Friday 14 February 2020

Lokasi-lokasi Wisata Gratis di Singapura

Kalau sebelomnya gue ngomongin wisata singkat di Singapura, kali ini gue bakal kasih tau kalian tentang beberapa lokasi wisata di Singapura yang bisa dikunjungin secara cuma-cuma, tanpa biaya, alias GRATIS. Doyan kan lu pada ma yang gratis-gratis? Yaudah, sini lah merapat dulu, biar gue ngasih taunya enak.

Supertree Groove Gardens by The Bay ini ada di kawasan Marina Bay. Tepatnya di kawasan Gardens by The Bay. Ada beberapa lokasi yang bisa kalian datengin di Gardens by The Bay. Salah satu yang bisa kita dinikmati secara gratis adalah Supertree Groove ini. Di sini ada beberapa instalasi pohon raksasa yang bisa bikin kalian terpukau. Setiap malam ada pertunjukan, namanya Garden Rhapsody Show. Pertunjukan ini keren banget. Pengunjung disuguhi pertunjukan cahaya (lampu) dari pohon-pohon raksasa yang berpadu harmonis dengan lagu yang diputar.
Supertree Groove Gardens by The Bay

Yang gratis.. yang gratis.. Biarpun Singapura terkenal sama biaya hidupnya yang tinggi, tapi ga semua lokasi wisatanya dipungut biaya loh. Ada banyak lokasi gratis yang bisa kalian datengin kalau pas ke Singapura. Worth to visit banget lah pokonya. Jadi, ada apa aja nih yang gratis-gratis? Ini dia!

1.       Changi International Airport (SIN)

World's best airport.
Changi International Airport

Changi, bandara terbaik di dunia ini bukan sekedar bandara sih menurut gue. Kenapa? Soalnya bandara ini udah kayak mal, bahkan kayak lokasi wisata. Lo mau cari tempat makan? Jangan ditanya, bejibun! Lo tinggal pilih aja. Cari mal di Changi? Ada. Mau ke taman tematik? Ada. Mau berenang? Nge-gym? Ada juga. Bahkan kalau lo pada mau nonton film, ada bioskopnya juga. Kurang keren apa ini bandara coba? Bahkan lo ga perlu dateng ke pameran seni kontemporer, di sini juga banyak instalasi-instalasi keren yang bisa bikin lo nganga atau bikin lo bilang “woooow”. Instagrammable lagi. Cucok lah buat kalian yang hobi hunting konten (feed) Instagram.
Kalau udah mendarat di Changi ini, emang wajib banget keliling-keliling dulu sih. Apalagi kalian yang transit buat penerbangan jarak jauh. Waaaaah, kenikmatan hqq banget sih. Ga bakal bosen mau selama apapun kalian transit di sini. Soal fasilitas juga udah pasti lengkap. Oiya, petugas bandaranya juga ramah-ramah loh. Ga jutek. Nice banget!
Dari empat terminal yang ada sekarang, lo bisa kelilingin dah tuh. Buat yang dateng ke Singapura buat traveling, seharian kayanya juga kurang buat full keliling bandara, saking gedenya, haha. Makanya jangan sampe terlena kelamaan di Changi. Nanti lokasi lain jadi ga kejamah. Tapi gue juga nyesel sih sebenernya, karena nyampe kemaleman, jadi ga bisa keliling ke terminal lain. Cuman di terminal 1 doang. Tapi gapapa, siapa tau nanti balik lagi kan. Aamiin.
Udah ada empat terminal yang super keren, Changi sekarang juga lagi ngebangun terminal 5-nya. Wah ga kebayang sih. Bakal makin keren ini bandara. Kira-kira di terminal 5 nanti bakal ada apa aja yaa? Hmmmm.

2.       HSBC Rain Vortex di Jewel Changi Airport

HSBC Rain Vortex, si air terjun indoor tertinggi di dunia. Tingginya 40 meter. Air terjun ini seolah ngalir dari bagian atap ke dasar gedung. Super keren.
HSBC Rain Vortex

Next! Yang harus lo datengin, lo liat dan ga boleh lo lewatin kalau udah mendarat di Changi International Airport adalah yang satu ini. Apalagi kalau bukan HSBC Rain Vortex. Si air terjun indoor tertinggi di dunia. Tingginya 40 meter. Air terjun ini seolah ngalir dari bagian atap ke dasar gedung. Super keren.
Kalian bisa foto-foto dari berbagai angle. Soalnya air terjun ini bisa diliat dari beberapa lantai. Cari aja spot yang menurut kalian paling oke. Kalau di lantai dasarnya, sambil foto-foto, kalian juga bisa ngerasain cipratan-cipratan dari air terjunnya. Berasa di air terjun beneran. Tapi kerennya ga becek sih di sekitarnya. Cuman kayak hempasan gerimis tipis aja gitu airnya. Jadi bikin adem syahdu gitu. Tanpa pertunjukan, suara air terjunnya berasa banget. Jadi pengen mandi *eh.
Kayanya pemandangan siang sama malemnya agak beda yaa. Kalau kalian pas nyampe Singapura sekitar jam 19.00 waku Singapura, kalian jangan buru-buru langsung ke hotel. Kalau langsung cabut dari Changi setelah lo mendarat, lo bakal ngelewatin pertunjukan keren dari si HSBC Rain Vortex Light and Sound Show. Pertunjukan ini dimulai pas 19.30 waktu Singapura. Waktu langit Singapura udah mulai gelap. Lamanya pertunjukannya sekitar 5-10 menit. Singkat banget, dan cuman ada sejam sekali, jadi jangan sampe kelewat yaa, nunggunya lumayan, tapi kalau sambil muterin Changi sih ga berasa, haha.
Buat liat si air terjun indoor paling tinggi di dunia ini, kalian ga perlu bayar. Kalau kalian mendarat di terminal 1, bisa langsung jalan dikit aja. Si Jewel ini konek langsung ke arrival hall terminal 1 kok. Jadi ga jauh. Nah, yang mendarat di terminal lain, jangan khawatir kudu jalan jauh. Changi ini punya skytrain yang bisa anter kalian dari terminal satu ke terminal lainnya. Bahkan ada jalur skytrain yang ngelewatin air terjun ini. Sayang aja gue ga ngerasain pengalaman ini. Padahal penasaran dan pengen nyobain banget naik skytrain ngelewatin air terjun. Next lah yaa doain gue bisa ke sana lagi, haha. Aamiin.

3.       Merlion Park

Taman ikonik dari Singapura ini memiliki luas 2.500 m². Taman ini bisa dikunjungi secara gratis selama 24 jam.
Merlion Park

Lokasi ini jadi tempat wajib buat kalian yang dateng ke Singapura. Udahlah gretong, kalian bisa dapet city view yang oke banget! Apalagi kalau malem, beuh! Caqep bener! Di sini kalian bisa foto ala-ala yang super hits! Apalagi kalau bukan foto ala “minum dari air mancur Merlion”, atau bisa juga “isi botol dari air mancur Merlion”. Belom ke Singapura lah kalau belom ke sini tuh.
Di taman seluas 2.500 m² yang gretong ini, kalian bisa nikmatin pemandangan kota. Kalau kalian dateng pas sore menjelang sunset, bisa juga nikmatin pemandangannya dari lokasi ini. Kalau dateng ke sini pas udah malem kayak gue, kalian masih tetep bisa nikmatin city view dengan lampu-lampu dari gedung-gedung tinggi yang syantik. Dari sini juga, kalian bisa liat pemandangan cantik kawasan Marina Bay yang juga ikonik dan udah terkenal banget di Singapura.
Karena gratis, lokasi ini biasanya super rame. Asli banyak banget orang, mau pagi, siang, sore ataupun malem. Kalau kalian laper, mau cari tempat makan, di sekitar Merlion Park ini ada beberapa pilihan tempat makan. Salah satu paling terkenal adalah hawker yang namanya MakanSutra Gluttons Bay. Ada banyak pilihan stand F&B yang ngejual macem-macem makanan sama minuman dengan harga yang variatif.

4.       Esplanade

Esplanade dari Jarak Jauh

Nah, dari lokasi tempat makan yang udah gue sebut tadi (MakanSutra Gluttons Bay) ada tempat yang namanya Esplanade. Di lokasi ini ada banyak pertunjukan yang bisa ditonton gratis sama kalian. Cek aja di website-nya. Lengkap sekalian sama jadwalnya. Di sini kalian juga bisa nikmatin pemandangan kota atau sunset dari rooftop-nya. Lokasi ini kalau malem cantik banget sama lampu-lampunya. Worth it lah kalau kalian dateng ke sini tuh. Udahlah dapet nonton pertunjukan atau pameran gratis, bisa nikmatin pemandangan kota atau pun sunset. Beuh! Mantap! Super worth it!

5.       Supertree Groove Gardens by The Bay

Supertree Groove Gardens by The Bay ini ada di kawasan Marina Bay. Tepatnya di kawasan Gardens by The Bay. Ada beberapa lokasi yang bisa kalian datengin di Gardens by The Bay. Salah satu yang bisa kita dinikmati secara gratis adalah Supertree Groove ini. Di sini ada beberapa instalasi pohon raksasa yang bisa bikin kalian terpukau. Setiap malam ada pertunjukan, namanya Garden Rhapsody Show. Pertunjukan ini keren banget. Pengunjung disuguhi pertunjukan cahaya (lampu) dari pohon-pohon raksasa yang berpadu harmonis dengan lagu yang diputar.
Supertree Groove Gardens by The Bay (by @residentspace)

Salah satu atraksi gratis favorit gue dan mungkin sebagian besar dari kalian yang udah pernah ke Singapura. Lokasinya yang strategis, deket pusat kota, ada pertunjukan super keren, bikin kalian wajib banget ke sini kalau ke Negeri Singa. Langsung jatuh cinta sih gue pertama kali ke sini. Takjub gitu. Super worth it buat pertunjukan malem yang gratis. Macem HSBC Rain Vortex Light and Sound Show di Jewel Changi.
Sesuai namanya, Supertree Groove Gardens by The Bay ini yaa ada di kawasan Marina Bay. Tepatnya di kawasan Gardens by The Bay. Ada beberapa lokasi yang bisa kalian datengin di Gardens by The Bay. Nah, salah satu yang bisa kita kalian nikmati secara gratis ya si Supertree Groove ini. Di sini ada beberapa instalasi pohon raksasa yang bisa bikin kalian ter-Wow-Wow deh pokonya. Setiap malemnya ada pertunjukan, namanya Garden Rhapsody Show. Pertunjukan ini keren abis. Kalian bakal disuguhin pertunjukan cahaya (lampu) dari pohon-pohon raksasa yang berpadu harmonis sama lagu yang diputer.
Buat kalian yang pengen nonton light and sound show-nya, view terbaik buat nonton pertunjukan ini yaa di bawah pohon rakasasa yang ada di bagian tengah taman, biar keliatan semuanya. Puas deh tuh kalau nontonnya dari situ, apalagi kalau kalian dateng sama pasangan, beuh, mantap! Romantis bat dah pokonya mah, haha. Dateng ama temen-temen juga seru.
Pertunjukan Garden Rhapsody dimulai jam 19.45 dan 20.45 (waktu Singapura yaa). Pertunjukannya sekitar 10-15 menit kalau gue ga salah, haha. Lupa-lupa inget. Jangan khawatir ga denger suara dari soundsystem-nya, soalnya ada 68 independent audio speaker yang dipake pas pertunjukan. Jadi sound-nya udah pasti mantap! Oiya, untuk jam operasionalnya lama banget, hampir 24 jam. Supertree Groove ini buka mulai jam 05.00-02.00 (waktu Singapura juga). Jadi cuman jeda tiga jam aja. kalau kalian mau nongkrong sampe jam 2 pagi juga masih bisa TUH. Kalau mau ke sini abis subuh juga bisa.

6.       Bugis

Salah satu gang yang ada di kawasan Bugis. Di sepanjang jalan ini ada sederet kafe, toko baju, bar dan spot foto instagrammable. Warna-warni dari bangunan yang ada di sepanjang jalan ini menarik untuk menjadi latar foto. Di bagian ujung jalan juga ada mural yang bagus sebagai latar foto yang instagrammable.
Haji Lane

Ini mungkin jadi salah satu lokasi favorit buat kalian yang suka foto-foto sama belanja murah. Banyak banget spot lnstagrammable. Salah satu yang paling terkenal yaa apalagi kalau bukan Haji Lane. Ada store-store warna-warni lucu yang bisa jadi latar foto kalian. Bisa juga pake mural-mural alias atau grafiti yang ada di sepanjang gang. Jalannya emang ga gede, tapi banyak yang dateng, jadi yaa sabar aja. Gue saranin dateng pagi sih. biar belom terlalu rame. Jadi masih gampang kalau mau dapetin gambar clear.
Di kawasan Bugis ini juga ada toko oleh-oleh yang super murah. Gue saranin sih kalau kalian ke Bugis, selain buat foto-foto, yaa sekalian beli oleh-oleh juga. Ada toko ABC Bargain Centre namanya. Duh, murah meriah lah pokonya mah di situ. Bawa duit pas-pasan juga masih bisa belanja di sini. Mau buka jastip makanan atau cokelat? Bisa banget beli di sini.
Selain foto-foto sama belanja, di kawasan Bugis kalian juga bisa kulineran loh. Banyak banget resto di sini. Mau ngopi? Bisa juga. Ada salah satu kedai kopi terkenal di sini. Namanya % Arabica. Jangan kaget liat harganya yaa. Agak pricey soalnya. Tapi kalau kalian punya budget lebih mah, gas aja, ga ada salahnya nyobain kopi dari kedai kopi yang hits satu ini. Oiya, kalian juga bisa banget foto pake latar kedai kopi ini loh. Instagrammable soalnya.
Foto-foto udah, belanja juga udah, makan sama minum juga udah, ngapain lagi? Lanjutnya mau salat? Ada Masjid Sultan yang ikonik banget dari kawasan ini. Selain buat tempat ibadah umat muslim, masjid ini juga dibuka buat umum. Tapi liat jadwal-jadwalnya yaa. Biasanya kalau waktu salat sih ditutup buat wisatawan umum.

7.       Little India

Sri Veeramakaliamman Temple merupakan salah satu kuil di kawasan Little India, Singapura. Kuil ini biasa digunakan umat untuk beribadah. Sebagian besar merupakan warga Singapura keturunan India. Kuil ini juga dibuka untuk umum, tapi ingat, harus menjaga tata krama dan sopan santun. Hormati umat yang tengah beribadah.
Sri Veeramakaliamman Temple

Sesuai namanya, di Little India kalian bakal lebih banyak ketemu warga Singapura keturunan India. Mau nyari kuliner India? Ada! Mau cari tempat foto Instagrammable? Ada juga dong! Mau belanja murah lagi? Bisa banget, bahkan tempatnya buka 24 jam.
Buat kalian yang nyari kuliner India, bisa nyari di sekitar kawasan ini. Kalau mau nyobain yang gratis, bisa mampir ke salah satu kuil yang ada di sini. Namanya Sri Veeramakaliamman Temple. Di sini biasanya ada makanan India yang dibagi secara gratis. Ga cuman buat umat yang beribadah, tapi pengunjung yang mau nyicip juga bakal dikasih. Gue sih gatau nama makananya, yang jelas, makanan ini dari nasi yang dikasih kuah rempah khas India. Asli pekat banget rempahnya. Buat kalian yang suka banget sama masakan India mungkin cocok.
Kalian yang mau foto-foto bisa pake latar bangunan Sri Veeramakaliamman Temple yanng warna-warni. Jadi cantik gitu. Kalian boleh kok kalau mau foto-foto di dalem, selama ga ganggu umat yang lagi ibadah aja. Yaa saling menghormati lah, namanya juga berkunjung. Patuhi juga aturan-aturannya. Orang-orangnya ramah-ramah kok.
Lanjut ke lokasi lain yang Instgrammable dan super warna-warni di Little India, yaitu Tan Teng Niah. Ini jadi salah satu bangunan bisa kalian jadiin latar foto yang ciamik. Sebenernya ga cuman satu bangunan sih, di satu kawasan ini ada beberapa bangunan yang unik, tapi yang paling mecolok yaa bangunan bersejarah yang satu ini.
Nah, buat yang mau belanja lagi, kalian bisa belanja murah di kawasan Little India. Ada Mustafa Centre yang buka 24 jam. Puas-puasin dah tuh belanja di situ sampe gempor, haha. Kalian cukup nyiapin budget aja. Ada banyak barang yang dijual di Mustafa Centre ini, mulai dari aksesoris sampai barang elektronik juga ada.

8.       Chinatown

Di kawasan Chinatown ini, banyak ditemuin kios-kios penjual pernak-pernik bertema Singapura. Harga pernak-pernik di sini cukup murah. Di sini juga banyak street food yang bisa kalian coba.
Kawasan Chinatown, Singapura

Pilihan lokasi belanja oleh-oleh murah lain ada di Chinatown. Di sini kalian dengan gampangnya nemu pedagang yang nawarin harga miring buat aneka suvenir di tokonya. Biasanya mereka jual gantungan kunci, pajangan, magnet tempelan lemari es, tas, kaos dan kawan-kawannya, yang tentunya yaa bernuansa Singapura dong. Kalian bisa dapetin 36-42  buah gantungan kunci seharga S$10 aja. Bisa sharing kan kalau kalian dateng ramean. Super murce!
Di Chinatown ini juga ada Chinatown Heritage Centre. Lokasi di mana kalian bisa ngeliat sejarah dari Chinatown ini. Tapi bayar yaa kalau mau masuk. Misal milih yang gratisan, yaa keliling aja di Chinatown ini. Tempat jualannya luas, ga cuman ada suvenir, tapi ada street food juga yang bisa kalian coba. Di kawasan Chinatown ini juga ada kuil yang cukup terkenal, namanya Buddha Tooth Relic Temple. Selain jadi tempat ibadah, lokasi ini juga digunakan sebagai museum. Jam bukanya mulai jam 07.00-19.00 waktu Singapura. Masuknya gratis kok.

9.       Orchard

Orchard Road menjadi surganya belanja bagi para pecinta barang branded. Di kawasan ini juga ada satu yang terkenal, yaitu Uncle Ice Cream, yang penjualnya biasanya udah kakek-kakek. Harga per potong es krim S$ 1,2.
Kawasan Orchard Road

Ini nih, surganya pecinta belanja. Wajib banget ke sini kalau kalian emang tujuannya buat belanja. Ada banyak mal berderet di sepanjang jalan. Mau cari barang branded? Yaa ini lokasinya, kawasan Orchard Road. Mau berburu oleh-oleh di sini juga bisa. Kalau cuman pengen sekedar jalan-jalan juga enak kok di sini. Ramah pejalan kaki pula.
Satu sih yang paling gue cari pas ke Orchard Road ini, Uncle Ice Cream. Walaupun di Indonesia juga ada es krim macem gitu, bahkan udah banyak, tapi kayak ga afdol aja gitu, udah nyampe Orchard tapi ga ketemu atau ga beli Uncle Ice Cream. Harganya tadinya cuman S$1 tapi sekarang udah jadi S$1,2. Rasanya? Yaa kayak es krim pake roti pada umumnya. Tapi buat gue sih, kepuasannya itu loh, haha. Sepengen itu gue beli es krim ini. Sampe-sampe seseneng itu pas nemu ada Uncle yang jualan pas abis ujan. Bahkan gue sampe beli dua kali. Antara doyan, excited, atau rakus sih ini, wkwk.

10.   Sentosa Island

Universal Studio ini ada di Sentosa Island. Pulau yang terkenal sama beragam atraksinya ini ada di selatan Singapura. Buat ke sini ada beberapa pilihan transportasi. Kalian bisa naik bus yang ongkosnya sekitar S$1 atau S$2, atau naik Sentosa Express yang harga tiketnya S$4, atau bisa juga naik cable car yang harga tiketnya paling mahal, yaitu S$25-30. Kalian juga bisa jalan kaki, tapi tetep bayar S$1, semacem biaya retribusi.
Bola Dunia Universal Studio Singapore

Pulau yang terkenal sama beragam atraksinya ini ada di selatan Singapura. Buat ke sini ada beberapa pilihan transportasi. Kalian bisa naik bus yang ongkosnya sekitar S$1 atau S$2, atau naik Sentosa Express yang harga tiketnya S$4, atau bisa juga naik cable car yang harga tiketnya paling mahal, yaitu S$25-30. Kalian juga bisa jalan kaki dari Vivo City, tapi tetep bayar S$1, semacem biaya retribusi kali yaa.
Udah nyampe Sentosa Island ga afdol kalau ga foto-foto di lokasi mandatory picture lain yang ada di Singapura, yaitu bola dunia Universal Studio Singapore. Biarpun ga masuk ke USS-nya, kalian tetep bisa kok keliling-keliling pulau yang penuh sama resort plus atraksi ini. Jangan khawatir bakal bosen karena kalian ga masuk ke USS, ada beberapa lokasi yang bisa kalian kelilingin tanpa biaya alias gratis kok di Sentosa Island ini. Ada patung Merlion raksasa juga di sini, bedanya tanpa air mancur, dan kalau gue sih ngeliatnya patung ini lebih gede dari yang di tengah kota. Di sini juga ada banyak spot yang Instagrammable banget. Worth it sih buat didatengin kalau kalian pas ke Singapura.
Nah, itu tadi beberapa rekomendasi lokasi-lokasi wisata gratis di Singapura versi gue. Kalau kalian punya referensi yang lebih banyak, bisa komen di bawah yaa, biar yang baca juga bisa punya tambahan referensi.
Selamat berlibur, gaes!

No comments:

Post a Comment