“Selamat
datang (di Indomaret/Alfamart), selamat berbelanja!”
Sapaan
yang selalu gue terima tiap kali buka pintu kedua minimarket itu, dimanapun! Minimarket
yang hampir selalu berdampingan. Udah hampir kayak gula ama semut terus
perangko ama amplopnya. Heran! Bisa dipastiin dimana ada alfamart dibuka, pasti
ada indomaret di deket alfamart itu. Sebaliknya juga, dimana ada indomaret
dibuka, bisa dipastiin hampir selalu ada alfamart yang ikutan buka dengan jarak
yang ga terlalu jauh. Entah apa maksudnya. Mungkin mau nunjukin begitulah ‘kerukunan’
di dunia bisnis, terutama waralaba, kayak mereka itu.
Atau
mungkin bersaudarakah mereka? Entahlah. Tapi coba liat ikon mereka
masing-masing. Hampir sama, mirip! Kayak kakak-adek. Sama-sama serangga unyu
berantena dua (satu semut satunya lagi lebah) berbaju merah yang mungkin
sengaja didesain buat narik perhatian calon pelanggan.
Ga
cuman ikon, bahkan warna identitas mereka pun cuman beda satu garis warna. Yang
satu merah-biru-kuning, satunya lagi merah-kuning. Produk-produk yang dijual
juga sama. Bahkan mereka juga sama-sama produksi berbagai barang dengan brand mereka sendiri (air mineral,
kapas, tisu, dll).
Masalah
harga, Gue rasa mereka saling melengkapi. Ga semua lebih mahal di alfamart dan
ga semua lebih murah di indomaret (tapi tetep lebih murah di toko kelontong,
kecuali pas ada promo). Begitulah faktanya! Janjian kah? Apa malah mereka satu
bapak? Haha.
Gampang
banget nemuin kedua minimarket ini.ga
perlu susah-payah nyarinya. Kalo kata temen gue malah “mereka itu ada
dimana-mana”. Buat gue, saking banyaknya dan bercecerannya mereka di pinggir
jalan, sampe bisa buat penanda jalan kalo lagi nyasar. Pinter deh milih tempat
buka gerai! Kayak sengaja ngegampangin orang buat nemuin mereka. Ga mau resiko
dong tentunya buat ngambil tempat yang sepi. Selalu di pinggir jalan raya yang
emang sering dilewatin kendaraan dan gampang dijangkau.
Desain
tempatnya juga sama. Diterangi banyak lampu neon
biar kesannya mewah terus ditambah sama AC deh. Dimanapun dua minimarket itu, ya pasti tempatnya
begitu. Pastinya juga ada tempat-tempat/rak-rak buat nyusun barang-barang
eceran yang dijual. Kalo pas lagi ada promo, tempelan keterangan promo nempel
disetiap rak, juga dipasang di plang depan gerai. Dibagian belakangnya ada
semacem pintu buat akses ke gudang yang cuman boleh dimasukin sama karyawannya.
Bagian depan deket pintu selalu ada minimal 1 kasir yang ngelayanin pembayaran.
Sekarang,
beberapa gerai udah mulai nambahin fasilitas semacem kursi-kursi sama meja di
depan gerai. Konsepnya kayak Sevel gitu. Jadi kayak bikin kafe mini. Produk yang dijual juga nambah. Ada
burger siap makan, ada puddingnya,
ada minuman soda yang bisa ambil sendiri, ada kopi yang bisa langsung seduh di tempat,
dll. Udah kayak sevel-sevelan deh pokoknya.
Ohiya,
buat slogannya sendiri intinya sama, bejanja hemat. Yang satu “mudah dan hemat”,
satunya lagi “belanja puas harga pas”. Kalo buat gue, sebagai anak kost yang
paling hobi ngecek harga paling murah (demi hemat duit bulanan), kedua minimarket itu justru ngejual barang dengan
harga (sedikit) lebih mahal dari harga di pasaran, misalnya kantin, koperasi, toko
kelontong bahkan supermarkel sekalipun. Maklum, yang namanya anak kost kayak
gue ini agak perhitungan kalo masalah perbedaan harga. Beda Rp 100,00 aja jadi
perhitungan. Haha. Tapi kalo udah urgent
mah harga jadi nomer 2, yang penting barangnya ada.
Bisa
jadi dengan banyak kemiripan yang gatau disengaja apa engga dan keberadaan
mereka yang selalu deketan, mereka
bersaudara, atau mungkin malah satu bapak. Tapi? Apa iya? Ah, sudahlah, itu
urusan mereka. Gue mah cuman jadi konsumen promo mereka saja.
No comments:
Post a Comment