Sunday 24 February 2013

Interesting Things


Suka bingung mau nulis apa kalo ngomongin hal-hal menarik, dari diri gue maupun hidup gue. Entah saking banyaknya atau ga bisa nyeritainnya atau lupa atau mungkin ga ada. Tapi kayaknya ga mungkin banget kalo gue ga punya sesuatu yang menarik buat gue tuangin jadi tulisan, ya minimalnya hal itu menarik buat diri gue. Jadi ya gini deh cerita gue:
Ketertarikan gue di dunia teater muncul dari gue kelas IX. Saat itu gue pikir asyik kali ya belajar akting yang ga sekedar belajar akting kayak sinetron-sinetron di tv yang isinya tampar-tamparan sama jambak-jambakkan. Seenggaknya kalo di teater kita punya pengetahuan lebih tentang sebuah pementasan yang teatrikal, yang bisa menarik perhatian penonton dengan tata panggung plus peran yang dimainin sama ‘artis’nya.
Beruntung gue masuk di SMA favorit yang emang nyediain ekskul teater (SMA Negeri 1 Banjarnegara dengan ekskul teaternya yang bernama ‘Teater Mega’). Tadinya gue ga tau kalo ada ekskul teater di SMA ini, emang udah jodoh kali ya (hahahaha). Dari mulai pengenalan eksul di masa orientasi siswa (MOS), kayaknya emang udah menarik, khususnya buat gue, orang-orangnya juga kayanya asyik.
Mulailah gue masuk dan gabung ama Teater Mega bareng sama anggota lama plus baru waktu itu. Emang bener, ternyata orang-orang di dalemnya asyik, bisa menghibur dan bisa jadi temen sharing, jalan-jalan maupun ngumpul. Emang udah kayak keluarga sih. Nyaman. Ga cuman nyaman, dapet temen dan hiburan pas lagi jenuh sama pelajaran sekolah tapi dari situ kita juga diajarin macem-macem.  Teater Mega ngajarin gue banyak hal, terutama tentang dunia teater. Ternyata ga cuman sebatas pengetahuan tentang teater, tapi Teater Mega sempet ngajak gue buat produksi sebuah film pendek (beruntung belom ada ekskul Cinematografi waktu itu, jadi kita masih bisa bikin film, setahun kemudian baru deh Cinematografi ada). Tujuan bikin film pendek ini bukan buat ikut kompetisi, tapi seenggaknya bisa buat bekal pengetahuan dasar gimana sih sebenernya produksi film itu, gimana susahnya, gimana ribetnya dan gimana kerja timnya.
Produksi film ini berjalan sekitar seminggu, masih belom ditambah proses editing. Ga tau waktu produksinya terlalu lebay apa enggak buat ukuran film yang cuman berdurasi 15 menit. Prosesnya lama juga mungkin gara-gara kita ngambil lokasi yang medannya agak susah (di curug/air terjun dan desa yang agak terpencil) .
Di produksi film pendek pertama gue ini, ternyata gue bisa ngarasain gimana enjoynya, gimana ribetnya, gimana kerja timnya. Dan ternyata, itu semua asyik (baca: menyenangkan). Disini gue baru sadar, ternyata minat gue ada di biadang produksi-produksi belakang layar yang ada hubungannya sama penyiaran lebih gede dibandingin gue harus tampil di depan layar ataupun di depan banyak orang sebagai seorang talent. Kerja tim di balik layar itu asyik, butuh kekompakan dan yang penting gue ngrasa ya inilah ‘comfort zone’ gue.
Setelah gue tau apa minat gue, ga gitu aja gue lepas dari teater. Teater kan bukan hanya apa yang ada di depan panggung dan apa yang di tampilin di panggung. Di balik itu semua butuh orang-orang yang nge-handle balik panggungnya. Toh gue juga masih bisa belajar di situ. Gue juga bisa belajar gimana biar ga terlalu kaku, nervous atau temen-temen sejenisnya pas di depan banyak orang. Itu juga ga kalah penting.
Kelas XII, karena emang jurusan gue di SMA itu IPA, jadi sempet gue pengen kuliah di jurusan farmasi sama teknik, tapi alhamdulillah ga lolos, jadi gue akhirnya milih jurusan yang emang ga ada hubungannya sama IPA, yaitu Ilmu Komunikasi. Sempet nyoba daftar di 2 PTN, tapi belom jadi jalan gue buat kuliah di PTN mungkin, makanya gue ga keterima, so gue mutusin buat nyari PTS. Akhirnya ketemulah sama Institut Manajemen Telkom.
Awalnya gue ga tau sama sekali gimana itu kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Dari nama jurusannya sih keren, itu alasan pertama gue. Dan gue pun sebenernya ga tau kalo ada broadcasting di dalem lingkup Ilmu Komunikasi. Beruntunglah dan alhamdulillah gue diterima di Institut Manajemen Telkom, yang di dalemnya ada 2 konsentrasi yang salah satunya ya broadcasting tentunya. Pernah ada orang yang nanya ke gue “Kuliah dimana mbak? Jurusan apa?”, dengan polosnya ya gue jawab jujur “di Telkom, jurusan Ilmu Komunikasi”. Ternyata masih ada pertanyaan tambahan. Dia nanya “Loh? Emang selama ini belum bisa berkomunikasi mbak?” pertanyaan itu cuman gue jawab pake senyum, abisnya gue pikir kalo gue jelasin, ntar jadinya malah makin panjang lebar ga abis-abis kaya sinetron (saking banyaknya yang kudu dijelasin). Senyuman gue mungkin bisa jadi wakil.
Sejauh ini, tugas-tugas konsentrasi broadcasting bisa dibilang nyenengin (walaupun banyak dan bahkan kata anak marcomm ribet dan bikin pusing) soalnya biasanya, dari tugas-tugas yang dikasih sama dosen bisa ngasih kita kesempatan buat mengeksplor dunia luar. Yang penting lagi dari tugas-tugas yang dosen kasih pasti ada tambahan pengetahuan dan pengalaman lain disamping pengetahuan dari tugasnya sendiri. Salah satu contohnya, ya tugas buat bikin blog. Jadi gue bisa belajar gimana sih caranya nge-blog. For me, it’s fun.

No comments:

Post a Comment