Sunday 28 March 2021

Cerita Mudik (Pulang Kampung) di Tengah Pandemi

Buat gue, anak rantau since 2011, pulkam alias mudik udah jadi hal wajib yang rutin dilakuin kalo pas ada kesempatan. Jaman kuliah pulkam bisa satu semester beberapa kali. Tergantung ketersediaan ongkos (mulai ga enak kalo keseringan minta duit). Paling lama waktu ketabrak jadwal magang, 5 bulan ga pulang sampe mau lebaran baru deh mudik (kalo ini lebih ke soal waktu sih, bukan ongkos). Ini nih pertama kali ngerasain vibe mudik, dari Jakarta pulak pulangnya waktu itu (kalo ga salah).

Pas udah kerja, pulang bisa lebih sering, alhamdulillah udah ga perlu minta-minta ongkos lagi buat pulang, jadi bisa sebulan atau dua bulan sekali pulang. Bahkan kalo puasa, bisa di awal puasa sama akhir puasa sampe lebaran. Iya emang gue kerja di media. Tapi alhamdulillah dari tahun pertama dulu, lebaran pertama selalu bisa pulang. Walopun tahun pertama kerja cuma dapet hari pertama sama hari kedua. Tapi yaudah alhamdulillah.

Sampe akhirnya si pandemi ini menyerang. Baru pernah sampe setahun kaga pulang. Literally SETAHUN. YAA ALLAAAAH. Lama bener setahun kaga pulang woy, gimana Bang Toyib yang 3 kali puasa 3 kali lebaran kaga pulang?

Iya, tahun kemaren pertama kalinya gue ga lebaran di rumah. For the first time. Dan sepertinya bakal keulang tahun ini. Kaga ketemu langsung ama orang tua, keluarga, sodara, temen. Sedih? Iya, tapi ya gitu cara gue ngejaga keluarga dari jauh. Jakarta zona merah, gimana gue tega pulang?

Nahan ga pulang setahun itu berat. Berat banget! Jauh dari keluarga itu berat (banget). Sebagai anak pertama yang sebenernya manja, jauh dari orang tua itu susah. Tapi kok bisa bertahan selama itu ngerantau? Ya terpaksa bisa, mau ga mau sok kuat aja biar bisa bertahan.

Terakhir balik sebelom pandemi pertengahan Maret (ini juga jadi kali terakhir bapake nganter gue ke stasiun buat balik ke Jakarta, makasih ya Pak). Sampe kemaren berani balik juga sekitar awal Maret. Setahun, iya setahun. Ga boong kan gue?

Ga mudah buat gue mutusin balik ke rumah. Masih takut bawa penyakit kalo pulang, kepikiran ini itu. Tapi lebih ga konsen lagi denger orang tua sakit, tapi lo jauh. Broke! 💔

Akhirnya mutusin balik, ambil cuti (yang udah hampir setahun ga dipake), terus beli tiket kereta udah mepet. H-1 berangkat tes antigen di stasiun. Besok paginya langsung berangkat. Yaa Allaaaah, pulang pandemi gini repot bener ya. Banyak bener perintilan yang kudu dibawa. Segala semprot sana semprot sini, lap sana lap sini. Pake masker berlapis. Nyampe-nyampe langsung mandi, bersih-bersih semuanya, semprot-semprot lagi.

Bismillah sehat ketemu orang tua. Yang penting jaga prokes ketat. Selama pulang kampung kemaren, berhubung ketemu (alm) Bapake dalam posisi beliau sakit, gue almost 24 jam pake masker, lepas kalo mandi sama makan doang. Tidur juga pake, setakut itu gue bawa penyakit ke keluarga sendiri.

Cuti yang tadinya seminggu, jadi nambah. Ada kenyataan (pahit) yang kudu gue adepin lagi di 2021. Bapake dipanggil duluan sama Allah. Iya, Allah lebih sayang Bapake. Ga tega liat Bapake sakit (mungkin). Ngejalanin semuanya sendiri. Bisa jadi emang itu yang terbaik dari Allah. Gue harus ikhlas. Bapake udah ga sakit lagi. Tenang banget, bersih banget. Love you, thank you and I'm sorry (for everything), Dad!

Di rumah juga ketemu nyokap, adek, ama keluarga yang lain tetep ga lepas masker. Apalagi pas banyak yang dateng. Posisi gue pendatang dari luar kota dan zona merah. Jaga sekitar aja sih kalo gue, bukan bermaksud ga sopan. Sehari bisa ganti berkali-kali itu masker. Cuci tangan mulu. That's why kadang gue milih ga salaman ama orang, biar ngurangin kontak fisik. Maap sekali lagi, bukannya bermaksud ga sopan. Saling jaga aja.

Gue sih beranggapan kalo pake masker dan ngurangin kontak fisik itu jadi hal yang normal sekarang. Bukan berarti ga sopan. Emang keadaan yang maksa begitu. Jangan mikir kalo ngobrol di tempat umum terus ga buka masker jadi ga sopan. Bukan! Bukan itu! Masker buat ngejaga kalian sama orang sekitar, bukan buat judgement ga sopan. Bahkan gue appreciate orang-orang yang tetep konsisten jaga prokesnya, enggak jadi lengah setelah vaksin dan ngerasa sehat.

Di rumah pun, akhirnya juga gue sediain lengkap hand sanitizer, disinfektan, masker dkk buat bersih-bersih sama jaga-jaga. Bukan apa-apa, antisipasi aja, namanya jagain keluarga kan ya. Semuanya pokonya harus ada. Karena banyak orang yang dateng, terutama pas pengajian, kita juga kudu jaga kebersihan. Tiap malem kalo udah kelar, pasti semprot disinfektan. Biar apa? Biar semuanya juga nyaman aman, gue juga tenang.

Pokoknya pulang kampung kali ini jadi yang ter-ter-ter-ter-ter. Campur aduk. Banyak sedihnya. Tambah sedih lagi tahun lalu ga lebaran sama Bapake, virtual doang. Maapin ya Pak!

Jadi bersyukurlah kalian yang punya privilege buat kuliah atau kerja tanpa harus jauh dari keluarga. Yang tiap pulang kuliah atau kerja bisa disambut keluarga, makan bareng, nonton tv bareng dll. Bersyukurlah! Ga semua orang bisa kayak gitu. Nikmatin, syukurin! Tapi inget, tetep jaga kesehatan!

No comments:

Post a Comment