Saturday 4 January 2020

Super Cepat dan Gampang Perpanjang SIM di Mal Pelayanan Publik


Berhubung sebelomnya juga ngomongin tentang MPP alias Mal Pelayanan Publik, sekalian aja gue kasih pengalaman lain gue tentang urus-urus sesuatu di MPP. Kali ini tentang pengalaman perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) gue di lokasi yang sama kayak sebelomnya, MPP Jakarta Selatan. Gimana sih gampang sama cepetnya urus perpanjangan SIM di MPP itu? Sini gue kasih tau pengalaman gue sekitar dua bulan lalu. Asli, cepet banget, tjuy! Kaga sampe tuh 10 menit. Lamaan juga perjalanan gue bolak-balik Tendean-Kuningan, haha. Check this out!

Gambar SIM Baru (Smart SIM)

Pertama-tama gue mau mengapresiasi diri gue sendiri yang berhasil pertahanin SIM sampe perpanjangan. Which means itu SIM udah 5 tahun ada di tangan gue dalam kondisi sehat wal afiat tanpa rusak ataupun ilang, haha. Dua SIM sebelomnya, belom sampe 5 tahun udah ilang. Entah itu dompetnya dimaling orang, atau dompetnya jatoh tapi gada yang berupaya balikin padahal di situ ada identitas gue. Tapi yaa, namanya belom rezeki. Sedih ga sih? Antara sedih atau kezel pengen maki-maki diri sendiri karena gue seteledor itu, haha.
Nah, bulan November tahun kemaren itu udah jatahnya SIM gue expired. Jadi mau ga mau gue harus perpanjang. Karena denger-denger, kalau lewat sehari aja, kalian bakal disuruh bikin dari awal. Macem bokap gue yang kelupaan perpanjang SIM, jadi telat dua hari. Hasilnya? Kudu bikin ulang, tes dari awal, dan katanya tes teorinya udah berkali-kali ga lulus-lulus, antara sedih dan kasian sih, hehe. Sampe sekarang jadi belom diurus lagi katanya, capek ga lulus-lulus udah 3 kali. Malu juga mau dateng lagi, karena udah ga lulus tiga kali. *pukpuk-in bokap*
Berdasarkan pengalaman bokap, gue jadi belajar, harus perpanjang tepat waktu, ga boleh sampe kelewat. Disempet-sempetin lah kalau perlu, lagi hari kerja juga hajar aja, haha. Kalau sampe bikin baru biayanya juga lebih mahal kan? SIM gue yang lama, expired tanggal 19 November 2019, cantik gasih tanggalnya? Ah ga penting! Pokonya gue usahain biar ga sampe lewat dari tanggal itu. Hasilnya? Gue perpanjang tanggal 18. Yaa Allah, mepet amat, Jamilah! Ini juga udah sambil nunggu-nunggu, siapa tau tiba-tiba ada keajaiban trus ada perpanjangan SIM massal di kantor kayak yang sebelom-sebelomnya. Soalya ga pernah jodoh kalau ada perpanjangan SIM atau Paspor massal di kantor, padahal kan enak yaa, ga usah kemana-mana, udah tinggal daftar ke HR, tapi ga pernah pas aja gitu waktunya. Yang masih panjang dari waktu expired-nya lah, yang lagi libur lah, lagi di luar negeri lah, atau baru tau pas udah di kantor, jadi ga bawa persyaratan. Sad!
Jadi, tanggal 18 November 2019 gue izin abis program gue kelar siaran. Sekitar jam 1an siang gue berangkat dari kantor yang ada di Tendean ke MPP yang ada di Kuningan. Deket banget, ngeGrab kalau tarif normal paling juga Rp 10 ribu, kalau pake promo bisa lah Rp 2.000, haha. Kalau mau naik TJ juga cuman Rp 3.500 doang, PP Rp  7.000. Yah malah ngomongin tarif transportasi. Maap..maap!

Gambar Nomor Antrean

Gue nyampe MPP sekitar hampir setengah 2 siang. Ambil antrean nomor syantik (3030) di jam 13.27. abis itu lagi-lagi gue kudu naik ke lantai 3, kayak pas penggantian paspor sebelomnya. “booth”-nya cuman belakang-belakangan doang. Kalau yang paspor kemaren dari resepsionis lo ke kanan, kali ini ke kiri. Ada di pojokan gitu dia.
Abis nemu “booth”-nya, niatnya mau duduk dulu, siapa tau masih ada antrean atau petugasnya masih istirahat. Ternyata Pak Polisi yang jaga udah keburu liat gue duluan, trus langsung nanya, “Mau urus apa, Mbak? SIM?”, lalu gue dengan sigap jawab “iyaa” dong pastinya. Eh sama Bapak Polisi (maap gue lupa namanya) yang lumayan keren itu SIM lama sama E-KTP gue diminta, trus abis itu disuruh langsung aja isi data sama dua dua mbak-mbak yang duduk di bagian depan. Gue dikasih form buat isi identitas gitu sama mbak-mbaknya, dipinjemin bolpen juga. Belom juga kelar, baru nulis nama doang di formulir, eh si Pak Pol udah manggil gue, “Sini dulu, Mbak”, kan serem yaa, takut gue. Kirain ada salah apa gitu. Eh, ternyata langsung disuruh foto sama bapaknya. Muka gue kan jadi tegang, udah lah lagi kaget tiba-tiba dipanggil sama Pak Pol, trus foto diliatin pula sama Pak Pol keren, halah! Bapaknya sampe nge-take dua kali gitu, ga ngerti yang pertama kenapa, tapi yaudah lah, nurut aja ye kan.
Abis foto gue disuruh ngecek data, udah bener semua apa belom. Belom juga baca datanya, gue udah terkezud. Ternyata layout-nya si SIM ini baru dong. Haha! Norak dasar! Sampe nyeplos. “Eh, kok beda, baru yaa Pak?”. Kata Pak Pol “Iyaa, ini smart SIM, Mbak”. Oooooh, oke sip!
Ngecek data udah. Pokonya pastiin gada yang typo, gada yang salah sama identitas kalian, biar pas udah dicetak ga pake revisi-revisian. Dikira skripsi pake revisi segala! Sebenernya kalau boleh sih revisi fotonya aja, biar ga senyum kaku, tapi apalah daya ku ini, haha. Punya identitas fotonya failed semua. Giliran fotonya bagus, kartunya ilang! Duh..duh! Nasib..nasib!
Kelar ngecek identitas, gue disuruh nerusin buat lengkapin identitas yang tadi gue tinggalin buat foto dulu. Abis itu disuruh bayar. Daaaaan gue ga bawa duit cash, ga bisa pula pake dompet digital ataupun gesek dari kartu debit. Hampir panik, tapi kata mbak-mbaknya gue boleh ambil duit dulu di ATM yang ada di lantai dasar (deket tempat ambil nomor antrean). Jadilah gue turun dulu abis ngisi data.
Jadi, berapa sih biaya perpanjangan SIM di MPP ini? Yaa ampuuuuun! Ternyata cuman Rp 105 ribu, gaes! Itu udah all in yaa. Ga da tambahan ini itu lagi. Murah kan, dari pada sampe kelewat tanggal kedaluwarsa, lu kudu bikin SIM baru yang harganya jauh lebih mahal. Gue pertama bikin SIM abis sekitar Rp 350 ribu, hampir Rp 400 ribu deh pokonya, padahal SIM C doang.
Ambil duit udah, tinggal bayar tunai. Pas udah lunas, kalian langsung dikasih SIM baru punya kalian. E-KTP kalian yang tadi diminta juga dibalikin, tapi SIM lamanya enggak. Asiiiiik! Punya SIM baru! Padahal di Jakarta mah kaga pernah naik motor, yang ada ngeTJ ama ngeGrab mulu, haha.
Butuh waktu berapa lama sih? Sejam? Dua jam? NOOOOO! Gue bahkan cuman butuh waktu sekitar 10 menit-an dari gue ambil nomor antrean sampe SIMnya ada di tangan gue. Itu udah sama ngisi data diri di formulir, foto, sama ambil uang ke ATM yang beda lantai itu. Cepet banget buset! Ga paham lagi. Gue kira juga bakal lama, ternyata super kilat! Ini juga berkat kaga ada antrean pas gue ke MPP. Itu sih enaknya di MPP, kadang yang antre dikit dan bahkan kadang enggak ada yang ngantre kayak pas gue dateng itu. Pelayanannya super kilat. Kayaknya petugasnya juga gamau orangnya nunggu lama-lama.

Gambar SIM Lama Vs Sim Baru


Terus, SIM baru sama SIM lama bedanya apa sih? Yang pertama kalau dari kasat mata, yaa layout-nya. Desain kartunya beda banget dari yang lama. Sampe gue bingung kenapa kudu ada dua foto dalam satu kartu. Yang satu gede, satu lagi kecil di pojokan deket tanggal berlaku SIM. Urutan identitasnya dinomerin. Mulai nama, tempat tanggal lahir, golongan darah-jenis kelamin, alamat, pekerjaan sampe instansi yang ngeluarin SIM. Nomor SIMnya juga baru yaa, gaes! Gue juga baru tau, selama ini kalau gue ganti SIM (karena ilang) nomornya selalu sama. Tanggal kedaluwarsanya juga sekarang ganti, bukan lagi tanggal lahir. Tapi udah macem paspor yang masa berlakunya sesuai sama tanggal SIM baru dikeluarin. Kalau puya gue berarti berlaku sampai 18 November 2024. Dan kata mbak-mbak petugasnya sama Pak Pol, SIM sekarang yang (katanya) udah smart SIM ini, nantinya bisa dipake buat kartu elektronik macem E-money, Flazz, Brizzi, dan sejenisnya. Tapi fitur ini belom bisa dipake sekarang. Katanya (katanya yaa ini) sih, tahun ini mulai bisa dipake, tapi enggak tau kapan pastinya.
Oiya, ga harus KTP Jakarta atau SIM lama Jakarta loh buat bisa perpanjang di MPP. Selama kalian WNI (Warga Negara Indonesia) dan ada E-KTP atau surat keterangan penggantinya, kalian bisa perpanjangan SIM di MPP. Sangat amat mempermudah gue ataupun kalian yang anak rantau yang jauh dari kampung halaman.
Sebenernya kalau di Jakarta, kalian ga cuman bisa perpanjang SIM di MPP. Ada beberapa lokasi lain juga. Tapi kenapa gue milih MPP? Selain deket, gue sebelomnya kan udah pernah ganti paspor di MPP, gampang banget. Jadi, yaa gue milih perpanjang SIM di MPP juga akhirnya. Jangan lupa, datengnya pas jam operasional. Jangan dateng pas weekend. MPPnya tutup! Kalau mau perpanjang SIM pas weekend, bisa ke lokasi lain. Kalian bisa cek di sini.
Cek-cek tanggal berlaku SIM kalian. Siapa tau udah deket expired. Buruan deh perpanjang, biar ga harus bikin baru kalau sampe telat perpanjang. Sayang duit sama sayang waktunya juga, kalian kudu nyempetin waktu buat tes-tes lagi. Semoga membantu yaa, gengs!

No comments:

Post a Comment