Sunday 1 March 2020

Mencicipi Nikmatnya Nasi Kapau di Pusatnya


Ngomong-ngomong soal Bukittinggi, ga cuman ada Jam Gadang, tapi juga ada kulinernya yang bisa menggoyang lidah para pecinta kuliner, khususnya kuliner khas Sumatera Barat. Kuatnya rempah dan kentalnya kuah santan khas Nasi Kapau bisa ditemui di salah satu pusat Nasi Kapau yang terkenal di Kota Bukittinggi. Penasaran lokasinya ada di mana? Sini merapat bentar, gue kasih tau dulu.

Wikipedia: Nasi Kapau adalah rames khas nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, seperti gulai sayur nangka, gulai tunjang, gulai cangcang, gulai babek atau paruik kabau. Yang khas dari Nasi kapau itu selalu dilengkapi gulai nangka.
Pusat Nasi Kapau di Pasar Ateh, Bukittinggi
FYI, ini adalah pertama kalinya dalam seumur hidup gue menginjakkan kaki di Ranah Minang. Tapi mungkin banyak dari kalian yang orang Minang asli. Dan orang Minang emang udah terkenal kebanyakan adalah perantau. Ga heran yaa kalau makanan khasnya ada di mana-mana. Apalagi kalau bukan Nasi Padang. Tapi ternyata selain Nasi Padang yang kaya rempah dan santan kental, ada lagi satu yang serupa tapi tak sama, yaitu Nasi Kapau.
Apa itu Nasi Kapau? Based on Wikipedia yang gue dapet, Nasi Kapau itu nasi rames khas nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Satu porsi Nasi Kapau biasanya terdiri dari nasi, sambel, gulai sayur nangka, plus lauk pauk khas Kapau, such as gulai tunjang, gulai cancang, gulai babek atau paruik kabau. Nah, yang khas dari Nasi Kapau, selalu dilengkapi gulai nangka. Beuh! Mantap!

Tambunsu atau Tambunsu adalah olahan usus sapi yang dalamnya diisi telur dan tahu. Biasanya diolah jadi gulai, jadi berkuah gitu.Kata orang enak banget. Bahkan ini jadi salah satu lauk favorit banyak temen-temen gue kalau makan Nasi Padang atau Nasi Kapau. Tapi berhubung gue ga suka, jadi makannya gulai ayam aja.
Ada Salam dari Tambunsu yang Ginuk-ginuk
Kalau kalian mau nyicip Nasi Kapau di Bukittinggi, pas banget nih, di Bukittinggi ada pusatnya. Lokasinya ada di sebuah pasar yang namanya Pasar Atas alias Pasar Ateh, ga jauh dari Jam Gadang. Di Pasar Ateh ini ada satu spot yang terkenal sebagai pusat Nasi Kapau. Lokasinya beneran di dalem pasar. Kalian kudu masuk ke dalem pasar dulu kalau mau nemuin lokasi ini. Langsung Google Maps aja, ada kok lokasinya. Dan kalian bakal ditunjukkin arahnya. Di sini ada banyak lapak penjual Nasi Kapau dengan menu yang mirip-mirip, bahkan mungkin bisa dibilang sama kali yaa. Tapi ada satu yang paling terkenal. Namanya Nasi Kapau Uni Lis. Selain udah pernah didatengin sama beberapa food vloggers, lokasi ini juga beberapa kali diliput sama stasiun TV nasional.
Tapi kalian bisa milih sesuai keinginan mau makan di mana. Kalau kurang puas di satu lokasi, kalian masih bisa makan di tempat penjual lainnya. Siapa tau rasanya beda-beda, jadi kalian bisa ngebandingin, dan bisa kasih rekomendasi lokasi lain, yang mungkin rasanya lebih oke. Kalau udah nentuin mau makan di mana, tinggal masuk aja.

Satu dari sekian banyak penjual Nasi Kapau di Pasar Ateh. Nasi Kapau Uni Lis ini udah cukup terkenal. Selain udah pernah didatengin sejumlah Food Vlogger, Nasi Kapau Uni Lis juga pernah diliput sama stasiun TV Nasional.
Nasi Kapau Uni Lis
Begitu duduk di tempat makan yang kalian pilih, di depan kalian udah tersaji deretan lauk-lauk khas Nasi Kapau yang bikin ngiler. Di depan meja tempat kalian duduk, bakal ada satu kobokan di mangkok plastik kecil yang di dalemnya ada satu buah gelas yang posisinya dibalik gitu. Berhubung gue ga nanya ke Ibu yang jual. Jadi cuman pake insting, itu sepaket sih gue pake buat cuci tangan, sama gelasnya gue pake buat ambil minum air putih, haha. Ga salah kan gue yee? Mana tau kan ada penggunaan lain yang lebih bener, hehe. Abisnya mau nanya, Ibu yang jual sibuk syuting gaes. Lagi kedatengan salah satu acara di stasiun TV nasional gitu. Kok yaa pas-pasnya, barengan banget ama gue dateng.
Berhubung udah laper, gue langsung mesen aja sama Ibu Lis. Ibunya langsung ambil nasi satu centong, ditambah “pernak-pernik”-nya, macem kuah-kuah santan yang menggoda iman, daun singkong rebus, sama singkong kriuk, dan tentunya sambel merah-ijo.Ga ketinggalan juga lauk sesuai yang gue minta. Gue pesen lauk ayam gulai. Kalau udah begini, jadi apa sih sebenernya bedanya Nasi Kapau sama Nasi padang yang biasa kalian cicipi di Jakarta atau wilayah sekitar kalian?
Kayak yang udah gue bilang, mereka ini serupa tapi tak sama. Sebenernya salah satu yang khas dari Nasi Kapau adalah penyajiannya. Nasi Kapau disajiin langsung dalam satu piring (rames). Ada nasi, sambel, gulai sayur nangka, plus lauk sesuai pilihan kalian. Macem Nasi Kapau di Jakarta aja. Kalau kalian belom pernah nyoba, yang di Jakarta bisa ke kawasan Senen. Ada Nasi Kapau yang udah terkenal di Jakarta. Kalian juga bisa cek bedanya di sini yaa.
Jadi, beda sama Nasi Padang yang paling mencolok yaa penyajiannya itu. Kalau makan Nasi Padang, biasanya kalian langsung disodorin banyak lauk di atas meja yang penyajiannya di piring-piring kecil, kepisah sama nasinya. Biasanya yang begini nih yang suka diatraksiin sama pelayan-pelayan restonya. Bisa bawa tujuh bahkan belasan tumpukan piring isi lauk dalam satu lengan. Suka amazed gue, haha.

Penyajian seporsi Nasi Kapau Uni Lis lengkap dengan Ayam Gulai. Harga seporsi Rp 30 ribu.
Seporsi Nasi Kapau dengan Lauk Ayam Gulai
Seporsi Nasi Kapau udah di depan mata. Langsung shikat aja, jangan dianggurin. Sekilas pandangan mata, kalau menurut gue pribadi, porsi  Nasi Kapau ini bisa dibilang sedikit (tapi pas buat gue), ga sebanyak porsi Nasi Padang, apalagi kalau dibungkus, jauh bedanya, wkwk. Kalau Nasi Padang dibungkus kan bisa buat makan dua kali tuh, haha. Tapi, biarpun porsinya ga banyak, tapi menurut gue pas sih, jadi ga kebanyakan. Soalnya kalau makan Nasi Padang juga paling setengah doang, dari pada ga abis, mubazir, yekan?
Biarpun porsi dikit, soal rasa mah jangan ditanya. Yaa, namanya juga langsung di Ranah Minang, rasanya Minang banget, lebih ke asin. Kalau buat gue yang lidah Jawa, cenderung sedikit keasinan. Namanya selera yaa, masing-masing ini mah. Tapi kalau buat yang suka asin pas sih ini.
Satu yang ternyata ga nyangka bakal jadi favorit gue, yaitu tambahan singkong yang udah dipotong kotak-kotak atau segi tiga kecil, digoreng sampe krispi, terus dikasih serundeng. Namanya apa yaa ini? Si singkong krispi ini sih juaranya buat gue. Gurih banget. Enak euy. Kalau buat gue sih, ini yang bikin ga eneg makan nasi yang banjir kuah santan. Ada sensasi gurih-gurih krispi gitu. Suka deh. Bisa sih gue makan nasi putih plus kuah sama si singkong yang super guruh ini. Tambah lagi kuahnya mantep banget, bisa request kuah banjir juga sih kayanya. Bisa pilih lauk sesuka hati kalian juga. Tapi ati-ati yee, karena lumayan pricey, hehe.
Kelar makan jangan lupa bayar yaa. Buat seporsi Nasi Kapau lauk Ayam Gulai, gue bayar Rp 30 ribu. Cukup pricey ga menurut kalian? Yaa, tapi worth it lah, udah nyampe Bukittinggi ga afdol kalau ga makan Nasi Kapau di Pasar Ateh ini. Cobain deh kalau kalian ke Bukittinggi. Highly recommended! Lamak bana! Bisa jadi tambo ciek kalau kalian kalap, haha.
Selain Nasi Kapau, di Pasar Ateh ini, kalian juga bisa berburu oleh-oleh khas Bukittinggi atau kalau mau berburu kuliner lain juga ada. Mau beli baju atau barang-barang lain juga ada. Harganya relatif murah kok. Biasanya sih harganya mirip-mirip atau bahkan sama di setiap kiosnya.
Selamat berkuliner, gaes!

No comments:

Post a Comment