Monday 6 May 2013

Konsep Videoklip


Berdasarkan hasil pembahasan pada perkuliahan tanggal 22 April 2013
MADONNA

Madonna adalah seorang penyanyi, penulis lagu, penari, produser rekaman, aktris, sutradara, produser film, penulis buku, desainer sekaligus pengusaha berkebangsaan Amerika Serikat. Ia termasuk salah satu figur besar dalam sejarah musik populer dunia bahkan hingga mendapatkan julukan sebagai “Ratu Pop”. Madonna dikenal dengan produksi musiknya yang inovatif, dan provokatif, koreografi dan aksi panggung yang ekstravagan, serta video musik yang artistik. Madonna telah mendefinisikan musik dan budaya pop serta menjadi pengaruh besar dan menginspirasi bagi penyanyi dibarbagai belahan dunia.
Mungkin dari sisi suara, Madonna tidak memiliki suara suara khas yang mungkin dapat dikatakan ‘suara emas’ seperti penyanyi-penyanyi wanita lainnya, seperti Mariah Carey, Adele, Beyonce, dan lainnya. Namun hal ini tidak menghalanginya untuk dapat menjadi seorang penyanyi yang terkenal. Selain dari sisi suara, masih banyak aspek lain yang dapat menjadi ciri khas seorang penyayi. Salah satunya adalah konep dari video klipnya.
Yaa, Madonna adalah salah satu penyanyi wanita yang dapat membangun citranya melalui konsep video klipnnya yang berbeda dari penyanyi-panyanyi lainnya. Konsep video klipnya selalu dapat menampilkan apa yang memang menjadi ciri khas, citra, karakter maupun ideologi yang memang telah melekat pada dirinya. Setiap video klip miliknya dapat menggambarkan bagaimana Modonna.
Seperti yang telah dikonsepkan di atas, dalam video klip Madonna hampir bahkan selalu ada unsur artistik, setting dan fashion yang memang telah terkonsep sedemikian rupa sehingga dapat sesuai dengan Modona pasa saat itu. Make up, gaya rambut, wardrobe dan tata artistik lainnya selalu berubah mengikuti bagaimana perkembangan zaman juga menyesuaikan bagaimana citra yang akan dibagun oleh Madonna melalui videoklipnya. Tatanan artistiknya yang glamor, setting yang pas dan tepat serta fashion yang selalu berubah sesuai dengan karakternya membuat video klipnya memiliki hal yang berbeda dari video klip-video klip penyanyi lainnya.
Tidak hanya itu, dalam setiap video klipnya, Madonna selalu menampilkan sisi glamor dari dirinya. Semakin lama Madonna berada dalam industri musik, video klip miliknya makin menunjukkan sisi glamornya. Beriringan dengan aspek glamor video klip Madonna, ia selalu menonjolkan sisi sensualitas yang ia miliki. Terutama menunjukkan keindahan tubuh yang ia miliki. Hal tersebut dapat mengidikasikan bahwa setiap video klip Madonna menggambarkan bagaimana Madonna selalu ingin dipuja terutama oleh kaum laki-laki. Tidak ketinggalan, dalam setiap video klipnya, Madonna juga selalu menunjukkan bagaimana ia selalu mendominasi atas laki-laki.
Di luar itu semua, rosario, atau tasbih orang kristiani atau kalung salib hampir selalu menjadi properti yang tidak pernah luput dari video klip Madonna. Dari sini mungkin ia ingin menunjukkan bagaimana ketaatannya pada agama dan Tuhannya. Ia ingin menunjukkan dirinya dalam dunia nyata, tidak hanya tergambar pada video klip. Ia ingin memberitahu atau mungkin mempertegas karakteristiknya melalui video klipnya.
Selain itu juga masih banyak hal tersirat lainnya yang dapat menggambarkan bagaimana karakteristik seorang Madonna pada video klipnya. Misalnya, penambahan properti hewan seperti singa atau hewan buas lainnya untuk menggambarkan betapa liarnya Madonna. Juga untuk menggambarkan bagaimana ia ingin seperti singa (sebagai raja hutan) yang dapat menaklukan apapun yang ada dihadapannya.


 ONE DIRECTION
One Direction adalah salah satu boyband asal Inggris-Irlandia yang digawangai oleh 5 personil muda nan rupawan, Zayn Malik, Nial Horan, Liam Payne, Harry Styles, dan Louis Tomlinson. Mereka adalah jebolan salah satu ajang pencarian bakat di Inggris. Mereka selalu memberikan kesan ‘muda dan energik’ disetiap penampilan bahkan videoklip-videoklipnya. Dari tahun 2010 mereka sudah merilis 2 album yang berjudul Up all Night dan Take Me Home.


Lagu Kiss You ini, menurut saya adalah lagu yang sangat easy listening. Kenapa? Karena musiknya yang asyik (anak muda banget), liriknya yang ringan dan suara penyanyinya yang enak didengar apalagi ketika melihat videoklipnya, dengan wajah rupawan dari masing-masing personilnya itu sedikit banyak mempengaruhi tingkat easy listeningnya.
Perhatikan liriknya:
[Zayn]
Oh, I just wanna take you anywhere that you like
We could go out any day, any night
Baby I'll take you there, take you there
Baby I'll take you there, yeah

[Harry]
Oh, tell me tell me tell me how to turn your love on
You can get, get anything that you want
Baby just shout it out, shout it out
Baby just shout it out, yeah

[Liam]
And if you,
You want me too
Let's make a move

Yeah, so tell me girl if every time we

[All]
To-o-uch
You get this kind of ru-u-ush
Baby, say yeah, yeah, yeah, yeah, yeah, yeah
If you don't wanna take it slow
And you just wanna take me home
Baby, say yeah, yeah, yeah, yeah, yeah

[Harry]
And let me kiss you

[Zayn]
Oh, baby, baby, don't you know you got what I need
Looking so good from your head to your feet
Come on come over here, over here
Come on come over here, yeah

[Niall]
Oh, I just wanna show you off to all of my friends
Making them drool down their chinny-chin-chins
Baby, be mine tonight, mine tonight
Baby, be mine tonight, yeah

[Liam]
And if you,
You want me too
Let's make a move

[Zayn]
Yeah, so tell me girl if every time we

[All]
To-o-uch
You get this kind of ru-u-ush
Baby, say yeah, yeah, yeah, yeah, yeah, yeah
If you don't wanna take it slow (c'mon)
And you just wanna take me home
Baby, say yeah, yeah, yeah, yeah, yeah

[Zayn]
And let me kiss you [x5]

[All]
C'mon
Na na na na na na na na
Na na na na na na na na
Na na na na na na na na

[Louis]
Yeah, so tell me, girl, if every time we

To-o-uch
You get this kind of ru-u-ush
Baby, say yeah, yeah, yeah, yeah, yeah, yeah
If you don't wanna take it slow
And you just wanna take me home
Baby, say yeah, yeah, yeah, yeah, yeah, yeah

Every time we to-o-uch
You get this kind of ru-u-ush
Baby, say yeah, yeah, yeah, yeah, yeah, yeah
If you don't wanna take it slow
And you just wanna take me home
Baby, say yeah, yeah, yeah, yeah, yeah

[Harry]
And let me kiss you

Jika saya menjadi produser dari video klip boyband asal Inggris-Irlandia yang berjudul Kiss You ini saya tidak akan menghilangkan ciri khas mereka ketika membuat videoklip, saya akan tetap menonjolkan unsur utama mereka yang ‘anak muda banget’ dengan menampilkan gaya mereka yang energik, ekspresif dan ceria. Namun saya juga akan menampilkan visualisasi dari apa yang diceritakan dalam lagunya. Setidaknya ada sedikit drama yang menceritakan lagunya. Selain itu juga pasti akan ada penambahan talent dari semula yang hanya dibintangi oleh para personilnya.
Seperti halnya lagu mereka yang berjudul Live While We’re Young:
Dalam videoklip ini mereka sangat ekspresif untuk menunjukkan karakteristik mereka sebagai remaja. Dengan musik yang sesuai dan lirik yang ringan mereka dapat bercerita melalui videoklipnya. Mereka menggunakan banyak talent lain, meskipun mereka tetap menjadi center dari videoklip ini, bahkan tetap mereka yang mendominasi, namun itu cukup untuk mewakili cerita dari lagunya. Dalam videoklip ini bercerita mengenai bagaimana mereka menikmati masa muda mereka. “Let’s go crazy crazy crazy till we see the sun”.

No comments:

Post a Comment