Sunday 23 February 2020

Kurang dari 24 Jam di Bukittinggi, Bisa Kemana Aja?

Berhubung lagi rame banget virus Corona alias COVID-19, jadi gue pause dulu yaa cerita jalan-jalan gue di negeri tetangga. Gue ganti pake cerita traveling singkat gue ke Sumatera Barat, tepatnya di Kota Bukittinggi sama Kota Padang. Tapi biar lebih fokes, tulisan kali ini gue khususin buat super short trip gue ke Bukittinggi.
Buat kalian yang ada rencana atau bahkan udah beli tiket buat jalan-jalan ke wilayah Sumatera Barat, tapi belom tau mau kemana aja, bisa banget nih merapat dulu bentar. Biar gue kasih sedikit referensi lokasi-lokasi mana aja yang bisa kalian datengin kalau kalian ke Bukittinggi. Khususnya buat kalian yang kayak gue, cuman punya waktu kurang dari 24 jam buat keliling-keliling di Bukittinggi. Sini-sini mampir dulu.

Jam Gadang merupakan salah satu ikon Kota Bukittinggi. Jamnya digerakan oleh mesin mekanik yang hanya dua di dunia, yakni di Jam Gadang dan Big Ben di London, Inggris.
Jam Gadang, Ikon Kota Bukittinggi
Ini adalah pertama kalinya dalam seumur hidup gue menginjakkan kaki di Ranah Minang. Perjalanan kali ini juga perjalanan super tahu bulat (read: dadakan). Gimana enggak dadakan, beli tiket PP aja H-1 sebelom berangkat. Tapi gapapa lah, pengalaman pertama traveling tanpa persiapan apapun, termasuk kecukupan uang saku. Ga ngerti lagi, emang super nekat. Untung masih di Indonesia haha. Udah..udah.. lewatin cerita sebelom berangkat ini, kita sekip aja tau-tau udah nyampe Bandara Internasional Minangkabau yaa.
Karena gue flight dari Jakarta sekitar jam 20.00 WIB, nyampe Padang udah jam 22.00. buat gue yang baru pertama kali ke Padang, ini sih udah malem banget yaa. Awalnya ragu masih ada travel buat ke tujuan pertama, yaitu Bukittinggi. Tapi ternyata setelah nyobain nanya-nanya travel modal nemu di Google, ternyata masih ada travel sampe penerbangan terakhir. Dan beneran, nyampe bandara, gue ditelpon sama sopirnya, katanya udah ditunggu di parkiran. Berapa sih gue dapet harga travel BIM-Bukittinggi? Harganya Rp 65 ribu per orang. Kalau kata orang lokal ini mahal, karena biasanya Rp 35 ribu-Rp 50 ribu. Berasa kena tipu, haha. Tapi yaudah lah yaa, sebelomnya juga kurang riset guenya (namanya dadakan). Udah malem banget juga gue nyampe Padang kan.
Setelah penumpang udah ngumpul semua, sekitar jam 22.45 WIB langsung berangkat ke Bukittinggi. Butuh waktu kurang dari dua jam buat nyampe Bukittinggi dari Bandara Internasional Minangkabau. Ini keadaan lalu lintas menjelang tengah malem yaa, bukan siang-siang atau jam padet, jadi lumayan cepet. Gue nyampe Bukittinggi sekitar jam 00.30 WIB. Dan besoknya gue udah harus balik ke Padang jam 20.00 WIB. Singkat bener yak. Tapi gapapa, gue tetep bisa kok jalan-jalan plus keliling-keliling, dan bahkan kulineran di Bukittinggi. Penasaran gue bisa kemana aja?

1.         Pusat Nasi Kapau Pasar Ateh Bukittinggi

Wikipedia: Nasi Kapau adalah rames khas nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, seperti gulai sayur nangka, gulai tunjang, gulai cangcang, gulai babek atau paruik kabau. Yang khas dari Nasi kapau itu selalu dilengkapi gulai nangka.
Pusat Nasi Kapau Pasar Ateh Bukittinggi
Berhubung Bukittinggi hujan dari malem gue nyampe, bahkan  sampe Sabtu pagi jam 11.00 WIB, jadi gue baru mulai keluar penginepan yaa pas ujan reda itu. Laper, belom makan berat dari pagi, jadi tujuan utama dan pertama gue yaa apalagi kalau bukan makan. Udah bisa diitung brunch nih baru makan jam 11.00, haha.
Di Bukittinggi ini ada pasar yang namanya Pasar Atas alias Pasar Ateh. Di sini ada satu spot yang terkenal sebagai pusat Nasi Kapau. Lokasinya beneran di dalem pasar. Kalian kudu masuk ke dalem pasar dulu kalau mau nemuin lokasi ini. Langsung Google Maps aja, ada kok lokasinya. Di sini ada banyak penjual Nasi Kapau dengan menu yang mirip-mirip, bahkan mungkin bisa dibilang sama kali yaa. Tapi ada satu yang paling terkenal. Namanya Nasi Kapau Uni Lis. Selain udah pernah didatengin sama beberapa food vloggers, lokasi ini juga beberapa kali diliput sama stasiun TV nasional.

Satu dari sekian banyak penjual Nasi Kapau di Pasar Ateh. Nasi Kapau Uni Lis ini udah cukup terkenal. Selain udah pernah didatengin sejumlah Food Vlogger, Nasi Kapau Uni Lis juga pernah diliput sama stasiun TV Nasional.
Nasi Kapau Uni Lis
Nah, sebenernya apa sih Nasi Kapau itu? Based on Wikipedia yang gue dapet, Nasi Kapau itu nasi rames khas nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.  Terdiri dari nasi, sambel, plus lauk pauk khas Kapau, such as gulai sayur nangka, gulai tunjang, gulai cancang, gulai babek atau paruik kabau. Yang khas dari Nasi Kapau itu selalu dilengkapi gulai nangka. Beuh! Mantap!
Yang khas lagi dari Nasi kapau adalah penyajiannya langsung dalam satu piring. Macem Nasi Kapau di Jakarta aja. Beda sama Nasi Padang, yang disajiinnya per lauk di piring kecil, kepisah sama nasinya. Nasi Kapau ini porsinya bisa dibilang sedikit, ga sebanyak porsi Nasi Padang, apalagi kalau dibungkus, bisa buat makan dua kali tuh, haha. Biarpun ga banyak porsinya, tapi menurut gue pas sih porsinya, ga kebanyakan. 
Biarpun porsi dikit, soal rasa mah jangan ditanya. Yaa, namanya juga langsung di Ranah Minang, rasanya Minang banget, lebih ke asin. Kalau buat gue yang lidah Jawa, cenderung sedikit keasinan. Namanya selera yaa, masing-masing ini mah. Tapi kalau buat yang suka asin pas sih ini. Mantap kuahnya, lumayan banjir. Bisa pilih lauk sesuka hati lagi. Tapi ati-ati yee, karena lumayan pricey, hehe.
Begitu duduk di tempat makan yang kalian pilih, di depan kalian udah tersaji deretan lauk-lauk khas Nasi Kapau yang bikin ngiler. Di depan meja tempat kalian duduk, bakal ada satu kobokan di mangkok plastik kecil yang di dalemnya ada satu buah gelas yang posisinya dibalik gitu. Berhubung gue ga nanya ke Ibu yang jual. Jadi cuman pake insting, itu sepaket sih gue pake buat cuci tangan, sama gelasnya gue pake buat ambil minum air putih, haha. Ga salah kan gue yee? Mana tau kan ada penggunaan lain yang lebih bener, hehe. Abisnya mau nanya, Ibu yang jual sibuk syuting gaes. Lagi kedatengan salah satu acara di stasiun TV nasional gitu. Kok yaa pas-pasnya, barengan banget ama gue dateng.

Penyajian seporsi Nasi Kapau Uni Lis lengkap dengan Ayam Gulai. Harga seporsi Rp 30 ribu.
Seporsi Nasi Kapau dengan Lauk Ayam Gulai
Hmmmm, langsung aja, buat mengawali perjalanan gue di Bukittinggi, gue milih makan pake lauk Ayam Gulai. Dalam satu piring tersaji lengkap nasi, lauk yang lo pilih, daun singkong rebus, sambel ijo, sambel merah, kuah yang melimpah, sama satu yang ternyata jadi favorit gue, yaitu tambahan singkong yang udah dipotong kotak-kotak atau segi tiga kecil, digoreng sampe krispi, terus dikasih serundeng. Namanya apa yaa ini? Si singkong krispi ini sih juaranya buat gue. Gurih banget. Enak euy. Kalau buat gue sih, ini yang bikin ga eneg makan nasi yang banjir kuah santan. Ada sensasi gurih-gurih krispi gitu. Suka deh.
Kelar makan jangan lupa bayar yaa. Buat seporsi Nasi Kapau lauk Ayam Gulai, gue bayar Rp 30 ribu. Cukup pricey ga menurut kalian? Yaa, tapi worth it lah, udah nyampe Bukittinggi ga afdol kalau ga makan Nasi Kapau di Pasar Ateh ini. Cobain deh kalau kalian ke Bukittinggi. Highly recommended! Lamak bana! Bisa jadi tambo ciek kalau kalian kalap, haha.
Selain Nasi Kapau, di Pasar Ateh ini, kalian juga bisa berburu oleh-oleh khas Bukittinggi atau kalau mau berburu kuliner lain juga ada. Mau beli baju atau barang-barang lain juga ada. Harganya relatif murah kok. Biasanya sih harganya mirip-mirip atau bahkan sama di setiap kiosnya.

2.         Jam Gadang
Jam Gadang merupakan salah satu ikon Kota Bukittinggi. Jamnya digerakan oleh mesin mekanik yang hanya dua di dunia, yakni di Jam Gadang dan Big Ben di London, Inggris.
Jam Gadang, Ikon Kota Bukittinggi
Makan buat isi tenaga udah, saatnya memulai eksplorasi di Kota yang pernah jadi Ibu Kota Indonesia di akhir tahun 1948 ini. Tujuan gue selanjutnya bukan lain adalah Menara Jam Gadang, si ikon Kota Bukittinggi yang sekaligus jadi titik nol kota ini. “Gadang” dalam bahasa Minang berarti besar. Sesuai namanya, jam gadang ini punya empat sisi jam yang ukurannya besar. Diameter masing-masing jam sekitar 80 cm.
Dikutip dari situs resmi Pemkot Bukittinggi, jam yang ada di Jam Gadang didatengin langsung dari Rotterdam, Belanda, lewat pelabuhan Teluk Bayur. Jam ini digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hanya dibuat 2 unit di dunia, yaitu Jam Gadang dan Big Ben di London, Inggris. Kurang keren apa coba. Kalau belom kesampaian buat liat Big Ben, liat Jam Gadang ini dulu aja lah, haha. Big Bennya nanti nyusul, aamiin yaa Allah.

Jam Gadang merupakan salah satu ikon Kota Bukittinggi. Jamnya digerakan oleh mesin mekanik yang hanya dua di dunia, yakni di Jam Gadang dan Big Ben di London, Inggris.
Berfoto di Depan Jam Gadang
Di sekitar Jam Gadang ini ada taman yang cukup luas. Enak buat sekedar nongki-nongki syantik. Bisa liat pemandangan perbukitan juga dari sini. Buat jalan-jalan sore ke malem juga enak. Kalau weekend rame banget nih di taman sekitar Jam Gadang. Lumayan sih, tempat main outdoor gretongan yee kan.

Jam Gadang merupakan salah satu ikon Kota Bukittinggi. Jamnya digerakan oleh mesin mekanik yang hanya dua di dunia, yakni di Jam Gadang dan Big Ben di London, Inggris. Di sekitar Jam Gadang ada taman yang cukup luas. Biasanya di malam hari ada pertunjukan air mancur.
Jam Gadang di Malam Hari
Oiya, kalau udah nyampe sini, jangan lupa foto-foto dari setiap sudutnya yaa. Syukur-syukur kalian dapet foto “clear” pas lagi sepi. Lebih ciamik lagi kalau latar fotonya pas langit lagi cerah. Asoy banget dah.

3.         Taman Monumen Bung Hatta

Di taman ini ada monumen (patung) dari sang Proklamator, Bung Hatta, lengkap dengan beberapa kutipan-kutipannya. Taman ini gratis dan terbuka untuk umum. Taman ini rindang, karena banyak pohon-pohon gede di sekitarnya.
Taman Monumen Proklamator Bung Hatta
Lanjut ke lokasi berikutnya yang ga jauh dari Jam Gadang. Cuman tinggal jalan kaki aja, yaitu Taman Monuman Proklamator, Bung Hatta. Di taman ini ada monumen (patung) dari sang Proklamator, Bung Hatta, lengkap dengan beberapa kutipan-kutipannya. Taman ini gratis dan terbuka buat umum. Taman ini rindang, karena banyak pohon-pohon gede di sekitarnya. Bisa banget kalau mau ngadem bentar di sini sambil duduk-duduk atau sekedar baca-baca kutipan Bung Hatta.

Di taman ini ada monumen (patung) dari sang Proklamator, Bung Hatta, lengkap dengan beberapa kutipan-kutipannya. Taman ini gratis dan terbuka untuk umum. Taman ini rindang,  karena banyak pohon-pohon gede di sekitarnya.
Monumen (Patung) Bung Hatta Beserta Kutipan-kutipannya
Masih dari sumber yang sama, yaitu website Pemkot Bukittinggi, monumen ini nantinya bakal dilengkapi sama catetan sejarah singkat Bukittinggi, mulai dari tempo dulu, era perjuangan merebut kemerdekaan, perannya sebagai ibu kota RI (PDRI) setelah Yogyakarta diduduki Belanda, sampe pernah jadi Ibu Kota Provinsi Sumatera, Sumatera Tengah dan Sumbar. Sejarah ini dinilai sangat penting sebagai informasi bagi pengunjung tentang peran Bukittinggi di masa lalu. Selain itu juga tentunya bakal ditambah sejarah tentang sang Proklamator, Bung Hatta, yang melalui masa kecil di Bukittinggi.

4.         Lobang Jepang dan Ngarai Sianok di Taman Panorama

Taman Panorama merupakan salah satu lokasi wisata di Bukittinggi. Di taman ini terdapat Lobang Jepang yang suda ada sejak zaman kependudukan Jepang. Dari taman ini, pengunjung juga dapat melihat pemandangan Ngarai Sianok yang hijau membentang.
Taman Panorama
Lokasi selanjutnya ini juga masih bisa dijangkau jalan kaki loh dari Taman Monumen Proklamator Bung Hatta. Suka lah sama Bukittinggi ini. Udahlah udaranya enak, sejuk. Kemana-mana bisa jalan kaki. Tapi emang sih, katanya si Bukittinggi ini salah satu kota dengan luas wilayah terkecil di Sumatera Barat bahkan di Indonesia. Wajar kali yaa kalau banyak lokasi wisata yang bisa dijamah cukup dengan jalan kaki.
Nah, buat masuk ke lokasi yang satu ini, kalian perlu bayar. Berhubung gue baru tau kalau  di Bukittinggi ini kudu pake Brizzi (kartu uang elektronik dari BRI) kalau mau masuk ke lokasi wisata. Jadi, mau ga mau kudu beli dulu. Semacem pemaksaan, tapi yaa gimana yaa, kalau ga beli, ga bisa masuk ke beberapa lokasi wisata. Soalnya katanya udah mulai diterapin buat masuk  beberapa lokasi wisata di Bukittinggi pake Brizzi. Kalian bisa aja sebenernya ga beli kartu, asal ada pengunjung lain yang bisa ditebengin, jadi kalian ikut top up yang kartu aja. Tapi kalau pas dateng lagi enggak ada pengunjung lain yang masuk, yaudah mau ga mau beli, kayak gue, haha.

Di Lobang Jepang ini pengunjung bisa nyusurin Lobang (semacem goa) yang sudah ada sejak zaman pendudukan Jepang. Ada beberapa ruangan di dalemnya. Ada lokasi penjara, ada tempat interogasi, ada dapurnya ada juga lokasi pelarian. Pengunjung bisa belajar tentang sejarah kependudukan Jepang selama masa Perang Dunia II di Bukittinggi.
Tampak Depan Lobang Jepang
Biaya masuk ke Lobang Jepang ini sebenernya cuman Rp 15 ribu per orang. Tapi karena harga kartunya Rp 20 ribu yaa otomatis jadi nambah. Kalau kalian ramean enak, bisa patungan, nanti kartunya juga bisa dipake lagi di tempat lain. Kalau dibawa ke Jakarta juga masih bisa buat bayar transportasi umum, macem TJ, KRL ataupun MRT. Masih bisa kepake itu kartu.

Di Lobang Jepang ini pengunjung bisa nyusurin Lobang (semacem goa) yang sudah ada sejak zaman pendudukan Jepang. Ada beberapa ruangan di dalemnya. Ada lokasi penjara, ada tempat interogasi, ada dapurnya ada juga lokasi pelarian. Pengunjung bisa belajar tentang sejarah kependudukan Jepang selama masa Perang Dunia II di Bukittinggi.
Bagian Dalam Lobang Jepang
Balik lagi ke lokasi. Di Lobang Jepang ini kalian bisa nyusurin Lobang (semacem goa) yang udah ada dari zaman pendudukan Jepang. Ada beberapa ruangan di dalemnya. Ada lokasi penjara, ada tempat interogasi, ada dapurnya ada juga lokasi pelarian. Kalian bisa belajar tentang sejarah kependudukan Jepang selama masa Perang Dunia II di sini. Karena udah direnovasi dan dibagusin, Lobang Jepang ini suasananya ga terlalu nyeremin. Cuman yaa tetep aja, gelap, ga berani juga gue kalau disuruh masuk sendirian, haha.

Wikipedia: Ngarai Sianok memiliki jurang sedalam sekitar 100 m, membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m. Ngarai Sianok ini merupakan bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau yang dialiri Batang Sianok (sungai, dalam bahasa Minang) yang airnya jernih. Di zaman kolonial Belanda, jurang ini disebut juga sebagai karbouwengat atau kerbau sanget, karena banyaknya kerbau liar yang hidup bebas di dasar ngarai ini.
Panorama Ngarai Sianok
Di sini ga cuman ada Lobang Jepang. Ada juga spot yang namanya Panorama Ngarai Sianok. Dari sini kalian bisa liat pemandangan Ngarai Sianok dari atas. Bahkan kalau kurang tinggi, udah disediain menara buat kalian liat pemandangan yang super luas membentang di depan mata. Ijo-ijo di lembah ini bikin rileks deh. Adem gitu liatnya. Pemandangannya berasa lagi di luar negeri, hihi.



Ngarai Sianok
Ngutip lagi dari si Wikipedia, Ngarai Sianok memiliki jurang sedalam sekitar 100 m,  membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m. Ngarai Sianok ini merupakan bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau yang dialiri Batang Sianok (sungai, dalam bahasa Minang) yang airnya jernih. Di zaman kolonial Belanda, jurang ini disebut juga sebagai karbouwengat atau kerbau sanget, karena banyaknya kerbau liar yang hidup bebas di dasar ngarai ini.

5.         Benteng Fort de Kock

Wikipedia: Benteng yang terletak di atas Bukit Jirek ini digunakan Tentara Belanda sebagai kubu pertahanan dari gempuran rakyat Minangkabau. Di sekitar benteng masih terdapat meriam-meriam kuno periode abad ke 19. Pada tahun-tahun selanjutnya, di sekitar benteng ini tumbuh sebuah kota yang juga bernama Fort de Kock, kini Bukittinggi.
Benteng Fort de Kock
Ini jadi salah satu lokasi favorit gue di Bukittinggi. Buat ke sini, sebenernya bisa juga sih jalan kaki dari Taman Panorama. Tapi berhubung gue mager, jadi naik taksi online deh, padahal mah deket, haha. Sama kayak lokasi sebelomnya, buat masuk kawasan Benteng Fort de Kock ini kalian kudu bayar dan pake Brizzi juga. Biaya masuknya lumayan sih, Rp 25 ribu per orang. Tapi emang ga cuman buat satu lokasi. Sekali bayar, kalian bisa masuk ke kawasan Benteng Fort de Kock sama kebun binatang (Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan) yang disambungin pake Jembatan Limpapeh.



Jembatan Limpapeh adalah jembatan gantung di atas Jalan Ahmad Yani, Bukittinggi yang menghubungkan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dengan Benteng Fort de Kock. Bentangan jembatan memiliki panjang 90 meter dan lebar 3,8 meter.
Jembatan Limpapeh
Di lokasi ini kalian bisa liat salah satu benteng peninggalan Belanda sekalian belajar sejarahnya. Ngutip dari Wikipedia, Benteng yang terletak di atas Bukit Jirek ini digunakan Tentara Belanda sebagai kubu pertahanan dari gempuran rakyat Minangkabau. Di sekitar benteng masih ada meriam-meriam kuno periode abad ke-19. Di tahun-tahun selanjutnya, di sekitar benteng ini tumbuh sebuah kota yang juga bernama Fort de Kock, kini disebut Bukittinggi.
Selain benteng, kalian juga bisa ke kawasan kebun binatangnya. Kayak yang udah gue bilang tadi, pembayaran masuk lokasi ini udah jadi satu. Jadi praktis, gausah bayar-bayar lagi kalau mau ke kebun binatang. Kalau dari benteng, kalian cukup nyeberangin Jembatan Limpapeh aja buat sampe ke kebun binatang.


Museum Rumah Adat Baanjuang
Ga cuman bisa liat binatang aja loh, di sini juga kalian bisa masuk ke museum yang bentuknya rumah adat gitu. Bisa cobain pake baju adatnya juga. Tapi buat masuk ke rumah adat Baanjuang, kalian perlu bayar sekitar Rp 10 ribu per orang. Buat nyobain pake baju adatnya, juga kudu bayar lagi Rp 20 ribu. Lagi-lagi, bayarnya pake Brizzi yaa, usahain Brizzi kalian ada saldo kalau mau nyobain semuanya.

Untuk masuk ke rumah adat Baanjuang, pengunjung perlu bayar sekitar Rp 10 ribu per orang. Untuk mencoba mengenakan baju adatnya, juga perlu bayar Rp 20 ribu.
Rumah Adat Baanjuang dan Baju Adat Minang
Jam operasional dari dua lokasi ini sekitar 09.30-17.30 WIB. Gue saranin sih ke sininya sore-sore, jadi enak gitu cuacanya, ga terlalu panas kalau mau keliling. Explorer dulu lokasi-lokasinya. Sambil cari angle terbaik buat foto-foto. Kalau udah sewa baju, langsung aja lah cari spot ciamik buat foto di sekitar Rumah Adat Baanjuang. Manfaatin setiap sudutnya aja pokonya. Kalian bisa kok bawa bajunya sampe keluar rumah adat, cuman yaa ga boleh jauh-jauh.

Kalau kalian punya waktu sedikit lebih lama, bisa sekalian kulineran di Bukittinggi yang juga emang terkenal banget sama kuliner khas Minangnya. Ada Itiak Lado Mudo yang belom sempet gue coba waktu di Bukittinggi. Kalau kalian ke Bukittinggi, sempetin mampir dulu deh. Biar ngerasain Itiak Lado Mudo alias Bebek Muda Sambal Ijo yang autentik. Jangan lupa juga cobain Sate, Soto sampe Martabak Kubangnya yaa. Maknyus pokoknya!
Kalau punya lebih banyak waktu, kalian juga bisa sekalian mampir ke Danau Maninjau yang ada di Kabupaten Agam. Yaa jaraknya sekitar 40-50 Km dari Bukittinggi. Kalau naik mobil, bisa lah kurang dari dua jam buat nyampe ke tujuan. Katanya sih bagus banget. Sayang aja gue cuman bentar doang di Bukittinggi, jadi cuman bisa jalan-jalan di sekitarnya aja. Tapi udah lumayan sih. kurang dari 24 jam bisa jalan-jalan sekalian nyicip kulinernya.
Oiya, di bawah Jembatan Limpapeh ada banyak tenda-tenda sama berjejer kafe yang jualan makanan. Kalau laper, bisa dicobain tuh mampir ke salah satunya. Kalau mau jalan dikit juga bakal nemu Pasar Ateh alias Pasar Atas (lagi). Kalau kalian keabisan baju, bisa beli dulu, haha.
Oiya, kalau udah malem biasanya air mancur di sekitar Menara Jam Gadang nyala. Jadi bagus gitu, pantesan aja rame banget. Apalagi pas gue ke sana pas banget malem minggu. Beuh, makin rame. Padahal ujan loh. Gimana kalau ga ujan yaa? Haha.
Nah, kira-kira itu tadi beberapa rekomendasi dari gue, buat lokasi-lokasi wisata sama kuliner yang ada di Bukittinggi. Semoga tulisan gue kali ini bisa bermanfaat buat kalian yang lagi nyari referensi lokasi tujuan jalan-jalan di Bukittinggi.
Selamat berlibur, gaes!

No comments:

Post a Comment