Friday 17 January 2020

24 Jam di Singapore, Bisa Kemana Aja?

Cuman punya waktu singkat buat jalan-jalan ke Singapura? Atau malah cuman transit di Singapura? Kalau kalian cuman punya waktu seenggaknya 24 jam, kalian masih bisa kok keliling-keliling Negeri Singa yang ramah wisatawan ini. Dengan waktu segitu, kalian bisa kemana aja  sih, selain muter-muter di Changi? Sini-sini merapat, gue kasih tau.


World's best airport.
Changi International Airport, Singapore
Biasanya kan kalau mau penerbangan jauh, kalian kudu transit dulu. Nah, misal kalian ada waktu cukup banyak. Kalian bisa keliling Singapura dulu bentar. Sekalipun kalian cuman punya waktu kurang dari 24 jam, kalian tetep bisa nikmatin Singapura dari Bandaranya yang super duper luas banget dan guede banget. Changi International Airport masih jadi bandara terbaik dunia. Bandara Negeri Singa ini punya 4 terminal yang masing-masing punya atraksi yang menarik dan bisa banget ngehibur penumpang yang mau berangkat ataupun baru dateng di Singapura.

HSBC Rain Vortex, si air terjun indoor tertinggi di dunia. Tingginya 40 meter. Air terjun ini seolah ngalir dari bagian atap ke dasar gedung. Super keren.
HSBC Rain Vortex Jewel Changi Airport
Ketika kalian kayak gue yang baru nyampe Singapura malem (kalau gue sekitar jam 21.00 waktu Singapura), kalian bisa nikmatin atraksi di Jewel Changi Airport. Ada HSBC Rain Vortex, atau dikenal juga air terjun indoor tertinggi di dunia. Tingginya 40 meter. Super keren. Asli ga boong. Jadi salah satu mandatory picture juga kalau kalian ke Singapura. Ga boleh kelewatan sih pokoknya mah. Sebelomnya, pastiin kalian ngecek jadwal operasionalnya sama jadwal light and sound show-nya juga yaa. Jangan sampe pas kalian dateng, ternyata lagi maintenance atau lagi ga beroperasi karena alesan tertentu. Buat jadwal show-nya kalian bisa cek di sini. Kalau bisa sih pas dapet pertunjukan awalnya, karena sebagus itu.


Video Rain Vortex Light and Sound Show

Udah puas nikmatin pertunjukan yang spektakuler sama foto-foto, sempetin keliling bandaranya dulu deh, banyak banget fasilitasnya. Changi ini super keren sih. Ga paham lagi gue. Bandara, tapi segalanya ada di situ. Pantes sih jadi World’s Best Airport. Dari empat terminal yang ada, kalian bisa nemuin instalasi-instalasi seni yang super modern, taman-taman tematik gitu, bahkan kolam renang, gym, spa, sampe bioskop juga ada loh. Wah keren sih. Mana terminal 5 katanya lagi on progress sekarang. Makin keren aja sih pasti nantinya. Kalau misalnya kalian cuman punya waktu kurang dari 24 jam atau cuman sekedar transit bentar di Singapura, keliling di Changi aja juga ga bakal bosen. Kayak lagi wisata aja jadinya, haha.


Video Instalasi Seni “Kinetic Rain” di Terminal 1 Changi Inernational Airport

Kalau udah capek keliling, langsung cuss ke penginepan kalian, jangan sampe kelewat MRT terakhir yaa. Kalau kalian nginep di area downtown, jauh dari Changi soalnya. Jadi, kalau naik taksi, pasti bakal super mahal. Makanya cek jadwal terakhir MRT dari Changi yaa. Waktu gue, jam 11an malem sih masih ada yaa, gatau terakhirnya jam berapa, mungkin setelahnya masih ada. Nah, dari stasiun MRT Changi, kalian bisa langsung aja ke MRT station paling deket dari penginepan (perhatiin transit-transitnya yaa). Kalian bisa cek jadwal, rute sama tarif MRT Singapura di sini. Tapi, kalau masih belom capek dan pengen singgah di red distict-nya Singapura, bisa mampir ke kawasan Geylang dulu. Kalau gue berhubung ga tertarik, malah cenderung takut buat ke kawasan itu, jadi gue langsung ke penginepan, haha.
Langsung istirahat yaa kalau udah nyampe penginepan. Siapin tenaga buat besoknya keliling-keliling all day long. Kalian bakal lebih sering jalan kaki soalnya, jadi kudu bener-bener siapin tenaga yaa. Tapi asyik kok jalan kaki di Singapura. Ramah pedestrian banget lah.
****
Lanjut buat hari kedua yang berarti hari terakhir di Singapura kalau kalian cuman punya waktu 24 jam aja. Jangan lupa bangun pagi yaa, jangan sampai kesiangan karena waktu yang terbatas. Langsung check out aja dari penginepan. Karena seharian bakal jalan-jalan full sampai waktu kalian habis di Singapura.


Universal Studio ini ada di Sentosa Island. Pulau yang terkenal sama beragam atraksinya ini ada di selatan Singapura. Buat ke sini ada beberapa pilihan transportasi. Kalian bisa naik bus yang ongkosnya sekitar S$1 atau S$2, atau naik Sentosa Express yang harga tiketnya S$4, atau bisa juga naik cable car yang harga tiketnya paling mahal, yaitu S$25-30. Kalian juga bisa jalan kaki, tapi tetep bayar S$1, semacem biaya retribusi.
Bola Dunia Universal Studio Singapore
Gue kasih saran buat option pertama, kalau kalian pengen ke lokasi mandatory picture selanjutnya, yaitu bola dunia Universal Studio Singapore (USS). Buat ke USS kalian harus ke Sentosa Island dulu. Biarpun ga masuk ke USS-nya, kalian tetep bisa kok keliling-keliling pulau yang penuh sama resort plus atraksi ini. Nah, buat ke Sentosa Island, kalian punya beberapa pilihan. Bisa naik bus sekitar S$1 atau S$2, naik Sentosa Express S$4, naik cable car S$25-30, atau jalan kaki (harusnya bayar, semacem retribusi kali yaa S$1) dari Vivo City.


Merlion Sentosa ini ada di Sentosa Island. Pulau yang terkenal sama beragam atraksinya ini ada di selatan Singapura. Buat ke sini ada beberapa pilihan transportasi. Kalian bisa naik bus yang ongkosnya sekitar S$1 atau S$2, atau naik Sentosa Express yang harga tiketnya S$4, atau bisa juga naik cable car yang harga tiketnya paling mahal, yaitu S$25-30. Kalian juga bisa jalan kaki, tapi tetep bayar S$1, semacem biaya retribusi.
Merlion Sentosa
Harus banget nih kalau udah nyampe Sentosa Island, foto di depan bola dunia USS. Kalau udah foto-foto, keliling dulu deh bentaran. Jangan lupa juga foto di Merlion raksasa yang ada di Sentosa Island. Banyak banget spot-spot lucu nan instagrammable di sini tuh. Tinggal pinter-pinter kalian aja nyari yang sepi, haha. Karena di sini super rame, hampir di setiap sudut.

Di kawasan Chinatown ini, banyak ditemuin kios-kios penjual pernak-pernik bertema Singapura. Harga pernak-pernik di sini cukup murah. Di sini juga banyak street food yang bisa kalian coba.
Kawasan Chinatown
Jangan sampe terlena kelamaan di Sentosa yaa. Masih banyak lokasi yang harus kalian datengin. Abis dari Sentosa Island, kalian bisa mampir ke Chinatown bentar. Di sini kalian bisa nemuin suvenir-suvenir dengan harga super miring. Bisa nawar lagi, kalau kalian beruntung dapet penjual yang baik. Kalian juga bisa mampir ke Chinatown Heritage Centre dulu, buat nambah-nambah pengetahuan dikit. Ada kuil yang terkenal juga di Chinatown ini. Namanya Buddha Tooth Relic Temple. Kalau pas ke sininya malem dan buka, kuilnya jadi bagus, banyak lampu-lampu nyala. Sayangnya pas gue dateng entah lagi tutup atau gimana, kuilnya gelap, so sad.

Sri Veeramakaliamman Temple merupakan salah satu kuil di kawasan Little India, Singapura. Kuil ini biasa digunakan umat untuk beribadah. Sebagian besar merupakan warga Singapura keturunan India. Kuil ini juga dibuka untuk umum, tapi ingat, harus menjaga tata krama dan sopan santun. Hormati umat yang tengah beribadah.
Orang Beribadah di Sri Veeramakaliamman Temple
Beli suvenir buat oleh-oleh udah, saatnya lanjut ke kawasan Little India naik MRT dari stasiun Chinatown. Ada apa aja sih di sekitar sini? Ada banyak spot foto lucu juga. Ada kuil cantik yang bisa kalian kunjungin juga, namanya Sri Veeramakaliamman Temple. Kuilnya warna-warni. Cantik deh. Di sini bisa icip-icip masakan India yang super autentik sih. Rempah banget. Duh namanya apa yaa. Pokoknya mirip nasi kari, tapi kuahnya jauh lebih pekat rempahnya, dan katanya semua bahannya plant-based


Udah di Little India ga afdol kalau ga foto di Tan Teng Niah. Lokasi super warna-warni ini, cocok banget buat dijadiin background foto kalian. Jadinya bagus gitu. Full color abis.
Tan Teng Niah

Udah di Little India ga afdol kalau ga foto di Tan Teng Niah. Lokasi super warna-warni ini, cocok banget buat dijadiin background foto kalian. Jadinya bagus gitu. Full color abis. Kalau kalian mau liat yang lebih bagus dan cantik, bisa cari via instagram atau pinterest. Banyak banget inspirasi angle yang bagus.


Salah satu gang yang ada di kawasan Bugis. Di sepanjang jalan ini ada sederet kafe, toko baju, bar dan spot foto instagrammable. Warna-warni dari bangunan yang ada di sepanjang jalan ini menarik untuk menjadi latar foto. Di bagian ujung jalan juga ada mural yang bagus sebagai latar foto yang instagrammable.
Haji Lane
Jadi lupa kan belom makan siang. Kalian bisa pilih mau makan di mana. Di Harbourfront sebelom ke Chinatown, bisa juga pas di Chinatown, atau Little India, atau jalan dikit ke tujuan selanjutnya, Bugis. Ada apa sih di kawasan ini? Mau cari oleh-oleh cokelat murah? Ada ABC Bargain Centre. Mau foto-foto di spot instagrammable? Ada Haji Lane. Mau ngopi syantik? Ada kedai kopi yang cukup terkenal, % Arabica namanya. Tapi siapin budget agak lebih yaa buat ngopi di sini. Agak pricey soalnya, haha.

Masjid Sultan ini ada di kawasan Bugis. Masjid ini dibuka buat umum sebagai lokasi wisata, tapi biasanya setiap jam salat, Masjid ditutup untuk umum, agar tidak mengganggu ibadah salat berjamaah.
Masjid Sultan
Ada apa lagi di Bugis? Ada buanyak tempat makan. Ada Masjid Sultan juga kalau mau salat, buat kalian yang muslim. Masjid ini juga dibuka buat umum kok. Jadi yang non-muslim juga tetep bisa masuk. Tapi liat jadwalnya juga yaa. Soalnya biasanya kalau waktu salat, kunjungan buat wisatawan umum ditutup.

Taman ikonik dari Singapura ini memiliki luas 2.500 m². Taman ini bisa dikunjungi secara gratis selama 24 jam.
Merlion Park
Sore menjelang sunset, saatnya menuju lokasi mandatory picture selanjutnya. Apalagi kalau bukan Merlion Park. Bisa nikmatin sore ke malem (best time to visit) di tengah ramainya orang-orang yang dateng. Foto ala-ala minum dari air mancurnya jangan ketinggalan, biar heitz kayak orang-orang, haha.  Kalau laper, pengen makan, di kawasan ini ada hawker, namanya MakanSutra Gluttons Bay. Ada banyak pilihan makanan sama minuman yang bisa kalian cobain di sini. Harganya? Yaa, pilih aja yang sesuai sama kantong, hehe. Yang gue heran di sini adalah, pas gue beli minum dan minta less ice, malah disuruh nambah harga. Hmmmm, aneh sekali.


Gardens by The Bay ini ada di kawasan Marina Bay. Tepatnya di kawasan Gardens by The Bay. Ada beberapa lokasi yang bisa kalian datengin di Gardens by The Bay, ada Flower Dome, Cloud Forrests sama Supertree Groove.
Gardens by The Bay
Ga cuman Merlion aja yaa, di sekitar kawasan ini ada banyak lokasi plus atraksi gretongan alias gratisan buat kalian. Di sekitar Esplanade suka ada pertunjukan musik gratis, di kawasan Marina Bay ada juga light and water show kalau malem. Jangan lupa juga ke Supertree Groove Gardens by The Bay yaa. Ada light show yang amat sangat ikonik setiap malemnya. Sekeren itu kawasan ini. Banyak banget atraksi gratis yang super worth to watch! Kalau ke Singapura, kawasan ini yang paling ga boleh kelewat sih. Ibaratnya belom ke Singapura kalau belom nyampe kawasan ini, haha.


Supertree Groove Gardens by The Bay ini ada di kawasan Marina Bay. Tepatnya di kawasan Gardens by The Bay. Ada beberapa lokasi yang bisa kalian datengin di Gardens by The Bay. Salah satu yang bisa kita dinikmati secara gratis adalah Supertree Groove ini. Di sini ada beberapa instalasi pohon raksasa yang bisa bikin kalian terpukau. Setiap malam ada pertunjukan, namanya Garden Rhapsody Show. Pertunjukan ini keren banget. Pengunjung disuguhi pertunjukan cahaya (lampu) dari pohon-pohon raksasa yang berpadu harmonis dengan lagu yang diputar. View ini ga cuma bisa diliat dari bawah Supertree, tapi juga dari atas via OCBC Skyway.
Supertree Grove View dari OCBC Skyway
Nikmatin sisa waktu kalian di Singapura dengan segala atraksi yang ada. Kalau sempet kalian cobain sensasi naik ke OCBC Skyway-nya Gardens by The Bay yang ada di atas Supertree Groove. Tapi buat yang takut ketinggian jangan coba-coba yaa. Gue aja sempet hampir ga bisa jalan saking lemesnya. Udah tinggi, jalurnya jaring-jaring. Mantap! Apalagi kalau ada angin, rasanya goyang-goyang. Waktu di atas dibatesin banget. Tapi kalau beruntung kalian naik pas lagi light show. Jadi bisa liat light show dari atas sini. Tapi tetep sih, spot terbaik buat nikmatin light show dari Supertree Groove ini yaa dari bawah, sambil tiduran di jalanan atau rerumputan. Apalagi kalau sama pasangan *eh.

Video Light Show Gardens by The Bay

Nah, itu tadi rekomendasi gue buat kalian yang cuman punya waktu 24 jam aja di Singapura. Lokasi-lokasi yang gue sebutin di atas must visit sih buat kalian yang mau ke Singapura. Sebagian besar gratis. Tapi ada juga yang bayar. Ayo siapin budget dan waktu kalian buat liburan!
Selamat berlibur, gaes!

No comments:

Post a Comment