Monday 13 January 2020

Bawa Uang Saku Rp 500 Ribu-an Buat 3D2N di Singapore, Cukup?

Kayak yang udah-udah, gue bakal kasih tips liburan super hemat buat kalian, gengs! Jangan bosen-bosen baca tulisan gue yaa, haha! Kali ini gue bakal ajak kalian jalan-jalan ke Singapore alias Singapura yang dikenal sebagai Negeri Singa. Butuh uang saku berapa sih buat ke Singapura 3 hari 2 malem (3D2N)? Minimalis lah pokonya. Sini gue kasih tau dah.

Merlion Park

Negeri Singa, salah satu negara yang udah maju ini emang terkenal sama biaya hidup  yang super mahal. Bahkan masuk salah satu negara dengan biaya hidup tertinggi di dunia. Ini kebukti pas gue lagi nyari-nyari referensi buat liburan ke Singapura. Mulai dari biaya makan, akomodasi, bahkan transportasi, semuanya tergolong mahal. Apalagi buat para shobat missqueenbeuh! Ambyar liat harganya, shock! Kayak gue pas awalnya. Gimana ga syok, penginepan yang paling murah di atas Rp 100 ribu per malem dengan konsep dorm dan sharing bathroom, belom lagi sama depositnya. Aduh, ga kebayang deh! Airbnb yang biasanya bagus plus murah, ga berlaku di Singapura! Mau nginep di hotel, beuh, ampuuuuun, mahalnyaaaaa! Tapi ternyata semua bisa disiasati, gengs! Jadi para shobat missqueen tetep bisa liburan ke negara yang mahal satu ini. Bahkan cukup loh dengan uang saku cuman S$50, alias Rp 500 ribuan buat 3 hari 2 malem. Kok bisa? Gimana caranya? Here we go!

Sunset View on Flight
Pertama, pokoknya buat kalian, kemanapun liburannya, sekalipun cuman dalam negeri, gue saranin buat riset yaa, gengs! Apalagi kalau kalian pergi dengan budget terbatas. Biar ga buang-buang waktu sama duit pas udah nyampe tujuan. Misalnya ke Singapura ini, kalian harus cari tau dulu semuanya, mulai dari akomodasi yang strategis, transportasi-transportasinya, sampe makanannya. Jadi kalian bisa alokasiin semua dananya.
****
Kenapa gue bisa cukup dengan hanya bawa cash S$50 (Rp 517.500, kurs waktu tuker uang Rp 10.350) aja? Soalnya semua tiket PP, akomodasi, transportasi selama di Singapura, bahkan sampe attractions-nya, udah gue siapin dari sebelom gue berangkat.  Jadi, gue tinggal bawa uang buat jajan, makan, sama beli oleh-oleh. Yakin segitu cukup? Kalau ga cukup, ga bakal gue tulis jadi judul dong, haha.


Paspor dan Tiket Pesawat
Berapa sih tiket pesawat CGK-SIN? Beda-beda, tergantung kalian mau pake maskapai apa, kelas apa. Kalau gue sih naik LCC yang kelas ekonomi. Biasanya tiket pesawat ke Singapura harganya mulai dari Rp 250 ribuan (kalau lagi promo) sampai, yaa jutaan lah. Gue sendiri dapet tiket CGK-SIN Rp 285 ribu. Murah yaa? Murah banget, seharga tiket kereta gue kalo pulang kampung, itu aja belom dapet kereta yang eksekutif.


Deretan Apartemen di Singapura
Selain tiket pesawat, gue juga udah nentuin penginepan. Kali ini gue beruntung banget sih. Soalnya pas banget lagi ada Traveloka Epic Sale. Cinta banget dah gue sama Epic Sale. Gimana enggak, harga-harga hotel jadi kebanting gitu. Ga cuman yang di dalem negeri, luar negeri juga. Dan sebagai anak kosan yang tetep pengen traveling tapi budget terbatas, Epic Sale ibaratnya kayak hujan di tengah panjangnya kemarau gitu (ditunggu-tunggu banget). Kalau pas lagi ada promo macem gini, jangan kalian lewatin deh, beneran. Gue hampir dapet hotel bintang 3 di Clarke Quay (riverside) buat 3 hari 2 malem cuman Rp 500 ribuan bertiga (harga aslinya lebih dari Rp 1 juta per malem) . Kurang murah apa coba tuh? Sayangnya ga kebayar sih yang hotel ini. Alesannya? Karena beberapa alesan. Namanya jalan rame-rame, jadi yaa harus sampe satu suara baru eksekusi. Dan akhirnya gue ama dua temen gue dapet hotel di daerah Lavender. Harganya sekitar Rp 1,2 juta buat 3 hari 2 malem bertiga (harga asli sekitar lebih dari Rp 1,6 per malem). Duh pewe banget sih lokasinya, enak gitu. Strategis! Soal hotel ini nanti bakal gue ceritain lebih lengkap lagi di tulisan gue yang lain yaa.
Kayak yang gue bilang sebelomnya, riset dan rencanain dulu, kalian mau kemana aja dan ngapain aja di negara tujuan. Usahain semua attractions yang pengen kalian datengin, udah dibeli tiketnya sebelom berangkat. Sekarang banyak banget aplikasi yang nyediain tiket-tiket attractions. Ga cuman attractions di dalem negeri, bahkan luar negeri juga ada. Ibaratnya apa sih sekarang yang ga bisa? Ditambah banyak banget tawaran-tawaran promonya. Beuh! Mantap!

Gardens by The Bay ini ada di kawasan Marina Bay. Tepatnya di kawasan Gardens by The Bay. Ada beberapa lokasi yang bisa kalian datengin di Gardens by The Bay, ada Flower Dome, Cloud Forrests sama Supertree Groove.
Tiket Gardens By The Bay
Kelebihan beli tiket attractions atau hiburan duluan sebelom nyampe negara tujuan apa sih? Banyak, gengs! Terutama promo. Manfaatin dah tuh promo dari situs-situs atau aplikasi, biar harga yang kalian dapetin bisa jauh lebih murah. Asli! Ini bisa banget nge-press budget. Kayak gue kemaren misalnya. Gue beli paket tiket Gardens by The Bay (Flower Dome & Cloud Forest)+OCBC Sky Way+Red Dot Museum cuman sekitar Rp 240 ribu (harga awal hampir Rp 330 ribu). Bisa lebih murah bahkan kalau kalian pas nemu promo yang lebih banyak potongannya. Gue juga dapet harga tiket ArtScience Museum (Single Exhibition: Future World+Digital Light Canvas) seharga Rp 130 ribuan (harga asli Rp 160 ribu-Rp 200 ribuan, tergantung situs dan peak seasons apa enggak). Lumayan kan bisa motong dikit-dikit. Paling ga kepotong Rp 100 ribu, bisa buat nambah beli oleh-oleh atau tambahan duit jajan.
Buat masalah attractions, gue milih dua aplikasi, Traveloka sama Klook. Ini tergantung promo sih sebenernya. Sama user friendly-nya juga yaa. Buat kalian yang mau dapet potongan tambahan Rp 45 ribu juga bisa kontak gue. Jangan ragu buat ngontak gue yaa kalau kalian juga mau dapet referral code Klook. Don’t hesitate to contact me, gengs! I’ll give you my referral codeso you can use it to reduce the prices.
Selain riset dan nentuin mau kemana aja (attractions-nya) sama nginep di mana, gue juga udah nyiapin itinerary sedemikian rupa, sampe gue tau bakal alokasiin uang saku ke mana aja. Gue bikin serinci mungkin, mulai dari berangkat ke Bandara Soekarno-Hatta, perkiraan waktu nyampe, biaya, sampe rute perjalanan pas di Singapura. Bahkan gue bikin panduan harus naik apa aja (bus/MRT), gimana rutenya, harus transit di mana. Kalau masalah itinerary ini, kalian bisa kontak gue via apapun buat dapetin itinerary selengkapnya. Siapa tau bisa jadi panduan kalian buat liburan kalian ke Singapore. Lumayan, tinggal ubah-ubah dikit aja. Don’t hesitate to contact me if you wanna get my full itinerary!


Jenius Card dari BTPN
Buat transportasi gue ga beli STP (Singapore Tourist Pass) ataupun EZ Link Card. Agak mehong yaa kalo beli ini. Dua-duanya ini harganya lebih dari Rp 100 ribu. Cukup mehong kan? Apalagi buat gue yang cuman 3 hari 2 malem di Singapura. Untungnya gue punya Jenius Card yang udah Visa Contactless. Jadi, tinggal “tap” aja kalau mau naik bus atau MRT di Singapore. Walaupun tetep agak sedikit lebih mahal daripada kalau pake dua kartu yang gue sebut tadi. Tapi paling cuman beda beberapa sen doang. Buat soal ini, nanti juga bakal gue bahas sendiri di tulisan-tulisan gue selanjutnya yaa.
Nah, udah kan semuanya. Itu tadi yang gue sebut di atas, dialokasiin sebelom berangkat yaa. Bukan pas udah nyampe Singapura, kalian baru kalang kabut gatau mau kemana dan jadi ngabisin cost yang lebih banyak. Mungkin banyak traveler yang suka sesuatu yang dadakan, tapi ga buat gue. Sesuatu yang dadakan boleh lah, tapi ga semuanya juga. Tertentu aja. Kalau semuanya dadakan, repot juga, haha. Apalagi kalau budget kalian terbatas.


Uang Saku Singapore Dollar
Gue mutusin buat bawa uang cash S$50 aja. Tadinya gue juga khawatir, takut kurang. Soalnya di Singapura kan apa-apa mahal. Tapi ternyata gue underestimate diri gue sendiri. Duit S$50 gue ternyata cukup dong, bahkan sampe lebih (sisa lebih dari S$6). Bisa buat apa aja sih uang segitu di Singapura 3 hari 2 malem? Sini gue kasih tau.


Di kawasan Bugis banyak terdapat lokasi-lokasi yang bisa dikunjungin. Di sini terdapat lokasi kuliner, tempat foto, belanja, dan tempat ibadah.
Kampong Glam Cafe
Pertama kali nyampe, malem-malem, laper. Jadilah beli camilan ke convenience store di deket penginepan. Ga sampe S$2 juga gue belanja, sekalian beli croissant buat sarapan. Besoknya, lunch di Kampong Glam Cafe. Di sini gue abis sekitar S$4 udah plus minum air mineral. Hari ke dua ini gue juga beli oleh-oleh. Ga terlalu abis banyak, bahkan kayanya paling cuman abis S$10 aja. Sisanya masih banyak kan? Ga tau kenapa selama di Singapura, entah karena kebanyakan jalan-jalan dan banyak banget tempat yang harus di datengin, gue ama yang lain jadi ga gampang laper. Paling baru kerasa malemnya pas udah di hotel, haha. Oiya, di hari kedua yang super panjang ini, gue juga sempet jajan di hawker di sekitar Merlion sama Esplanede (MakanSutra Gluttons Bay). Mayan, beli minum buat bekal jalan ke Merlion dari Gardens By The Bay.


Orchard Road menjadi surganya belanja bagi para pecinta barang branded. Di kawasan ini juga ada satu yang terkenal, yaitu Uncle Ice Cream, yang penjualnya biasanya udah kakek-kakek. Harga per potong es krim S$ 1,2.
Kawasan Orchard Road
Hari terakhir di Singapura, saatnya ngabisin duit, haha. Hari terakhir gue mulai dengan pake duit saku buat naik GrabCar ke Orchard karena kebetulan pagi-pagi ujan deres. Dan PR banget kalau harus bawa-bawa payung hotel buat ke stasiun atau ke bus stop. Untungnya ongkos bagi dua, yaa gapapa lah, sekali-kali naik Grab di Singapura, biar ngerasain (mahalnya). Buat ke Orchard Road yang itungannya deket dari hotel (sekitar 5 Km), kita bayar S$9. Di Orchard gue juga sempet beli Chicken Curry-nya Sevel (niatnya) buat sarapan, karena dari hotel belom makan apa-apa. Tapi ujung-ujungnya buat makan siang juga.


Orchard Road menjadi surganya belanja bagi para pecinta barang branded. Di kawasan ini juga ada satu yang terkenal, yaitu Uncle Ice Cream, yang penjualnya biasanya udah kakek-kakek. Harga per potong es krim S$ 1,2.
Uncle Ice Cream
Udah nyampe Orchard Road, bakal ga lengkap kalau belom beli Uncle Ice Cream. Ini yang gue bela-belain sampe naik Grab ke Orchard, haha. Gue beli es krim ini bahkan sampe dua yaa. Ampun! Kalap! Padahal abis ujan. Tapi ga peduli. Seseneng itu gue nemu es krim ini, setelah sempet nyari-nyari ke sana ke sini ga nemu karena ujan. Harga es krim per potong S$1,2. Katanya dulu namanya “one dollar ice cream”, tapi sekarang udah naik S$0,2, ga bisa lagi deh pake nama itu, haha. Drama nyari Uncle Ice Cream kelar. Lanjut ke Sentosa Island.


Buat ke Sentosa Island ada beberapa pilihan transportasi. Kalian bisa naik bus yang ongkosnya sekitar S$1 atau S$2, atau naik Sentosa Express yang harga tiketnya S$4, atau bisa juga naik cable car yang harga tiketnya paling mahal, yaitu S$25-30. Kalian juga bisa jalan kaki, tapi tetep bayar S$1, semacem biaya retribusi.
Tiket Sentosa Express
Buat ke Sentosa Island ini bisa beberapa cara (dari Harbourfront). Waktu itu gue ama yang lain milih naik Sentosa Express yang harganya S$4 sekali jalan. Sultan emang nih, mentang-mentang hari terakhir. Padahal sebenernya bisa naik bus yang cuman S$1. Untung baliknya bisa naik bus yang gratis, jadi ga perlu lagi ngeluarin duit lagi. Oiya sebelom atau setelah nyeberang ke Sentosa Island, kalian bisa makan dulu di Vivo atau Harbourfront, tinggal pilih aja.

Di Chinatown banyak banget pernak-pernik murah. Gantungan kunci bisa dapet seharga S$10 buat 36-42 biji.
Oleh-oleh Gantungan Kunci “Singapore”
Lanjut ke Chinatown. Di sini katanya banyak banget pernak-pernik murah (rekomendasi dari blog dan vlog orang). Dan ternyata emang iyaa. Gantungan kunci aja bisa dapet seharga S$10 buat 36-42 biji. Gokil kan. Kalau mau belanja banyak, bisa nawar lagi sama yang jual. Keluarin dah tuh jurus jitu nawar kalian di sini. Oiya pas di sini gue juga jajan Old Chang Kee yang sebenernya juga ada di Indonesia. Tapi gatau kenapa pengen aja. Ada beberapa item yang ga ada di Indonesia juga ternyata. Misalnya Kaya Butter Puff, ini ga ada di Indonesia dan ternyata enak banget dong. Jadi favorit baru gue lah itu si Kaya Butter Puff. Terus Curry'Onya juga ga tau kenapa, kayanya rasanya lebih enak yang di Singapura, hmmmm.


Salah satu snack dari Singapura yang juga udah ada di Indonesia ini jadi salah satu buruan wisatawan. Ada beberapa menu yang ada di Singapura tapi tidak ada di Indonesia. Semacam menu eksklusif.
Old Chang Kee di Chinatown (by @residentpace)
Yaa itu dia, S$50 yang gue bawa ternyata lumayan kok. Gue tetep bisa jajan, bisa makan, beli oleh-oleh, sama bayar transportasi yang ga ke-cover sama Jenius Card gue. Cukup lah kalau bawa S$50 buat 3 hari 2 malem di Singapura. Apalagi kalau kalian ga mentingin oleh-oleh. Bisa jajan sama makan lebih banyak tuh. Singapura kan terkenal sama hawker-hawkernya yang lumayan terjangkau. Banyak snack atau street food yang harus kalian cobain juga.
Jadi, selamat berlibur, gaes! Next, cerita gue bakal seputar per-Singapura-an. Masih banyak banget yang mau gue bagi ke kalian. Siapa tau bermanfaat. See yaa!

No comments:

Post a Comment