern sama aturan itu (kalopun ada ketentuannya), maaf yaa gabisa jawab pertanyaannya :')

      Delete