Wednesday 13 March 2013

Bersaudarakah Mereka?


“Selamat datang (di Indomaret/Alfamart), selamat berbelanja!”
Sapaan yang selalu gue terima tiap kali buka pintu kedua minimarket itu, dimanapun! Minimarket yang hampir selalu berdampingan. Udah hampir kayak gula ama semut terus perangko ama amplopnya. Heran! Bisa dipastiin dimana ada alfamart dibuka, pasti ada indomaret di deket alfamart itu. Sebaliknya juga, dimana ada indomaret dibuka, bisa dipastiin hampir selalu ada alfamart yang ikutan buka dengan jarak yang ga terlalu jauh. Entah apa maksudnya. Mungkin mau nunjukin begitulah ‘kerukunan’ di dunia bisnis, terutama waralaba, kayak mereka itu.
Atau mungkin bersaudarakah mereka? Entahlah. Tapi coba liat ikon mereka masing-masing. Hampir sama, mirip! Kayak kakak-adek. Sama-sama serangga unyu berantena dua (satu semut satunya lagi lebah) berbaju merah yang mungkin sengaja didesain buat narik perhatian calon pelanggan.
Ga cuman ikon, bahkan warna identitas mereka pun cuman beda satu garis warna. Yang satu merah-biru-kuning, satunya lagi merah-kuning. Produk-produk yang dijual juga sama. Bahkan mereka juga sama-sama produksi berbagai barang dengan brand mereka sendiri (air mineral, kapas, tisu, dll).
Masalah harga, Gue rasa mereka saling melengkapi. Ga semua lebih mahal di alfamart dan ga semua lebih murah di indomaret (tapi tetep lebih murah di toko kelontong, kecuali pas ada promo). Begitulah faktanya! Janjian kah? Apa malah mereka satu bapak? Haha.
Gampang banget nemuin kedua minimarket ini.ga perlu susah-payah nyarinya. Kalo kata temen gue malah “mereka itu ada dimana-mana”. Buat gue, saking banyaknya dan bercecerannya mereka di pinggir jalan, sampe bisa buat penanda jalan kalo lagi nyasar. Pinter deh milih tempat buka gerai! Kayak sengaja ngegampangin orang buat nemuin mereka. Ga mau resiko dong tentunya buat ngambil tempat yang sepi. Selalu di pinggir jalan raya yang emang sering dilewatin kendaraan dan gampang dijangkau.
Desain tempatnya juga sama. Diterangi banyak lampu neon biar kesannya mewah terus ditambah sama AC deh. Dimanapun dua minimarket itu, ya pasti tempatnya begitu. Pastinya juga ada tempat-tempat/rak-rak buat nyusun barang-barang eceran yang dijual. Kalo pas lagi ada promo, tempelan keterangan promo nempel disetiap rak, juga dipasang di plang depan gerai. Dibagian belakangnya ada semacem pintu buat akses ke gudang yang cuman boleh dimasukin sama karyawannya. Bagian depan deket pintu selalu ada minimal 1 kasir yang ngelayanin pembayaran.
Sekarang, beberapa gerai udah mulai nambahin fasilitas semacem kursi-kursi sama meja di depan gerai. Konsepnya kayak Sevel gitu. Jadi kayak bikin kafe mini. Produk yang dijual juga nambah. Ada burger siap makan, ada puddingnya, ada minuman soda yang bisa ambil sendiri, ada kopi yang bisa langsung seduh di tempat, dll. Udah kayak sevel-sevelan deh pokoknya.
Ohiya, buat slogannya sendiri intinya sama, bejanja hemat. Yang satu “mudah dan hemat”, satunya lagi “belanja puas harga pas”. Kalo buat gue, sebagai anak kost yang paling hobi ngecek harga paling murah (demi hemat duit bulanan), kedua minimarket itu justru ngejual barang dengan harga (sedikit) lebih mahal dari harga di pasaran, misalnya kantin, koperasi, toko kelontong bahkan supermarkel sekalipun. Maklum, yang namanya anak kost kayak gue ini agak perhitungan kalo masalah perbedaan harga. Beda Rp 100,00 aja jadi perhitungan. Haha. Tapi kalo udah urgent mah harga jadi nomer 2, yang penting barangnya ada.
Bisa jadi dengan banyak kemiripan yang gatau disengaja apa engga dan keberadaan mereka yang selalu deketan,  mereka bersaudara, atau mungkin malah satu bapak. Tapi? Apa iya? Ah, sudahlah, itu urusan mereka. Gue mah cuman jadi konsumen promo mereka saja.

No comments:

Post a Comment