Sunday 24 February 2013

More About Me


Dena Novita Rosiana, itulah nama gue yang katanya dirangkai sama tante gue, ade paling bontot dari nyokap gue (panggil saja tante gue, ‘Kuni’). Arti pasti dari nama gue sendiri sebenernya gue juga kurang tau, yang jelas tante gue bilang ‘DENA’ itu diambil dari kata ‘ADEN’ yang biasanya dia itu jadi atasan atau majikan, mungkin dari situ maksudnya pengen nantinya gue selalu ada diatas atau jadi orang atas dan jadi ‘seseorang’ yang disegani/dihormati. Aamiin. NOVITA, udah pasti di ambil dari bulan lahir gue, yaitu November. ROSIANA, setau gue rosiana diambil dari kata ‘ROSE’ yang berarti ‘BUNGA MAWAR’. Nah, bunga mawar kan cantik tuh. Jadi arti nama gue itu mungkin gini: ‘Cewe Cantik yang Dihormati/Disegani (yang lahir) di Bulan November’. Mungkin kurang lebih kayak gitu. Nama emang penting, nama bisa jadi harapan orang tua buat kita,  kata orang juga nama itu doa.
Singkatnya, panggil aja gue DENA. Gue terlahir (alhamdulillah) di lingkup keluarga muslim, itu jadi berkah tersendiri buat gue. Gue adalah anak sulung dari 2 bersaudara dan gue juga adalah seorang cewe Jawa Tulen yang lahir tanggal 19 november 1993 di Rumah Sakit Ibu dan Anak ‘ADINA’, Wonosobo, sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Wonosobo jadi tempat gue numpang dilahirin, abis itu balik lagi ke kota kecil kampung halaman orang tua gue di Banjarnegara (tetanggaan gitu ama Wonosobo). 
Wanadadi, salah satu kota kecamatan di Banjarnegara tempat gue di besarin sama kedua orang tua gue dengan penuh kasih sayang dan alhamdulillah tanpa kekurangan. Gue tinggal di sebuah rumah sederhana di Jl. Raya Barat Wanadadi 07, RT 01 RW II yang dihuni gue, bokap, nyokap, ade, nenek gue dan seorang asisten rumah tangga kalo pas lagi ada. Dengan segala kesederhanaan kami hidup bahagia.
Gue disekolahin dari TK sampe kuliah sekarang sama orang tua gue. Seinget gue sih nama TK gue dulu TK Aisiyah 01 Wanadadi, tiap gue sekolah dianter dan ditungguin sama nenek gue, alhamdulillah waktu itu nenek gue masih mampu dan kuat buat ngelakuinnya dan ngejalaninnya (mungkin dari 30 sekian cucu nenek gue cuman gue yang sekolahnya dianter dan ditungguin sama Beliau, makasih mbah :* love you dah).
Waktu SD, gue disekolahin di SD N 1 Wanadadi, waktu itu dari sekian puluh SD itu yang terbaik di kecamatan (hahahaha).  Karena udah SD, gue udah ga pernah lagi sekolah ditungguin (ceritanya udah gede, malu ama temen-temen). Abis SD lulus, gue sekolah di SMP N 1 Wanadadi, salah satu SMP terbaik di Kabupaten Banjarnegara sampai sekarang. Disini juga tempat nyokap gue kerja jadi staf tata usaha. Orang tua gue selalu mau yang terbaik buat anaknya, termasuk buat gue. Pas SMA, alhamdulillah gue masuk dan diterima di SMA N 1 Banjarnegara, almamater tercinta gue. SMA terbaik yang namanya ga cuman sekedar terkenal di kabupaten tapi juga internasional. Bangga jadi bagian dari SMA N 1 Banjarnegara.
Abis lulus SMA, gue kuliah, dulu pengennya sih dapet PTN, tapi karena emang ga ada yang nyantol, ya harus ngerubah pola pikir gue, ‘swasta negeri sama aja kok, kan tergantung orang yang ngejalanin’. Dari situlah akhirnya gue punya tekad buat daftar di Institut Manajemen Telkom ambil jurusan Ilmu Komunikasi, tempat gue sekarang bernaung buat kuliah, nambah sama nyari ilmu, temen juga, dan merantau jauh dari orang tua. Disini gue baru pertama kalinya ngerasain rasanya hidup jauh dari orang tua. Hidup mandiri dengan segala pengelolaan sendiri (termasuk ngelola duit bulanan).
Oh iya, hobi belom ke jamah, masalah hobi, dari SD sampe SMP kalo ditanya hobi, pasti gue bakalan jawab "hobi saya baca buku" padahal cuman ikut-ikutan temen-temen doang. Aslinya kalo disuruh baca buku juga males-malesan. Tapi sekarang, kalo gue ditanya hobi gue apaan gue bakalan jawab "hobi gue dengerin musik, nyanyi-nyanyi sendiri, dan yang paling sering gue lakuin adalah nge-socmed". Sekarang, berhubung udah kuliah, kudu bisa belajar baca (bukan berarti ngeja huruf satu-satu, tapi belajar lebih suka sama yang namanya "membaca") biar bisa nambah pengetahuan, wawasan dan pengalaman. Jadi kalo diajak ngomong sama orang bisa lebih nyambung.
Suryono, nama bokap gue yang kerja jadi pedagang dari gue belom lahir, bahkan belom nikah sama nyokap, bahkan waktu beliau masih sekolah. Lulus sekolah SMEA (kalo sekarang setara SMA/SMK) beliau udah punya toko sendiri namanya U.D. Sederhana II (jiwa pedagang emang udah ada dari kakek gue, kelurga dari bokap gue juga kebanyakan pedagang). Tanpa kuliah beliau bisa usaha sendiri (kalo gue udah kerja nanti pengen rasanya gue kembangin lagi toko bokap :’) ).
Masriatun, nama nyokap gue yang panggilan di tempat kerja sama di rumah beda. Nyokap gue kerja jadi PNS (staf tata usaha, semoga cepet naik jabatan jadi kepala urusan, aamiin) di sebuah sekolah yang gue juga pernah sekolah disana, SMP N 1 Wanadadi. Nyokap gue kerja juga sebelom nikah sama bokap. Sampe nikah bahkan sampe sekarangpun beliau tetep kerja, bokap gue juga ga ngasih larangan, jadi ga masalah. Nyokap gue bilang, kalo cewe, tepatnya perempuan ga harus melulu didapur, kalo emang bisa ya kerja buat nambahin penghasilan kan ga ada salahnya. Beliau pengen nantinya gue juga gitu, pas udah nikah tetep kerja, apapun alesannya, gue ga boleh nganggur dan cuman di rumah, tapi tetep kewajiban di rumah ga boleh terlantar.
Adek gue ga ketinggalan, dia cowo, namanya Afrizal Zidky Nur Fauzan (agak ribet yah, kebanyakan ‘z’). Sekarang sih masih SMP kelas VIII. Jarak umurnya emang agak jauh dari umur gue, sekitar 6 tahun. Jarak umur yang lumayan jauh ga ngalangin gue ama adek gue buat ga berantem kalo di rumah. Sampe bikin orang tua gue pusing. Punya anak 2 tapi kalo udah berantem ributnya kayak lebih dari sepuluh orang katanya (agak lebay kali yaa). Biarpun sering berantem kita tetep saling sayang kok. Pasti!!!!!

No comments:

Post a Comment